TOBAT

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, December 24, 2014

Kajian Online Hamba الله SWT

Rabu, 24 Desember 2014
Narasumber : Ustadzah Neneng
Rekapan Grup Nanda 118 (Venny)
Tema : Kajian Islam
Editor : Rini Ismayanti

TOBAT

Menurut para ulama tobat hukumnya wajib, syarat syarat tobat ada tiga jika perbuatan dosa nya tidak berkaitan dengn manusia, atau hubungan antar manusia.
1. Harus meninggalkan maksiat yang telah dilakukan
2. Menyesali perbuatannya
3. Bertekad tdk melakukannya kembali selama lamanya.
Jika maksiat dan dosa itu berkaitan dengan manusia, maka syarat tobatnya ada 4 yaitu 3 syarat tadi ditambah dengan membersihkan dan membebasknan diri dari  hak terhadap orang lain.
Jika berkaitan dengan harta benda maka harus dikembalikan kepada pemiliknya, apabila menuduh maka harus meminta maafnya.

Perintah perintah tobat dalam al quran antara lain,
1. Dalam surah an nuur 31: dan bertobatlah kamu sekalian kepada Allah hai orang orang yang beriman supaya kamu beruntung.
bertaubatlah. . . . perintah dari Allah langsung kepada umat manusia yang beriman, agar mereka beruntung
dengan pengertian bahwaa sesungguhnya tiadalah tobat itu bermanfaat bagi Allah kecuali bagi dirii manusia ituu sendirii. . . . Allah swt mungkin akan memperkenankan permohonannya lalu menggolongkan mereka mjd hamba hambaNya yang beruntung dengan mewarisi surga
2. Surah hud ayat 3: dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertobatlah kepadaNya. . .
bagii mereka yang menyadari dosa dan kekurangan ibadah mereka., bagi mereka yang merasa dirinya hina, yang menyadari kesalahan kesalahannya terhadapn Tuhannya. . . berarti bahwa merekalh orang yang sebenar benarnya beriman dan bertaqwa, dan sebenar benarnya muslim yang wara' hati hati waspada terhadap kelemahan dirinya. . . kesadaran dalam hatinya adalah bukti kebaikan dlam hati manusia.   . bukti kemurnian nuraninya yang bersih dan jernih. .   maka Allah sangat menyukai orang orang yang selalu bertobat kepadaNya
3. Surah at tahriim ayat 8: "hai orang orang yang beriman bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni murninya yang benar yang tulus dari hati nya yang paling dalam, tulus hatinya mengakui dosa, tunduk hatinya menyesali, lalu teguh hatinya berusaha bersungguh sungguh meninggalkannya”
surah inii menegaskan setelah perintah bertobat Allah swt jg memerintahkan agar tobat itu adalah tobat yang haq.

Rosululloh saw bersabda "demi Allah sesungguhnya saya membaca istighfar dan bertobat kepadaNya lebih dari tujuh puluh kali setiap hari
dalam surah nuh ayat 10 Allah memerintahkan agar nabi menyuruh umatnya beristighfar.
Hadits riwayat lain nabi bersabda:"wahai manusia bertobatlah kalian kepada Allah dan mohonlah ampun kepadaNya, sesungguhnya saya bertobat seratus kali setiap hari HR Muslim
**dari abu hamzah anas bin malik al anshariy berkata:rasululloh saw bersabda: sesungguhnya Allah gembira menerima tobat hambaNya melebihi kegembiraan seseorang diantara kalian ketika menemukan kembali ontanya yang hilang di padang yang luas. HR Bukhari Muslim

Karenanya sahabatkuuu sekalian. . . . fafirruuuu ila Allahhh. .   bersegeralah bersegeralah bergegaslah menujuu Allah yang ampunanNya seluas langit dan bumiii. Jika kita hitung hitung segenap amalan ibadah kita niscaya kita akan temukan banyak sekali kekurangan dan kelalaian bandingkan jika kita hitung nikmat yang telah Allah berikan. . . tidak cukup kata dan pena untuk menuliskannnya. .   apakah sebanding nikmat yang telah Allah karuniakan kepada kita dengan balasan terimakasih kesyukuran kita terhadapNyaa?
ataukah kita selaluuu merasaa diriii kita cukupppp mampuuu meraih duniaa merasa cukuppp dengan diri kita meraih sukses. . . menjadi kaya, menjadi bahagia. . . ?
Apakah kita hanyaaa tahuuu satuu bahasa sukses ada di tangan kita sendiri?
apakah kita hanya mengenal satuu pandangan bahwa kita hidup untuk bersenang senang . .
Atauuu mungkin kita suka merasaa tidk punyaa dosaaa tidak banyak kesalahan padaNya ,hingga kita.lupaa bagaimanaa rasanya saat sesuatu.hilang lalu seluruh manusia tdk mampu menolong dan kita tunduk sujud di hadapanNya memohon agar Ia menghilangkan kesusahan kepedihan dan kesulitan kita
Atauu mungkin kita adalah orang orang istimewa yang tdk terlalu perlu kepada Allah swt yang memelihara kita, menfhidupkan dan menidurkan kita?
Atauu mungkin karena kita selalu sibuk dengan dunia yang fana lalu jatuh cinta terhadapnya. .  dan alfaa dari mengingat bahwaa duniaa ini akn berakhir dan kita juga akan mati sedang Allah swt akan kekal selamanya? ?
kita lupaaa dari mengingat nikmatnyaa saat kita bs bangun kembali dari tidur untuk menyapa matahari. . . lupaa bahwa kita dibangunkan kembali olehNya. .
kita lupaa yang menjadikan tubuh kita tegap berdiri lalu berpakaian dan mematut dirii. . kita lupaa bahwa Allah lah yang masih memberi rezeki sehat dan muda kepada kita
kita lupaaa yang menjadikan kita bs berbicara dan dianggap oleh manusia adalah Allah swt yang mengajarkan kalam itu kepada kita dan Allah yang menutupi aib dosa kita.    
Hingga manusia yang lain tidak tahuuu kebusukan kita
keburukan amal amal kita
kesombongan diri kita saat dihadapan manusiaa
kepongahan kita saat kita berjalan di muka bumiNya. . .
lupa. . .
lupa. . .
dan tiada yang menjadikan manusia lupa kecuali dia adalah syetan yang durjanaaa
dia adalah hawanafsu kita yang enggan mengakuiii
enggan menyadarii
enggan. . . enggan. . enggan
astaghfiirulloh
dan ingatlah sahabt tiadalah pembangkangan iblis dimulai kecuali saat dia memperturutkan ke engganannyaa unt mengikutiii perintah Allah swt
astaghfiirulloh

TANYA JAWAB

Q : Um afwan kalo diluar topik. Kan kita disuruh amar makruf nahi mungkar ya. Trus um, gmana caranya kita untuk ngeberantas nahi mungkar jika yang ngelakuinnya adalah lebih tua dari kita atau atasan kita?
A : Kalau belum beraniii mungkin bisa melibatkan orang yang lebih senior. kalau atasan ya mungkin sulit untuk mengingatkan akan tetapi kalau sudah masuk pada darurat yaa berdirilah yang tegak laluu ingatkanlahh. walau tentu ada konsekuensinya tapi tidak apaa ituu latihan ujian berbicara kebenaran di hadapan penguasa atau yang lebih berkuasa.

Q : Aku mau tanya tentang sholat taubat. Pernah baca tentang sholat taubat n tata cara nya. Sbenernya sholat taubat it ada ga sh umi? Trus apakah kita dianjurkan utk sholat taubat?
A : Sholat tobat atau sholat lainnya semisal sholat hajat hanya dibedakan dari niat saja. tatacara dll sama. Tetapii doa di dalamnya, doa sesudahnyaa ituu yang membedakan jadi tidak ada tata cara khusus

Sepertinya sudah tidak ada yang bertanya ya baiklah kita tutup kajian dengan istighfar,  hamdalah dan doa kafaratul majelis dipimpin oleh adminnya.

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asayahadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”


Wassalamu'alaykum warahmatullah

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT