URGENSI SYAHADATAIN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, December 25, 2014

Kajian Online Hamba الله SWT

Kamis, 25 Desember 2014
Narasumber : Ustadzah Runie
Rekapan Grup Nanda M114 (Amalia)
Tema : Syakhsiah Islamiah
Editor : Rika Arisandi / Rini Ismayanti


URGENSI SYAHADATAIN

Bismillahhirrahmanirrahim
Segala puji bagi Allah yang memelihara alam. Siapa yang diberi hidayah oleh Allah, tidak ada siapa pun yang dapat menyesatkannya, dan siapa yang disesatkan oleh Allah, maka tidak siapa pun yang dapat memberi hidayah kepadanya.
Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang disembah kecuali Allah, tidak ada sekutu bagiNya, dan Aku berasaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya
Salawat dan salam teruntuk Muhammad Saw, sahabat dan para umat yang mengikuti sunnahnya hingga akhir zaman.

Urgensi Syahadatain: (QS. 4:41 , 2:143 )

1.Pintu masuk ke dalam Islam (QS. 7:172 ,  47:19 )
Dengan mengikrarkan syahdatain, secara otomatis seseorang telah menjadi muslim; mendapatkan hak dan kewajiban yang sama sebagai seorang muslim dan hanya kepada Allah sajalah ia akan tunduk.

2. Intisari ajaran Islam (QS. 21:25 , 45:18 )
Dengan mengamalkan syahadatain, kita telah mengenalkan diri kita pada sebuah sistem hidup yang telah mengatur segala pola hidup dan kebutuhan setiap muslim.  Bukan hanya yang bersifat vertikal (hubungan manusia dengan Sang Khalik) tetapi juga horizontal (hubungan sesama manusia)

3. Konsep dasar reformasi total (QS. 6:122 , 13:11 ).
Seorang Umar bin Khaththab yang sebelumnya adalah orang yang sangat membenci Islam, bahkan terkenal sekali dengan kehidupan jahiliyah diantaranya dengan membunuh setiap anak gadis yang lahir dari isterinya, juga senang hidup dengan khamr, mampu berubah secara dahsyat ketika hatinya tersentuh Islam.  Ia menjadi sosok yang karismatik yang bahkan syaithan pun takut padanya.

4. Hakikat da'wah para Rasul (QS. 21:15 , 3:31 , 6:19 , 16:36 )
Sejatinya, konsep syahadatain-lah yang senantiasa didakwahkan oleh para Rasul.  Mereka semua mengatakan fattaqullah wa athiuuni!:  bertakwalah kepada Allah dan taatilah aku!  Mereka semua menyuruh untuk mengesakan Allah semata dan mengakui kerasulan.

5. Keutamaan yang besar (Hadits: Man qala Lailaha illallah, dakhalal jannah)
barang siapa yang mengucapkan laa ilaha illallah, ia akan masuk surga
Tafadhal langsung tampung pertanyaan, kita sharing..

TANYA JAWAB

1. Ummi, kalau misalnya non muslim mengucapkan syahadat hanya bercanda aja, misal hanya buat syutin film gitu. Apakah dia sudah otomatis masuk islam??
JAWAB:
kalimat syahadat adalah kalimat yang sarat dengan konsekuensi rabbaniyah.
Kenapa Paman Rasulullah tidak mau mengucapkan syahadah hingga akhir hayatnya sekalipun beliau adalah pendukung awallun setiap langkah dakwah Rasulullah??
Paman Rasulullah tahu bahwa dengan mengucap kalimat tauhid tersebut (sadar/tidak sadar) maka ada konsekuensi logis yang harus beliau ambil Dan mau menanggalkan segala ego yang Ada.
Jadi syahadah yang diucapkan; sadar atau tidak sadar merupakan tanda masuknya orang tersebut terhadap Islam.
Allah mengingatkan kepada kita Untuk tidak mempermainkan agama melalui syahadah.

2. ummi,apa perlu mengulang pengucapan syahadatain bagi orang muslim yang dulunya jatuh pada  perbuatan  kesyirikan dan kembli pada jalan Allah lagi.,,
JAWAB :
Awalnya Muslim kemudian melakukan syirik--> maka statusnya bukanlah seorang Muslim Dan bukan pula agama lain!
Jika orang Ini sadar akan dosanya Dan ingin kembali kepada Islam. Sungguh Allah Maha Pengampun dengan Segala Taufik Dan KaruniaNya. Segeralah orang tersebut melakukan taubatan nasuha kemudian memperbaharui syahadatnya dengannya mengucapkannya kembali dengan itikad TiDaK akan mengulangi dosanya tersebut.
bagaimana jika Hanya kamuflase, sungguh orang tersebut DaLaM kesesatan yang Sangat.

3. Asslamaalaikum Umi,,mohon informasi..Bagaimanakah jika agama islam yang kitaa peluk adalah dari lahir yaitu dari orangtua kitaa,apakah kitaa juga wajib mengucapkan syahadat?
JAWAB:
Adikku sayang,
sungguhlah beruntung bila orang tuanya adalah seorang yang Muslim, karena fitrahnya manusia adalah Muslim- yang setiap ruh manusia di dalam rahim ibunya telah bersaksi kepada Allah. Namun, saat lahir, orang tuanyalah yang menjadikan ia majusi, nasrani pun kepercayaan yang lain.
Sungguh beruntunglah nanda yang memiliki orang tua concern terhadap pendidikan agama nanda. Disinilah pemahaman Dan keyakinan terhadap Iman Dan diin berkembang, sehingga dari Muslim menjadi mukmin.
Sungguh beruntunglah antuna yang diberikan karunia Allah berupa hidayahNya, Karena tidak Ada seorangpun yang mampu mencegah bila Allah menerangi imannya dengan ilmu yang lebih Dan lebih. Inilah intisari kehidupan (urgensi syahadatain.red)

4. Assalamualaikum Umm, Bagaimana bila ada seorang muslim lalu keluar tuk memeluk agama lain kemudian masuk Islam lagi tanpa saksi semisal ustadz,sdengankan dianya saat masuk agama lain ada saksi dan ada surat  pernyataan juga...apa syahadatnya sah apa gak jadi muslim kembali,syukron Ummi.
JAWAB:
Stressing pointnya; darimana anti tau jika saudara kita INI sudah kembali lagi dalam islamnya? Sebelumnya darimana anti tau kalo saudara kita ini pindah agama?--> Karena Ada Surat pernyataan dan saksi?-->sudah konfirmkah?
Intinya jika seseorang mengucapkan syahadah tanpa saksi maka sesungguhnya syahadahnya dengan Allah.
Namun, dari sisi muamalah saksi menjadi penting guna menghindari adanya fitnah dan kesalahpahaman. Pun Dari sisi orang yang mualaf guna menjaga orang tersebut dalam keshalehahnya.
Allahu'alam bishowab
tambahan:
tahu saat prosen pernikahan dengan beda agama dia di gereja dan di baptis dan tantenya bilang sekarang dah islam lagi ngerjain sholat dan puasa kadang  kalau keluar juga  berhijab...tapi tetap serumah dengan suami yang non muslim.
kedua orang tuanya dah meninggal sejak dia kecil,semua keluarga besar tante dan om dah melarang tapi tidak mau di nasehatin malah keluarga mengancam kalau masih mau nikah juga gak di anggap sebagai bagian dari keluarga cuma gak di hiraukan,tetap memilih lelakinya...menyedihkan aqidahnya tertukar demi lelaki dan pihak gereja memberi hadiah motor karena dah masuk ke agama tersebut.

5. Afwan baru gabung
Ummi mau tanya gimana .cara kita menjelaskan tentang Allah kepada anak kecil karena terkadang pertanyaan mereka sulit untuk kita jelaskan.
JAWAB:
iy y pertanyaan anak kecil itu buat kita kreatif, seperti surga dbawah telapak kaki IBU..pas dicek anaknya, langsung komentar "dimana surganya? Ko gak ada"...
Kalau ke anak kecil selalu tanamkan Dari hal yang sederhana. Misal seorang anak bernama Aisyah.. Ajarkan keberadaan Allah kepada Aisyah dalam proses belajarnya... Dulu bayi Aisyah tidak bisa berjalan namun atas ijin Allah yang membuat Aisyah hebat, Aisyah diberi kemampuan Dan kemauan untuk merangkak, merambat, berjalan hingga jago dalam lari seperti sekarang,  Allah yang Maha Penyayang senang melihat usaha Aisyah sehingga Aisyah semakin hebat setiap Hari.
Kita juga bisa jelaskan dari setiap warna yang Ada, "Subhanallah, warna kupu-kupunya indah sekali...Allah menciptakan kupu-kupu secantik Allah menciptakan Aisyah begitu sempurna"
Dan lainnya....
In sha Allah kesabaran at DaLaM menjelaskan mampu menguatkn diin dalam hati anak.

6. Assalamualaikum,,,
ummi bagaimana jika ada seorng laki-laki muslim tetapi tidak melaksanakan shalat jumat berturut-turut dengan sengaja padahal dia tahu kalau sudah waktu nya jumatan, apakah lelaki itu murtad karena tidak melaksanakan jumatan dan harus bersyahadat lagika ummi ketika nanti sadar,,,??
jazakillah ummi,,,
JAWAB :
Hadis dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ تَرَكَ الْجُمُعَةَ، ثَلَاثًا، مِنْ غَيْرِ ضَرُورَةٍ، طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ
Siapa yang meninggalkan jumatan 3 kali, bukan karena darurat, Allah akan mengunci hatinya.” (HR. Ibnu Majah 1126 dan dishahihkan al-Albani)
Point nya:
1.) 3kali meninggalkan DaLaM konteks berturut turut ataupun TiDaK
2.)pengecualian untuk kind uzur/ darurat
3.)Allah mengunci hatinya laiknya iblis TiDaK bisa mendapatkn hidayah. Ada yang mengarahkn pada Golongan  munafik (Qs munafiqun:3) . Ada yang langsung mengkategorikan murtad.
Allahu'alam SeMoGa Iman kita DaLaM kteguhan.

7. Assalamualaikum.. Ummi mau tanya. Bgaimana pertanggungjawaban orang tua yang membiarkan anaknya murtad?
*Bagaimana ummi agar di akhir hayat kita kalimat syahadat mudah kita ucapkan? karena saat sakaratul maut ada beberapa orang yang sangat susah mngucapkan kalimat syahadat.syukron ummi
JAWAB:
Waalaikumussalam
Orang tua berdosa apabila membiarkan anaknya pindah agama. Orang tua juga berdosa karena itu menunjukkan ayah/ibu lupa memberi pendidikan agama yang cukup bagi anaknya sehingga imannya lemah. Berdasarkan hadits sahih riwayat Bukhari Muslim (muttafaq alaih) berikut
كلكم راع، وكلكم مسئول عن رعيته، فالأمير الذي على الناس راع، وهو مسئول عن رعيته، والرجل راع على أهل بيته، وهو مسئول عنهم، والمرأة راعية على بيت بعلها وولده، وهي مسئولة عنهم، والعبد راع على مال سيده، وهو مسئول عنه، ألا فكلكم راع مسئول عن رعيته

Artinya : Setiap orang adalah pemimpin. Dan setiap pemimpin bertanggung jawab atas yang dipimpinnya. Kepala negara bertanggung jawab pada rakyat. Suami adalah pemimpin bagi istri dan anaknya dan ia bertanggung jawab atas yang dipimpinnya
Namun, kalau orang tua sudah mendidik anaknya dengan pendidikan agama yang cukup, kemudian anak tetap murtad, maka itu di luar tanggung jawab orang tuanya. Artinya, orang tua tidak berdosa
bismillah. Jaga diri kita dalam keshalehah. Selalu perbaharui Dan perkuat syahadah kita baik dalam shalat pun Do'A. Mari saat ini kita selalu berdo'a semoga Allah senantiasa menjaga lidah kita supaya lidah kita tetap dalam syahadat sampai kapanpun dan sampai maut menjemput kita. In sha Allah dengan doa ini, melalui perantara doa ini semoga kita selalu berada dalam perlindungan Allah. In sha Allah.

8. Asalamualaikum kalau dalam satu keluarga dan satu rumah saudara kandung  dan kdang orang tua kita ..seumur..umur belum pernah sholat ummi..bagaimana cara si Anak ya ummi padahal si Anak dah menasehati tapi hanya jawaban singkat (nantilah....)
Curhatan kawan...
JAWAB:
Bersabar. Dengann sabar in sha Allah akan banyak hikmah Allah.
Jika ajakan lisan sudah dilakukn itu sudah hebat. Maka lanjutkan  kesabaran dalam memberikan contoh langsung. "Ayah, saya ijin shalat y...", "ayo siapa yang mau shalat jamaah, supaya makin banyak tabungan kebaikannya." Dan lain-lain
Kemudian secara konsisten bersabarlah dalam berdoa utk kelembutan hati orang tua. In sha Allah, Sang Pemilik Hati kan memberikan karuniaNya kepada orang tua.
turut mendoakan antuna semua
Wallahu'alam bisshowab
Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....


Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan
kita tutup kajiannya ya..

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh


​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ



Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT