Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

AGAR DO'A TERKABUL (KAJIAN ISLAM)


Kajian Online Hamba الله SWT
Tanggal: 01 Januari 2015
Narasumber: Ustadz Agung Laksamono
Tema: Agar Do'a Terkabul
Editor: Wanda Vexia H
Admin Nanda M107: KINA + RUSMI
Notulen: Shifa

Assalamu'alaikum wr. wb.
Alhamdulillah wa syukurillah.. Allaahumma sholli 'alaa Muhammad.
  • Mengapa seorang hamba harus berdoa?
1. Doa merupakan ungkapan ketidak berdayaan hamba di hadapan Allah.
2. Doa akan menundukkan kesombongan manusia.
3. Doa merupakan upaya permintaan seorang hamba kepada Rabb nya.
  • Syarat diterimanya doa:
1. Ikhlas, jauh dari riya.
2. Mengikuti syariat, hadits Nabi saw: "Barangsiapa mengerjakan sebuah perbuatan tidak tidak ada tuntunan dari Kami, maka amal itu tidak diterima (HR. Bukhari)
3. Doa dipanjatkan dengan penuh keyakinan akan terkabul (khusyuk mengharap pahala, dan takut akan siksa)
4. Tidak berputus asa
  • Penyebab ditolaknya doa:
1. Membiasakan diri pada hal-hal yang haram.
2. Tergesa-gesa ingin segera dikabulkan.
3. Meninggalkan perkara-perkara yang diwajibkan Allah. Dalam hadits Nabi saw: "Demi zat yang diriku ada di tangan Nya, sungguh kamu sekalian harus beramar ma'ruf nahi munkar atau hampir-hampir Allah akan menurunkan azab kepada kamu kemudian saat kamu berdoa pada Allah tidak akan dikabulkan (HR. Tirmidzi).
4. Berdoa untuk hal-hal maksiat atau memutus tali silaturrahim
Wallahu a'lam


TANYA - JAWAB:

1. Apakah do'a akan lebih afdHol kalau pakai bahasa arab ya ustadz? Kalau ga bisa bahasa arab?

Jawab: Doa bisa dengan bahasa apa saja, kecuali kalo doa dipanjatkan saat sholat.


2. Apakah boleh titip do'a kepada kyai /ustadz? 

Jawab: Titip doa boleh, Umar ra juga pernah minta didoakan sama seorang anak.


3. Ustadz, saat sholat saat sujud dirakaat terakhir dipanjangkan untuk berdo'a. Apakah ada do'a khusus atau bacaan sujud atau boleh berdo'a apa saja?

Jawab: Berdoa saat sujud ketika sholat, afdhol dilakukan saat sholat sunat. Bacaannya yaa bacaan sujud, dilanjut doa apa saja, asal dengan bahasa arab. Kalo saat sholat berjamaah yang sholat wajib, Imam panjangkan sujud saat sujud terakhir kita sebagai makmum sebaiknya tetap baca doa sujud sebagaimana yang dituntunkan Nabi saw. Kalau menambah dengan doa lain pada sholat sunnat, tapi dengan bahasa arab.


4. Jadi setelah shalat, doa harus pake bahasa arab ya ustadz?

Jawab: Kalo doa setelah sholat pake bahasa apapun boleh. Tapi kalo di dalam sholat, seperti saat qunut, witir atau saat sujud itu yaa harus pake bahasa arab.

5. Ustadz, kadang ketika kita berdo'a, kita sangat berharap do'a tersebut segera terkabul dengan cepat. Apakah hal teresbut dapat dimasukkan penyebab ditolaknya do'a seperti yang tertera pada poin 2? Padahal harapan segera dikabulkannya do'a pada setiap do'a yang telah dipanjatkan sering sekali muncul pada diri kita (saya pribadi). Bagaimana dengan hal tersebut? Apa yang sebaiknya kita lakukan?

Jawab: Tetap yakin dan percaya bahwa Allah akan memberikan yang terbaik untuk umatnya walaupun tidak sesuai rencana yang diharapkan. Intinya yakin dan ikhlas yang diberikan Allah itu yang terbaik.


6. Bagaimana menyikapi terkabulnya doa yang tidak sesuai harapan ustadz? Terkadang muncul rasa kecewa jika yang Allah beri jauh dari ingin manusia?

Jawab: Saat kita berdoa dan berharap agar segera dikabulkan, itu sifat manusiawi kita. Sesuai fitrah dan dibolehkan, yang tidak dibolehkan manakala doa tidak segera terkabul kemudian kecewa dan putus asa.


Penutup
Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin.... 

Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum...
For more category please visit : www.kajianonline-hambaAllah.blogspot.com