Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

TERSENYUM

Kajian Online Hamba الله SWT

Rabu, 24 Desember 2014
Narasumber : Ustadz Ruly
Rekapan Grup Nanda M110 (Shofie)
Tema : Kajian Islam
Editor : Rini Ismayanti

TERSENYUM

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُه
ُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.
Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal  kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, semoga doa dan keselamatan tercurah pada Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat.
Akhwati Fillah....
Kajian kita hari ini tentang :
TERSENYUM ....
Tak ada orang yg tidak memerlukan...
Tak ada orang yg tidak memilikinya....
Bila diri sulit dimotivasi, tersenyumlah,maka lahirlah kekuatan.
Senyuman dapat menghilangkan kelelahan,membangkitkan semangat,,menggelorakan tujuan, menghadirkan kasih sayang,menghibur dari kedukaan dan kemarahan,
SENYUMAN adalah harta yg tidak bisa dibeli,tidak dapat diminta.
Tak bisa bisa dipinjamkan,tak dapat dirampas serta tak bisa dicuri orang.
Masalah pasti ada,suka duka itu pasti,tak ada orang yg sedih terus menerus, tak ada pula orang yang gembira terus menerus,semua ada batasnya..
Masalah ada akhirnya,kesusahan ada jedanya.
Dan hamba-hamba Tuhan yg Maha Penyayang ialah orang-orang yang berjalan diatas bumi dengan rendah hati ...(QS Al Furqon:63)
Yang senyumnya bibir belum tentu senyumnya hati...
Senyuman hati insyaaALLAH senyumnya bibir kita....
Kemudahan-kemudahan yg menggugah ruhiyah dengan senyuman
 Jadikan senyum sedekah paling murah,mudah dan tidak merugikan
Husnuzhon thinking,berfikir positif sehingga kita bisa terus tersenyum
Banyak tersenyum untuk memompa gairah sebab senyum itu menyehatkan diri dan orang lain.
Berikan senyum yang terbaik dr hati yg ikhlas,GIVE THE BEST,GET THE BEST 
Banyak ucapkan ALHAMDULILLAH meskipun banyak masalah sebab ALLAH tidak akan memberikan masalah yg lebih dari kemampuan diri kita.
RABU yang menggugah...
RABU bermuhasabah......
“ Hai orang-orang beriman,jika kamu bertaqwa kepada ALLAH,pasti DIA akan memberimu furqan,suatu petunjuk yg merupakan pelita hati yg dapat membedakan antara yg salah dan yg benar atau terang dan yg gelap dan sebagainya,akan menghapus segala kesalahanmu dan mengampunimu. ALLAH mempunyai karunia yg amat besar. (QS Al Anfal:29)
Mereka ialah orang-orang yg beriman,yg hatinya menjadi tentram dengan mengingat ALLAH.Ingatlah hanya dengan mengingat ALLAHlah hati orang mukmin  menjadi tentram (QS Ar Ra'd: 28)
Semoga kita melihat masalah sebagai muhasabah,agar setiap langkah adalah perbaikan. Aamiin
Barakallahu fiikum,-

Q : Assalamualaykum.. Bagaimana caranya cepat melembutkan hati dan tersenyum ketika kita lagi ada masalah. Misalnya lagi ada masalah, bentar lagi ngajar. Bagaimana ya?
A: Banyak wudhu dan dzikir. Tuk melembutkan hati bisa juga dengan tilawah. Minimal satu Juz sehari

Q : Ustadz,  bila senyum kalai tida salah tidak boleh terlihat gigi ya? Dan tidak boleh tertawa terbahak-bahak. Tapi ada kalanya bila nonton atau mendengarkan hal yang lucu masih suka ingin tertawa terbahak-bahak.. Bagaimana cara mngendalikannya ustadz?
A: Boleh terbahak-bahak tapi mulutnya di tutup pake tangan. Kalau orang sholeh adabnya harus di jaga oke...

Q : Ustadz, kemarin lalu ramai perbincangan mengenai "Terapi Tertawa" yang bisa sampai terbahak-bahak yang dinyatakan menyehatkan, saya sering lihat di tv/dunia maya mengenai hal itu. Tpi dalam Islam baiknya "tersenyum". Bagaimana pandangan Islam terhadap hal tersebut ustadz?
A : Pake punya Islam aja yaa.. Adab orang sholeh harus terjaga

Q : Ustadz, bagaimana cara menyikapi temen yang menA pertanyaan hanya tersenyum tanpa menA sepatah kata pun?
A : yaah balas lagi dengan senyum... Sebisa mungkin tegur dia dengan baik bahwa bila di tanya harus di A, agar tidak ada salah persepsi

Q : Ustadz, ada yang bilang orang yang banyak tertawa tidak akan kesurupan dibandingkan dengan orang pendiam. Benar tidak pernyataan tersebut?
A : Benar, karena hati dan hidupnya itu bahagia.... No problem

Q : Bagaimanan agar bisa banyak memberikan senyum yang ikhlas walaupun hati lagi sedih?

 A : Yaah banyak senyum aje....atau tanya temen,  apakah terlihat ikhlas

Sepertinya sudah tidak ada yang bertanya ya baiklah kita tutup kajian dengan istighfar,  hamdalah dan doa kafaratul majelis dipimpin oleh adminnya.

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asayahadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaykum warahmatullah