ANTARA ISLAM DAN KAFIR

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Saturday, January 3, 2015

KAJIAN ONLINE  BBM HAMBA اَللّهُ SWT

Hari / Tanggal : Jum'at, 02 Januari 2015
Narasumber: Ustadzah Erlina
Tema : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

Assalamu alaikum...
Bisa kita mulai sekarang?

Sebelumnya perkenalkan saya ibu 2 putri dan 1 putra. Saya berdomisili di Brebes. Kita awali dengan membaca basmalah. Bismillahirrahmanirrahim...

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.،


Segala puji kita panjatkan kepada pemilik alam semesta Rabbul 'Alamin. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada pemimpin para Nabi  Muhamad SAW, sahabat, tabiin, dan pengikutnya hingga yaumil akhir.. aamiin..


Setelah Islam diturunkan, semua agama yang lain dinyatakan tidak sah/ditolak, tidak diridhoi, dan tentu kufur jika dipeluk oleh umat Muhamad SAW. Hal ini nampak pada sikap marahnya beliau ketika menjumpai Umar ra. membawa selembar taurat. Sabda beliau: "Apa (yang kamu bawa) ini? Bukankah aku telah membawa (Al Kitab) ini yang jelas dan jernih? Kalau saja saudaraku Musa as. hidup pada zamanku, tentu beliau tidak akan susah-susah kecuali mengikutiku."(HR Ahmad,dan Al Bazar).

Ditegaskan pula dlm ayat berikut:.
Jamuan (Al-Mā'idah):48 - "Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu."
Kata "muhaiminan alayhi" mempunyai makna "musaithiran alayhi" (mengalahkan), yang berarti bahwa al quran diturunkan untuk 'mendidik' ajaran sebelumnya, sehingga ketika ada ajaran sebelumnya yang diterima, bukan sebagai ajaran terdahulu, melainkan karena kebenaran al quran. Ayat inilah yang dijadikan oleh ulama tentang kedudukan Islam sebagai penghapus (nasikh) bagi agama sebelumnya. Sedangkan tentang kekafiran Yahudi dan Nashrani, al quran jelas menyatakannya.
Jamuan (Al-Mā'idah):72 - Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah ialah Al Masih putera Maryam", padahal Al Masih (sendiri) berkata: "Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu". Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun.
Jika melihat kembali definisi Islam yaitu agama yang diturunkan Allah kepada nabi Muhammad yang mengatur hubungan dengan Allah, sesama manusia, dan dirinya maka hanya Islamlah yang sempurna dan paripurna. 

Untuk memudahkan mmahami definisi islam kita buat segitiga. Titik sudut paling atas adalah Allah dan 2 titik sudut di bawah adalah manusia. Islam punya pengaturan dengan penciptanya / hablum minal Allah  (aqidah, ibadah)  dengan sesama manusia/hablumminannas (uqubat, muamalah), dan pengaturan dengan diri sendiri (akhlak, makanan, pakaian). Jika Islam sudah sempurna, kenapa harus berpaling ke aturan lain?
Keluarga 'Imran ('Āli `Imrān):85 - Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi. 
Islam secara qath'i telah mengajarkan konsep spiritual (ruhiyah) dan siyasi (urusan duniawi). So, jangan ragu lagi dengan aturan islam apapun itu kita harus tunduk taat (no reserve) saat Allah memerintahkan hukum syara yang harus dijalankan.

Sedikit tambahan, ini saya bahas karena banyak hal di sekeliling kita yang sudah menjadi tradisi/kebiasaan melekat padahal ternyata bukan dari islam. Menjadi terbiasa dilakukan karena ada serangan pemikiran yang masiv sehingga seolah-olah tidak mengapa bagi kaum muslimin melakukannya padahal jelas-jelas bukan berasal dari islam. Mis: karena alasan toleransi kemudian memberi ucapan selamat natal, merayakan tahun baru, valentine, mengambil riba, bahkan aturan/sistem dari luar islam (kspitalisme dan sosialisme) kita ambil untuk mengatur muamalah, uqubat, bahkan kadang ibadah..

Ana tutup saja ya..
Wassalama alaikum wr wb..

Doa Kafaratul Majelis...

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT