MIOM

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Sunday, January 11, 2015

Kajian Online Telegram Akhwat Hamba اَللّٰه Ta'ala

Hari / Tanggal : Sabtu, 10 Januari 2015
Narasumber : Ustadzah Aprianti

Tema : Kesehatan
Notulen : Ana Trienta


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ

Selamat siang bunda, kali ini saya akan sedikit mengulas mengenai penyakit  Miom

Miom adalah salah satu penyakit sejenis tumor jinak yang ada dinding rahim wanita yang tumbuh ketika wanita masih dalam masa produktif. Miom tidak hanya dapat tumbuh dalam 1 buah, miom dapat tumbuh banyak di tiap dinding rahim hingga ke selaput dinding rahim wanita. Miom rata-rata berukuran seperti kacang polong dan anggur.

Miom ada yang berkembang dengan cepat dan ada pula yang berkembang dengan lambat tergantung dari kondisi fisik dan tingkat kesehatan setiap orang yang berbeda-beda. Namun kebanyakan kasus miom ini tidak berbahaya dan tidak ada kaitannya dengan risiko adanya kanker rahim, meskipun segala kemungkinan dapat terjadi namun hanya beberapa kasus miom yang berubah menjadi kanker.

Miom diketahui ketika pada kehamilan atau saat memasuki kelahiran. Umumnya, kebanyakan wanita tidak menyadari atau tidak mengetahui adanya miom dalam dinding rahim, karena miom yag kecil umumnya tidak menunjukkan suatu gejala yang mudah dikenali.

Gejala-gejala umum yang sering terjadi pada penderita miom, adalah :
  • Nyeri diperut atau di pinggul
  • Perut terasa penuh
  • Nyeri saat melakukan hubungan intim dengan pasangan
  • Sering mengalami anemia ketika haid karena banyak kehilangan darah
  • Seperti adanya penekanan pada panggul
  • Infertilitas atau keguguran
  • Konstipasi (sembelit)
  • Terjadi perdarahan yang mengeluarkan banyak darah baik ketika masa menstruasi atau pun di luar menstruasi
  • Terjadi penekanan pada saluran indung telur yang membuat seorang wanita susah hamil
  • Ada perasaan kenyal di bagian bawah perut dekat rahim
  • Mengalami gangguan susah BAB dan buang air kecil, pelebaran pembuluh darah vena dalam panggul, gangguan ginjal karena adanya pembengkakan pada tangkai tumor
  • Penekanan juga dapat terjadi di bagian kandung kemih, ureter, rektum atau organ rongga panggul lainnya.
Miom nama lain dari tumor otot rahim. Miom merupakan sel-sel abnormal yang jinak yang tumbuh dari otot dinding rahim. Pada dasarnya, miom bisa menimbulkan gangguan, walaupun tidak selalu demikian. Awalnya, miom tumbuh sebagai bibit kecil yang kemudian membesar dalam lapisan miometrium yaitu jaringan otot polos pada dinding rahim. Miom dapat tumbuhsatu atau lebih, bahkan ada yang sampai 30 buah dalam rahim.

Miom memiliki ukuran yang berbeda-beda. MIom yang sangat kecil sulit untuk dilihat sehingga perlu memamkai mikroskop, tetapi ada pula yang besar bahkan sampai 30 kg. Sampai saat ini, penyebab terjadinya miom masih terus diteliti. Banyak ahli berpendapat bahwa miom terjadi akibat kerja hormon-hormon tubuh khususnya hormon estrogen. Seperti diketahui, setiap hormon emmiliki tugas masing-masing. Namun, mengingat kondisi tubuh setiap orang berbeda maka efek kerja hormon pun berbeda-beda, khususnya pada wanita.

Miom diperkirakan tumbuh akibat dari faktor hormonal terutama homron esterogen. Miom akan mengalami perkembangan seiring dengan masa produktivitas, saat hamil yang mana produksi hormon esterogen akan meningkat. Miom akan menyusut ketika seorang wanita memasuki masa menopause dimana tidak lagi dalam masa produktivitas yang ditandai dengan berhentinya menstruasi. Hormon progesteron juga dapat mempengaruhi pertumbuhan miom.

Adanya infeksi dan jamur yang ada didalam rahim juga dapat mempengaruhi pertumbuhan miom dan memungkinkan miom tumbuh kembali meski telah di angkat. Penting untuk menjaga kebersihan organ intim agar terhindar dari berbagai ancaman mikroorganisme yang masuk dalam organ intim yang da

Ciri-Ciri Penyakit Miom

Selain bisa menjadi ganas, lebih sering muncul tumor jinak pada rahim atau mioma uteri. Jenis tumornya tidak hanya satu. Bisa tumbuh di bagian dinding luar rahim, pada otot rahimnya, atau bisa juga pada bagian dinding dalam rahim sendiri. Ini jenis tumor yang terbanyak ditemukan. Rata-rata pada wanita diatas umur 30 tahun. Penyebabnya masih belum jelas. Diduga ada kaitannya dengan hormon estrogen.

Tumor rahim yang bukan tumbuh pada dinding dalam rahim atau menonjol di endometrium, umumnya nyaris tidak bergejala atau keluhan apapun. Keluhan baru terasakan apabila ukuran tumornya sudah sedemikian besar, sehingga ada rasa penuh, rasa berat, dan rasa tidak enak di perut bagian bawah, atau seperti perempuan hamil. Selama tumornya masih kecil tidak terasakan apa-apa.

Mioma uteri pada dinding dalam rahim yang biasanya memunculkan gejala perdarahan. Bila mendadak muncul perdarahan, atau darah haid yag lebih banyak dari biasa, perlu dicurigai ini kemungkinan suatu mioma uteri. Selain perdarahan abnormal, mungkin muncul keluhan nyeri. Keluhan ini tidak pada setiap kasus mioma. Hanya apabila mioma sudah mengganggu organ di sekitarnya, keluhan nyeri akan muncul.

Keluhan-keluhan yang sering dijumpai pada kasus mioma :

1. Perdarahan pervagina
2. Keluar cairan dari vagina ,
3. Nyeri perut,
4. Rasa perut tertekan,
5. Merasakan benjolan keras di perut.

Mioma yang menonjol ke rongga rahim sering tumbuh bertangkai. Apabila mioma mempunyai tangkai panjang, maka bola mioma nya kan keluar dari leher rahim, dan menyebul ke saluran vagina dan bahkan bisa keluar dari vagina (mioma geburt). Tumor mioma uteri muncul sepanjang masa reproduksi wanita dan tidak ditemukan setelah menopause, tumornya akan mengecil sendiri, lalu menghilang.

Mioma dipertimbangkan jika akan diangkat apabila sudah mengganggu dan umur pasien masih jauh dari menopause. Apabila masih menginginkan untuk mempunyai anak, operasi hanya akan membuang mioma nya saja. Namun, pada wanita yang sudah mendekati menopause, operasi mengangkat seluruh rahim. Operasi pada tumor mioma berupa pengangkatan massa tumor saja atau mengangkat tumor dan seluruh otot rahim. Secara umum dilakukan operasi miomektomi (pengangkatan tumornya saja) bila seseorang yang masih menginginkan fungsi reproduksi dipertahankan atau operasi pengangkatan rahim (histerektomi) bila usia penderita miom sudah menopause, atau keluhan perdarahan hebat. Pada masa lalu pengangkatan tumor mioma dilakukan bila mioma telah sebesar rahim saat usia hamil 12 minggu tanpa mempertimbangkan keluhan seseorang. Pada keadaan tertentu diberikan obat sejenis gonadotropin hormon, yang bertujuan meredam membesarnya tumor tersebut. Apabila tindakan operasi tidak memungkinkan, melihat kondisi pasien, maka dilakukan penyinaran. Dengan tindakan ini, indung telur akan ikut menyusut.

Pengobatan Miom

Miom yang masih kecil jarang menimbulkan gangguan. Biasanya, keluhan baru muncul ketika miom sudah tumbuh besar. Apalagi jika miom tersebut mendesak organ lain dalam tubuh. Misalnya jika besarnya miom menekan kandung kemih maka akan merasakan sakit ketika buang air kecil. Jika pertumbuhan miom menekan pembuluh darah dalam rongga panggul maka bisa menimbulkan pembesaran pembuluh darah vena serta rasa nyeri di rongga panggul. Adanya miom dalam tubuh seringkali membuat penderita mengalami gangguan haid, seperti haid datang tidak teratur, pendarahan yang terjadi di luar siklus haid, atau timbul rasa sakit yang luar biasa di saat haid.

Selain itu, dapat menyebabkan infertilitas atau kemandulan. Miom menyebabkan gangguan sirkulasi darah yang menuju organ-organ reproduksi di rongga panggul. Akibatnya proses pematangan sel telur pun bisa terganggu. Miom juga seringkali menyebabkan perubahan bentuk rahim sehingga terjadi penyumbatan pada pangkal saluran telur. Kondisi ini mengakibatkan sel telur yang sudah matang menjadi sulit untuk bertemu dengan sperma. Jika proses pembuahan bisa terjadi, seringkali perubahan bentuk rahim mengakibatkan menempelnya hasil pembuahan serta pertumbuhan janin dalam rahim menjadi tidak sempurna dan akhirnya gagal. Selain itu, miom sebagai “benda asing” dalam rahim menyebabkan suasana rahim tidak kondusif sehingga sperma maupun embrio (jika berhasil dibuahi) tida bertahan “hidup”. Jika pada saat hamil terdapat miom dalam rahim, dapat mengganggu pertmbuhan janin, menimbulkan kelainan letak janin, atau menghambat turunnya kepala janin saat melahirkan.

Sampai saat ini, belum diketahui penyebab timbulnya miom sehingga pencegahan sulit dilakukan. Gaya hidup yang sehat, seperti makan makanan yang bergizi dan segar, mengurangi makanan berlemak, instan, dan kemasan, serta melakukan pemeriksaan kesehatan umum dan reproduksi secara teratur, diharapkan dapat meminimalkan resiko terjadinya miom. Selain mengidentifikasi gejala yang dialami, dokter akan mendiagnosis melalui pemeriksaan kandungan dan USG untuk memastikannya dan memantau seberapa besar pertumbuhan miomnya. Jika ternyata terdeteksi adanya miom, berikut ini beberapa penanganan yang bisa dilakukan :

- Tanpa Pengobatan

Pertumbuhan miom yang masih kecil dan tidak menimbulkan gangguan, tidak diperlukan pengobatan apapun. Apalagi jika terjadi pada wanita yang mendekati usia menopause (lebih dari 45 tahun). Pada wanita yang memasuki masa menopause, jumlah kadar estrogen dalam tubuhnya mulai berkurang. Sejalan dengan berkurangnya kadar estrogen, biasanya miom dengan sendirinya akan mengecil, tetapi penderita diminta untuk terus berkonsultasi dengan dokter untuk memantau kondisi miomnya, minimal 6 bulan sekali.

- Obat-Obatan

Pada wanita usia subur, selama miom masih relatif kecil dan tidak mengganggu, berikan terapi obat-obatan.

- Operasi

Jika miom mulai terasa mengganggu, bahkan sampai menghambat terjadinya kehamilan, perlu dilakukan operasi pengangkatan miom (miomektomi). Pada tindakan ini, dokter akan melepas miom dari dinding rahim dan memutus pembuluh-pembuluh darah yang mensuplai darah ke miom, sedangkan rahim tetap dipertahankan. Namun, jika miom terlanjur besar dan mengganggu, bahkan sampai merusak fungsi rahim serta organ-organ di dekatnya, perlu dilakukan operasi pengangkatan seluruh rahim.

Tafadol, jika ada yg ingin di diakusikan

TANYA JAWAB

1. Lemak dalam tubuh bisa menjadi pemicu miom?
Jawab
Tidak bunda, Pemicu miom diantaranya:
a. faktor hormon dan
b. infeksi dan jamur yang ada di dalam rahim

2. Berat badan/obest bisa mempengaruhi kesuburan?
Jawab
Iya betul bunda.. 8 Hal Yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita
Sebuah fakta mengenai kesuburan wanita cukup mengejutkan. Seperti dilansir Self, berdasarkan laporan The National Infertility Association, 12 persen wanita mengalami masalah infertilitas (tidak subur), atau 1 dari 8 wanita mengalami masalah ini. Maka tak heran jika ada wanita yang dapat hamil dengan mudah, sedangkan sebagian yang lain harus berusaha dengan segala upaya untuk segera mengandung. Tidak ada waktu terlambat bagi bunda untuk mempelajari kesehatan alat reproduksi dan mendapat pengetahuan mengenai tips agar bubda dapat hamil dengan mudah. Bahkan jika saat ini  belum menikah, pengetahuan ini wajib ketahui sebagai 'bekal'. William Gibbons, MD, mantan ketua American Society of Reproductive Medicine dan direktur Reproductive Endocrinology and Infertility di Baylor College of Medicine, Houston, memberikan tips penting melalui HealthySELF, agar bunda dapat memaksimalkan kesuburan dan dapat mengandung dengan mudah.

a. Seks Teratur
Masuk akal bukan jika tips ini ada di urutan pertama? "Bisa iya dan tidak," ujar Dr Gibbons. Berhubungan intim memang menjadi salah satu faktor penentu kehamilan, tetapi hanya pada satu titik. "Rata-rata, sekitar setengah dari pasangan akan mencoba untuk hamil dan melakukan metode ini dalam waktu enam bulan," lanjutnya. Jika bunda dan pasangan melakukan hubungan intim kurang dari satu kali dalam seminggu, ada penurunan peluang untuk hamil dari 50 persen menjadi 18 persen saja. Jika bunda berhubungan untuk setidaknya tiga kali seminggu, peluang untuk mendapat kehamilan meningkat sekitar 80 persen. Tetapi jika bunda dan pasangan melakukannya lebih sering, setiap hari atau setiap berapa jam sekali, itu justru akan berdampak tak baik, karena sel sperma yang dihasilkan pria memerlukan waktu sekitar dua hari untuk 'matang'.

Ditambahkan oleh Dr Gibbons, pria masa kini lebih banyak yang mengalami infertilitas dibandingkan dulu. Sekitar 40 persen masalah tak kunjung hamil disebabkan karena manusia itu sendiri dan kesuburannya. Menurut American Society for Reproductive Medicine, sepertiga kasus infertilitas disebabkan oleh pria, sepertiga lainnya disebabkan oleh wanita, dan sisanya disebabkan oleh kedua belah pihak dan faktor yang tidak dapat dijelaskan (kedua pasangan sehat tetapi tetap sulit hamil).

b. Jauhkan Rokok
Baik bunda maupun pasangan. "Sudah seharusnya bunda tidak merokok!" ujar Dr Gibbons. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika bunda merokok 10 batang perhari atau lebih, kesuburan pasti berkurang. "Ada bukti bahwa beberapa bahan kimia dalam asap rokok akan membunuh ovarium. Wanita yang merokok akan mengalami menopause lebih awal karena zat-zat tersebut akan membunuh sel telur mereka," lanjut Dr Gibbons. Sedangkan pada pria, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa merokok dapat memengaruhi konsentrasi sperma dan motilitas.

c. Jaga Berat Badan
Satu lagi alasan mengapa bunda harus menjaga berat badan dalam angka yang ideal, "Wanita yang memiliki BMI lebih besar dari 27 atau kurang dari 17 secara langsung akan mengurangi kesuburan mereka," ujar Dr Gibbons. "Berada pada angka tengah akan lebih baik, dan hal ini juga berlaku untuk pria,"

d. Kurangi Konsumsi Alkohol
Menurut Dr Gibbons, jika Anda mengonsumsi lebih dari empat porsi minuman beralkohol dalam seminggu, maka hal itu akan mengurangi kesuburan dan meningkatkan risiko disfungsi ovulasi. Satu porsi minuman beralkohol yang dimaksud dalam artikel ini setara dengan 12 gram alkohol. Ada juga bukti lain yang menunjukkan bahwa sering mengonsumsi minuman beralkohol akan meningkatkan risiko endometriosis.

e. Batasi Asupan Kafein
Dr Gibbons setuju dengan rekomendasi dari March of Dimes bahwa bila Anda dalam masa mengusahakan kehamilan, batasi asupan kalori tidak lebih dari 200 mg per hari. "Jumlah tersebut setara dengan tiga cangkir kopi per hari," ujar March of Dimes

f. Olahraga
Olahraga baik untuk tubuh , tetapi jangan terlalu ekstrim. "Olahraga dan diet adalah bagian dari gaya hidup sehat," kata Dr Gibbsons, tetapi tidak dianjurkan olahraga yang terlalu ekstrim. "Ada rekomendasi bahwa perempuan dapat melakukan latihan aerobik tetapi tidak lebih dari 7 jam per minggu. Jika lebih dari itu, maka Anda justru memiliki potensi untuk mengurangi kesuburan."

g. Lakukan Seks Yang Aman
Sebisa mungkin, lakukan seks yang aman sejak dini untuk melindungi diri Anda dari penyakit seksual menular yang dapat menghalangi kehamilan Anda. "Penyakit kelamin jelas memiliki pengaruh yang buruk pada kesuburan Anda. Klamidia dan gonore pada khususnya sering menyumbat saluran telur wanita,"

h. Jangan Menunda Kehamilan
Dan yang tidak kalah penting, jangan menunda kehamilan! "Hal penting yang harus diketahui para wanita adalah bahwa mereka harus memutuskan kapan mereka akan membangun keluarga di waktu yang tepat, setidaknya hingga awal usia 30-an," ujar Dr Gibbons. "Banyak dokter yang tidak membicarakan hal ini dengan pasien mereka." Jika bunda berpikir untuk memiliki anak di kemudian hari, maka sudah saatnya bunda berbicara pada hati bunda untuk tidak menundanya.

3. Aku menikah dan memiliki anak 1, sebelumnya sudah menggunakan IUD selama 4tahun, tapi berat badan terus melaju pesat
Jawab
Peningkatan berat badan kemungkinan besar disebabkan oleh kontrasepsi tadi. Sebenarnya tidak semua orang mengalami efek demikian. Memng alat kontrasepsi hormonal sebenarnya baik saja, hanya efek samping pada setiap individu berbeda, yaitu di satu sisi dapat mengakibatkan retensi cairan, atau penimbunan cairan di tubuh sehingga berat badan meningkat dan tentu saja tampak dan merasa lebih gemuk.

4. Lepas IUD sudah 1 tahun dan sedang Promil namun belum di hamil juga, benarkan menggunakan Pil KB bisa untuk pemancing?
Jawab
Tidak bunda, itu mitos😊

5. Adakah pantangan makanannya biar miom ga muncul lagi?
Jawab
Di Larang Makan Sayuran Seperti tauge, sawi putih, dan cabe. Pantangan Penyakit untuk Buah buahan seperti durian, lengkeng, nangka, duku, nanas, dan anggur. Macam macam daging merah seperti kambing, sapi, kerbau, dll.Jauhi makanan yang mengandung MSG atau vetsin seperti ikan asin dan seafood. Jauhi makanan siap saji atau makanan yang diawetkan (salah satunya mie instant)Yang Terakhir Jauhi minuman yang beralkohol, yang bersoda, dan minuman yang terlalu dingin.

6. Saya diberikan Obat/vitamin ovacare oleh dokter, karena haid bulan ini tidak lancar, apakah setelah 3 hari minum obat tersebut haid saya keluar, apa kegunaan ovacare tersebut?
Jawab
Kebanyakan setelah 3 sampai 5 hari haid keluar bunda, atau lancar tepat pada waktunya. Untuk memperbaiki siklus, untuk membersihkan sisa kista dan miom dapat digunakan juga untuk penyubur kandungan bagi yang sedang promil bunda

7. Miom  itu juga yang disebut hamil anggur?
Jawab
Berbeda bunda, jika hamil anggur atau disebut kehamilan ektopik  itu sudah dibuahi namun jika miom terjadi kapan saja bunda, bisa sebelum menikah atau dibuahi bisa juga setelah menikah krana faktor pemicu diatas. Kehamilan anggur adalah berupa tumor jinak yang terjadi sebagai akibat dari kegagalan pembentukan bakal janin sehingga terbentuklah jaringan permukaan membran (vili) yang mirip gerombolan anggur. Hamil angguradalah tumor jinak yang terbentuk dari trofoblas (sel bagian tepi sel telur) yang telah dibuahi. Tumor ini melekat di dinding rahim dan menjadi plasenta serta membran yang memberi makan hasil pembuahan. Jenis tumor ini dapat menjadi ganas.

Secara medis, hamil anggur dapat terjadi karena tidak adanya buah kehamilan), atau adanya perubahan (degenerasi) sistem aliran darah terhadap buah kehamilan pada usia kehamilan minggu ke- 3 sampai minggu ke-4. Penyebab lainnya yaitu terus berlangsungnya aliran atau sirkulasi darah tanpa adanya bakal janin sehingga mengakibatkan peningkatan produksi cairan sel trofoblas. Hamil anggur juga bisa disebabkan oleh adanya kelainan substansi kromsom seks. Jadi penyakitnya memang sama-sama ada tumor ya bund, sekilas terlihat sama padahal berbeda 

8. Di  kampung saya ada beberapa orang terkena penyakit  ini dan  operasi.
Jawab
Iya kehamilan ektopik diharuskan operasi jika dengan obat tidak bisa bunda..

9. Bunda kalo keputihan menahun normal ndak?
Jawab
Menahun, jika melihat panjang masanya berbahaya bunda. Namun melihat kembali apakah warna keputihan, menimblkan gatal dan mengganggu aktifitas?

10. Jadi walaupun haid sudah lancar Ovacare tersebut masih bisa terus saya konsumsi sampai promil berhasil? Dan bisakah vitamin tersebut didapatkan di apotek-apotek tanpa resep?
Jawab
Iya bunda, bisa bunda ..namun obat ini agak jarang ditemukan di apotik bund..

11. Selain ovacare vitamin untuk penyubur kandungan apa Bunda Anti?
Jawab
Folamil juga bagus bund, lebih bagus lagi jika promil juz 3 diva  (tomat, apel, wortel) ditambah madu penyubur..

12. Apakah makanan yang berbahan tepung juga tidak bagus? Di teman saya ada yang kena miom, sama dokternya diminta mengurangi makanan yang berbahan tepung seperti mie, roti. Katanya tepungnya diganti dengan tepung jagung, tapioka, beras,, asal jangan gandum
Jawab
Iya bunda, tepung yang kandungannya mengandung pemutih ya bund seperti yang digunakan pada mie instan. Mie memang salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi bund, tapi justru pada penderita miom dibutuhkan banyak serat yang sebagian didapat dari tepung yang tanpa pemutih seperti yang bunda sebutkan tepung jagung dan tapioka karena pemutih pada tepung dapat menghancurkan kadar serat pd tepung..

13. Apakah kalo miom sudah parah bisa sampai diangkat rahimnya?
Jawab
Mioma dipertimbangkan jika akan diangkat apabila sudah mengganggu dan umur pasien masih jauh dari menopause. Apabila masih menginginkan untuk mempunyai anak, operasi hanya akan membuang mioma nya saja. Namun, pada wanita yang sudah mendekati menopause, operasi mengangkat seluruh rahim. Operasi pada tumor mioma berupa pengangkatan massa tumor saja atau mengangkat tumor dan seluruh otot rahim. Secara umum dilakukan operasi miomektomi (pengangkatan tumornya saja) bila seseorang yang masih menginginkan fungsi reproduksi dipertahankan atau operasi pengangkatan rahim (histerektomi) bila usia penderita miom sudah menopause, atau keluhan perdarahan hebat. Pada masa lalu pengangkatan tumor mioma dilakukan bila mioma telah sebesar rahim saat usia hamil 12 minggu tanpa mempertimbangkan keluhan seseorang. Pada keadaan tertentu diberikan obat sejenis gonadotropin hormon, yang bertujuan meredam membesarnya tumor tersebut. Apabila tindakan operasi tidak memungkinkan, melihat kondisi pasien, maka dilakukan penyinaran. Dengan tindakan ini, indung telur akan ikut menyusut, sehingga sudah tidak bisa hamil lagi.

Afwan bunda, saya kira kajian hari ini sampai disni ya  mohon  maaf jika terdapat kata-kata yang kurang berkenan, kesempurnaan hanya milik Allah, dan khilaf ada pada diri saya

Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT