Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , » WANITA DAN KODRATNYA

WANITA DAN KODRATNYA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, December 9, 2014

Kajian Online Hamba الله SWT

Selasa, 9 Desember 2014
Narasumber : Ustadzah Malik
Rekapan Grup Nanda 125-126 (Melati)
Tema : Motivasi Islam
Editor : Rika Arisandi / Rini Ismayanti

WANITA DAN KODRATNYA

Wanita adalah insan yang sangat mulian dimuka bumi ini. Di dalam Islampun wanita di abadikan dalam Al-Quran dengan nama surat an-Nisa. Wanita sangat berperan dalam keluarganya. Maju dan mundurnya usaha dalam suatu keluarga tergantung bagaimana motivasi yang diberikan oleh istrinya.

 “Seseorang datang menghadap Rasulullah SAW. dan bertanya : Siapakah manusia yang paling berhak untuk aku pergauli dengan baik ? Rasulullah SAW. Menjawab : Ibumu. Dia bertanya lagi : Kemudian siapa ? Rasulullah SAW. Menjawab : Kemudian ibumu. Dia bertanya lagi : Kemudian siapa ? Rasulullah SAW menjawab: Kemudian ibumu. Dia bertanya lagi : Kemudian siapa? Rasulullah SAW. menjawab lagi : Kemudian ayahmu”. (Shahih Muslim)

Kodrat adalah kekuasaan Tuhan, manusia tidak akan mampu menentang dirinya sebagai makhluk hidup, (Kamus Bahasa Indonesia). Sedangkan dalam pengertian lain definisi kodrat adalah suatu ketentuan yang tersemat dalam diri seorang/sesuatu hal yang tidak dapat di kendalikan oleh manusia karena itu merupakan hukum yang bersumber dari Allah Subhanahu wa Ta’ala (Desir Syair Rindu).

Namun seorang wanita yang melakukan sesuatu perbuatan dan itu tidak sesuai dengan harapan Hadits Rasulullah SAW, apakah itu tidak melanggar kodrat ? Apakah kodrat hanya didefinisikan secara jasmaniyah saja tanpa termasuk ruang lingkupnya kajian moral dan sosial sesuai ketentuan Hadits ?


Wanita Dalam Pandangan Islam

Dalam Islam tidak pernah dibayangkan adanya pengurangan hak wanita atau penzhaliman wanita demi kepentingan laki-laki. Karena Islam adalah syariat yang diturunkan untuk laki-laki dan perempuan. Namun Islam mengatur wanita dalam tatanan yang sempurna. Sehingga apapun yang dilakukan oleh wanita jangan sampai mengurangi derajat dan martabatnya dalam agama.

 “Katakanlah kepada wanita yang beriman, ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau Saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara lelaki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.’” (Q.s. An-Nur: 31)

Islam sangat menjaga kemulian wanita, sehingga wanita tidak dibiarkan apabila keluar dari rumahnya dalam keadaan memperlihatkan perhiasannya. Karena perhiasan merupakan sesuatu yang sangat istimewa baginya. Bahkan dari situlah lelaki dapat mengukur sampai dimana keshalihan seorang wanita dan tentang kadar imannya.

Selain berdosa menurut pandangan Islam, wanita yang berpakaian tidak menutupi auratnya dapat membawa bahaya bagi dirinya. Apalagi yang memakai kalung emas dan gelang emas. Ini sangat menarik perhatian pencopet dan perampok. Bahkan wanita yang menampakkan auratnya akan mempengaruhi lelaki-lelaki jahil untuk mengganggunya bahkan memperkosanya.

 “Hai Nabi, Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka’. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, Karena itu mereka tidak diganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang, (Q.s. al-Ahzab: 59).


Emansipasi Wanita dan Naruninya

Emansipasi berasal dari bahasa latin “emancipatio” yang artinya pembebasan dari tangan kekuasaan. Di zaman Romawi dulu, membebaskan seorang anak yang belum dewasa dari kekuasaan orang tua sama halnya dengan mengangkat hak dan derajatnya. Adapun makna emansipasi wanita adalah perjuangan sejak abad ke 14 M dalam rangka memperoleh persamaan hak dan kebebasan seperti hak kaum laki-laki (Kamus ilmiah Populer hal 74-75).

Jadi para penyeru emansipasi wanita menginginkan agar para wanita disejajarkan dengan kaum pria di segala bidang kehidupan.
Memaknai refleksi kelahiran R.A. Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April sebagai Tokoh Nasional yang dikenal sangat getol memperjuangkan gerakan emansipasi wanita di Indonesia. Sepintas lalu, hal itu merupakan dogma yang nyaris tanpa kritik sejak memoar beliau tertuang dengan tinta emas dalam lembaran sejarah kemerdekaan Indonesia. Bukan hanya wanita, pria bahkan waria pun sampai detik ini meyakini derap kemajuan emansipasi wanita Indonesia dicapai berkat gerakan emansipasi yang dipelopori R.A. Kartini. Apalagi dengan karyanya yang sangat masyhur Habis Gelap Terbitlah Terang.

Jika emansipasi dikonstruksikan sebagai konsep penyetaraan hak dan kedudukan antara pria dan wanita untuk berperan dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan, maka sesungguhnya hal seperti itu sudah terjadi dan melembaga jauh sebelum era Kartini. Kita tentu masih ingat kalau Majapahit sebagai kerajaan yang pernah menguasai hampir seluruh kawasan Asia Tenggara hingga ke Formosa di bagian Utara dan Madagaskar di Barat. Ternyata, dalam silsilah kerajaan Majapahit pernah diperintah dua perempuan masing-masing Tribhuwana Tungga Dewi (1328-1350) M. dan Kusuma Wardhani (1389-1429) M.

Kalau penyetaraan segala hak yang ingin disamakan antara wanita dan lelaki, maka sungguh itu tidak akan pernah bisa. Wanita mempunyai keterbatasan-keterbatasan yang membedakan dirinya dengan lelaki. Mulai tingkat menjadi imam shalat sampai dengan memanjat kelapa.

Apapun yang telah diatur di dalam Al-Quran dan Hadits, itulah kodratnya.
Hari ini, seorang wanita dibolehkan memakai celana pendek, berpakaian ketat, pakai jeans dan kerja dari pagi sampai larut malam, dinas keluar kota berbulan-bulan tanpa didampingi muhariim karena emansipasi.
Tapi apakah nuranimu, wahai wanita yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya sanggup menerimanya ?
Apakah nuranimu akan berkata, “Ya” dan, “Inilah yang terbaik bagi anakku” ? Yang mereka keluar kota berbulan-bulan dengan rekan sekantornya, dengan tanpa bersalah mereka menggunakan celana pendek ke luar kota bahkan ke mall. Apakah nuranimu, wahai wanita yang bersifat ibu mampu menerimanya dengan hati nuranimu ?

“Sesungguhnya sebilangan ahli neraka ialah perempuan-perempuan yang berpakaian tapi telanjang yang condong pada maksiat dan menarik orang lain untuk melakukan maksiat. Mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya.” (Riwayat Bukhari dan Muslim).

“Tidak halal bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhir melakukan safar (bepergian) selama satu hari satu malam yang tidak disertai mahariamnya.” (HARI. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, At Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

By. Bunda Malik


TANYA JAWAB :

T : Bagaimana hukumnya seorng istri bekerja di luar rumah seperti di kantoran? Apakah diperbolehkan?
J : Persoalan wanita bekrja kalau itu seizin suami dan memperhatikan batasan-batasan kodratnya atau fitrahnya in sya Allah diperbolehkan. Bekerjanya seorang istri adalah untuk membantu suami so harus dikomunikasikan dengan suami begitupun kalau ternyata memang kondisinya harus terbalik. Tinggal bagaimana komunikasi rumah tangganya berjalan efektif.
Adikku sayang kodratnya seorang ibu adalah di rumah mendidik anak-anaknya. Dalam kondisi tertentu dia harus bekerja harus sudah seizin suami tentunya tidak boleh mendzolimi yang lainnya. Boleh jadi tidak selalu bersama tetapi kualitas ketika bersama diutamakan juga baik, tinggal bagaimana mengatur dan mengkomunikasikannya secara efektif di dalam rumah tangga....supaya kemuliaan tetap didapati

T :Kodrat wanita itu sebelum menikah dan sesudah menikah apakah ada yang berbeda atau bertambah ?
J : Sebelum menikah tanggung jawab penjagaan terhadapny ada pada orang tua dan ketaatannya kepada kedua orang tuanya dan setelah menikah tanggung jawab dan ketaatan beralih kepada suaminya

T : Didunia perdagangan apakah derajad pria dan wanita itu boleh di setarakan ? soalnya kalau dibaca sirah sahabat siti khadijah juga seorang saudagar tapi tidak ada yang menerang kan apakah siti khadijah langsung turun kelapangan atau sekedar pemberi modal/insvertor..!!. boleh dong bunda bagi sedikit tentang berdaganya siti khadijah ? Sejauh apa usaha wanita yang dibolehkan dalam menjemput jodohnya !
J : Dalam hal perdagangan boleh disetarakan tetapi tetap memperhatikan batasan akhlaq sebagai seorang muslimah, berpakaian sesuai syar’ i, bermuamalah sesuai dengan tuntunan islam khodijah adalah seorang saudagar yang mengatur perdagangannya dan bahkan Rosulullahpun bagian dari kafilah perdagangannya.

Usaha maksimal, artinya memperbaiki diri dengan kesiapan mental fisik mendidik anak kafaah untuk berumah tangga
Ketika memang sudah siapkan sampaikan keorangtua untuk memilihkan pasangan bagi kita....jodoh bisa datang lewat siapa saja tetapi cara yang baik sesuai tuntunan islam kita yang tentukan...
Sempurnakan ikhtiar dan tentunya sempurnakan doa dan pinta karena Allah yang lebih tahu yang terbaik buat kita.

T : Kalau seorang wanita yang belum menikah bekerja bertemu banyak orang termasuk laki-laki juga bagaimana hukumnya ? Dan jika sudah menikah bagaimana hukumnya juga ? Apa benar semua bisa tergantung sama kita nya, apa boleh tapi kita nya tetap jaga diri
J : Pertanyaan mbak jawabannya sama dengan atasnya

T : Apakah boleh seorang wanita bekerja diluar kota berbulan bulan, tinggal di kosan, sedangkan dalam hadits di atas, seorang wanita tidak boleh berpergian seharian tanpa mahariomnya,, bagaimana sebaiknya ustadzah, apakah wanita itu harus pulang kembali ke kampungnya atau bagaimana sebaiknya ustadzah ? Syukron..
J : Beginilah seharusnya kita dalam bekerja mengikuti tuntunan yang dicontohkan Rosulullah selagi kita bkerja dalam koridor syar’ i atas izin suami dan mperhatikan batasan-batasan syar’ i in sya Allah tidak ada yang timpang kelihatannya, ada baiknya suami dan istri menganalisa baik dan buruknya  ketika istri bekerja jauh apakah sudah sesuai dengan aturan islam atau tidak karena akan banyak keburukan yang berlaku ketika ia bertentangan

T : Jika laki-laki yang ingin meminang wanita ,yang menurutnya baik tapi bertentangan dengan kemauan orang tua.karna laki-laki sudah dijodohkan dengan wanita pilihan orang tuanya,apa sudah pasti wanita itu akan hormat dan patuh pada laki-laki  itu. padahal si perempuan belum mengenal apalagi menaruh rasa suka kepada si laki-laki tersebut. apa rumah tangganya akan sakinah mawadah dan warahmah ?
J : Khusnudzon dengan yang Allah pilihkan buat kita in sya Allah akan mudah bagi kitab menerima ketentuan Allah siapapun suami kita. Niat yang benar sebagai ibadah ketika menikah akan menguatkan azzam kita untuk membentuk keluarga samara yang akan berbuah surga, yang menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang itu adalah Allah in sya Allah dengan tidak mengenal calon suami dan menerimanya karena dien

T : Kalau kita kerja di suatu mall, untuk menjelang natal banyak sekali atribut yang dijual buat natal
Kalau menjelang natal banyak pohon natal yang di jual , kalau kita di minta menghias pohon natal itu, apakah boleh ukhti ? Mohon yang tahu bisa share , biar tidak salah melangkah
J : Hukum asalnya tidak diperbolehkan karena menghias dan mengikuti perayaan berkaitan dengan aqidah itu namanya tasyabuh dilarang oleh agama

T : Bunda, kalau kedudukan ibu 3x lebih utama dari ayah, apakah berarti bila kita melakukan sebuah dosa maka akan bernilai 3x lipat jika dilakukan kepada ibu ?
J : Hadits diatas untuk memuliakan kedudukan seorang wanita sebagai ibu dan bagaimana anaknya wajib untuk memuliakan beliau tapi bukan berarti terhadap ayah kita tidak berlaku baik demikian halny dengan keburukan terhadap ibu juga keduanya tetapi bunda belum pernah membaca hadits ataupun riwayat tentang dosa yang 3 kali lipat....afwan
Jadi  ini lebih kepada kemuliaan yang Allah berikan adikku.

T : Tanya ya  bun.. kalau kita safar/ traveling bareng temen-temen perempuan apa meski ada  mahariam juga ?  batas  safar berapa hari bun ?
J : Adik-adik teman-teman perempuan muslim itu juga muhariimmu tentun seizin orangtua perginya dan batas safar 7 hari lebih dari itu sudah mukim

T : Bagaimana tentang perempuan yang bekerja di luar sampai hanya punya sedikit waktu untuk anak dan suami. Apakah itu juga termasuk menentang kodratnya sebagai perempuan ?
J : Persoalan wanita bekerja kalau itu seizin suami dan memperhatikan batasan-batasan kodratnya/fitrahnya in sya Allah diperbolehkan bekerjanya seorang istri adalah untuk membantu suami jadi harus dikomunikasikan dengan suami begitupun kalau ternyata memang kondisinya harus terbalik tinggal bagaimana komunikasi rumah tangganya berjalan efektif.

T : Bunda mau nanya kalau misal ternyata seorang ibu yang meninggalkan kewajibannya dan lupa kepada anak-anaknya apakah ibu tersebut masih bisa dikatakan mulia bunda ?
J :  Adikku  sayang kodratnya seorang ibu adalah dirumah mendidik anak-anaknya dalam kondisi tertentu dia harus bekerja harus sudah seizin suami tentunya tidak boleh menzolimi yang lainnya boleh jadi tidak selalu bersama tetapi kualitas ketika bersama diutamakan juga baik, tinggal bagaimana mengatur dan mengkomunikasikannya secara efektif didalam rumah tangga supaya kemuliaan tetap didapati

T : Terus bun, bagaimana seharusnya kita bersikap ketika ibu kita mengatakan: sebagai perempuan kami harus bekerja, harus punya penghasiln sendiri biar nanti kami bisa bebas bantu orang tuamu Tanpa harus minta ke suami
J : Adikku birrull walidain wajib hukumnya, menghormati dan memuliakannya adalah utama, ketika ada yang berbeda pendapat maka sampaikanlah dengan cara yang ahsan apa yang menjadi keinginan kita...orang tua suka khawatir yang berlebihan tentang kondisi masa depan anaknya tinggal bagaimana kita membuat ibu kita percaya dan nyaman bahwa apapun yang akan ditemui dimasa depan orangtua akan tetap mendapatkan haknya dan kitapun harus membicarakan bersama suami.

T : Mau tanya, jika ada beda pendapat antara anak dan ibu? Bagaimana sikapnya, padahal pendapat anak itu benar ? Apa itu termasuk dosa, kita menolak pendapat ibu?
J : Apapun permasalahan kita dengan orang tua kita tetap wajib bagi kita untuk birrul waliyadin memuliakan dan menghormati mereka, sampaikan dengan cara yang ahsan dan berbeda pendapat Hal yang wajar tapi bukan berarti merendahkan mereka sekalipun kita benar.
Wallahu a'lam

T : Assalammualaikum bun.   Saya mau tanya saya masih agak sedikit bingung kan berjilbab itu kewajiban seorang wanita ya ..nah pada anak seusia saya ini banyak yang mengatakan .. "Ah hatinya aja dulu dijilbab in, kalo udah berjilbab tapi kelakuannya jelek ya malah nambah dosa" nah ada beberapa teman saya yang bilang begitu ..nah kita menyikapinya bagaimana ya bun ? Makasih
J : Super sekali pertanyaannya.
Perintah berjilbab/menutup aurat adalah salah satu kewajiban bagi muslimah kalau untuk yang berkomentar negatif easy going saja karena itu ujian terus saja berjilbab karena itu dakwahmu bilhaq bilqudwah (contoh) sembari memperbaiki diri dengan mempelajari islam terus menerus sepanjang hidup (madal hayah).

T : Bunda saya mau bertanya. Hadiah apakah yang dihadiahkan oleh Nabi Muhammad kepada ibu beliau yang sudah tiada? Mengingat sejak kecil beliau sudah yatim piatu. Terimakasih Bunda
J : MasyaAllah adikku great sekali pertanyaannya semua kebaikan yang dilakukan oleh Rosulullah itu adalah hadiah terbaik bagi ibunda aminah dan ayahnya Abdullah

T : bagaimana sikap kita sebagai anak jikalau ibunya tidak mengurusnya lagi bahkan pergi dari rumah apakah ibu itu masih dikatakan mulia juga bunda ?  Apakah ibu itu tetap berdosa ?
J : Birrul walidain memperlakukan mereka dengan baik dan memuliakan mereka dan mendoakan kebaikan untuk mereka adalah kewajiban seorang anak terhadap ibunya sekalipun ibunya mentelantarkannya.
Wallahu a'lam

T : Bedanya jilbab sama kerudung apa ya bun ?
J : Jilbab di Qs. Al Ahzab dijelasakan adalah pakaian yang menutup seluruh tubuh dan khimar(kerudung) penutup kepala dan istilah jilbab diindonesia sama artinya dengan khimar

T : Bun, minta tolong dijelasin kembali tentag siapa saja yang menjadi muhariim perempuan? apakah sepupu laki-laki bukan termasuk muhariim kita ? Terus bun, bagaimana kalau perempuan keluar atau bepergian sendiri tanpa suaminya, akan tetapi suaminya sudah memberi izin ?
J : coba dibaca Qs. An Nur ayat 31 disana dijelaskan siapa yang dikatakan muhariim bagi kita. Istri bepergian harus dengan izin suami


Kajian Online Hamba Allah

Rabu, 10 Desember 2014
Narasumber            : dr. Niken
Tema                         : Kesehatan (Gangguan Menstruasi)
Grup              : 125 & 126
Notulen         : Melati


Gangguan Menstruasi
                                  
Mestruasi merupakan proses keluarnya darah dari dinding rahim yang terjadi secara rutin setiap bulannya yang keluar melalui vagina.
Mestruasi pertama kali biasanya dimulai pada umur 10-16 tahun, tergantung dari berbagai faktor yang meliputi kesehatan wanita, nutrisi, dan berat tubuh yang relatif pada tinggi badan. Mestruasi berhenti sekitar usia 40-50th. Mestruasi merupakan pertanda bahwa seorang wanita siap bereproduksi/menghasilkan keturunan.

Beberapa saat sebelum mulai menstruasi, atau bisa pada hari-hari menstruasi, sejumlah wanita biasanya mengalami rasa tidak enak. Mereka biasanya merasakan satu atau beberapa gejala yang disebut sebagai kumpulan gejala sebelum mestruasi atau istilah populernya Pre-menstrual syndrome (PMS).
Sindrom pra-menstruasi dialami oleh separuh dari total perempuan yang berada pada masa reproduktif. Sekitar 5% dari perempuan yang mengalami PMS disarankan untuk mengurangi kegiatan sehari-hari mereka karena mereka sangat terganggu. Meskipun penyebabnya belum diketahui, sejumlah teori sedang diteliti. PMS mungkin berkaitan dengan meningkatnya kadar hormon setiap bulan, rendahnya kadar gula, kekurangan vitamin, perubahan yang tetap dalam bichemicals didalam otak yang mempengaruhi mood, kombinasi dari faktor-faktor itu, atau bukan salah satunya.

Berikut beberapa gejala PMS:
1. Keram pada bagian perut & vagina
2. Nyeri kepala
3. Cepat merasa lelah
4. Perut kembung
5. Perasaan sensitif
6. Gelisah, susah tidur
7. Payudara bengkak
8. Sakit pinggang
9. Perubahan nafsu makan
10. Kurang darah (anemia)

Siklus menstruasi merupakan waktu sejak hari pertama menstruasi sampai datangnya menstruasi periode berikutnya.
Siklus menstruasi perempuan tidak selalu sama setiap bulannya. Perbedaan siklus ini ditentukan oleh beberapa faktor, misalnya gizi, stres, dan usia. Pada masa remaja biasanya memang mempunyai siklus yang belum teratur, bisa maju atau mundur beberapa hari. Pada masa remaja, hormon-hormon seksualnya belum stabil. Semakin dewasa biasanya siklus mestruasi menjadi lebih teratur, walaupun tetap saja bisa maju atau mundur karena faktor stres atau kelelahan.

Jumlah darah yang keluar rata-rata 33,2 ± 16 cc. pada wanita yang lebih tua biasanya yang keluar lebih banyak. Pada wanita dengan anemia defisiensi besi jumlah darah haidnya juga lebih banyak. Jumlah darah haid lebih dari 80 cc dianggap tidak normal.

Bagi beberapa wanita, tidak teraturnya menstruasi merupakan keadaan wajar, namun bagi wanita lainnya keadaan ini dapat merupakan tanda bagi penyakit menahun, kekurangan darah (anemia), gangguan gizi (malnutrisi), atau mungkin adanya infeksi atau tumor dalam rahim (uterus).

Tanda tidak normal siklus mestruasi diantaranya:
1. Belum mendapat menstruasi ketika usia 16 th atau setelah berkembangnya payudara
2. Tidak mendapat menstruasi > 90 hari
3. Menstruasi tidak teratur
4. Menstruasi terlalu cepat ( <21 hari)
5. Menstruasi terlalu lama (> 45 hari)
6. Siklus menstruasi lebih dari 10 hari
7. Darah menstruasi terlalu banyak lebih dari biasanya
8. Perdarahan antara 2 menstruasi
9. Menstruasi disertai rasa nyeri hebat

Untuk itu diharapkan untuk lebih memahami & memperhatikan setiap siklus menstruasi agar jika terdapat keadaan yang tidak normal dapat segera diatasi.


TANYA JAWAB

T : Mengenai siklus yang tidak teratur, apakah akan berdampak negatif untuk nantinya? Jika misalnya telat datang selama 1,5 bulan, apakah itu bahaya ?
J : Ketidakteraturan siklus haid perlu diperhatikan juga tidak teraturnya tiap siklus atau sangat jarang.
Jika setiap siklusnya tidak teratur (dalam artian slalu > 45 hari), ada kemungkinan berdampak pada kesuburan, walaupun tidak selalu mbak.
Namun jika hanya tidak teratur sesekali, itu biasa terjadi.
Dikatakan terganggu jika ketidakteraturan itu terjadi minimal 3 siklus berturut-turut mbak

T : Menstriasi saya dr niken kalau hari pertama sampe tiga hari sedikit sekali pas 4 hari banyak jadi haid saya bisa lebih dari 1 minggu bahkan lebih .apakah itu masih normal ?
Bisa jelaskan kenapa menstuasi itu ada gumpalan-gumpalan kecill keluar ? Apa itu berbahaya ?
J : Selagi mens tidak lebih dari 15 hari maka masih termasuk normal mbak walaupun harus melalui proses flek yang panjang.
Sebenarnya, tubuh kita melepaskan zat yang mencegah pembekuan darah untuk mencegah darah mens menjadi menggumpal saat keluar. Namun, ketika kita menghadapi hari-hari pertama mens yang lagi deras-derasnya, zat pencegah pembekuan darah (antikoagulan) ini tidak cukup punya waktu untuk bekerja. Hasilnya, darah pun keluar bergumpal-gumpal.

T : Kalau terjadinya 2 kali siklus berturut-turut itu normal kah ukh ?
J : Jika masih dalam 2 siklus masih dalam pemantauan mbak. Kita tidak bisa katakan itu normal atau tidak. Tetap ditunggu sampai 3 siklus ya

T : Assalamu'alaikum... dr Niken, siklus haid saya sangat tidak teratur. Kadang 2 bulan sekali (darah banyak), kadang kurang dari sebulan, kadang 40 hari. Bagaimana cara supaya bisa teratur dan apa berpengaruh dengan kesuburan ? Jazakillah dr.
J : Tidak teratur mens sebabnya banyak. Pertama kita lihat dulu sudah berapa tahun mengalami mens. Karena pada orang  yang baru mengalami mens di 5 tahun pertama, ketidak teraturan sangat wajar, karen masih berusaha menyeimbangakan & adaptasi dengan hormon yang ada.
Namun jika sudah > 5tahun mens, kita cari penyebab yang lain seperti stres tidak, kelelahan tidak, asupan nutrisi bagaimana, banyak makan junkfood tidak, olahariaga tidak, terjadi peningkatan/penurunan BB drastis tidak.
Cara menanggulanginya coba olahariaga teratur, sebisa mungkin pertahankan BB ideal, makan asupan yang bergizi, managemen stres dengan baik.

Jika berlangsung terus menerus ada kemungkinan ada gangguan pada kesuburan, tapi tidak selalu mbak. Coba dulu perbaiki seperti yang diatas jika tidak membaik, konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan langsung .

T : Ohh begitu ya dok..hehehe.. Tapi tidak berbaya kan dok? Darah yang bergumpal-gumpal.. Syukron dok.
J : In sya Allah tidak apa-apa mbak... selagi tidak hamil tidak apa-apa. Tapi jika saat hamil kemungkinan besar terjadi keguguran. Ya sama-sama mbak.

T : Saya mau bertanya dokter niken, saya setiap bulan ketika datang bulan perut sakit banget dan menstruasinya banyak banget dok, hari pertma sampai ketiga hampir menghabiskn 25 softex .apakah seprti ini tidak wajar dok, atau mungkin ada penyakit ya ? masalah ini sudah lebih dari 2 tahun tapi saya biarkan, mohon penjelasannya dokter niken. Terima kasih
J : Jangan sebut merk ya mbak umi
Jika mens terlalu banyak disertai nyeri hebat sebaiknya diperiksakan ke dokter kandungan mbak. Karena dikhawatirkan ada permasalahan seputar rahim, seperti mioma, kista dan lain-lain.
Periksakan ke dokter ya mbak umi

T : Saya mau nanya dokter,  Kalau haid hanya 2 hari tapi banyak sekali, terus diikuti keluarnya gumpalan ( tapi kalau dihitung bersih sampai suci ya kira-kira 5-6 hari ) di usia 40 Tahun apa itu tanda-tanda  mau manepouse dan  apakah wanita yang belum menikah diusia di atas bisa menepouse ?   makasih Dr sebelumnya .
J : untuk proses ada gumpalan penjelasannya seperti no2 ya mbak, namun tidak berhubungan dengan menopause. Menopause sudah bisa terjadi di usia 40an, tidak memandang sudah menikah atau belum

T : saya juga mau tanya dokter. saya setiap 20 hari mens. jarak 7 harya keputihan sering tapi sedikit....bagaimana mengatasinya apa iut normal ?
J : 20 hari itu terhitung dari bersihnya mens atau awal mens mbak?
Selagi keputihan itu tidak berbau, tidak gatal maka itu termasuk normal mbak.
Bahasan lebih lanjut tentang keputihan di bab tersendiri ya mbak.

T : Saya tanya dokter, banyak ya darah haid apa pengaruh dengan kesuburan ?
J : tidak berpengaruh mbak... yang mepengaruhi kesuburan adalah proses ovulasi yang terjadi diikuti dengan kondisi organ reproduksi yang baik.

T : Dokter mau tanya keputihan yang normal apa berpengaruh pada kesuburan ?
Kalau keputihan hampir tiap hari tapi tidak bau, warnanya bening kalau sudah kering kuning, dan tidak gatal apa bahaya ?
J : in sya Allah tidak berpengaruh.

T : masih boleh nanya dok.hee
kalau sedang haid apa ada makanan tertentu yang harus di hindari ?
terima kasih.
J : ada mbak... tidak boleh makan makanan/minuman haram.
Makan saja makanan yang mau mbak makan. Jangan kambing hitamkan es, timun, terong, dan lain-lain yang katanya bisa buat ini itu. Makan saja, selagi bergizi & halal .
T : dok mau tanya. tadi yang dokter katakan menstruasi terlalu cepat <21 hari. itu terhitung awal mens atau sudah bersih ? karena saya bisa mens itu 1 bulan itu 2x . awal bulan dan akhir bulna. apakah itu masih normal ?
J : 1 siklus dihitungnya sejak hari pertama mens mbak. Walaupun dalam 1 bulan terjadi 2x, tapi > 21hari itu tetap normal.

T : Mau  tanya  dokter niken , apa benar/mitos yang mengatakan jika ingin cepat hamil bisa berhubungannya setelah/sebelum haid
J : jika ingin cepat hamil berhubunganlah saat masa subur. Masa subur terjadi 14 hari sebelum siklus mens berikutnya selain itu, ovulasi hanya berlangsung selama 6 jam.
Karena terlalu gambling sebaiknya berbungan rutin 2 hari sekali sejak hari ke 12 (dihitung dr awal mens) hingga hari ke 20 ?. Mbak lena mau nikah ya

T : Berkaitan dengan pertanyaan saya tadi .
Kalau 2x sudah terjadi telat datangnya, tapi bulan berikutnya normal, nah misalnya 2 bulan kemudian telat lagi  Apakah itu d hitung 3 x atau bagaimana ?
J : tidak dihitung mbak.. berarti yang 2 bulan ini hormonnya agak kacau. Bisa gara-gara kecapekan, stres, nutrisi tidak seimbang dan lain-lain.

T : hmm..kalau waktu mens itu saya sakit perutnya itu tiada tanding sampe rasanya itu nusuk kebalakang. nah solusinya agar menghilangkan sakit itu baiknya minum obat atau jamu ?
terus bibir rahim itu terkadang rasany gatel dok
J : coba kompres dengan air hangat dulu mbak, jika tidak berkurang boleh konsumsi obat pereda nyeri.
Untuk gatal.. mungkin maksudnya di bibir vagina ya... karena bibir rahim ada di dalam agak susah kayaknya persepsi gatal di bagian itu
Itu kemungkinan dikarenakan keputihan menjelang mens. Ganti celana dalam sering-sering, jangan pakai pantyliners, keringkan kemaluan setiap dari belakang, jangan gunakan sabun pembersih kewanitaan. Jika masih gatal konsultasikan saja ke dokter mbak

T : Aku haid juga sakitnya parah dok, sampai muntah-muntah, terus kalau sudah mau mens sudah ketakutan duluan karna takut ngadepin sakit itu
Sampai pernah kedokter kandungan USG,, katanya rahim normal, tap idarah msih ada yang nempel di dinding sel, jadi harus bersih dikasih obat
Kata teman juga dari pikiran aku dok, jangan kepikiran sakit terus kalau mens jadi parno, apa bener dok dari rasa stress takut sakit malah jadi bener sakit ?
J : mens itu selainya masalah fisik itu juga jadi masalah psikis.
Karena dulu pernah mengalami mens yang tidak menyenangkan sehinga otak mempersepsikan setiap mens tidak menyenangkan.
Coba mbak lena sugestikan saja ke diri sendiri, setiap mens akan baik-baik saja. Dan alihkan permasalahan psikis ini ke kegiatan-kegiatan yang memberi efek positif seperti majelis taklim, olahariaga, memasak dan lain-lain

T : kenapa pantyliner tidak boleh dok ? saya sehabis darah keluar pakainya selalu pantyliner dok
J : Jika saat mens dengan darah sangat sedikit silakan saja digunakan. Tapi jika keputihan jangan menggunakannya. Karena secara tidak langsung akan memperbanyak keputihan mbak

T : ya kah dok? kenapa semakin banyak dok ? bisa di jelasin ? karena saat keputihan saya juga pakai pantilener dok ?
J : OOT yang tentang keputihan terakhir ya... Pantyliners karena kita lihat dasar perekatnya apa ? Plastik perekat kan? Nah sekarang kita logika, jika dasarnya plastik aliran udara lancar atau tidak? Pastinya tidak lancar. Kondisi ini akan menyebabkan uap air semakin banyak terperangkap disana. Semakin lembab kondisinya. Yang tadinya hanya keputihan normal bisa jadi keputihan jamur, karena kondisi semakin lembab.
Begitu mbak..

T : dok temen saya ada yang jarang haid....kalau haid juga sedikit tidak pernah pakai pembalut tapi bisa hamil dan bagaimana caranya biar haid teratur
J : kehamilan tidak ditentukan dari banyak sedikitnya darah saat haid mbak. Asal terjadi ovulasi, sperma & sel telur dapat bertemu & melakukan pembuahan. Kehamilan akan terjadi.
Cara agar teratur ada di no 4. Jika masih tidak teratur periksakan ke dokter saja ya mbak..

T : Makanan apa yang harus dikonsumsi supaya haid bisa lancar, katanya tadi salah satu penyebabnya karena kurang nutrisi
J : tidak ada makanan khusus untuk memperlancar haid. Asal kandungan nutrisi dalam makanan itu baik & seimbang maka itu berefek baik pada tubuh.
Yang ada makanan yang harus dihindari mbak, seperti junk food. Karena lemak/kolesterolnya terlalu tinggi, nutrisi hampir tidak ada. Sehingga berefek buruk ke tubuh, salah satunya ke siklus mens

T : Kalau ikan termasuk tidak dok, karna saya tiap hari lauknya ikan.
Setahun ini jadi vegetarian tdak makan daging apa ini berpengaruh juga ya, ,,
J : ikan termasuk sumber protein. Namun perlu diingat jika pengonsumsian ikan, juga melulu ikan laut/sea food. Mengingat kandungan merkuri di laut kita sudah tidak aman. Jadi tolong ada pembatasan juga untuk konsumsi ikan laut. Selagi tidak lebih dari 1kg makan sea food (apapun bentuknya) in sya Allah masih aman. Sumber protein bisa disubsyitusi dengan yang lainnya ya mbak. Jangan hanya ikan

T : dok aku mau tanya kenapa ya dok kalau lagi haid maaf kalau pup suka sakit banget lubang belakangnya ?  ga apa-apa kan dok ? soalnya hanya pada saat haid saja
J : sebenarnya tidak ada hunbungannya ya mbak. Mungkin saja saat mens terjadi konstipasi sehingga kotoran cenderung lebih keras. Jika kotoran keras saat BAB bisa menimnulkan nyeri bahkan membuat lecet daerah dubur.
In sya Allah tidak apa-apa mbak, selagi tidak ada darah saat BAB & mbak tidak mengejan saat BAB.
Diimbangi dengan banyak minum air putih, makan sayur & Buah saja mbak

T : dokter,,ciri-ciri  mandul bagaimana ya dok ?
J : jika dicirikan tidak ada mbak... bisa dikatakan mandul (infertil) jika sudah melakukan berbagai pemeriksaan

T :Dok.. Kok bisa ya mens itu berpengaruh kepada emosi ? Lebih sensitif gitu
J :karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti perubahan kadar hormon, perubahan kadar serotonin pada otak dan terkadang stres yang tidak disadari. Sehingga orang yang sedang PMS cenderung lebih sensitif

T : Agar tidak mengalami sensitifitas emosi pra menstruasi, apa yang harus saya lakukan, dok?
J : gangguan emosional saat mens itu biasa terjadi mbak. Sebenarnya lebih ke psikis saat menjelang & saat mens saja. Sebaiknya alihkan dengan kegiatan yang memberikan dampak positif, minimal untuk mengalihkan emosi. Bisa dengan majelis taklim, olah raga, memasak dan lain-lain

T : sekitar 3 bulan ini beberapa kali saya menemukan bercak kecoklatan di celana, seperti ketika saya menstruasi hari pertama. Padahal saat itu saya belum lama suci dari menstruasi. Kira-kira itu bercak apa ya dok ? dan bolehkan saya melaksanakn sholat ?
J : bercak kecoklatan diantara siklus mens itu bisa dikategorikan sebagai mens yang diluar jadwalnya.dalam kedokeran tetap itu di katakan mens mbak, biasanya disebabka gangguan keseimbangan hormon. Mungkin karena stres, kelelahan, asupan nutrisi dan lain-lain. Untuk shalat diperbolehkan atau tidak, sebaiknya ditanyakan kepada yang lebih ahli dibidangnya, karena masih ada beberapa pendapat, saya takut salah menjawab.

T : Terus dok, mohon dijelaskan efek dari minum es ketika sedang menstruasi
J :  efeknya jika diminum saat cuaca panas seger mbak.. jika kebayakan bisa batuk pilek
untuk minum es, makan timun dan lain-lain saat mens tetap diperbolehkan. Tidak ada penelitian yang menyatakan minum es bisa menyebabkan mioma, kanker dan lain-lain.

T : Saya ada masalah pada siklus menstruasi dok .. Kadang 1 bulan bisa 2 kali mens atau gak gitu kadang 2 bulan sekali baru mens .. Pokoknya gak teratur mensnya.. Itu kenapa ya dok?? Terus menyikapinya bagaimana terimakasih
J : ketidakteraturan mens nya setiap siklus seperti itu ya ?
Mbak usianya berapa ya ?
Tidak teratur mens sebabnya banyak. Pertama kita lihat dulu sudah berapa tahun mengalami mens. Karena pada orang yang baru mengalami mens di 5 tahun pertama, ketidak teraturan sangat wajar, karena masih berusaha menyeimbangakan & adaptasi dengan hormon yang ada.
Namun jika sudah > 5 tahun mens, kita cari penyebab yang lain seperti stres tidak, kelelahan tidak, asupan nutrisi bagaimana, banyak makan junkfood tidak, olah raga tidak, terjadi peningkatan/penurunan BB drastis tidak.
Cara menanggulanginya coba olah raga teratur, sebisa mungkin pertahankan BB ideal, makan asupan yang bergizi, managemen stres dengan baik.
Jika masih bermasalah coba konsultasikan langsung ke dokter

T : Dokter, teman saya ada yang bilang menurut bidan yang pernah dia temui : panjang pendeknya siklus menstruasi kita berpengaruh kepada kelahiran bayi. Maksudnya : kalau mens nya lama maka kehamilan kita bisa sampai 10 bulan, tapi kalau siklusnya pendek bisa jadi umur 8 bulan anak sudah lahir. Apa benar begitu, dok?
J : hal seperti itu mungkin saja terjadi mbak, tapi tidak selalu begitu.
Kelahiran bayi tidak ditentukan dari mens nya tapi dari usia kehamilan, kematangan serviks, kontraksi & ada tidak nya faktor penyulit. Untuk yang disebut diatas tidak bisa dipastikan jika tidak ada penelitian lanjutannya mbak

T : Dokter, saya mau nanya juga.. Setiap kali saya menstruasi hari pertama rasanya perut seperti kram, sakit sekali, bahkan bisa sampai muntah. Biasanya saya minum paracetamol biogesic untuk mengatasi hal ini. Apakah konsumsi paracetamol biogesic yang terus-terusan ini akan menimbulkan efek samping ? Apakah ada cara lain yang alami yang bisa dilakukan untuk meredam sakit ini dok ? Terimakasih
J : kram perut saat mens itu hal yang biasa, namun yang harus jadi perhatian jika kram dirasakan sangat berat sehingga tidak dapat beraktivitas atau tidak membaik dengan bantuan obat pereda nyeri.
Pengonsusmsian obat pereda nyeri jika hanya digunakan saat nyeri saja efeknya tidak apa-apa. Jika tidak nyeri stop.
Pada orang dengan gangguan liver, harus lebih berhati-hati dengan paracetamol, karena jika digunakan jangka panjang dapat menambah gangguan pada liver.
Sebelum minum obat saya sarankan kompres saja perut dengan air hangat untuk meredakan nyeri & relaksasi otot. Jika nyeri tidak terlalu hebat bisa dialihkan dengan olah raga.

T : Disebutkan di atas bahwa nyeri haid yang sangat pada hari pertama adalah salah satu kondisi haid yang tidak normal. Sejauh apa ketidaknormalan nya ? Apakah itu selalu sebagai gejala penyakit, misal kista atau bisa juga bahkan gejala penyakit. Wajar terjadi tapi tidak normal aja
J : dikatakan tidak normal jika nyeri dirasakan sangat hebat sehingga tidak dapat beraktivitas & tidak berkurang dengan penggunaan obat pereda nyeri mbak. Jika seperti itu memang patut dicurigai ada permasalahan pada rahim, bisa berupa mioma, kista dan lain-lain.

T : hampir setiap menjelang datang bulan saya mengalami keputihan, dan terkadang keputihannya banyak seperti menstruasi... itu gara apa ya dok ? terus bagaimana cara mengatasinya..? Terimaksih dok...
J : saat menjelang mens memang dibiasanya diikuti dengan keputihan. Selagi keputihanya tidak gatal & berbau itu normal. Cukup sering-sering  ganti celana dalam, tidak menggunakan pantyliners, mengeringkan kemaluan tiap dari belakang sudah cukup kok mbak.
Bahasan tentang keputihan lebih dalam kita bahas di bab tersendiri ya mbak

T : Iya dok setiap mens begitu .saya masih usia 18 tahun .. sudah pernah periksa dok tapi katanya gapapa ..emang siklusnya gitu katanya. Apa ada pengaruh keturunan ya dok soalnya kakak saya juga gitu .. Tapi kakak saya imbasnya juga susah punya anak dok .. Apa ada kaitannya ya dok ?
J : Jika dikatakan faktor keturunan tidak 100%  benar juga mbak.
Siklus mens yang terlalu panjang > 45 hari terkadang memang berdampak pada kesuburan, karena terkadang dalam 1 siklus tersebut tidak terjadi ovulasi. Tapi hal ini tidak selalu terjadi mbak

T : sudah 2 bulan ini jadwal haid saya nggak tetep.. bulan kemaren itu tanggal 8 dan sekarang saya haidnya tanggal 6.. itu faktor apa yah dok..
J : maju mundur jadwal mens itu sangat normal mbak lala. Tidak sampai 20% orang dengan jadwal mens yang sangat pasti tanggalnya.
Selagi masih dalam rentang 21-35 hari (dihitung sejak hari pertama mens), itu masih normal

T : Kalau penggunaan sabun pembersih kewanitaan dalam jangka waktu lama ada efeknya gak ya dok ? Soalnya setiap hari, setiap kali mandi saya pakai sabun tersebut
J : hayo pertayaan OOT.. penggunaan jangka pendek saja tidak baik apalagi jangka panjang.
Tujuannya penggunaan sabun pembersih apa mbak ?
Allah sudah menciptakan kuman baik yang diletakkan disekitaran kewanitaan yang berfungsi sebagai tentara yang akan melawan jika ada kuman jahat yang berusaha masuk daerah kewanitaan. Penggunaan sabun-sabun itu justru mematikan tidak cuma kuman jahat tapi yang baik juga ikut mati. Akibatnya, jika ada kuman jahat datang lagi dia bisa dengan leluasa menginfeksi daerah kewanitaan.
Nah... mulai sekarang stop sabun pembersih. Percayakan saja pada kuman baik ciptaan Allah, biarkan mereka melakukan tugasnya dengan baik. Tugas kita cukup jaga kebersihan, sering-sering ganti celanan dalam, tidak menggunaka pantyliners & keringkan daerah kewanitaan setiap dengan belakang.
Bahasan lebih lanjut tentang ini & keputihan saja jadikan 1 di bab keputihan ya mbak.
Kita bahas mendalam lain waktu.

T : Dok, ibu saya kan mengikuti program KB, sekarang usia beliau sudah 46 tahun. Nah beliau kalau menstruasi tidak teratur. Jadi hanya muncul bercak-bercak saja. Tapi tidak dapat ditentukan waktunya. Pernah sampai puasa ramadhan beliau hanya bisa puasa beberapa kali saja. Apakah ada hubungannya antara program KB dengan ketidakteraturan menstruasi ? Apakah solusinya?
J : jika KB yang digunakan adalah KB hormon maka itu berhubungan. Namun jika KB nya bukan hormon ada kemungkinan ini tanda-tanda akan menopause mengingat usia ibu 46 tahun
Solusinya jika KB hormon ganti saja dengan yang non hormon.

T : Oh begitu... Ibu saya kb suntik dok. Itu hormon ya? Kalau yang bukan hormon yang kaya gimana dok ? untuk pelajaran kalau saya nanti sudah nikah
J : KB hormon : suntik, susuk, pil
KB non hormon : KB tanggal, menyusui eksklusif, menyemprotkan sperma tidak dalam liang vagina, kondom, IUD/spiral

T : kemaren itu keputihannya sempat menimbulkan gatal..tapi begitu menstruasi datang gatalnya juga berhenti... terus ada rencananya mau mengonsumsi obat herbal untuk kewanitaan.. apa yang demikian itu di perbolehkan dok...?  Afwan dok ini tentang keputihan lagi..soalnya was-was + tidak nyaman.... terimakasih dok...
J : cara mengatasinya sudah dibahas di atas ya mbak. Ga perlu pake herbal juga. Jika terlalu risih cukup bilas dengan air hangat saja

T : Apa benar jika seorang wanita yang mengalami menstruasi dengan rasa sakit yang hebat mitosnya susah punya anak ya ?
Makasi dokter...
J : penyebab nyeri hebatnya kita cari tau dulu mbak. Jika penyebabnya berada pada organ kewanitaan yang nantinya membuat permasalahan kesuburan atau menghambat penempelan janin di rahim, memang benar anak menimbul permasalahan memiliki anak. Namun jika tidak, tidak terdapat gangguan untuk memiliki keturunan

T : Bagaimana Penggunaan pembalut pada saat haid dok ?
Kalo masih pake pembalut yang biasa di jual di pasaran boleh dok ?
Ada pembalut yang bisa di cuci dok, itu akan lebih aman di pakai atau gimana ya dok?
J : pembalut pada dasarnya karena buatan manusia mau yang 1x pakai atau yang dapat dicuci pasti ada kekurangannya  jadi tidak 100% bisa kita jamin aman.
Pembalut yang 1x pakai pada umumnya mengandung dioxin (pemutih) sehingga berbahaya. Nah disisi lain jika menggunakan pembalut yang bisa dicuci, jika pencucian tidak bersih/tidak kering sempurna akan menjadi ladang juman bersarang. Jadi silakan pilih mau menggunakan pembalut yang mana. Semua ada plus minus nya

T : Dokter, ada beberapa orang yang ketika pergi haji atau puasa ramadhan sengaja membuat dirinya tidak haid. Apakah itu berbahaya dok?
J : kondisi ini biasanya dilakukan dengan pemberian hormon/pil KB.
selagi si pengguna bisa memilih obat yang tepat, maka in sya Allah aman mbak. Malah sebagian besar yang mens nya tidak teratur setelah minum ini bisa jadi lebih teratur.
Namun, saya sarankan ini digunakan bila ingin berhaji atau umroh saja. Puasa ramadhan tidak perlu melakukan ini karena kan bisa kita bayar kekurangannya di bulan yang lain

T : Yang lebih sedikit bahayanya dok? Saya pakai pembalut sekali pakai sehari bisa 4 kali ganti karena takut berbahaya. Begitu mengurangi bahayanya gak ya dok?
J : kalau lebih berbahaya sebenarnya yang 1x pakai mbak. Tp imbangi saja dengan sering menggantinya. Minimal mengurangi kemungkinan kuman bersarang di pembalut

T : Murid saya ada yang sudah haid kelas 4. Itu  berpengaruh pada perkembangan nya gak ya mbak. Maksudnya dari segi perasaan terhadap lawan jenis dan sebagainya.
J : menarche prekok (mens terlalu dini) jika usianya dibawah 8 tahun. Jika lebih dar itu tergolong normal.
Untuk ketertarikan terhadap lawan jenis sejak usia 3 tahun pun kita sudah ada ketertarikan terhadap lawan jenis, namun bentuknya berbeda-beda setiap umurnya.
Yang harus dijaga adalah bagaimana di berlaku dengan lawan jenisnya. Mengingat anak tersebut sudah mens. Sehingga pemberian seks edukasi di sekolah diperlukan. Karena sebagian besar orang tua indonesia menganggap tabu & malu untuk memberikan seks edukasi pada anak

T : Nyambung pertanyaan mba ria, gimana caranya yah dokter ngejaga anak kita supaya kelak tidak mendapat menstruasi yang terlalu dini ?
J : cara menghindarinya menjaga agar anak tidak obesitas, beri nutrisi yang cukup & tidak berlebihan, hindari tontonan yang mengarah ke pacaran, atau sesuatu yang membuat terangsang. Hal diatas sudah cukup.
Menarche prekok jarang sekali terjadi di Indonesia. Lebih seribg terjadi di ras amerika & afrika

Kita akhiri kajian hari ini dengan lafadz Hamdallah dan do'a kifaratul majelis.
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asayahadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaykum warahmatullah..


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terbaru