Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

PAHALA YANG LEBH BESAR DARIPADA ITIKAF DI MESJID NABAWI

Kajian Online Telegram Akhwat Hamba اَللّٰه Ta'ala

Hari / Tanggal : Jum'at, 30 Januari 2015
Narasumber : Ustadz Dodi Kristono
Tema : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

Mau mulai sekarang....?

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ustad
Dalam periode 1 tahun, manakah waktu yang paling banyak mendulang pahala....?
Member
Ramadhan

Ustad
Dalam periode 1 bulan ramadhan, manakah waktu yang paling banyak mendulang pahala....?
Member
10 malam terakhir?

Ustad
Dalam periode 10 hari terakhir, amalan apakah yang kita ketahui dan yang paling banyak mendulang pahala?
Member
Dalam 30 hari  semua istimewa pak karana kita tidak tahu tahun depan ikutan lagi gak.

Member 2 
Malam ganjil, Itikaf, & baca qur'an

Mana yang lebih besar pahalanya. Itikaf di masjid sendiri dengan itikaf di masjid nabawi?
Bunda Bunda semua yang ada disini. Jika pergi ngemall atau kepasar, biasanya menghabiskan waktu berapa lama? Berjam- jam sepertinya. Wajar kan kalau suami malas menemani Bunda ngemall... Karena pikiran suami, itu hanya buang buang waktu yang tidak bermanfaat.

Benaaar?
Pertanyaan terakhir yaaa
Apakah menemani istri ngemall yang suami menganggap itu membuang buang waktu lebih berpahala dibandingkan itikaf di masjid nabawi?
Kok dieeemmm
Pada bingung....?
Baiklaaahh
Yuk dibaca materinya

Menemani istri belanja, berlibur atau bermain dengan anak anak apakah sifat berleha leha dalam waktu kosong atau berpahala seperti itikaf di masjid Nabawi...?

Ibu : Pak, belanja yuk, kebutuhan rumah udah habis ni.
Ibu : Abi jalan-jalan yuk, ke pantai, udah lama banget gak ke pantai.
Ibu : Ayah, anak-anak mau maen-maen ke kebun binatang, udah pada hapal loh.

Jika kita jalan menemani teman kita untuk memenuhi kebutuhannya (misalnya menemani beli laptop di pameran) jika ikhlas, pahalanya bisa lebih besar dari itikaf sebulan di masjid Nabawi. Maka apalagi pergi menemani istri dan anak-anak, mereka yang paling berhak di antara kaum muslimin. Rasulullah ﷺ  bersabda,

لأن أمشي مع أخ في حاجة أحب إلي من أن أعتكف في هذا المسجد

“Sungguh aku berjalan bersama seorang saudara (muslim) di dalam sebuah keperluan lebih aku cintai daripada aku beri’tikaf di dalam masjid ku (masjid Nabawi) ini selama sebulan.”
(HR. Ath-Thabarani dan dishahihkan oleh Al-Albani di dalam Silsilat Al-hadits Ash-Shahihah, no. 906.)

Syaikh Muhammad bin shalih Al-Ustaimin rahimahullah berkata,

قضاء حوائج المسلمين أهم من الاعتكاف، لأن نفعها متعدٍ، والنفع المتعدي أفضل من النفع القاصر، إلا إذا كان النفع القاصر من مهمات الإسلام وواجباته

“Menunaikan kebutuhan kaum muslimin lebih penting dari pada iktikaf, karena manfaatnya lebih menyebar, menfaat ini lebih baik daripada manfaat yang terbatas (untuk diri sendiri). Kecuali manfaat terbatas tersebut merupakan perkara yang penting dan wajib dalam Islam (exp : shalat wajib).”


Yang herannya ada yang jika keluar pergi menemani temannya, sangat semangat,tetapi istri dan anak-anak jarang ditemani dan diperhatikan. padahal istri adalah yang paling berhak mendapatkan kebaikan dari suami.

Rasulullah ﷺ  beliau bersabda:

أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ إِيْمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا وَخِيَارُكُمْ خِيَارُكُمْ لِنِسَائِهِمْ خُلُقًا

“Orang yang imannya paling sempurna diantara kaum mukminin adalah orang yang paling bagus akhlaknya di antara mereka, dan sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istri-istrinya”
(HR At-Thirmidzi dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam As-Shahihah no 284)

Catatan Penting :

Bagi para suami usahakan luangkan waktu untuk mengajak anak dan Istri jalan-jalan atau waktu untuk bercanda, bagi para Istri semoga bisa memahami kalau terkadang suami sibuk dengan pekerjaan dan dakwah , jangan jadi dalil buat sering-sering nagajak shooping dan jalan-jalan ya...!!!


Semoga kita selalu bisa menerapkan ilmu kita...!!!

آمِــــــــــيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِــــــــــيْنَ

TANYA JAWAB

1. Pak kemaren,ada yang tanya. Bagaimana hukumnya Suami kalo tidak mau membantu pekerjaan Rumah tangga,,dengan Alasan dia  sudah mencari nafkah?
Jawab
Bunda Lia... Itu hanya masalah komunikasi dan hubungan yang harmonis dari kedua belah pihak. Percayalah... Jika hubungan harmonis, maka tidak akan saling mengkotak kotakkan pembagian tugas.

2. Afwan pak ustadz mau tanya luar materi. Titipan dari teman pak. Sebenarnya apa perbedaan antara malaikat, manusia dan binatang?
Jawab
Malaikat  →  اللّهُ hanya memberikan akal ibadah kepada Malaikat.

Binatang  →  اللّهُ memberikan sebagian besar nafsu saja kepada binantang

Manusia  →  اللّهُ berikan kedua duanya yaitu akal dan nafsu. Jadi yang paling lengkap adalah manusia. والله أعلم بالصواب

3. Sebenarnya.. kalo sholat zuhur di hari jumat itu. Apa boleh setelah azan? Atau musti nunggu orang pulang jumatan dulu?
Jawab  →  Boleh langsung

4. Pak kalo istri yang suka bercanda sama suami tapi suka nendang gitu, apa dosa?
Jawab
Beneraaan nendangnya...? Sadis amaaattt

> Iya tapi pelan.cuma kaki istrinya memang kena paha suami😅 dosa ndak yah
Pak,,bagaimana mencipta kan,,keharmonisan,antara suami, istri??
Jujur  sy g pernah dulu itu di ajak kemana"sama suami,,
Jadi kadang jengkel,,tp g berani protes,

Dulu  ,,tapii🙈🙈
Pak titipan,,,👇👇

5. Apakah ada batasan riya'?
Jawab
Indikatornya HATI yaaaa. Kalau hati bergetar sombong dan ingin dipuji, maka masuk kategori riya. 

6. Menyambung tentang riya.. kita niat betul-betul mencari ridho Allah tapi kadang hati ada getaran seperti itu tapi sekejap aja terus istighfar dikembalikan lagi pada niat semula.. gimana tuh ust?
Jawab
Wajar untuk pertama kali. Dan lanjutkan terus sehingga menjadi suatu habits atau kebiasaaan yaaa. In sha اللّهُ lama lama tak ada lagi rasa riya.

7. Maaf ust, ada tipe istri yang super lincah sehingga kendali rumah tangga dia yang pegang sedang suami tipenya pendiam, jadi gimana tuh ust?
Jawab
Kalau suaminya nerima dan tidak apa apa maka tidak masalah. Kalau suaminya tidak ridho... Maka mulai hancurlah kunci surga yang akan membuka pintu surga bagi sang istri. Komunikasikan dengan suami yaaa. Kewajiban utama suami adalah drngan menafkahi istri dan anak anaknya

8. Pak bagaimana menasehati kerabat  yang suami nya suka mendzolimi istri sendiri
Jawab
Uraikan tugas istri dari A sampai Z. Terus tanyakan kepada kerabat ybs, bisakah dia handle sendirian tanpa peranan istri...?

9. Ustadz bagaimana menghadapi mertua yang ingin selalu perfect?
Jawab 
Tidak bisa semua hal yang kita lakukan dapat memberikan nilai sempurna dihadapan istri. Kunci paling mudah adalah dengan mengurus sebaik baiknya suami baik ada maupun tidak ada orang disamping suami. Percayalah... Jika suami merasakan, maka suami akan menjadi pembela nomor 1 dihadapan orang lain, termasuk Ibu atau Bapak kandungnya sendiri

PENUTUP
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat