MENJAGA KESEHATAN REPRODUKSI WANITA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, December 30, 2014

Kajian Online Hamba اَللّه SWT
Tanggal: 30 Desember 2014
Asatidz: dr.Gita Ayu
Materi: Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita 
Editor: Wanda Vexia H
Admin M108 Nanda: RISKI + AYU

Assalamu'alaykum warohmatullahi wabarokatuh
Bismillahi rohmanir rohim Alhamdulillahi robbil 'alamin Asyhadu allaa ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadarr rosulullah Allohumma anta robbi laa ilaha illa anta, kholaqtani wa ana abduka wa ana 'ala ahdika wawa'dika mashtatho'tu a'udzubika min syarri maa shona'tu abu'u laka bini'matika alayya wa abu'u bi dzambihi faghfirli fa innahu laa yaghfiru dzunuba illa anta..

Kesehatan Reproduksi Wanita:
Alat reproduksi adalah organ tubuh yang berfungsi untuk berkembang biak dan menghasilkan keturunan. Organ reproduksi pria berbeda dengan organ reproduksi wanita.

Wanita memang cukup rumit karena terdapat dua percabangan indung telur. Pada wanita normal, setiap bulan kedua indung telur ini bergantian menghasilkan sel telur dan apabila tidak dibuahi, maka akan menjadi menstruasi. Di dalam sistem reproduksi wanita juga beberapa organ yang mempunyai peran masing-masing.

Alat Reproduksi Wanita dibagi menjadi 2 bagian, dalam dan luar:
1. Uterus atau rahim adalah organ reproduksi paling utama dengan salah satu ujungnya adalah tabung falopian (tuba fallopi) dan ujung yang lainnya adalah leher rahim (serviks). Rahim berfungsi menerima pembuahan ovum yang tertanam ke dalam endometrium atau dinding rahim,dan mendapatkan makanan dari pembuluh darah. Ovum yang dibuahi tersebut akan berkembang menjadi embrio dan selanjutnya menjadi fetus dan terus berkembang hingga kelahiran setelah berusia Sembilan bulan/40-41 minggu.

2. Indung telur ( ovarium ) berjumlah 2 buah. Ovarium berbentuk sebesar kacang almond yang didalamnya terdapat 150.000 sampai 200.000 telur. Fungsi Ovarium adalah memproduksi sel telur dan mengeluarkan hormon progesteron dan estrogen. Kedua hormon tersebut akan mempersiapkan dinding rahim untuk implantasi telur yang telah dibuahi sel sperma.

3. Dua saluran tuba (tuba fallopi) adalah dua buah saluran halus yang menghubungkan ovarium dengan rahim. Apabila sel telur matang, sel telur pindah memasuki tuba fallopi secara perlahan dan berlanjut ke dalam rahim dengan bantuan cilia yang berada pada ujung saluran tuba.

4. Leher rahim (serviks) yang menghasilkan lendir. Leher rahim menghubungkan rahim dengan bagian atas vagina. Fungsi Leher Rahim (Serviks) adalah membantu perjalanan sperma dari vagina menuju ke rahim.

5. Vagina adalah organ reproduksi wanita yang paling luar, berbentuk tabung dan menjadi penghubung rahim ke bagian luar tubuh. Ekosistem antara bakteri baik (95%) dan bakteri jahat (5%) di vagina yang tidak seimbang disebabkan oleh diabetes mellitus, kontrasepsi oral, darah haid, antibiotika, douching, cairan sperma, dan gangguan hormon seperti pubertas, kehamilan atau menopause. Gangguan tersebut dapat menyebabkan infeksi dan tentu berbahaya unt wanita

6. Mulut vagina adalah rongga penghubung rahim dengan bagian luar tubuh. Mulut vagina ditutupi oleh selaput dara, yang bisa robek, karena kecelakaan, hubungan seksual dsb.

7. Klentit (Klitoris) adalah benjolan daging kecil yg tumbuh disekitar mulut vagina, yg berisi banyak pembuluh darah dan saraf, sehingga merupakan bagian yg peka.

8. Bibir Kemaluan adalah organ reproduksi yang terdiri dari labia mayora (bagian yang terluar dari mulut vagina yang ditumbuhi oleh bulu) dan labia minora (terletak dibelakang labia mayora yang banyak mengandung pembuluh darah dan syaraf).

Pubertas :
Pada masa pubertas (sekitar usia 11 – 12), hormon tertentu di otak mengirim berita pada indung telur untuk memproduksi hormon seks estrogen dan progesteron.

Estrogen memberitahu sel telur untuk berkembang/matang. Biasanya sel telur matang satu per satu. Sekitar satu bulan satu kali indung telur melepas satu sel telur yang ‘matang” (disebut ovulasi). Sel telur atau ovum berjalan ke saluran indung telur (falopi) dan terus sampai ke rahim.

Di saluran ini sel telur bisa bertemu dan bersatu dengan sperma yang masuk melalui vagina kalau terjadi hubungan seksual antara laki dan perempuan. Hubungan seksual adalah pertemuan organ seks laki-laki dan perempuan sampai sperma laki-laki masuk melalui vagina perempuan dan bersatu dengan sel telur. Telur yang sudah dibuahi sperma pelan-pelan akan melekat pada dinding rahim dan tumbuh menjadi bayi selama 9 bulan.

Bila sel telur tidak bersatu dengan sperma setelah meninggalkan indung telurnya, maka tidak akan terbentuk bayi. Sel telur akan pecah dan bersama sebagian dinding rahim dimana sel telur itu bersarang akan luruh / keluar melalui vagina dalam bentuk darah. Inilah yang disebut menstruasi atau haid.

Haid :
Usia mulai haid normalnya 12 atau 13 tahun. Sebagian perempuan mengalami haid lebih awal (usia 8 tahun) dan lebih lambat (18 tahun). Sekitar usia 40-50 tahun, haid berhenti atau dinamakan menopause.

Siklus haid yang normal terjadi setiap 21-35 hari sekali, dengan lama hari haid berkisar 3-7 hari. Jumlah darah haid normal berkisar 30-40 mililiter (ml). Menurut hitungan para ahli, perempuan akan mengalami 500 kali haid selama hidupnya.

Siklus haid dibagi dalam dua tahap yaitu tahap pra-ovulasi (dari hari pertama haid sampai saat ovulasi) dan tahap pasca ovulasi (dari hari ovulasi sampai haid berikutnya). Lamanya tahap pra ovulasi biasanya sekitar 2 minggu tetapi ni dapat berubah-ubah dari bulan ke bulan dan berbeda-beda antara wanita yang satu dengan yang lain.

Tahap pasca ovulasi adalah tetap dan sama yaitu rata-rata 14 hari (10-16 hari). Jadi, perbedaan dalam panjang pendeknya siklus haid ditentukan oleh tahap pra ovulasi. BIla siklus haid tidak teratur hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Tetapi yang sangat sering adalah karena keadaan psikologi wanita yang bersangkutan, misalnya banyak pikiran, tertekan, sedih atau justru sangat gembira dan stres.

TANYA - JAWAB:
1. Bagaimana caranya agar haidnya tepat waktu ?

Jawab : Yang dimaksud tepat waktu seperti apa dik? Yang terpenting siklus haid normal. Cara hitung siklus haid : Hari Pertama Haid Bulan sebelumnya - Hari Pertama Haid bulan mendatang. Jadi bukan berarti : bulan kemarin tanggal 1, bulan ini harus tanggal 1.

Nah ini ada contoh siklus. Misal haid tanggal 1 januari, kemudian haid lagi tanggal 28 januari. Ini normal. Berarti siklusnya 28 hari.


2. Dokter, sebenarnya penyebab utama pada kanker serviks itu apa?

Jawab: Penyebab utama cancer cervix yaitu HPV (Human Papiloma Virus). Nah ini ditularkan lewat hubungan seksual. Namun sudah ada vaksinasi HPV untuk mencegah penularannya. Lebih efektik vaksinasi ini ketika belum menikah (masih gadis)


3. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Saya suka nyiumin kucing. Dan banyak orang yang bilang ke saya, kalau bulu kucing gak bagus, karena bisa bikin mandul. Itu fakta atau mitos ya dok?

Jawab: Wassalamu'alaikum wr wb. Kucing yang tidak terawat (tidak divaksin dsb) maka pada sistem pencernaannya rawan dengan toxoplasma. Penularan tersebut lewat kotoran kucing, jadi bukan pada bulunya. Hanya saja kebiasaan kucing membersihkan bulunya dengan lidahnya. Jika kucing tersebut terinfeksi tokso, maka virus tersebut akan menempel pada bulunya. Dan jika terbiasa menciumi kucing tersebut, maka bisa menularkan tokso. Nah tokso ini, tidak menimbulkan gejala berarti pada manusia yang terkena. Maka ada anjuran untuk screening pranikah. Jika terdeteksi, maka dilakukan pengobatan terlebih dahulu. Karena ketika sudah menikah dan terinfeksi tokso, maka bisa menyebabkan keguguran pada janin, atau menyebabkan kecacatan pada janin.


4. Dokter, jika belum menikah, apa bisa terkena kanker serviks?

Jawab: Ya bisa, jika sebelum nikah tapi melakukan hubungan seks diluar nikah (gonta ganti pasangan)


5. Terkadang beberapa wanita saat haid menimbulkan nyeri yang luar biasa sampai-sampai tidak bisa bangun dan beraktifitas itu kenapa ya dok?

Jawab: Itu namanya PMS (Pre Menstrual Syndrome), setiap orang gejala PMS nya berbeda-beda. Ada yang merasa nyeri berlebih hingga terjadi gangguan aktivitas (kalau sudah seperti ini mesti di periksayah). Ada yang nyeri tapi bisa ditahan. Ada yang nyeri kepala sangat, ada yg emosi tinggi, ada yg moody. Penyebab pasti masih belum ditemukan. Namun ada hipotesa yang mengatakan karena perubahan hormon.


6. Dokter, menopouse usia 40 - 50 itu berarti memang normal yah? Dan apa perlu di papsmir apabila sudah menopouse ?

Jawab: Normalnya menopause usia 45-55 tahun, karena sel telurnya sudah habis. Jadi umur itu tidak saklek. Diperkirakan ketika umur tersebut sel telur sudah habis. Papsmear tidak harus menunggu menopause. Usia produktif yang sudah berhubungan seksual dianjurkan untuk pemeriksaan papsmear. Target utama bagi yang sudah menikah.


7. Assalamualaikum dokter, apa penyebab gatal dan bau pada daerah vagina? Apakah berbahaya atau tidak? Dan bbagaimana untuk mengatasinya? Terimakasih dok


Jawab: Walaikumussalam wr wb. Dilihat juga sekret yang keluar berupa keputihan. Apakah berubah baik berupa jumlah, bau, warna, konsistensinya (encer, kental, seperti kepala susu pecah), disertai gatal atau tidak.
Jika keluhan terutama gatal dan terasa perih, serta ketika dilihat kemaluan tampak merah, biasanya penyebabnya karena jamur candidiasis. Jika dibiarkan ya memang berbahaya. Bisa menyebar ke kulit, dan jika pasien tersesebut penderita dengan penurunan daya tahan tubuh (hiv aids, dan diabetes) maka akan mudah menjalar ke seluruh tubuh (sistemik).
Jaga higienitas dan kebersihan daerah kewanitaan. Ganti cd 2x/hari, hindari penggunaan doucher (cairan pembersih kewanitaan) yang terlalu sering, pakai cd dengan bahan katun. Hindari kelembaban pada daerah V. Hindari celana/pakaian ketat : Misal celana jins
Untuk penanganannya, mesti periksa yah.. Di pastikan benar/tidak diagnosanya dan lakukan terapi yang tepat.


8. Kadang-kadang pipis aku suka bau ga enak. Tapi cium CD aku ga ada bau apa-apa. Apa itu bau pipis atau gimana ya dok? Dan bagaimana supaya pipisnya ga bau ya dok?


Jawab: Pipis itu bagian dari proses ekskresi (pembuangan) tubuh. Urin (air seni) sangat dpengaruhi oleh apa yang kita konsumsi dik. Makanan/minuman yang berbau tajam, juga bisa sebabkan urin berbau menyengat.


9. Dok, kalo haid tidak lancar (2-3 bulan sekali baru dapet) apa ya penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinnya?

Jawab: Pertama dihitung dulu siklusnya. Bisa jadi memang termasuk siklus panjang 31-35 hari. Jika memang siklus, dan setiap haid seperti itu, maka itu normal (termasuk siklus). Jadi tiap haid beda-beda siklusnya ya..
Contoh: Haid 1 siklusnya 27 hari, Haid 2 siklusnya 40 hari dan Haid 3 siklusnya 14 hari.
Kalo seperti ini, apalagi disertai darah yang keluar berlebih, maka segera periksakan ke DSOG ya dik.

10. Dokter, temen saya yang saat usia 28 sampai dengan sekarang usia 30 tidak haid-haid dan tidak hamil juga. Sudah ke dokter hanya diberi obat agar bisa haid. Temen saya itu belum punya anak, kadang obat itu ga diminum takut ketergantungan karena hampir setiap bulan. Solusinya apa ya dok?


Jawab: Sudah datang ke dsog? Sudah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut? Cek lab, cek radiologi? Coba konsultasi ke dsog dengan sub spesialis infertilitas.


11. Dok, kalau siklus menstruasi lebih cepat dari bulan sebelumnya itu kenapa ya?

Jawab: Menstruasi itu sangat dipengaruhi oleh hormon. Dan hormon itu dipengaruhi sekali oleh faktor stress (pikiran, kelelahan, asupan dll). Jika memang kondisi sedang tidak ideal, maka hormon pun tidak stabil. Maka idealkan hormon dengan mendekat diri kepada Allah swt.


12. Dok, (1) Kalau keluar coklat, sudah dapat dikatakan haid kah? (2) Saat terakhir, setelah mandi wajib selang 1-2 hari masih suka keluar coklat itu boleh sholat ga yaa?


Jawab: Kalau dari hukum fiqh, haid itu warnanya merah, hitam, coklat dan kuning (1) Jadi kalau sudah coklat, sudah terhitung haid (2) Berarti belum bersih dik. Ada hadits dari Aisyah ra, bahwa jangan tergesa-gesa dalam mandi wajib, dipastikan sampai benar-benar bersih, dengan cara memasukkan kain ke kemaluan (digoreskan ke kemaluan/vulva). Jika sudah bersih, maka sudah suci, segera mandi wajib.


13. Dok, apa kalo lagi haid boleh minum-minuman bersoda?

Jawab: Tidak haid pun, kalau punya maag ya jangan diminum.

14. Dok, kanker servix itu akan terjadi kalau kita berhubungan intim ya dok? Kalau tidak pernah berhubungan intim (masih perawan) tidak akan terjadi kanker servixnya dok?
Jawab: Penyebab ca cervix 99,7% hpv yang ditularkan lewat hubungan seksual. Faktor keturunan juga mempengaruhi.


15. Ciri dari kanker servix itu apa dok?

Jawab: Kalau masih stadium awal, sangat tidak kentara gejalanya. Makax ca cervix disebut silent killer. Maka ada anjuran untuk papsmear, test IVA, untuk screening, baru tampak ketika sudah memasuki stadium lanjut, misal post coital bleeding (perdarahan setelah berhubungan seksual), keputihan yang keruh berbau biasanya disertai dengan darah/nanah (karena jaringan sudah rusak, pembuluh darah banyak yang pecah, bisa terinfeksi bakteri) dan nyeri pada daerah kemaluan.


16. Kasus temen dok. Katanya dia sudah ke dokter, Dan tidak ada apa-apa. Makanya cuma di beri obat pelancar haid saja

Jawab: Coba cari second opinion, cari dokter lain. Kalau dari dx dokter-dokter yang lain sama dan terapi yang diberikan pun sama, maka berarti memang tak ada gangguan.

17. Bu dokter, maksud toxo yang ditularkan melalui kotoran kucing, berarti hanya dengan mencium baunya bisa tertular toxo ya dok?

Jawab: Tidak dik, penularannya fecal oral, jadi lewat saluran pencernaan. Tokso bukan virus tapi termasuk protozoa. Dia bertelur, jadi yang bisa menular adalah lewat telurnya yang tertelan dan akan menetas serta berkembang biak dalam tubuh manusia. Tokso tidak hanya dari kucing, tapi semua hewan berdarah panas yang hidup sekitar kita (kambing, sapi, kerbau, kuda, kucing, ayam dsb).


18. Jadi kalau mau suntik vaksin bilang ke dokternya gimana kak?

Jawab: Suntik vaksinasi hpv


19. Apakah kanker servix bisa berawal dari kista dok?

Jawab: Beda antara ca servix dengan kista dik.





Penutup
Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin.... 

Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”   
Wassalamu'alaikum...

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT