Home » , » LUKA DAN PENANGANANNYA

LUKA DAN PENANGANANNYA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, January 7, 2015

Kajian Online Hamba الله SWT

Rabu, 7 Januari 2015
Narasumber : dr. Ella
Rekapan Grup Nanda M114 (Amalia)
Tema : Kesehatan
Editor : Rika Arisandi / Rini Ismayanti


LUKA DAN PENANGANANNYA

Luka adalah terputusnya kontinuitas jaringan kulit atau  rusaknya sebagian jaringan tubuh.

Penyebab luka di antaranya karena trauma benda tajam atau tumpul, perubahan suhu atau karena terkena zat kimia. Luka juga bisa disebabkan terjadi ledakan, sengatan listrik, atau gigitan hewan.

Luka diklasifikasikan menjadi dua yakni  luka terbuka dan luka tertutup. Luka terbuka  adalah seperti  luka lecet, sayat, robek, tusuk, dan amputasi.  Sedangkan luka tertutup yang bisa terjadi seperti  memar atau cedera karena himpitan

Luka lecet
Cara penanganan  pertama untuk luka lecet adalah membersihkan luka terlebih dahulu menggunakan NaCl. Setelah bersih, berikan desinfektan. Perawatan luka ini hampir sama dengan perawatan luka iris, namun, terkadang luka iris memerlukan jahitan,  tergantung lebar lukanya.

Luka sayat
Luka sayat adalah jenis luka yang disebabkan karena sayatan benda tajam, bisa logam, kayu dan lain sebagainya. Jenis luka ini biasanya tipis, sehingga yang pertama dilakukan untuk mengobati luka ini adalah  dengan membersihkan dan memberikan desinfektan.

Luka tusuk
Luka tusuk, yaitu luka akibat logam.  Yang harus diwaspadai saat kita merawat luka tusuk adalah bakteri clostridium tetani yang berasal logam yang terkontaminasi tanah.  Bila menangani luka ini sebaiknya jangan asal menarik benda yang menusuk, karena bisa mengakibatkan perlukaan tempat lain ataupun mengenai pembuluh darah. Namun bila benda yang menusuk sudah dicabut, maka yang harus kita lakukan adalah membersihkan luka dengan cara menggunakan H2O2, kemudian diberikan desinfektan. Setelah itu baru lubang luka ditutup menggunakan kasa, namun dimodifikasi agar  tetap ada aliran udara yang mengenai luka.
Tetapi bila luka tusuk tampak dalam dan melukai organ tubuh yang penting, sebaiknya segera dirujuk

Luka bakar
Luka bakar adalah luka yang disebabkan kontak antara kulit dengan zat panas seperti air panas(air mendidih), api dan lainnya. Penanganan paling awal untuk  luka bakar adalah  dengan mendinginkan luka dengan air, atau dengan mengalirkan air di bagian yang luka.
Bila luka membentuk bula boleh dipecahkan, asal steril.  kemudian luka dirawat dengan tetap menjaga sterilitas mengingat luka jenis ini sangat mudah terinfeksi.

Luka gigitan.
Luka jenis ini disebabkan dari luka gigitan binatang, seperti serangga, ular, dan binatang buas lainnya. Penanganan luka gigitan yang sering terjadi adalah jenis luka gigitan dari ular berbisa yang berbahaya. Cara penanganan tentu dengan  mengeluarkan racun yang sempat masuk ke dalam tubuh korban dengan menekan sekitar luka sehingga darah yang sudah tercemar sebagian besar dapat dikeluarkan dari luka tersebut. Tidak dianjurkan mengisap tempat gigitan, hal ini dapat membahayakan bagi pengisapnya, apalagi yang memiliki luka walaupun kecil di bagian mukosa mulutnya. Sambil menekan agar racunnya keluar juga dapat dilakukan pembebatan( ikat) pada bagian proksimal dari gigitan, ini bertujuan untuk mencegah semakin tersebarnya racun ke dalam tubuh yang lain. “Selanjutnya segera mungkin dibawa ke pusat kesehatan yang lebih maju untuk perawatan lanjut,”

Tanda  luka terinfeksi;
- panas disekitar luka
- bengkak & nyeri
- demam
- timbul nanah

Rekap Tanya - Jawab

1. Mau tanya umi dok. dulu kaki saya pernah dijahit ditelapak kaki (long long time ago) tapi kenapa ya smpe sekarang masih brasa sedikit agak sakit..lukanya kena mainan bambu enggrang ..
Jawab: 
Kemungkinan lukanya berada didekat syaraf yang mendeteksi nyeri, atau memang ada penebalan jaringan parut yang menyentuh syaraf nyeri. Jika mengganggu, bisa diperiksa didokter kulit

2. Bu dokter...afwan mau  tanya...tapi diluar tema".. dokter" ahir-akhir  ini saya sering sakit kepala..udah gitu..leher bagian belakg juga sakit kira-kira aap penyebabnya ya dokter
Jawab:  
Coba periksakan tanda-tanda vital. Tekanan darah, dll. Apakah ada keluhan lain, mual, mata kabur. Apa memang belakangan ini ada stres atau kelelahan? Kapan munculnya? Coba minum penghilang nyeri misal parasetamol, kemudian istirahat. Apakah nyeri berkurang atau timbul lagi? Jika timbul lagi, periksakan ke dokter

3. Bu dokter mau tanya kalau  bentolan di dada membentuk kalung. Bulat merah kecil-kecil,tidak berair,dan sedikit gatal. Sudah diberi betametason  tapi tidak berkurang. Saya beri salicyl talk mentol agak mngering tapi masih gatal. Kira-kira dikasih apalagi ya bu dok? Apa perlu ditambahkan antifungi dan clobetasol ?
Jawab :
Apa mba bekas pakai kalung ? Atau ada riwayat alergi lain ? Untuk tahu apakah itu infeksi jamur atau bukan, perlu pemeriksaan kerokan kulit. Boleh japri fotonya, biat bisa dilihat. Tapi kalau keberatan gak papa.. untuk beberapa penyakit saya tidak bisa menentukan  kalau cuma dideskripsikan tanpa dilihat. Maaf

4. Bunda NaCI itu apa ?
Dulu kalau kena knalpot katanya di beda pasta gigi dok biar cepet sembuh  salah yaa ?
Jawab :
NaCl itu larutan garam. Larutan garam yang fisiologis dengan cairan tubuh adalah NaCl 0,9% seperti cairan infus. Hee.. seperti yang saya katakan di atas, belum ada penelitian yang jelas tentang efektivitas odol untuk luka bakar. Jika pun ingin pakai herbal, bisa gunakan lidah buaya. Tapi pastikan gunakan bahan yang bersih. Salah-salah malah jadi sumber infeksi.
Dianjurkan luka bakar dialirkan air bersih

5. Bu dokter mau tanya lagi, saya juga pernah jatuh dari motor nah bekas lukanya itu ga kembali seperti semula kulitnya dok ga halus kaya ada daging lagi dok pokoknya ga rata sama kulit, itu hilangin nya pakai obat apa ya dok supaya halus rata dengan kulit kembali, makasih dok
Jawab: 
Itu keloid. Jaringan parut yang tumbuh untuk mengganti jaringan kulit yang hilang. Pengobatan bisa dengan kortikosteroid baik topikal atau injeksi. Tapi untuk lebih tepat, sebaiknya diperiksakan ke dokter kulit

6. Bu.dokter ana nanya juga tapi diluar materi kenpa ya kalau malam ana  kadang perut ngilu bangets sampek mengeluarkan banyak ludah..
Jawab :
Hm.. apa ada gejala lain? apa mb terlambat makan? Terkadang terlambat makan atau makan makanan yang merangsang asam lambung bisa menyebabkan gejala tsb

7. Betul bu.dokter ana sering terlambat makan,..bu.dokter sebaiknya makan apa tidak karna setiap selesai sholat subuh perutnya lapar bangets..
Jawab:
Jika memang lapar, sebaiknya makan. Jika tidak ada masalah atau penyakit lain. Pagi boleh sarapan dgn karbohidrat atau air gula.

8. Assalamu'allaikum bu dok, nanya di luar tema. Di pipi kanan dekat telinga ada benjolan gitu dok. Itu normal apa ngga yah dok? Soalnya di sebelah kiri ga ada.
Jawab:
muncul sejak kapan? Baru atau lama? Nyeri tidak? Ada kelenjar parotis didekat pipi. Biasanya membesar jika ada infeksi atau radang. Misal sakit gigi atau infeksi telinga

9. Bu dokter
Ana mau tya lgi..tadi pagi saya tu muntah-muntah... terus perut mual banget..dan kepala juga pusing...itu kenapa ya dok..apa sebab dari semua itu
Jawab:
Itu mungkin bisa disebabkan maag. Apa dulu pernah seperti inj? Kapan muncul mualnya? Atau apa mb sudah menikah? Mungkin sedang hamil muda

10. Dokter tanya di luar tema, kenapa y dok daun telinga saya bagian dalem ada sejenis kaya' daki,kalau kering sama persis seperti daki, kalau basah dia bau, ku usap pake kapas warnanya agak kekuningan. saya bersihin tapi beberapa hari kemudian muncul lagi,begitu trus sudah lumayan lama,bahaya kah dok ....?
Terimakasih.
Jawab:
Di liang telinga atau di daun telinga? Jika diliang telinga atau di muara liang telinga. Bisa jadi itu kotoran telinga. Tidak berbahaya.

11. Adakah kemungkinan tumbuh kembalikan penyakit seperti tumor atw miom setelah dilakukan operasi, bu dokter?
Jawab:
Mioma atau tumor bisa saja timbul setelah dilakukan operasi. Sudah dijawab sama mba fifit

12. Bu mau  tanya orang yang punya penderita radang tenggorokn kira-kira bisa sembuh total dan gak kambuh lagi gak dok?
Jawab:
Radang tenggorokan memang bisa berulang. Tergantung penyebab radang tenggorokan. Biasanya jika infeksi, bisa sembuh total. Dan jika ada infeksi yang menyebabkan radang tenggorokan lagi, itu infeksi yang berbeda. Sama seperti demam. Bisa terjadi berulang. Jadi istilah kambuh kurang sesuai.

13. Saya mau nanya,, mungkin di luar temanya,,, kalau amandel itu ganggu gak dok sama kegiatan kita sehari-hari atau sama kesehatan tubuh kita??
Jawab:
Amandel atau tonsilitis dapat mengganggu kesehatan. Mulai dari timbul nyeri, demam, sumbatan jalan napas saat tidur, sampai infeksi ke jantung. Jadi harus diketahui penyebabnya dan diobati dengan tepat

14. Assalamualaikum, bu dokter nurry mau bertanya diluar tema. Apa penyakit anemia akut bisa disembuhkan?
Jawab:
Penyakit anemia akut seperti apa. Penyebabnya apa?  Jika karna perdarahan, dapat diatasi dengan terapi cairan atau transfusi darah. Anemia karena kekurangan zat besi, bisa diberikan suplemen besi. Tergantung penyebab dan seberapa berat anemianya

15. Assalamualaikum.Bu docter kalau setiap haid perut nyeri apa kalau di biarkan akan mengakibatkan kista dan ada efeknya gak kalau pas nyeri haid slalu mengkonsumsi paid killer. .?
Jawab:
Nyeri haid bisa menandakan ada masalah dengan organ genitalia wanita, bisa rahim, ovarium, dll. Mengkonsumsi pain killer hanya mengatasi keluhan nyeri, bukan penyebab timbulnya nyeri. Sebaiknya diperiksakan ke dokter. Kista bisa ada tanpa timbul gejala nyeri tapi bisa juga menimbulkan nyeri. Jadi bukan sebaliknya, nyeri haid yang dibiarkan bisa menjadi kista

16. Bu dokter saya mau nanya lagi nih, tapi ada curhatnya,,, akhir taun kmarin kan saya pernah d rwat d RS karna sakit typus,  sebelum di rawat saya itu cuma rawat jalan aja dan alhamdulillah bisa sembuh,, tapi pas masa penyembuhan itu saya makan kacang tanah (katanya penyebab saya di rawat itu karna makan kacang, apa bener itu bu dokter, kalo emang kacang itu ngaruh kira-kira kacang apa aja yang gak boleh saya makan??),, trus pas di waktu d USG katanya lambungnya juga ada luka gitu,,, trus makanan apa yang harus saya hindari dan biar sembuh dari typus?? tips.nya apa dok?,,, trimakasih
Jawab:
Saat sedang masa penyembuhan atau saat sakit tifoid memang dianjurkan tidak mengkonsumsi makanan dengan serat tinggi, untuk mengistirahatkan usus. Disarankan makan  makanan yang lunak atau dihaluskan. Karena penyebabnya bakteri salmonella typhi, sebaiknya hindari makanan yang kurang bersih, sebaiknya makan makanan yang dimasak sempurna. Jika pernah terinfeksi, jaga daya tahan tubuh, karena jika kelelahan akan mudah kambuh lagi.

17. Untuk masa pemulihan sakit typus kira-kira berapa lama ya waktunya??
Kalau amandel apa harus d operasi??  kalo misalnya gak operasi gimana penyembuhannya??
Jawab:
Masa penyembuhannya 2-4 minggu kadang ada yang lebih
Amandel atau tonsilitis kronik jika sudah cukup besar dan mengganggu (misal menyebabkan sumbatan napas) biasanya disarankan di operasi. Tapi jika masih kecil, cukup diobati sesuai penyebab dan gejala.

18. Penyebabnya dan gejalanya biasanya seperti apa??
Jawab:
Penyebab amandel yang paling sering infeksi bakteri atau virus. Gejala yang paling mudah dilihat pembengkakan tonsil di tenggorokan, tampak kemerahan. Bisa muncul gejala lain seperti demam dan nyeri menelan.
Jika sdh membesar, akan menyebabkan sumbatan jalan napas, seperti mengorok saat tidur dll.
Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dg lancar. Moga ilmu yang kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....


Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan
kita tutup kajiannya ya..

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh


​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ



Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT