Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

CIRI CIRI FISIK RASULULLAH U.ROBBIN

Kajian Online WA Hamba اَللّٰه Ta'ala
(Nanda 106)

Hari / Tanggal : Kamis, 15 Januari 2015
Narasumber : Ustadz Syaikhul Muqarrobbin
Tema : Marifaturasul
Notulen : Wanda

Editor : Ana Trienta

بسم الله والحمد لله والصلاة والسلام علي رسول الله ولاحولاولاقوة الابالله 

Assalamualaykum wrwb 
Akhowat fillah kajian kita mulai sebentar lagi ya kali ini masih melanjutkan materi ma'rifatur rasul. Pengenalan kita kali ini akan lebih bersifat fisik dan kehidupan Rasulullah saw.

Saya akan kutipkan hadits-hadist tentang fisik dan sifat NABi saw dari kitab asy Syamailul Muhammadiyyah karya al Imam at Tirmidzi ahlan akhowat fillah saya kutipkan sebagian kecil saja selebihnya bisa merujuk kitabnya langsung yang sudah diterjemahkan.

Bentuk Tubuh Rasulullah saw

Anas bin Malik ra meriwayatkan:
"Rasulullah s.a.w. bukanlah orang yang berperawakan terlalu tinggi, namun tidak pula pendek. Kulitnya tidak putih melepak juga tidak sawo matang. Rambutnya ikal, tidak terlalu kerinting dan tidak pula lurus kaku. Beliau diangkat Allah (menjadi Rasul) dalam usia empat puluh tahun. Beliau tinggal di Mekah (sebagai Rasul) sepuluh tahun dan di Madinah sepuluh tahun. Beliau pulang ke Rahmatullah dalam usia enam puluh tahun. Pada kepala dan janggutnya tidak terdapat sampai dua puluh lembar rambut yang telah berwarna putih."
Anas bin Malik ra meriwayatkan:
"Rasulullah s.a.w. mempunyai bentuk tubuh yang sedang, tidak tinggi dan tidak pula pendek, serta tubuhnya bagus. Rambutnya tidak terlalu kerinting dan tidak pula lurus kaku dan kehitam-hitaman warnanya (rambutnya). Bila beliau berjalan, maka jalannya cepat."
Dari al-Bara’ bin ‘Azib r.a. diceritakan:
"Rasulullah s.a.w. adalah seorang pria yang berperawakan sedang bahu bidangnya. Rambutnya yang lebat mencapai daun telinganya. Bila beliau mengenakan pakaian merah, tiada seorang pun yang pernah kulihat lebih tampan daripadanya."
Dari ‘Ali bin Abi Talib ra menggambarkan karakter fisik Rasulullah saw:
"Rasulullah s.a.w. tidak berperawakan terlalu tinggi dan tidak pula terlalu pendek. Beliau berperawakan sedang di antara kaumnya. Rambutnya tidak kerinting bergulung dan tidak pula lurus kaku, melainkan ikal bergelombang. Badannya tidak gemuk, dagunya tidak lancip dan wajahnya agak bulat. Kulitnya putih kemerah-merahan. Matanya hitam pekat dan bulu matanya lentik. Bahunya bidang. Beliau memiliki bulu lebat yang memanjang dari dada sampai ke pusat. Telapak tangan dan kakinya terasa tebal. Bila beliau berjalan, berjalan dengan tegap seakan-akan beliau turun ke tempat yang rendah. Bila beliau berpaling, maka seluruh badannya ikut berpaling. Di antara kedua bahunya terdapat Khatamun Nubuwah, iaitu tanda kenabian. Beliau memliki hati yang paling pemurah di antara manusia. Ucapannya merupakan perkataan yang paling benar di antara semua orang. Perangainya amat lembut dan beliau paling pemurah di antara manusia. Ucapannya merupakan perkataan yang paling benar di antara semua orang. Perangainya amat lembut dan beliau paling ramah dalam pergaulan. Barangsiapa yang melihatnya, pastilah akan menaruh hormat padanya. Dan barangsiapa yang pernah berkumpul dengannya, kemudian kenal padanya, tentulah ia akan mencintainya. Orang yang menceritakan sifatnya, pastilah akan berkata: ” Belum pernah aku melihat sebelum dan sesudahnya orang yang seistimewa beliau s.a.w. “
Dari Jabir bin Samurah ra diungkapkan:
"Aku melihat Rasulullah s.a.w. di suatu malam yang berbulan purnama. Waktu itu beliau memakai pakaian merah. Aku berganti-ganti memandang antara beliau dengan rembulan, ternyata beliau lebih indah dari rembulan."
Pakaian Rasulullah saw
Ummu Salamah ra meriwayatkan; "Pakaian yang paling disukai oleh Rasulullah saw adalah pakaian gamis"
Asma' binta Yazid ra meriwayatkan; "(panjang) lengan baju Rasulullah saw hingga pergelangan tangan"
Anas bin Malik ra meriwayatkan; "Pakaian yang paling disukai Rasulullah saw adalah hibarah (sejenis pakaian yang berasal dari Yaman)"
Abu Ramtsah meriwayatkan; "Saya pernah melihat Nabi saw mengenakan dua helai pakaian berwarna hijau"
Qailah binti Makramah meriwayatkan; "Saya melihat Rasulullah saw mengenakan dua helai pakaian usang yang diwarnai dengan za'faran. Warna kedua pakaian itu pun mulai luntur"
Samurah bin Jundab meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda; "Hendaklah kalian mengenakan pakaian berwarna putih. Sungguh, pakaian berwarna putih itu lebih suci dan lebih baik bagi kalian. Dan hendaknya kalian mengafani orang-orang yang meninggal dunia dengan kain kafan berwarna putih"
Aisyah meriwayatkan; "Pada suatu pagi, Rasulullah saw keluar dengan mengenakan pakaian yang terbuat dari bulu-bulu berwarna hitam"
Kehidupan Rasulullah saw
Malik bin Dinar meriwayatkan; " 'Rasulullah saw sama sekali tidak pernah memakan roti ataupun daging sampai kenyang kecuali ketika dhafaf' Malik bin Dinar berkata, 'Saua bertanya kepada seorang penduduk Badui, 'Apa yang dimaksud dengan dhafaf?' Ia menjawab, 'Yaitu ketika seseorang memakan makanan bersama orang banyak' "
Roti Rasulullah saw
Aisyah ra meriwayatkan; "Keluarga Rasulullah saw tidak pernah memakan roti gandum hingga kenyang selama dua hari berturut-turut sampai beliau wafat"
Masruq bin al Ajda meriwayatkan; "Suatu hari saya mengunjungi Aisyah ra. Ia kemudian menghidangkan makanan dan berkata, 'Ketika aku makan hingga kenyang, aku selalu menangis'. Saya bertanya, 'Mengapa engkau menangis?' Aisyah menjawab, 'Aku teringat keadaan ketika Rasulullah saw meninggal dunia. Demi Allah, beliau tidak pernah makan roti dan daging hingga kenyang sebanyak dua kali dalam sehari' "
Demikianlah sekelumit kisah keseharian Rasulullah saw. Semua kisah ini diambil dari kitab Imam at-Tirmidzi yang terkenal, asy-Syamail al-Muhammadiyyah. Dan ini hanyalah sebagiannya. Semoga kita dapat semakin mencintai beliau dan meneladani keutamaan al Mustofa shallallahu 'alayhi wasallam.
Wallahul musta'an


TANYA JAWAB

1). Uztad, Apa bnr rambut Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam itu panjang? Karena saya pernah melihat disebuah media yang mengatakan bahwa ini adalah rambut Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ditempatkan disebuah musium diturky?
Jawab : 
Tentang rambut sudah disebutkan dalam hadits di atas ya saya tidak tahu tentang rambut rasulullah saw yang disimpan di musium, yang pasti nabi saw dimakamkan di madinah.

2). Uztad, tentang tanda kenabian Apakah para nabi-nabi yang lain juga mempunyai tanda kenabian dan bagai manakah bentuknya.?
Jawab : 
Wallahu a'lam. saya belum pernah membaca tentang tanda nabi lain

3). Saya pernah baca di sosmed ada gambar telapak kaki nabi MUHAMMAD katanya telapak kaki itu besar sekali ustad. Sebesar jaman manusia purba lah kira-kira. Apa betul ya itu telapak kaki Beliau?
Jawab : 
Wallahu a'lam. sebaiknya kita mengenal Nabi dari sumber yang jelas, bukan sosmed 

4). Ustadz ana pernah mendengar Rasulullah tidak menyukai warna merah dan kuning. Benarkah?
Jawab : 
Dalam hadits di atas disebutkan Rasulullah saw memakai pakaian merah kalau beliau tidak suka, seharusnya beliau tidak memakainya

5). Afwan ustadz,  menurut hadits warna apa yang di sukai Rasul ustadz?
Jawab : 
Berdasarkan hadits-hadist di atas, Nabi saw menyukai berbagai warna hanya ada satu anjuran tuk warna putih

6). Ustadz mau tanya apakah Rosululloh suka memakai celana?
Jawab : 
Pakai ada hadits yang menganjurkan tuk memakai celana di dalam sarung (gamis)

7). Ustadz apa Rasulullah pernah memakai baju selain gamis?
Jawab : 
Dalam hadits di atas disebutkan tentang gamis, hibarah, pakaian yang terdiri dari 2 helai, jadi memang pakaian beliau macam-macam

8). Uztad... diatas nabi wafat pada umur 60 tapi ada yang mengatakan wafat umur 63 mana yang benar ustadz?
Jawab : 
Yang benar 63. hanya terkadang 63 juga disebut umur 60-an..

Doa Kafaratul Majelis...

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat