Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

AGAR PERSAHABATAN TIDAK MENJADI PERMUSUHAN

Kajian Online Telegram Akhwat Hamba اَللّٰه Ta'ala

Hari / Tanggal : Jum'at, 09 Januari 2015
Narasumber : Ustadz Dodi Kristiono
Tema : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Materinya yang ringan ringan yaaaaa
Kebetulan saya mau focus bikin materi seminar untuk besok
Sudah sering membahas adab, bahas untuk diri sendiri, bahas fiqh, diawal aqidah dllnya
Tapi, Kita tidak mau berprinsip seperti mercu suar, bisa menerangi yang jauh tetapi gelap yang ada disekitarnya

بسم الله الرحمن الرحيم

Agar Persahabatan Tidak Menjadi Permusuhan
Sesungguhnya bukanlah perkara yang gampang untuk membuat relasi persahabatan karena اللّهُ dengan seseorang. Relasi tersebut bukanlah barang yang bisa dibeli akan tetapi itu adalah anugerah dari اللّهُ dengan  sebab usaha pendekatan karena iman.

Karenanya hendaknya kita berusaha untuk menjaga jalinan persahabatan. Yang perlu diingat adalah janganlah kita menganggap sahabat kita adalah malaikat yang  tidak pernah bersalah, sehingga setiap kali ia berasalah lantas kita mencelanya. Sikap seperti ini adalah bentuk perenggangan bahkan bisa jadi pemutusan persahabatan, serta bentuk "kurang penghargaan-penghargaan terhadap karunia relasi persahabatan tersebut yang merupakan anugerah اللّهُ ﷻ.
Basyaar bin Burod berkata :

إِذَا كُنْتَ فِي كُلِّ الْأُمُوْرِ مُعَاتِبًا .....  صَدِيْقَكَ لَمْ تَلْقَ الَّذِي لاَ تُعَاتِبُهُ

"Jika Engkau pada setiap perkara selalu mencela sahabatmu… Maka engkau tidak menemukan sahabat yang tidak kau cela"

فَعِشْ وَاحِدًا أَوْ صِلْ أَخَاكَ فَإِنَّهُ ...... مُقَارِفُ ذَنْبٍ مَرَّةً وَمُجَانِبُهُ

"Jika demikian maka hiduplah engkau sendirian… Atau jalinlah persahabatan dengan saudaramu karena sesungguhnya ia terkadang melakukan kesalahan & terkadang menjauhi kesalahan"

Ia juga berkata :

وَمَنْ ذَا الَّذِي تُرْضِي سَجَايَاهُ كُلُّهَا ...... كَفَى بِالْمَرْءِ نُبْلاَ أَنْ تُعَدَّ مَعَايِبُهُ

"Dan siapakah yang  seluruh perangainya menyenangkan (orang lain)….?? Cukuplah seseorang dikatakan mulia jika aibnya masih terhitung"

Yang lain berkata :

تُرِيْدُ صَاحِبًا لاَ عَيْبَ فِيْهِ ..... فَهَلِ الْعُوْدُ يَفُوْحُ بِلاَ دُخَانِ؟

"Engkau ingin memiliki seorang sahabat yang tidak  ada kesalahannya sama sekali....? Maka apakah kayu gaharu bisa mengeluarkan harum wanginya tanpa ada asapnya...?"

Hendaknya kita bersabar dengan kesalahan sahabat kita dengan tetap berusaha menasehatinya. Akhirnya selamat menjalin persahabatan karena اللّهُ, semoga اللّهُ  mencintaimu karena persahabatanmu tersebut. والله أعلم بالصواب

Ayooo... Sekarang semua member digroup ini saling menyatakan cinta dan bermohon maaf satu sama lainnya yaaa
#indahnyapersahabatan
Sent my best regards for all of you in this group.
I love u coz اللّهُ Ta'ala
I care about u coz اللّهُ Ta'ala

DISKUSI DAN TANYA JAWAB

1. Bagaimanakah  sikap  yang sesungguhnya  jika kita itu pemaaf  pak?
Jawab
Lepaskaaann saaajaaaa, bebaaass lepaaasss. Serahkan kepada اللّهُ Ta'ala. Apapun yang mengganjal dihati akan berdampak kepada fisik kita. Jika kita sudah memaaafkan, maka sayangilah diri kita dengan perasaan tidak rela dihati. Masa orang lain senang dimaafkan, kita merusak diri kita sendiri. Yang masih mengganjal curhat saja kepada اللّهُ Ta'ala ya Bunda. Serahkan semuanya ke اللّهُ. In sha اللّهُ hati kita Plong dan Fisik tidak terganggu

2. Bagaimana menasihati teman yang keras kepala.kalo dia bilang a ya a kalo dia ndak suka ya udah ndak suka, susah dirubahnya tapi kalo lagi baik sama a di sanjung-sanjung, tapi kalo marahan kaya belum pernah kenal sebelumnya
Jawab
Ingaatt loohhh salah satu pemberi syafaat surga adalah sahabat yang sudah masuk surga.

3. Bagaimana menumbuhkan sikap lapang dada karena didzalimi orang lain? Berdosa kah bila yang didzalimi mendo'akan yang jelek pada yang mendzalimi karena do'a orang yang didzalimi itu diijabah oleh Allah?
Jawab
Memang diperkenankan untuk mendoakan orang yang menzhalimi kita, orang zhalim kepada kita bisa terjadi karena 2 hal, yang pertama memang dia orangnya jahil, atau memang efek dari kita zhalim juga ke orang lain. Dan yang paling besar pahalanya, adalah ketika kejahatan dibalas dengan kebaikan dan kesabaran. Hal ini dinyatakan dalam firman-Nya,

وَجَزَاءُ سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِثْلُهَا فَمَنْ عَفَا وَأَصْلَحَ فَأَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ

“Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik, maka pahalanya atas (tanggungan) اللّهُ.  Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim.” (QS. Asy Syuura: 40).

Seharusnya kita mengetahui pahala yang disediakan oleh اللّهُ  ta’ala bagi orang yang memaafkan dan bersabar, terhadap tindakan orang lain yang menyakitinya. والله أعلم بالصواب

3. Pak  sikap yang bagaimana yang  tepat  buat  diri  kita  saat orang memuji kita jika kita di  puji  di  hati  merasa  senang dan  saya takut  itu  temasuk  riya. Bagaimana kita harus berkata dengan hati  kita  itu sendiri  agar  bisa terhindar  dari  riya?
Jawab
 Wajaar yaaa. Langsung tepis aja rasa itu yaaa. Jika perlu istigfhar saja.

4. Ustad gimana tu cara mengatasi sikap keras kepala ketika di bilangin baik-baik sama teman tapi kitanya masih ngotot dengan pendirian kita kalo kita bener dan seharusnya ngelakuin itu tapi padahal yang kita lakuin itu salah hehehe
Jawab
Hehehehehe. Iniah udah kebablasan, jadi pengacara aja deeh 😂

5. Bagaimana kiat-kiat sukses untuk menjaga ketenangan batin terhadap ujian-ujian hidup yang sedang dihadapi ustad?
Jawab
Semua hal terjadi atas ijin dan kehendak اللّهُ Ta'ala. Nda usah khawatir, namanya kehidupan pasti alan ada ujian ujian hidup toh. Itulah ujian yang harus kita lalui. 

6. Bagaimana sebaiknya sikap kita jika melihat ketidakadilan atau orang lain yang didzolimi di hadapan kita?
Jawab
Jika mampu langsung membantu, atau mengingatkan atau menasehatinya. Jika tidak mampu berdoa agar yang dizholimi diberikan kekuatan.

7. Pak kalo kita membela orang lalu kita dimusuhi gimana?
Jawab
Kita kan ikhlaskan menolong dia, ya udah nda usah pamrih. Let it go ajaahh

8. Gimana cara menegur orang yang ingkar janji terus? Berarti orang ini tidak amanah Ustadzah. Bukankah muslim yang dipegang adalah ucapannya? Karena ucapan orang noni bisa menjadi muallaf. Karena ucapan juga orang muslim bisa menjadi murtad. 
Jawab
Nextnya kita jaga jarak lagi dan jangan gantungkan amanah ke ybs. 

> Apa kita pasrahkan aja barang tersebut sampai terucap kalo masih rezeki balik deh tuh barang...geregetannnn. Ya itu kan udah terlanjur diamanahkan ke orang itu sedang uang yang kita keluarkan untuk perbaikan udah gak tau kemana. 
Jawab
Balik lagi keatas, mau mendoakan boleh, mau memaafkan juga boleh. Tapi terkadang memang kita perlu juga memberikan nasehat atau teguran keras dengan niat agar dia tidak mengulangi lagi ke orang lain

9. Gimana ya kita sebagai orang baru bergabung, dan ingin menasehati akan hal kebiasaan disitu. Contoh : saya ngekost ni, saya rada risih kalau mereka nelpon terus tengah malam dengan lawan jenis. Saya ingin menasehati tapi saya orang baru. Saya juga baru hijrah pakaian. Tindakan yang gimana ya pak yang kita ambil? Kan denger-denger kalau mau bertahan hidup beradaptasi dengan lingkungan.
Jawab
Akrab kan dahulu orang orang sekitar kita, curi hatinya dan disaat dia membuka diri, pelan pelan deh kita nasehati

Sudah berulang kali sampai kita malu sendiri untuk menegur...hadeuh...
Jawab
Iyaaaa. Pelan pelan ajaaa yaaa. Tunjukkan akhlak kita baik menerima perbedaan

10. Pak  dody memperbaiki  perselisihan  kepada  teman  itu  gimana ya? Dengan minta maaf  ga mempan  karena  dia  ga mau terima maaf,,
Jawab
Yang penting kita sudah sampaikan permohonan maaf dengan sungguh sungguh. Sisanya biarkan اللّهُ yang menentukan yaaa

11. Legowo itu harus dilatih ya ?
Jawab
Dipaksaaa... Kudu ada MOTIVPAKSA dalam hal ini, baru bisa lepaasss

Saya tutup ya kajiannya
Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat