Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , » THIBUN NABAWIY - makanan sehat dan sempurna

THIBUN NABAWIY - makanan sehat dan sempurna

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Saturday, December 6, 2014

Kajian Online WA Hamba اَللّه SWT Bunda 17 dan 18

Hari, tanggal : JUMAT ,  5 Desember 2014
Narasumber : Ustadzah MEILY
Judul Kajian : THIBUN NABAWIY - makanan sehat dan sempurna
Admin : Iin-Betti

Hidup sehat merupakan kondisi yg sgt kita idamkan.krn dg hdp sehat kita dpt menikmati hidup
Kita bs makan dg nikmat bekerja dn membantu org lain bribadah krn anugrah sehat
U itu kesehatan hendaknya hrs kita raih dn kita jaga
Btp banyak org sakit dn hrs nginep dirmh skit u berobat spy bs sehat kmbli.btp penting arti kesehatan bundaaaa bg kehidupan.tp banyak dr kita yg mengabaiknnya selama kita sehat
Ini beberapa materi yg brkaitan dg thibbun nabawi
- Sylabus Materi Thibbun Nabawi

Makanan Sehat dn sempurna
- Makanan Yg Bergizi
- Makanan yg sehat bagi tubuh
- Daging Hewan sumber Protein

Arti Penting Menjaga Kesehatan

Obat dan penyembuhan yg dilarang Nabi saw
- Jagalah kesehatan dg mengikuti petunjuk Nabi SaW
- Minuman yg paling disukai Rosulullah Saw
- Konsumsi makanan yg cukup

Pengobatan Cara Nabi
- Khasiat Madu Lebah
- Petunjuk Pengobatan Nabi untuk sakit Liver
- Makanan bagi penderita sakit Liver
- susu makanan yg paling penting
- susu sebagai obat sakit liver
- petunjuk nabi u pengobatan usus besar
- petunjuk nabi saw menjaga kesehatan gigi

Sehat dengan sholat
- sehat dengan sholat
- sholat menjaga kesehatan
- sholat membangkitkan kekuatan spritual
- sholat memperkuat kecerdasan emosional

Sehat dengan bersuci
- Kebersihan sebagian dari iman
- sehat dan suci dg brwudhu
- sehat dan suci dengan siwak
- sehat dan suci dengan mandi

Mukjizat Gerakan sholat bagi kesehatan
- Rahasia mengangkat kedua tangan
- Rahsais letak kedua tangan
- rahasia berdiri
- rahasia gerakan ruku
- rahasia berdiri dari ruku
- rahasia gerakan menunduk untuk sujud
- rahasia sujud
- rahasia duduk diantara dua sujud
- rahasia duduk istirahat dan bangkit dari sujud
- rahasia duduk tasyahud
- rahasia gerakan salam

Kita bahas point pertama dl yaa
Makanan sehat dn sempurna
1.Makanan yg bergizi...

Makanan yg sehat adalh makanan yg mengandung unsur makanan yg sempurna yg trdiri dr
- Karbohidrat
- zat lemak
- mineral
- protein
- vitamin
- serat2
- air
Setiap unsur mengandung manfaat bagi tubuh.jika tdk trpenuhi itu akan brbahaya bagi tubuh
Contoh:
Jk makanan kita kurang serat maka kita akn menderita penyakit
- Tumor pd usus besar, peradangan, kanker pd usus besar
Makanan yg berserat dpt mencegah tjdinya penambahan lemak dn kolestrol pada darah.
Tdk dirgukn lg jk makanan berserat. Dpt mengobati penyakit pd usus besar.
Itu diantara unsur yg hrs dipenuhi u mencapai kategori makanan yg sehat
U mnjdkn makanan itu sehat hrs memenuhi. Kebutuhan tubuh ya bun...kl melebihi kbthan maka akan trtimbun dlm bentuk lemak dn trjadilah kegemukan
Silahkan buka surat. Al A'rof (7)ayat 31...
Tempat yang tertinggi (Al-'A`rāf):31 - Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.
Brlebih2an dlm makanan penyebab kegemukan dn kegemukan adlh penyakit yg brbahaya.krn menyebabkn pemnyempitan pembuluh nadi dn penyakit2 pd hati kerusakn pd kantung kemih rematik trmsuk tekanan darah tinggi..juga penyakit kejiwaan juga kesan jelek dlm masyarakat.
Makanan yg tdk brlebihan dn diatur menurut kbth tubuh akn mmberi kesempatn tubuh u menyalurkn timbunan2 lemak yg brtempat dibrbagai anggota tubuh yg membutuhkan..demikian fungsi dr puasa.pengobatan dibarat menjdikn puasa sbg jalan u mengurangi berat badan pasien

Rosul saw brsabda Kita adalah suatu kaum yg tdk makan sebelum lapar dn apabila makan tdk sampai kenyang
Supaya pencernaan dpt bekerja maka perhatikn kebutuhan makanan kita..jaga pola makan sesuai sunnah nabi

Biasakan makan 3 kali sehari sarapan mkn siang dn mkn malam
Kebiasaan Rosul SAW adalah meminum madu dicampur air dingin sebelum sarapan.Rosul SAW bersabda:Siapa yg memakan 7 biji kurma(kualitas yg baik)maka ia tdk akan trtimpa kellemahan dn kelaparan hari itu

Diriwayatkan dr Anas RA Rosul Saw biasa sarapan dg korma yg msih segar sblm melakukn shlat jk tdk ada korma yg segar maka dg korma yg kering beliau minum beberapa teguk air.Rosul juga menyuruh u makan malam walaupn dg segenggam kurma kering dn beliau bersabda meninggalkan makan malam bs membuat cepat tua dn pikun
Atur cara makn dn wktunya dpt menolong sempurna tubuh dlm mencerna makannnya

Makanan yg sehat adlh makanan yg sempurna yg mengandung brbagai zat makananyg seimbang
Rosul brsabda;anak2 adam sangat brlebihan memenuhi isi perutnya.padahal yg dibutuhkannya sekedar penyangga tulang rusuknya.klaupun hrs mengisinya maka sepertiga u makanannya sepertiga u minumnya dn sepertiga lagi u pernafasannya
Tdk boleh hanya protein saja atau karbohidrat saja tp hrs lengkap
Rosul SAW tdk mencampur antara susu dg ikan susu dn telur daging dg susu antara yg dipanggang dn dimasak.tp melunakn sebagian makanan dg yg lain.seperti segar2an buah.Rosul tdk minum u satu makanan kemudian merusaknya lagi

U itu perhatikan menu makanan kita bunda
Makanan yg sehat makanan yg mudah dicerna
Selanjutnya makanan yg brlebihan bs mengakibatkn perut kembung keluar angin sakit perut dn lambung serta sesak nafas dpt menyebabkan kekesalan hati.

Sayur2an yg msh segar sgt baik bila dikomsumsi secara mentah drpd ditumis krn lbh mudah dicerna
Penyakit itu bs dihilangkan dg penangkalnya sedang kesehatan dipelihara dg cara yg sama.manusia yg membiasakn diri makan dg cara sederhana maka pengobatannya dn kesembuhannya dg cara yg sederhana.sebaliknya jika membiasakan diri dg makanan yg serba kompleks maka pengobatan secara kombinatif pula akibat penyakit yg kompleks

Krn itu makanan yg masih alami atau sdh direbus akn banyak membawa faedah dlm pemeliharaan kesehatan
Barangsiapa yg ingin sehat jasmaninya hendaknya mengurangi makan dn minumnya dan yg ingin sehat hatinya hendaknya meninggalkn dosa2nya

Brkata Tsabit bin Qurah:Istirahatnya jasmani itu dg sdkt makanan istirahatnya Ruh itu dg sdkt dosa2 dn istirahatnya lidah itu dg sdkit bicara....

Wallahu A"lam

Yukss kembali ke sunnah Rosul dlm memenuhi kebutuhan tubuh kita...perbanyak puasa senin kamis puasa ayyamul bidh dll..insya Allah sehat

REKAP TANYA JAWAB
******************************

TANYA :
Sayur2an yg msh segar sgt baik bila dikomsumsi secara mentah drpd ditumis krn lbh mudah dicerna
buat anak2 sayur yg sdh dmasak aja ga doyan.. apalg mentah.. gmn tipsnya bun?

JAWAB :
tipsnya adalah, orang tuanya harus suka makan sayur..
pilih sayur2 segar organik yg manis, sperti wortel, labu, dll
klo pun masih sulit mentah, tdk apa2 dikukus, perubahan dilakukan pelan2 aja

TANYA :
Tanya bunda Meyli, kalo food combining itu sesuai dgn sunnah rasulullah tdk?

JAWAB :
food combining, ada yg sesuai sunnah. tapi tdk bs dibilang semuanya jg. di antara yg sesuai, tdk menggabungkan susu dg daging.

TANYA :
Bunda Melly cara merebus sayuran yang tepat itu bsgaimana bunda apakah sebaiknya setelah di rebus lalu di cuci lg dg sit dingin? Apakah daging yg sebelum dimasak dicuci dulu membuat daging tidsk empuk.sehingga kl kt bikin sate tidak kt cuci? Bahaya tifsk bunda?

JAWAB :
cara merebus sayuran adl dicuci dl baru direbus. mentah lebih baik. daging dicuci dl sblm masak lbh pada membuat baunya sulit hilang, khususnya daging kambing. tuk membuat daging empuk bs pakai daun pepaya atau parutan nanas

TANYA :
Bagaimana caranya mengalihkan perhatian spy tdk kepikiran ngemil terus???

JAWAB :
ngemil itu tidak apa2, ngemillah dengan baik, pilih buah atau sayur sbg cemilan
biasakan olahraga jg membantu metabolisme dan mengalihkan perhatian. ngemil itu krn kbanyakan aktivitas diam. perbanyak gerak

TANYA :
Bunda melly.. mau tanya kalau utk mp asi pd  bayi sebaikny sayuran atau daging..dan untuk pamerian susu  botol sebaikny hrs tggu usia 2th atau tidak..

JAWAB :
mp asi yg bagus itu buah, stelah itu sayur.

buah bisa mentah, dijus atau tdk dijus. sayur bagus dikukus.

bubur merah jg bagus.. susu botol lbh lambat lbh baik, wallahu a'lam. di atas 2 tahun boleh

TANYA :
Bunda Meily, mengapa daging dan susu tdk boleh digabungkn? Kalau protein darat dan laut bgm? Misal ikan dgn ayam. Adakah hadits yg menerangkn bhwa Rasulullah SAW tdk menggabungkan susu dan daging?

JAWAB :
yg daging dan susu, n protein laut darat, nnt dl ya bun.. hrs cek kebetan
> > jawaban dr u Rizal HPAI tkait daging.susu dll

Daging seratnya tinggi jadi susah dicerna usus apalagi digabung dengan susu yg sifat nya asam akan menghasilkan gas dilambung itu sih yg ana tahu

Ana ragu kalau p3ndapat itu berasal dari Rasulullah , yang ada adalah pendapat ulama dan thabib2 terdahulu yang mengatakan demikian  wallahualam

Perkataan Ibnul Qayyim dalam Ath-Thibbun Nabawi, hlm. 228—229, “Barang siapa yang mencermati tentang makanan dan segala sesuatu yang dimakan oleh Rasulullah, pasti dia akan mendapati bahwa Rasulullah tidak pernah menggabungkan antara susu dengan ikan atau antara susu dengan makanan masam. Bila susu bertemu dengan yang masam akan menyebabkan penggumpalan, pemicu iritasi pencernaan.”
Perkataan Ibnul Qayyim dalam Ath-Thibbun Nabawi, hlm. 228—229, “Barang siapa yang mencermati tentang makanan dan segala sesuatu yang dimakan oleh Rasulullah, pasti dia akan mendapati bahwa Rasulullah tidak pernah menggabungkan antara susu dengan ikan atau antara susu dengan makanan masam. Bila susu bertemu dengan yang masam akan menyebabkan penggumpalan, pemicu iritasi pencernaan.”

TANYA :
Bunda meily,  di dalam materi di sebutkan bahwa kalau meninggalkan makan malam akan membuat cepet tua dan pikun, sebaiknya makan malam jam berapa ya bun......saya kalau makan malam sebelum sholat magrib (soalnya sudah laper banget), malamnya gak makan yang berat lagi, paling makan buah...., tapi kalau suami dan anak2 makan malam habis sholat isya.....

JAWAB :
makan malam, yg bagus 4 jam sebelum tidur. sebelum magrib sangat bagus.

tujuan memberi jarak 4 jam adl agar pencernaan maksimal dan bs ikut istirahat, saat kita tidur. segera 
tidur setelah makan jg penyebab mudahnya lemak tertimbun


Demikian kajian kita hari ini. Kita tutup dengan membaca hamdalah, istighfar 3x, dan doa kafaratul majelis.
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr wb.

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment