Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

HADIST - HARTA TERBAIK

Kajian Online Telegram Hamba اَللّٰه Ta'ala

Hari / Tanggal : Jum'at, 30 Januari 2015
Narasumber : Ustadz Khalid Syamhudi Al Bantani Lc

Tema : Hadist
Notulen : Ana Trienta

Assalamualaikum
Kita mulai kajian hadits hari ini.
Harta Terbaik!

عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَفْضَلُ دِينَارٍ يُنْفِقُهُ الرَّجُلُ دِينَارٌ يُنْفِقُهُ عَلَى عِيَالِهِ وَدِينَارٌ يُنْفِقُهُ الرَّجُلُ عَلَى دَابَّتِهِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَدِينَارٌ يُنْفِقُهُ عَلَى أَصْحَابِهِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ
[رواه مسلم في صحيحه بهذه الحروف]


Kosa kata / مفردات :

دِينَار : mata uang emas yang menjadi ungkapan harta berharga. 

عِيَالِه : keluarganya

يُنْفِقُهُ : yang diinfaqkkan 

دَابَّتِه : Kendaraannya

Terjemah hadits / تَرْجَمَةُ الْحَدِيْثِ :

Dari Tsauban radhiallahuanhu, beliau berkata : Rasulullah pernah bersabda: seutama-utama dinar (harta)  yang dikeluarkan seorang adalah dinar yang dikeluarkan (diinfaqkan) untuk keluarganya dan dinar yang diinfaqkan untuk kendaraannya yang digunakan di jalan Allah serta dinar yang diinfaqkan kepada sahabatnya yang dipergunakan untuk jalan Allah.
(Riwayat Muslim dalam shahihnya dengan redaksi ini).

Takhrij Hadits / تَخْرِيْجُ اْلحَدِيْثِ

Hadits ini di riwayatkan imam Muslim dalam shahihnya, kitabuz-zakaat, Bab Fadhlu Nafaqah ‘alal ‘iyaal wal Mamluk no. 994 2/691-692 dengan sanadnya kepada tasuban maula Rasulullah

Penjelasan Hadits / شَرْحُ اْلحَدِيْثِ :

Islam memandang harta sebagai bagian dari kehidupan dan sebagai pilar dan tonggak kehidupan. Karena itu Islam memberikan aturan dan batasan dalam membelanjakan dan meninfaqkannya.

Hadits ini menjelaskan harta yang paling utama yang dimiliki seorang muslim apabila dibelanjakan atau dinfaqkan kepada tiga perkara:

1. Nafkah yang dikeluarkan untuk keluarganya. Nafkah ini digunakan untuk mencukupi kebutuhan dan menjaga mereka sehingga tidak terlantar. Selanjutnya membiayai mereka dalam mewujudkan kehidupan mereka yang penuh ibadah.

2. Nafkah yang dibelanjakan untuk kendaraannya yang membawanya berjuang dijalan Allah dan beribadah semata kepadaNya. Kendaraan inilah yang akan memperlancar perjalanan amalnya berupa menuntut ilmu, berdakwa dan berjihad dijalan Allah dengan segala bentuk amal sholihnya.

3. Nafkah yang dibelanjakan untuk membantu saudara dan sahabat-sahabatnya yang berkumpul dalam ketaatan kepada Allah dengan membina diri, dakwah dan jihad dijalan Allah. Sebab nafkah ini membantu mereka memenuhi kebutuhannya dan selanjutnya mereka tetap kokh dan istiqamah dalam barisan kaum muslimin yang memperjuangkan kejayaan islam.

Alangkah indahnya seorang yang dapat membelanjakan seluruh hartanya untuk tiga perkara ini. Semoga Allah memberikan taufiq dan kemudahan kepada kita dalam merealisasikan anjuran Nabi ini.

Beberapa Pelajaran dari Hadits ini.

1. Islam sangat memperhatikan urusan harta benda dan memberikan peringatan dalam membelanjakannya kecuali dalam hal-hal yang bermanfaat.

2. Memberi nafkah keluarga yang terdiri dari istri, anak-anak, pembantu dan orang tua adalah perbuatan sangat terpuji dan utama yang harus dilakukan seorang muslim. Sebab hal itu berarti mencukupi dan menjaga mereka dari kehancuran dan keterlantaran. Bahkan nafkah ini bisa membantu mereka merealisasikan makna peribadatan kepada Allah dimuka bumi ini.

3. Pengeluaran yang dibelanjakan untuk kendaraan yang digunakan di jalan Allah berupa kuda, mobil, motor dan sejenisnya juga termasuk perbuatan mulia dan utama. Sebab kendaraan tersebut mampu mengantarkan dan memudahkan kita beribadah kepada Allah dan berjuang dijalan Allah.

4. Bersedekah dan membantu harta kepada para sahabat dan saudara seiman yang memiliki komitmen beragama yang baik dan teguh berjuang dijalan Allah termasuk sedekah dan nafkah yang paling mulia. Sebab dengan bantuan tersebut para sahabat dan saudara seiman tersebut dapat mengikat dan mempeererat persaudaraan iman. Akhirnya dengan eratnya persaudaraan iman maka akan kuatlah barisan kaum muslimin dan semakin mudah merealisasikan hukum-hukum Allah dimuka bumi ini.
Wallahu a’lam
(Ust Kholid S)
Silahkan dibaca dan kita perkaya dengan interaktif.
1. Afwan ustad gimana hukumnya seorang suami yang gak mau menafkahi anak istrinya dan hanya menompang kehidupannya kepada mertuanya dan si istri dia tidak menuntut kepada suaminya. 
Jawab
Suami yang tidak tunaikan kewajibannya. Dia wajib berusaha memberi nafkah sesuai kelonggarannya. 

> Kalo si istri minta uang main tangan
Jawab 
Ajak faham islam yang benar nanti nggak akan main pukul

Baik kajian saya tutup afwan baru hadir bisa bebas tanya jawab setelah ditutup
Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”