Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

KISTA DAN PENGOBATANNYA

Kajian Online Hamba الله SWT

Rabu, 14 Januari 2015
Narasumber : Ustadzah Aprie
Rekapan Grup Nanda M111 (Peny)
Tema : Kesehatan
Editor : Rini Ismayanti

KISTA DAN PENGOBATANNYA

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ

Kista adalah penyakit yang biasanya bersarang pada indung telur wanita. Kedokteran sendiri belum bisa memastikan asal penyebab penyakit kista ini, namun diprediksi kista muncul akibat kembalinya darah menstruasi dan menempel dimana saja termasuk dinding indung telur. Oleh karena itu tak heran jika keberadaan penyakit ini akan susah terdeteksi pada awal perkembangannya.   

Ciri-ciri kista biasanya rasa sakit yang sangat ketika seorang wanita sedang mengalami menstruasi, yang lebih parahnya penderita bisa sampai pingsan karena menahan sakit yang luar biasa ini. Kista sendiri terdiri dari 2 macam, ada yang berupa cairan ada juga gumpalan, akibat dari kista selain sakit yang sangat ketika menstruasi adalah susah memiliki keturunan. Kalau sudah divonis tidak bisa memiliki keturunan gak kebayang dech gimana rasanya!

Kista bisa jadi akibat dari asupan makanan yang kurang sehat dan mengendap yang akhirnya menjadi kista. Solusi yang harus diambil ketika wanita merasa gejala sakit seperti diatas dan sudah di vonis mengidap kista adalah operasi, bisa dicoba juga dengan terapi, tapi apapun cara yang kamu ambil hindari stress karena bisa memperburuk keadaan. Oleh karena itu sebisa mungkin agar dapat mengontrol emosi dengan baik dengan membiasakan diri menerapkan pola sifat sabar-yah agar terhindar (atau setidaknya meminimalisir) dari serangan stress jika di dalam tubuh kita di diapsnosis ada kista.

Selagi masih muda ubahlah kebiasaan kamu jangan makan sembarangan, makan buah-buahan, minum air putih yang banyak dan berolahraga secara teratur. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan ? Oleh karena itu mulai sekarang jangan lupa yah agar senantiasa membiasakan diri untuk selalu hidup sehat dan teratur, karena kita tahu betul bahwa sehat itu sangatlah mahal kan?

Definisi kista
Kista berarti kantung yang berisi cairan. Kista ovarium (atau kista indung telur) berarti kantung berisi cairan, normalnya berukuran kecil, yang terletak di indung telur (ovarium).

Tipe Kista Normal
Kista Fungsional 
Ini merupakan jenis kista ovarium yang paling banyak ditemukan. Kista ini berasal dari sel telur dan korpus luteum, terjadi bersamaan dengan siklus menstruasi yang normal.
Kista fungsional akan tumbuh setiap bulan dan akan pecah pada masa subur, untuk melepaskan sel telur yang pada waktunya siap dibuahi oleh sperma. Setelah pecah, kista fungsional akan menjadi kista folikuler dan akan hilang saat menstruasi.
Kista fungsional terdiri dari: kista folikel dan kista korpus luteum. Keduanya tidak mengganggu, tidak menimbulkan gejala dan dapat menghilang sendiri dalam waktu 6-8 minggu.

Tipe Kista Abnormal
Maksud kata "abnormal" disini adalah tidak normal, tidak umum, atau tidak biasanya (ada, timbul, muncul, atau terjadi). Semua tipe atau bentuk kista -selain kista fungsional- adalah kista abnormal, misalnya:
1. Cystadenoma
Merupakan kista yang berasal dari bagian luar sel indung telur. Biasanya bersifat jinak, namun dapat membesar dan dapat menimbulkan nyeri.
2. Kista coklat (endometrioma)
Merupakan endometrium yang tidak pada tempatnya. Disebut kista coklat karena berisi timbunan darah yang berwarna coklat kehitaman.
3. Kista dermoid
Merupakan kista yang yang berisi berbagai jenis bagian tubuh seperti kulit, kuku, rambut, gigi dan lemak. Kista ini dapat ditemukan di kedua bagian indung telur. Biasanya berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala.
4. Kista endometriosis
Merupakan kista yang terjadi karena ada bagian endometrium yang berada di luar rahim. Kista ini berkembang bersamaan dengan tumbuhnya lapisan endometrium setiap bulan sehingga menimbulkan nyeri hebat, terutama saat menstruasi dan infertilitas.
5. Kista hemorrhage
Merupakan kista fungsional yang disertai perdarahan sehingga menimbulkan nyeri di salah satu sisi perut bagian bawah.
6. Kista lutein
Merupakan kista yang sering terjadi saat kehamilan. Beberapa tipe kista lutein antara lain:
a. Kista granulosa lutein
Merupakan kista yang terjadi di dalam korpus luteum ovarium yang fungsional. Kista yang timbul pada permulaan kehamilan ini dapat membesar akibat dari penimbunan darah yang berlebihan saat menstruasi dan bukan akibat dari tumor. Diameternya yang mencapai 5-6 cm menyebabkan rasa tidak enak di daerah panggul. Jika pecah, akan terjadi perdarahan di rongga perut.
Pada wanita yang tidak hamil, kista ini menyebabkan menstruasi terlambat, diikuti perdarahan yang tidak teratur.
b. Kista theca lutein
Merupakan kista yang berisi cairan bening dan berwarna seperti jerami. Timbulnya kista ini berkaitan dengan tumor ovarium dan terapi hormon.
7. Kista polikistik ovarium
Merupakan kista yang terjadi karena kista tidak dapat pecah dan melepaskan sel telur secara kontinyu. Biasanya terjadi setiap bulan. Ovarium akan membesar karena bertumpuknya kista ini. Untuk kista polikistik ovarium yang menetap (persisten), operasi harus dilakukan untuk mengangkat kista tersebut agar tidak menimbulkan gangguan dan rasa sakit.
Kista ovarium ada yang bersifat jinak dan ganas (kanker). Biasanya kista yang berukuran kecil bersifat jinak. Kista ovarium sering ditemukan secara tidak sengaja pada pemeriksaan rutin.

Manifestasi Klinis
Manifestasi klinis kista ovarium antara lain:
1. Sering tanpa gejala.
2. Nyeri saat menstruasi.
3. Nyeri di perut bagian bawah
4. Nyeri pada saat berhubungan badan.
5. Nyeri pada punggung terkadang menjalar sampai ke kaki.
6. Terkadang disertai nyeri saat buang air kecil dan/atau buang air besar
7. Siklus menstruasi tidak teratur; bisa juga jumlah darah yang keluar banyak.

Adapun manifestasi klinis kanker ovarium antara lain:
1. Perubahan menstruasi.
2. Rasa sakit atau sensasi nyeri saat bersenggama (dyspareunia).
3. Gangguan pencernaan yang menetap, seperti: kembung, mual.
4. Perubahan kebiasaan buang air besar, contoh: sukar buang air besar (= sembelit, konstipasi, obstipasi)
5. Perubahan berkemih, misalnya: sering kencing.
6. Perut membesar, salah satu cirinya adalah celana terasa sesak.
7. Kehilangan selera makan atau rasa cepat kenyang (perut terasa penuh).
8. Rasa mudah capek atau rasa selalu kurang tenaga.
9. Rasa nyeri pada (tulang) punggung bawah (Low back pain).

Penegakan Diagnosis
Diagnosis kista ovarium ditegakkan melalui pemeriksaan dengan ultrasonografi atau USG (abdomen atau transvaginal), kolposkopi screening, dan pemeriksaan darah (tumor marker atau petanda tumor).

Pemeriksaan Laboratorium
Di dalam praktek, jika diperlukan dokter kandungan akan menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan sekret (yang meliputi: Trichomonas, Candida/jamur, bakteri batang, bakteri kokus, epitel, lekosit, eritrosit, epitel, dan pH) dan hematologi, misalnya: Hb (Hemoglobin).

Penatalaksanaan
1. Observasi
Jika kista tidak menimbulkan gejala, maka cukup dimonitor (dipantau) selama 1-2 bulan, karena kista fungsional akan menghilang dengan sendirinya setelah satu atau dua siklus haid. Tindakan ini diambil jika tidak curiga ganas (kanker).
2. Operasi
Jika kista membesar, maka dilakukan tindakan pembedahan, yakni dilakukan pengambilan kista dengan tindakan laparoskopi atau laparotomi. Biasanya untuk laparoskopi Anda diperbolehkan pulang pada hari ke-3 atau ke-4, sedangkan untuk laparotomi Anda diperbolehkan pulang pada hari ke-8 atau ke-9.

Tafadol ukhtina jika ada yang ditanyakan, admin bantu untuk rekap ya, nanti saya kembali lagi..

TANYA JAWAB

Q : Asslkm. Saya mau tnya. Gejala dini penyakit kista biasanya seperti apa kmudian bgaimana pncegahannya? Syukron 
A : Wlkmslm, Gejala kista, biasanya rasa sakit yang sangat ketika seorang wanita sedang mengalami menstruasi, yang lebih parahnya penderita bisa sampai pingsan karena menahan sakit yang luar biasa ini.
Pencegahannya, pola hidup sehat, cukupi kebutuhan tubuh akan sayuran dan buah-buahan, air putih serta olahraga teratur..istrahat cukup
Gejala kista lainnya,
*Perdarahan yang banyak dan lama selama masa haid atau pun di luar masa haid.
* Rasa nyeri karena tekanan tumor dan terputarnya tangkal tumor, serta adanya infeksi di dalam rahim.
* Penekanan pada orangan di sekitar tumor seperti kandung kemih, ureter, rektum atau orangan rongga panggul lainnya, menimbulkan gangguan buang air besar dan buang air kecil, pelebaran pembuluh darah vena dalam panggul, gangguan ginjal karena pembengkakan tangkai tumor.
* Gangguan sulit hamil karena terjadi penekanan pada saluran indung telur.
* Pada bagian bawah perut dekat rahim terasa kenyal.

Q : Saya kadang dua bulan sekali menstruasi saya hitam kecoklatan tanpa darah. Apakah itu ada gejala bunda?Trmks
A : Kemungkinan besar ukhti mengalami gangguan hormon yang sifatnya tidak permanen. Gangguan hormon ini penyebabnya macam-macam, bisa karena pola makan yang terganggu atau uknti sedang stress. Jika usia  ukhti sudah diatas 25 tahun, sebaiknya ukhti memeriksakan diri ke dokter spesialis obgin untuk memastikan bahwa tidak ada masalah lain, sepeti miom atau kista, di orangan reproduksi ukhti. Karena, wanita di usia 25 tahun ke atas lebih beresiko terkena miom atau kista. 

Q : Bunda, saya sering sakit ketika menstruasi hari pertama dan kedua. Sakitnya itu sakit banget, sampe keringat dingin dibagian punggung, leher, tangan dan kaki. Kaki juga gemeter. Kemarin saya sudah cek USG 2D kata bidangnya gpapa, tapi nanti di cek lagi kalo masih sakit di dokter kandungan. Menurut bunda gimana? Udah 3minggu ini saya mens, dan darahnya coklat kehitaman dan menggumpal.
A : Warna darah coklat kehitaman masih dianggap normal ukhti, ini terjadi ketika darah lebih tua dan tidak dikeluarkan dari tubuh dengan cepat..
Mengenai gumpalan dan sakit perlu ditinjau ulang ukhti, sebaiknya periksa ke dr spog langsung ya, nanti bisa dichek via usg atau transvagina..

Q : Bunda bagaimana dikatakan jmlh darah menstruasi normal, apakah hari pertama saja y bnyk kemudian hari berikutnya hanya setetes2, atau selama 7 hari itu darah menstruasi y kel bnyk? Y dikatakan masa subur hari keberapa bunda? Tmks
A : Mens normal, tanda2nya:
1. Jeda antara haid pertam dan berikutnya lebih lama dari 31 atau sampai 35 hari atau malah kurang dari dua minggu
2. Haid berlangsung lebih lama dari 7 hari
Wanita yang memiliki siklus haid teratur memiliki masa subur pada hari ke-12 hingga ke-16 sejak pertama haid.

Q : Assalamu'alaikum. Bunda saya mau tanya, saya halangan pertama kali itu kelas 3 SMP bulan Desember. Sekarang saya sudah kelas 2 SMA.. Sudah sekitar 2 tahun berarti, tapi sampe sekarang saya halangan masih gak lancar. Bisa sampe 5-6 bulan baru halangan lagi. Apakah masih wajar? Lalu saya juga biasanya setelah lama gak halangan pas mau menstruasi saya pasti sakit bahkan sampa masuk ugd.. itu gimana ya?
A :  Waalaikumsalam, pernah periksa ke dr spog ukhti..? Sebaiknya diperiksakan ukhti,  Haid tidak teratur dan rasa sakit ketika haid apalagi sampai masuk ugd perlu diwaspadai ukhti, Segera konsultasikan ke dr spog ya, nanti bisa usg intuk melihat apa memang hormon atau ada gangguan lain.. Mudah-mudahan selalu sehat ya ukhti

Q : Assalamualaikum... bunda mw tnya. Apakah orang yang kena haid 2x dlm sbulan & darah yang kalaur bnyk, kmungkinan kista?  Jika diiringi dengan rasa sakit bisa dikatakan masuk pd gejala kista ukhti, nmun joka tidak kemungkinan karena faktor stress dan kurang istrahat. Kalau haid gk teratur, 2 atau 3 bulan sekali, bs kena kista?
A : Bila gejala diatas ada, bisa dikatakan kista ukhti, namun jika tidak kemungkinan hormon atau gangguan lain..segera diperiksakan ke dr spog ya..

7. Nyeri hebat dibawah perut (rahim) tiap pms - haid itu masih kategori normal kan bund? Umum sih bagi wanita (?) Jika nyeri hebat masih bisa ditahan tidak sampai pingsan atau tak sadar kan diri masih dianggap normal ikhti..
A : Kalo nyerinya diluar haid..trus saat buang air itu ada yang kerasa sakit (biasa perut bagian kanan, tengah, rahim, atau kiri) dan sakitnya bertambah parah pas haid, masih normal jg kan? Jika nyeri berlebih dan terus menerus berbahaya ukhti, saran saya perbanyak konsumsi serat, minum air putih, istrahat cukup dan olahraga.jika masih demikian yang seperti diungkapkan segera periksakan ke spog dan  sp penyakit dalam

Q : Bunda gimana sih bedanya miom dengan kista?
A : Sumber t
abloidnova.com,  Annelis Brilian
Kista dan miom seringkali dianggap sama. Padahal, dua tumor jinak yang bersarang diorangan reproduksi perempuan ini berbeda 180 derajat.
Meski sama-sama menyerang orangan reproduksi perempuan, namun kista dan miom memiliki perbedaan yang cukup signifikan.Memang banyak yang masih bingung membedakan kedua jenis penyakit yang tergolong dalam tumor jinak ini. Padahal, begitu banyak prinsip-prinsip yang berlainan, termasuk dari posisi, bentuk, hingga keluhan.
"Kista itu tumor yang berisi cairan. Ia memiliki beberapa jenis, misalnya kista endometriosis yang isinya cairan kecokelatan, kista dermoid yang terdiri dari jaringan-jaringan tubuh, ada juga kista simplex  yang isinya hanya berupa cairan bening.
Sementara miom adalah tumor jinak yang terdiri dari serabut-serabut otot polos myometrium . "Jadi ada pertumbuhan sel-sel otot di dalam rahim yang tidak normal. Ia berbentuk seperti kumparan, lama-lama berputar.
pembeda penyakit kista dan miom. Pertama, terlihat dari lokasi gumpalan. Kista terletak di indung telur, bisa di bagian kiri, kanan, atau keduanya.
"Sedangkan miom itu posisinya di rahim. Ia ada di tengah alat kelamin perempuan atau istilah medisnya terletak di uterus. Ia bisa berada di permukaan rahim, di tengah rahim, atau di dalam rahim.
Perbedaan kedua, dapat dilihat dari bentuk atau kandungan di dalamnya. Pada miom, terdapat serabut-serabut otot yang padat dan berbentuk bulat. Gumpalan menyerupai batu ini tidak memiliki pangkal atau inti, melainkan hanya serabut otot yang permukaannya dapat dikupas.
Sementara kista, isinya sudah pasti cairan. "Makanya ketika operasi, dia bisa langsung diangkat tapi bisa juga disedot dulu cairannya baru sisanya diambil. Jadi, bentuknya selalu seperti itu. Tidak akan mungkin menjadi terbalik, misalnya kista tapi padat atau miom tapi cair.
Lalu, hal ketiga yang membedakan dapat dilihat dari keluhan yang dirasakan perempuan. Kista dapat dideteksi dari rasa nyeri saat haid hari pertama atau kedua, serta adanya rasa nyeri saat berhubungan seksual. Bahkan pada beberapa kasus, kista juga menyebabkan rasa nyeri di luar siklus haid.
Sementara itu, keluhan miom yang lebih dominan justru terlihat pada siklus. Adanya siklus haid yang tak teratur, jumlah hari haid yang lebih panjang, atau jumlah darah haid yang berada di atas batas normal dalam satu siklus.
"Normalnya, perempuan mengganti pembalut rata-rata 3 - 4 kali dalam sehari. Ketika ia mengganti pembalut sampai lima kali atau lebih, berarti jumlah darahnya lebih banyak dari batas umum. Jumlah darah yang terlampau banyak ini diperkirakan disebabkan adanya miom di dalam rahim.
"Normalnya, perempuan mengganti pembalut rata-rata 3 - 4 kali dalam sehari. Ketika ia mengganti pembalut sampai lima kali atau lebih, berarti jumlah darahnya lebih banyak dari batas umum. Jumlah darah yang terlampau banyak ini diperkirakan disebabkan adanya miom di dalam rahim.

Q : Bunda, saya dulu sempat 8-10 kali ganti waktu smp. Tapi skrg sudah biasa. Apa masih berpengaruh?
A : Inshallah tidak bund, jika sudah normal kembali..

Q : Afwan bun, Apakah gejala kista ato pnyakit rahim yang lain jg bisa d deteksi dr keputihan? Soalnya shari2nya sya kdang keputihannya itu bnyak bnget..
A : Bisa ukhti, keputihan yang berbahaya itu warnanya kuning keruh, gatal dan mengganggu kegiatan sehari..perlu diperiksakan ke dr spog nanti dilihat via transvaginal, apakah termasuk pemicu penyakit atau memang hormon

Q : Bunda... apa penyembuhannya hanya dengan jalan operasi? Jika keadaan kista sudah melebihi 7cm diharuskan op ukh, jika masih 3cm masih hisa dengan obat.. Saya dengar dengan minum ramuan temu ireng yang di rebus dan di minum airnya, Insya Allah bisa menyembuhkan,, tapi lama, apakah orang yang punya kista ovarium akan sulit punya anak bunda? Sebagian akan sulit, sebagian 40% bisa miliki anak ukhti tergantung tingkat kistnya dan proses penyembuhannya..
Bagaimana jika dia hamil nanti, apakah akan mengganggu kandungan?
Jawab:
Iya ukhti, akan sangat mengganggu kandungan terutama berbahay bagi sijanin

Q : Ada bunda,.. afwan, Jadi harus diangkat ya bunda klo di ovarium? Apakah itu mempengaruhi masa menapause yang lebih awal?
A : Sebenarnya pengangkatan kista ovarium jika masih memungkinkan bisa tidak menyebabkan menopouse dini, jika saluran mensnya tidak ikut terangkat krna besarnya kista ovarium.. Namun jika sebaliknya betul bunda bisa menyebabkan menopouse dini, bahkan kista ovarium ini biasanya setelah op pun akan muncul kembali.

Q : Saya juga mendengar kesehatan reproduksi akan lebih lemah jika ovarium hanya tinggal satu, apakah benar bunda?
A: Iya ukhti, perlu diperhatikan juga bagaimana kondisi ovarium yang masih ada. Jika kondisinya lemah dan tidak memungkinkan untuk bereproduksi, meskipun si pasien masih bisa hamil, mungkin akan membahayakan kesehatan si pasien sendiri. Dengan keadaan pasien hanya memiliki satu ovarium, kemungkinan besar pasien akan lebih jarang mengalami ovulasi. Nah, inilah yang menjadi tantangan demi mewujudkan kehamilan dan memiliki keturunan sendiri. Pasien harus dapat menghafal tanda-tanda yang dikirimkan oleh tubuh  saat ovulasi terjadi. Biasanya, jika pasien mengalami ovulasi suhu tubuh akan meningkat 0,110C. Pasien juga bisa melakukan pengecekan kadar basa cairan vagina. Jika cukup basa, berarti pasien sedang dalam masa ovulasi.
Pasien dapat mengupayakan dengan sexual intercourse rutin pada masa-masa ovulasi. Atau jika sudah jeli mengenali tanda-tanda ovulasi, lebih baik pasien melakukannya sebelum jadwal ovulasi datang. Jika pasien sudah berusaha hingga 15 bulan lebih namun belum ada hasilnya, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter kandungan.

Q : Bunda teman saya pernah oprasi miom dan kista.tapi kesininya malah pendarahan terus
A : 40% pasien pasca op mengalami pendarahan, namun dikatakan normal jika pendarahan tidak berlangsung lama, hanya 3 sampai 7 hari pasca op..jika sebaliknya harus dikonsultasikan kembali dr bedah dan spog

Q : Bunda, saya pernah baca, kl menjelang haid, banyak hormon wanita yang aktif... Di leher sebelah kiri (dekat telinga) ada bengkakan. Apakah itu salah satu pengaruh hormon aktif tsb? Atau ada diagnosis lain? Benjolannya sebesar kuku telunjuk n kl ditekan terasa sakit)
A : Berikut urutan perubahan hormon yang terjadi sebelum dan saat wanita menstruasi menurut Serdar Bulun M.D. dari Northwestern University; Robert Casper M.D. dari University of Toronto, Nicholas Panay MRCOG dari Chelsea & Westminster Hospital, London
1. Empat minggu sebelum menstruasi
Satu bulan sebelum menstruasi, kelenjar pituitari yang terdapat di otak melepaskan follicle stimulating hormone (FSH) dan luteinizing hormone (LH) dalam aliran darah. Pelepasan dua hormon tersebut merupakan isyarat bagi ovarium untuk melepaskan sel telurnya.
Ketika pesan diterima, ovarium akan melepaskan sel telur yang paling dewasa ke saluran indung telur (tuba falopi). Dari saluran tersebut, sel telur membutuhkan waktu beberapa hari hingga mencapai rahim.
Selama perjalanan sel telur, ovarium akan meningkatkan produksi estrogen. Hormon ini memicu bagian tepi rahim untuk menyiapkan diri sebagai tempat berdiamnya embrio.
2. Dua minggu sebelum menstruasi
Saat rahim mulai membangun jaringan dan meningkatkan asupan darah, indung telur melepaskan hormon kunci kehamilan yang disebut progesteron. Ketika hal tersebut terjadi, suhu tubuh wanita biasanya meningkat beberapa derajat.
Progesteron juga menjadi alasan melebarnya saluran ASI di payudara. Akibatnya payudara tampak lebih besar dan sakit bila disentuh.
Adanya progesteron kemungkinan mengganggu sirkulasi kimia otak, termasuk hormon pengatur mood yang disebut serotonin. Hal ini berefek pada amyangdala, yaitu struktur otak yang berkaitan dengan emosi. Hasilnya adalah dua khas emosi saat pre menstruation syndrome (PMS) terjadi, yaitu cepat marah dan gelisah.
Progesteron bekerja bersama estrogen dalam menyiapkan rahim. Selama masa penyiapan rahim, usus berada dalam kondisi rileks. Hal ini mengakibatkan produksi gas meningkat hingga perut terasa seperti kembung. Perubahan ini juga memicu keinginan wanita untuk terus makan.
3. Saat menstruasi tiba
Ketika satu bulan berlalu dan sel telur tak juga dibuahi, maka produksi estrogen dan progesteron mulai menurun. Hal ini perlahan mengembalikan kondisi emosi usai PMS.
Pada saat bersamaan, uterin mulai melepaskan hormon prostaglandin. Hormon ini membantu pelepasan jaringan dan darah esktra yang menumpuk di rahim. Prostaglandin memaksa otot rahim untuk berkontraksi, hingga menimbulkan rasa sakit.
Pada beberapa wanita, prostaglandin juga menyebabkan mual. Dampak ini bisa diatasi dengan konsumsi obat tertentu seperti ibuprofen, atau rajin olahraga.
Walaupun tampak sangat 'menghebohkan', sebetulnya jumlah rata-rata darah yang hilang dari tubuh selama periode menstruasi berkisar satu cangkir atau beberapa sendok makan.
4. Saat menstruasi berakhir
Ketika periode menstruasi berakhir, maka bisa dikatakan 'gonjang-ganjing' emosi akibat ketidakseimbangan hormon berakhir.


Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan
kita tutup kajiannya ya..

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh


​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ