Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, January 7, 2015

KAJIAN ONLINE HAMBA ALLAH
Rekap materi kajian M12 Bunda
Selasa,06 Januari 2015
Materi: Kesehatan gigi
N.sumber: Drg.eka
Admin:Meisha/Arini
Notulen: Laela/Fitri

Assalamu'alaikum bunda
Hari ini saya kebagian jadwal ngisi kajian niy di grup tercinta ini
Nama saya drg.eka mahmuda haryanti.biasa dipanggil eka ato echa. Umur 33th. Sdh menikah n punya anak 2 ganteng2 semua  domisili skrg di.purworejo jateng
Bismillah.....
"Menjaga Kesehatan GigiAnak?""
Posted by Cara Mengatasi Sakit Gigi
Menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini penting untuk anak. Karena kesehatan gigi pada anak merupakan faktor penting dalam pertumbuhannya dan perkembangan anak itu sendiri. Namun nyatanya merawat gigi anak sering dikeluhkan sebagai perkara yang gampang-gampang susah.
Berikut saran dan kiat bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut anak :
Menjaga kesehatan gigi anak berusia 0-3 tahun
Gigi pertama bayi biasanya muncul antara bulan kelima dan delapan. Gigi anak akan terus tumbuh,sampai mereka berusia 3 tahun, dan berjumlah 20 gigi.
Yang harus dilakukan adalah:
→ Bersihkan gigi dan gusi bayi Anda bahkan sebelum gigi pertamanya tumbuh. Tidak hanya membersihkan sisa makanan dan bakteri, namun juga membantu menciptakan kebiasaan menyikat gigi pagi dan malam bagi anak Anda.
Bersihkan gigi dan gusi bayi dengan lembut pada pagi dan malam hari. Gunakan saja handuk basah atau sikat gigi bayi yang berbulu sikat lembut. Bersihkan terutama menjelang waktu tiidur.
→ Hindari kebiasaan member minum jus atau susu pada anak menjelang tidur, karena dapat menyebabkan terjadinya gigi berlubang. Gigi akan terendam cairan sepanjang malam, sehingga memungkinkan bakteri penyebab gigi berlubang berkembang biak lebih banyak. Solusi terbaik adalah tidak memberikan susu dalam botol, pada saat tidur atau bila perlu ganti dengan  air putih bahkan air putih di malam hari.
Menjaga kesehatan gigi anak usia 3-6 tahuun :
Anak Anda seharusnya sudah memiliki 20 gigi susu yang lengkap. Email gigi anak sangat rentan untuk mengalami kerusakan karena tidak sekuat gigi dewasa. Masalah gigi berlubang dan penyakit pada gigi susu dapat berlanjut ketika gigi dewasa tumbuh. Meskipun nantinya akan tanggal, gigi susu penting untuk dijaga karena :
→ Gigi susu memiliki pran penting untuk mencerna makanan. Gigi susu berguna untuk menggigit, mengunyah, serta melumatkan makanan.
→ Gigi susu berguna sebagai pedoman bagu tumbuhnya gigi dewasa, jika gigi susu tanggal sebelum waktunya karena pembusukan, maka kemungkinan gigi dewasa tumbuh tidak beraturan semakin besar.
→ Gigi susu  berpengaruh dalam perkembangan wajah dan otot rahang.
Yang harus dilakukan dalam menjaga kesehatan gigi anak usia 3-6 tahun adalah :
→ Pada usia ini, anak pada umumnya sudah dapat memegang sikat gigi dan dapat menyikat gigi sendiri. Akan tetapi pengawasan Anda tetap dibutuhkan untuk memastikan mereka menyikat giginya dengan benar.
Hal yang paling penting dilakukan adalah menyikat gigi di waktu yang tepat yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam haru sebelum tidur.
Bantu anak Anda dengan memberikan sikat gigi khusus anak dengan bulu sikat lembut. Sikat gigi ini memiliki kepala sikat kecil yang sesuai dengan ukuran mulut anak.
→ Sikatlah gigi anak Anda dengan pasta gigi berflouride. Lebih baik lagi jika menggunakan pasta gigi khusus untuk anak dengan kandungan fluoride yang sesuai untuk anak
Menjaga kesehatan gigi anak usia 6-12 tahun adalah dengan :
Pada usia ini anak sdah dapat menyikat gigi mereka sendiri. Namun mereka tetap perlu bantuan Anda untuk membantu menerapkan kebiasaan menyikat gigi dengan baik dan benar.
Terapkan kebiasaan menyikat gigi pagi dan malamkepada anak Anda, sebab kebersihan mulut dan gigi sangat penting pada periode ini.
Gunakan sikat gigi khusus
Gunakan pasta gigi dengan jumlah yang tepat.
Monggo dibaca2 dl materinya ya bunda2
Tanya:
Bund.. putri saya suka sekali ngenyut jempol, stiap mau tidur apalagi, saya lihat pertumbuhan giginya bagian atas depan jadi agak maju bund, meski gk sampai tonggos..
Apakah nanti giginya akan tetap maju gitu bund? Meskipun sudah tanggal..
Jawab:
ngemut jempol/empeng atau minum susu pakai botol/ngedot bisa mendorong gigi atas dpn semakin maju.kl kebiasaan ini terbawa sampai besar (saaat gigi dewasanya akam tumbuh) akan menyebabkn gigi dewasanya jg tonggos krn pd saat itu jg sdh ada benih gigi dewasa. Benih ini jg ikut terdoronh krn kebiasaan ini.sebaiknya kebiasaan ini yg pelan2 hrs dihentikan.
Tanya:
Nanya bunda... anak saya 9 th..apa boleh pakai odl untk dewasa.dan dia jg suka ganti 2odol pilihany sendr.apa pengarh dg kesehatan giginya doter...
Jawab:
In sya Allah tdk apa2 bunda. Pasta.gigi/odol merupakn bahan yg mbantu dlm pembersihan gigi.yh plg penting adlh teknik/cara menyikat giginya sdh tepat atau belum. Jd walopun pasta giginya yg plg bagus (mnrt iklannya ) tp kl cara menyikat giginya msh krg tepat maka hasilnya jg tdk maksimal
Tanya:
Assalamu'alaikum wrwb., Dokter, kami sekeluarga mgunakan kawat gigi d dokter spesialis ortho. Tp suami dan anak2 muncul jendolan kecil d gusi antara gigi sehingga harus d operasi kecil utk mengeluarkan darah d dalam jendolan tsb. Adakah cara lain utk mhilangkan jendolan2 itu selain d operasi, Dokter? Misal dg obat saja, gak tega Dok liatnya...JazakillahDokter?
Jawab:
bunda...kl dr crita bunda yulia bemjolan yg ada di gusi suami n anak2 bunda itu tdk bs.dihilangkn hanya dg onat2an. Tetap hrs dilakukan tindakan bedah minor utk mhilangkannya. benjolan yg ada di gusi itu efek samping.pemakaian kawat gigi nya.biasanya hilang sndiri stlh alat ortho/kawat gigi nya dilepas.
Tanya1:
Dokter.... gigi ank saya itu kuning ..walaupun udah disikat bersh.pernh jg ditanyakan sm drg...katany tak apa2. saya kawatir...apa pengaruh nanti sampai dewasa...
Makasih dokter....
Tanya2:
Maaf dok....agak rewelni untk mejg pertumbuhan gigi yang baik sm ank2.kalau giginy sudah mulai goyah apa sebaiknya kita cabut atu kita tunggu hingga lepas sendr.saya pernah cabut seblm lepas sendiri ya tetny sm drg....kok lama timbul gantinya.sekali lg makasih dokter....
Jawab 1:
bunda...gigi anaknya kuningnya spt apa ya? Kl memang warna asli giginya kuning ya tdk apa2. Tp kl krn krg gigi..sebaiknya karang giginya dibersihkn
Jawab 2: gigi susu yg goyang merupakam tanda bahwa gigi penggantinya akan tumbuh. Brp lamanya tdk tentu pd tiap org n tiap gigi. Kl gigi susu sdh goyang bs lepas sndiri ato dicabutke dokter gigi.
→ gigi susu yg goyang jg bs krn kerusakan yg parah pd gigi tsb. Apabila gigi goyang krn rusak dan akhirnya lepas.....tetapi sbnrnya gigi tsb blm waktunya lepas dan blm saatnya gigi penggantinya tumbuh maka akan lama muncul gigi penggantinya bunda
Tanya:
Dokter...kalo gigi susu kok tumbuhnya rapi tapi setelah jd  gigi tetap kok brantakan knp ya? Cara mengatasi biar rapi gemana?
Jawab:
ukuran gigi dewasa pasti lbh besar dr gigi susu bunda aam. Kl gigi tetap nya berantakan ns disebabkn oleh bnyk faktor spt Ukuran gigi yg besar2 tetapi rahang sempit atau Gigi susu terlambat lepas→gigi berjejal.
Cara mengatasinya gigi yg krg rapi ato berantakan bs pake kawat gigi bunda. Bn.yk makan sayur n buah bs mempengaruhi pertumbuhan rahang.
Tanya:
Putra sy usia 11 thn, nah gigi taringnya msh copot...trus seperti ada akar di dalam gusinya....begitu jg dg gigi gerahamnya....apakah usia segitu msh proses pertumbuhan gigi..? Mengingat gigi susunya sdh ganti semua...? Tq jawabannya bu dokter
Oh iya bu dokter ada info tambahan, putra sy itu dari umur 2 thn ga makan nasi + lauk pauk + sayur,...sampai usia 9 thn, nah apakah ada pengaruhnya terhadap gigi tsb....krn asupan kalsiumnya
Jawab:
kl umur 11 th memang sdh tdk ada gigi yg tumbuh lg bun. gigi taringnya copot krn karies ya bunda.akar yg ada di dlm gusi kmgknan akar dr gigi taring yg copot itu bunda. Bwgitu jg dg gigi gerahamnya.
Tp saya blm jelas bund mksdnya gigi taringnya msh copot gmn ya?
Tanya:
Assalamu'alaikum dok, anak sy laki2 umur 7 th lbh sdkt, gigi susunya blm ada yg copot satupun dok, pdhl rata2 anak2 seumurannya sdh pd tumbuh gigi baru, ngaruh ga nantinya dg gigi yg akan tumbuh, krn kakaknya prnh gigi susu blm copot tp gigi pnganti udah numbuh, jd brantakan
Jawab:
wa'alaikumsalam
Usia pergantian gigi susu ke gigi tetap biasanya dimulai skt umur 6th.bisa lbh cepat ataupun lbh lama. Rata2 anak umur 7th yg blm ganti gigi tetap biasanya gigi pertama yg tumbuh saat bayi jg telat dr usia pd umumnya. Stiap anak pertumbuhan giginya bs berbeda2 ya bunda. Ditunggu aja ya bunda smbl sering2 dilihat sndiri drmh.
Tanya:
dokter saya mau tny, anak saya naura 5th gigi geraham bolong skr gigi gerahamnya habis jadi gusinya naik ke atas bahayakah? sering bolak balik ke dokter gigi tapi krn anaknya gk kooperatif jadi susah untuk diperiksa
Jawab:
Sptnya ada infeksi pd gigi yg berlanjut ke gusi.sebaikya diperiksakan lg k dtr gigi ya bunda.
Tanya:
Makanan apa ya bun sebagai pengganti nasi dkk?
Jawab:
nasi bs diganti dg roti, kentang, gandum, singkong ato sagu.
Tanya:
boleh nanya lagi ya bu dokter mungkin oot, kalau rahang atas dan rahang bawah ketemunya gk pas alias mengsong itu, krn untuk ngunyah gak nyaman dan setiap buka mulut seperti bunyi "krek"
periksa ke dokter umum atau dokter gigi ya? dan ada tindakanny spt apa
syukron sebelumnya
Jawab:
periksakn ke dktr gigi bunda. Sptny ada mslh di bagian sendi antara rahang atas n bawah. Hal ini bs krn tambalan yg terlalu tinggi, gigi tiruan yg krg nyaman ato bs jg krn pengunyahan yg tdk seimbang.tindakan yg dilakukan nantinya disesuaikn dg penyebabnya
Tanya:
Bun anak sya umur 3 thn dri pertama tmbuh ggi sya berusaha rawat gigi nya tpi ko ggi nya malah reges di depan graham nya juga ada yg bolong sejak umur 2 thun dia klo bbo nyusu ga bisa di kasih air putih klo dah pules... tpi tetangga sya yg anak nya ga ga mau gsok ggi tpi ggi nya malah bagus pdahal di juga nyusu botol dri lahir malah .. kenapa ya dok
Jawab:
gigi dpn yg reges/gigis biasny disebabkn krn minum susu pake botol sblm tidur.krn spt yg dijelaskn diatas bahwa gigi akan terendam oleh susu yg diminum. Didlm susu tdpt kandungan gula yg lengket...yg apabila bercampur dg air liur bs.melarutkn email gigi → gigi berlubang
Kandungan gula dlm susu formula jg hrs diperhatikan bunda.kadar keasaman air liur jg bs mempengaruhi karies gigi. Air liur yg kadar keasamannya tinggi lbh rentan terkena karies ato gigi berlubang.utk susu Ambil susu dg kandungan gula yg lbh sdkt. Kl msh minum susu sblm tidur coba bunda bersihkn gigi anaknya saat sdh tertidur dg washlap yg sdh diberi air hangat.
Tanya:
Ni gigi saya kan sdh byk yg ngilu krn sptnya lapisan terluar byk yg terkelupas. Bgm pencegahan solusinya biar gak ngilu lg? Klo kena air...duuh...
Jawab:
Biasanya email terkikis selain krn dipakai utk mengunyah jg bs krn penyikatan gigi yg terlalu keras.
Utk gigi yg emailnya terkikis msh bs dilakukan penambalan. Kl utk pencegahannya sebaiknya menyikat gigi scr perlahan2 dan dg sikat gigi yg bulu sikatnya lembut
Astaghfirullah....
Astaghfirullah....
Astaghfirullah...
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT