Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Adab-Adab  Hati

Kajian Online WA Hamba الله Ta'ala Ummi 10
Narasumber     : Ustadzah Nurjanah
Materi               : SI
Judul Kajian     : Adab-Adab  Hati
Admin               : Bunda Rahmi wa Umi

Assalaamu'alaikum wr wb
Bismillahirrahmannirrahim
Bunda Rahmi:  Saya share materi dari Ustadzah Nurjannah
Bunda Rahmi: Bismillaahirrahmaanirrahiim..
Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh.
إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ 
وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

Ibunda rahimakumullah..
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur'an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur'an dan ahlul Qur'an serta kelak dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur'an di JannahNya..

Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur'an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaAllah..amiiiin.
Siang hari ini saya akan berbagi kajian yang berjudul "Adab Adab Hati (Part 1: Memelihara Sifat Jujur)"
✨JUJUR
〰〰〰〰
Ibunda...
Seorang Muslim harus jujur, tidak suka berdusta. Berani mengatakan yang benar, meskipun mengandung resiko bagi dirinya, tanpa takut celaan orang lain. Dusta merupakan salah satu sifat buruk dan tercela serta merupakan pintu gerbang menuju godaan-godaan syetan. Menjaga diri dari dosa dusta, akan menciptakan imunitas dalam jiwa yang melindungi dari bisikan dan godaan syetan, sehingga ia tetap di dalam kebersihan, kesucian dan ketinggiannya.

💐"Sesungguhnya kebenaran itu membawa kepada kebaikan (taat) dan kebaikan itu membawa ke Syurga. Dan seseorang yg membiasakan dirinya berkata benar hingga tercatat di sisi Allah sebagai as shiddiq. Sedangkan berdusta membawa kepada dosa dan dosa membawa ke neraka. Dan seseorang suka berdusta hingga tercatat di sisi Allah sebagai pendusta"  (HR. Bukhari, Muslim)
Manusia yang selalu melatih dirinya untuk melakukan kebaikan, akhirnya kebaikan itu menjadi tabiat kebiasaannya. Dan apabila telah menjadi demikian, maka mudahlah ia melakukannya.
Dalam hadits lain...
💐"Tinggalkan apa yang kau ragu-ragukan dan kerjakan apa yang tidak kau ragu-ragukan. Sesungguhnya kebenaran membawa ketenangan dan dusta itu menimbulkan keragu-raguan. (HR. Tirmidzi.)
💝💝Berikut beberapa dalil diperintahkannya orang-orang beriman agar berteman dengan orang-orang yang jujur :
💐"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar. (QS. At Taubah 9:119)
💐"Tanda orang munafiq itu tiga. Jika berkata-kata dusta, dan jika berjanji menyalahi dan jika dipercaya khianat". (HR. Bukhari, Muslim)
💐Dan sesungguhnya orang-orang munafik akan dilemparkan ke dalam kerak api neraka. Sesungguhnya orang-orang munafik itu ditempatkan pada tingkatan yang paling bawah dari neraka dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka. (QS. An Nisa 4:145)
💐Bersabda Rasulullah saw: "Siapa yang mengambil hak seorang muslim dengan sumpah palsunya, maka Allah telah mewajibkan baginya neraka, dan mengharamkan dari Surga". Seorang bertanya: "Walaupun barang sedikit ya Rasulullah? ". Jawab Nabi: "Walau sekecil batang kayu arok (sikat untuk gosok gigi)
Mengambil hak orang lain itu sudah berdosa, maka kalau pengambilan itu disertai dengan sumpah palsu, yang berarti orang itu merasa seolah-olah barang yang diambil itu telah menjadi halal baginya, karena telah menang perkara dengan sumpah palsunya, maka Allah akan menetapkan baginya neraka dan mengharamkannya dari Surga".
Demikian Ibunda Rahimakumullah... Sedikit renungan untuk kita bersama, khususnya diri saya pribadi. Smoga kita dihimpun oleh Allah swt di dunia bersama orang2 yang senantiasa memelihara kejujuran...amiiiin
InsyaAllah pekan depan akan saya bahas adab hati yang lain..
Sekian, jazakumullahu khairan
Allahu waliyyuttaufik
Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Nurjannah🌹
Bunda Rahmi:
Bunda2 sholihah silahkan dibaca dan dipahami, jika ada yg ingin bertanya, dikumpulkan dulu pertanyaannya, insya Allah akan dijawab oleh Ustadzah Nurjannah 😊
 ➡Ustadzah Nurjanah: ❓Teman sy punya utang sdh lama sekali, memang sih hanya sedikit sebesar 10 rb rp, tapi ketika dia mau byr, orang tsb sdh pindah dan sulit dicari? Bgmana kalo seperti itu,ustazah?
🌹🌹
Bunda evie...
Hutamg piutang ini memang masalah sensitif ya.. Seperti ringan akan tetapi akan menjadi hisab terberat jika sampai belum dibereskan.. Hutang ini akan menjadi penghalang seseorang dr Surga bunda..
Baiknya..menurut saya, jika sudah dicari informasi mengenai keberadaan org tsb namun tdk ketemu, bersedekahlah atas nama orang tersebut.. Dengan niat membayar hutang tsb.
Wallaahu'alaam bishshowwab
➡Ustadzah Nurjanah: ❓bertanya ustadzah
Jika seandainya saya tau .. si H adalah seseorang yg munafik,, apakah  boleh di beritahukan kepada sahabat" saya agar tak terkena tipu dayanya atau hanya cukup saya saja yg tau?,,syukron ustadzah
🌹🌹
Boleh.. Dengan niat membuat di H jera dan segera bertaubat..
➡Ustadzah Nurjanah: ❓tanya ustadzah,, menutupi sesuatu apa sama aja dengan berdusta ustadzah,,:
Misal ..ketipu belanja online , sebelum belanja kita gak bilang suami,, karena ketipu kita juga gak bilang,..mai jujur takut di omelin 😊😊
Syukron ustadzah.
🌹🌹
Bunda tary...
Menutupi sesuatu, konteksnya bagaimana dulu.. Misalnya, seseorang menutupi aib sesama muslim karena khawatir akan jatuh pada ghibah, tentu dibenarkan dan tidak dikategorikan berdusta 😊.
Permasalahan bunda...masuk kedalam adab membelanjakn harta keluarga. Jika asal muasal uang tersebut dari hasil bekerja suami...tentu kita harus meminta izin jika ingin menggunakannya untuk berbelanja bund...
Tp jika uang tersebut berasal dri hasil keringat sendiri, ya tidak mengapa kita pergunakan tanpa izin suami..😊.
Agar hati lebih tenang... Saran saya segera komunikasikan dg suami masalah ini, tentu perhatikan waktu dan kondisi saat bercerita ya bund...
Wallaahu'alaam bishshowwab
➡Ustadzah Nurjanah: Ustdzah mw tanya,,,sya kan serumah sma mertua sya,,tpi sya masak sendri u/ sya dan suami,,trus ibu jga masak sendri,,kadang klu pas bumbu2 sya ada yg habis sya ambil ditempat ibu sya tanpa spengatuan ibu sya,karna sya biasa masakin ibu jga jdi sya gak ngomong tpi bumbu yg sya pinjam ke ibuku itu sya kembalikan dan sya jga gak ngomong,,menurut ustdzah itu bagaimana ya sya kna dosa gak ya ,,,
🌹🌹
Bunda 'mentari shop'...
Kalo ahsannya memang kita terbuka saja...jika butuh bumbu2 dapur dsb.. Khawatir ibu mertua menyadari perbuatan kita , tentu menimbulkan kesan yang tidak baik..
😊😊
➡Ustadzah Nurjanah: Assalaamu'alaikuum..
Bu ustadzah..afwan jiddan kalo menyambung ttg mslah hutang niih bu..ada konsumen saya berhutang, yaa cukup lumayan tdnya beliau janji akan bayar dlm waktu 1 bln ttp smp 3bln blm bayar..karena dekat sy tegur smp dia janji molor..iya nanti tgl sekian sekian dan sekian" sy ingatkan selalu bu sesuai yg waktu yg beliau janjikan..bknnya dpt uang eh malah galakkan dia bu..yg bikin sy tercengang beliau usahanya melebar sayap ttp lupa akan hutangnya yg skrg sdh sampai setahun lebih blm bayar jg..sampai2 sy ikhlaskan bu..walau hati jengkel..bagaimana ya bu biar hati ini sejalan dgn niat ikhlas..
🌹🌹
Wa alaikumussalaam wrwb
Bunda Iis sholihat...
Saah satu cara agar kita bs menjaga keikhlasan kita adalah dgn mengingat betapa besaaar pahala yang akan Allah swt berikan pd orang yg membebaskan hutang orang lain... Semoga dgn brgitu bunda jd lebih lega... Tidak ada beban apa2..
Bunda Rahmi: Rekap pertanyaan
❤ Bunda Yunia: Afwan...bertanya lagi ustadzah
Jika berbohong untuk menyenangkan hati orang tua .. bolehkah ustadzah?,,
❤Bunda Yunia: Dan tentang sumpah ustadzah ... ana suka lihat di tv ... mereka melakukan sumpah pocong apabila sudah tidak ada jalan keluar dari suatu permasalahan... bagaimanakah hukum sumpah pocong dalam islam?,,
Jazakillah ustadzah
❤ Bunda Indah: Menyambung pertanyaan bunda Yunia. Sy sering sekali ditanya tentang keadaan rumah tangga sy oleh org tua sy. Cuma terkadang sy jawabnya tdk sesuai dg keadaan sebenarnya. Malah terkadang sy membaik2kan keadaan rt sy. Bagaimana itu ustadzah?
❤ Bunda Patty: Ustdzah mw tanya lagi,,kadang sya pas pulang kampung itu ibu sring menanyakan mertua sya sring nanyai kabar ibu sya gak,,kadang sya berbhong,,sya jwab sja iya trus ibu jga kirim salam,sbliknya pun dimertua sya sya kadang jga bhong klu mertua sya dpet salam dri ibu sya,,tujuan sya byar mereka sneng ad perhatian dri ibu jga dri mertua,,nah sya termasuk dosa gak ya klu sya berbohong sperti itu?
➡ Ustadzah Nurjanah: Assalamu'alaikum bunda... ➡Ustadzah Nurjanah:
Pertanyaamnya blm bs saya jawab malam ini ya. Wah.. Jd ada beberapa lg pertanyaan , yg sessi kmrn jg blm selesai semua.. Benar2 belumsempat, krna bbrp pekan kmrn hp kg sempat error ☺☺🙏
Semoga saya diberi kelapangan utuk menjawab ya bunda sayang...amiiin
Saya pamit dulu untuk hari ini...
Segala kekurangannya saya mohon maaf...
Jazakumullah Khairan, hari ini sdah byk yg membantu & berpartisipasi pd kajian hri ini.. Semoga ilmu yg kita dpt hri ini bermanfaat & barokah.. Aamiin Yaa Rabb 

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Bunda Rahmi: Wa'alaikumussalam wr. wb.
Bunda Rahmi: Jazakillah khair Ustadzah 😊