Home » , » PENGANTAR MEMPELAJARI SIROH NABAWIYAH

PENGANTAR MEMPELAJARI SIROH NABAWIYAH

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, January 6, 2015

Kajian Online Hamba الله SWT

Selasa, 6 Januari 2015
Narasumber : Ustadz Hisbullah Zein
Rekapan Grup Nanda M111 (Endang)
Tema : Siroh Nabawi
Editor : Rini Ismayanti


PENGANTAR MEMPELAJARI SIROH NABAWIYAH

Asslamu alaikum warahmatullah..
Al hamdulillah wassaltu wassalam ala Rasilillah wa alihi wa ashabihi ajmain. Amma ba'ad
Secara umum, siroh  diartikan semua yang berhungungan dengn kehidupan Rasulullah mulai sejak kelahiran hingga beliau wafat.
Mempelajari mepelajari siroh bukan sekedr ingin mengetahui kejadian-kejadian yang telah berlasung atau  Episode-episode kehidupan yang telah dilalui oleh Rasulullah.
Tapi lebih dari itu, dengan mempelajri siroh Rasullah seorang muslim diharapkan mampu menggali ibrah atau menyingkap pelajaran-pelajaran dari kehidupan Rasulullah untk diterapkan dalam kehidupan sebagai seorang Muslim.
Jika mempelajari hanya sekedar ingin mengatahui peristiwa-peristiwa maka ia tak ubahnya cerita biasa atau mungkin dongeng pegantar tidur.
" Apa yang diberikan oleh Rasul kepadamu maka terimalah dan apa yang dilarang maka jauhilah" Al Hasyr:7)
“Wahai orang yang beriman taatilah Allah dan Rasulnya dan jagn kalian berpaling sedang kalian mendengar” (Al-Anfal:20)
"Sungguh pada diri Rasulullah itu contoh yang paling baik untk kamu" (Al-Ahzab 21)
Untuk mejadikan Rasulullah sebagai teladan seorg Muslim tentu harus tahu tentang beliau.

Nah, bagaimana cara mgtahui kehidupan beliau? Salah satunya dengan memahi sirohnya.
Kita disini tidak sedang mengkaji siroh manusia biasa. Tapi siroh seorang yang paling mulia yang pernah diciptkn dimuka bumi sejak zaman Nabi Adam hingga akhir kehidupan munusia dmuka bumi.
Ibnu Abbas radhiyallahu anhu mengkhusukan hari untuk menyampaikan kajian siroh kepada murid-muridanya.
Ali bim Husain bin Zainal Abidin berkata "kami mempelajari maghazi (siroh perang) Rasulullah sebagaimana mempelajri surah-surah dalam Al-Quran"
Diantara tujuan mempelajari siroh Rasullah adalah:

Seorang muslim mampu memahami kehidupan Rasulullah dan mengetahui tentng pribadi manusia terbaik dimuka bumi lalu mengikutinya.

Semoga dengan memahami siroh Rasul shallahu alaihi wasalam mampu membantu memahami ayat2 Allah dalam Alquran. Sebab kebanyakn ayat Al Qur'an dijelaskan dan ditafsirkan dengn peristiwa2 hidup Rasulullah. Dan kondisi dsekitar beliau.

Memahami aqidah islamiyah secara utuh. Priode  Mekkah menjelaskan kepada kita tentng urgesi pensucian diri dari bentuk kemusyrikan. Menjelaskan perjuangn Rasulullah untk melurskan Aqidah orang2 musyrik. Pembinaan aqidah selama 12 thun dpriode mekkah menunjukan betapa urgennya aqidah salimah (aqidah yang lurus) dalam kehidupan seorang muslim.

Menumbuhkan kecintaan kepada Rasulullah Shallahu alaihi wasalm.  Ironis seorang mukmin mengaku mencintai Rasulullah namun tidak tahu siapa dan seperti perjuagn dakwah Rasulnya. Seprti apa penderitaan dan tantagn dakwah org yang dicintai. Dengan mengkaji siroh. Pada akhirnya kita akan menemukan bahwa pgkuan cinta kita kepada Rasulullah tidak ada apa-apanya dibading bukti cinta Rasulullah kepada kita ummatnya.

Menumbuhkan cinta kepada keluarga dan sahabat Rasulullah. Dari siroh Rasullah seorg mukmin akan mngtahui siap Abu Bakar, Aisyah, Khadijah, Umar, Usman, Ali, Abdurhman bin Auf, Bilal dan lainya radhiyallahu anhum ajmain. Seprti apa pengorbanan mereka untk islam.

Mempelajari siroh akan menghidupkan Ruhiyah, menggelorakan semangat, dan menjelskan bagaimana Rasulullah mempersiapkan generasi terbaik untk memperjuangkan islam dan aqidah salimah.

Mengetahui faktor kemenagan dan kekalahan. Ummat islam dzaman Rasulullah pernah ditimpa kekalahan dan sering menglami kemenangan. Sebab kemenagan dan kekalahan generasi juga merupakan sebab kekalahan dan kemenagan  merupakan sebab kemenangan generasi saat ini.

Memahami uslub atau metdolgi dakwah Rasulullah. Setiap muslim ada da'i dan punya kewajiban berdkwah. Rasulullah mencontohkan bagaimana dakwah dan muamalah beliau kepada kelurga dan sahabat, kepada musuh, orang yahudi, musyrik dan munafik, anak kecil dan orang tua.
Semoga siroh tak lagi sekedar bacaan dan cerita pengisi waktu atau hiburan.
Imam Malik berkata "ummat ini tidak akan jaya kecuali dengan apa yang telah membuat jaya generasi sebelumnya"
Wallahu a'lam bissowab
TANYA JAWAB

Q : Ustd. Jadi siroh itu selain tau sejarah-sejarahnya juga sunnah rasulullah & menjalankannya ya?
Gimana kalo ada sunnah rasulullah yang terlewat/lupa/atau bahkan menjalankan bid'ah?
A : Benar banget. Dan itulah sebenarnya tujuan  kita menggali sejarah Rasulullah,manusia terbaik, agar kita bisa menjdikannya teladan dalam khidupn sehari. Dan jika kita membaca biogrfi tokoh manapun di dunia kita akan mendptkan tak ada  yang  sbnding dengan Rasulullah. Rasullah bahkan dalm hal terkecil seperti keluar masuk toilet langkahnya diperhtikan semua oleh sahabt. Tak ada tokoh lain yang mendpt perhatian sedetail Rasulullah. Semua itu menunjukan kecintaan para sahabt untk mginkuti sunnahnya

Q : Gimana klo ada sunnah yang terlewat/lupa atau bhkan bidah?
Bagaimanapun keinginan kita untk mgikuti semua sunnah Rasul kita tak akan pernah mampu melakukannya semua. Makax kita mengikuti apa kita mampui dan usahakan bisa istiqomah meskipun itu sedikit atau kecil.
Dan terkait sunnah jika kita tak malakukannya tidak dihitung dosa dmata Allah
Sebaliknya mengadakan hal-hal baru dalam ibadah dsebut bidah. Dan seorang muslim sangat dianjurkan untuk menjauh dari bidah sebab kata Rasulullah semua bidah itu sesat dan semua yang kesesatan kembalinya ke neraka.. wal iyazu billahi mizalik.
Wallahu a'lam bishowab
Q : Dijaman sekarang banyak sekali bidah.bagaimana cara kita menyikapi dan menasihati orang yang melakukan bidah di kalangan guru ngaji sekitar rumah
Nanti kita dibilang sok tau tadz. Oia saya sukanya buku khadijah dan aisyah ..apa buku tsbt sudah mewakili tadx
A : Dakwah selalu di anjurkan bil hikmah. Dengan bijaksana. Setiap  mad'u (yang dakwahi) dan mujtama' (sosial) memliki karkter yang berbeda maka seorang dai atau daiyah tentu harus memahami karkter mereka lalu mendekati dan mendkwahinya dengan uslub (cara) yang terbaik menurut dia.
Nah kalo masalh dibilangin sok tahu, sok pintar. Rasulullah juga dulu dibilangin kyak gitu. Bahkn lebih.  dituduh sebagai tukg sihir. Tukg tipu . Maka bersyukurlah jika ada menuduh kita sok tahu karena menyapaikan  ajaran Rasulullah secara bijaksana (bil hikmah). Itu artinya kita sedang menjalani secuil perjuangn dan tntgan dkwah yang pernh dtempuh oleh Rasulullah.
Terkait buku Khadijah dan Aisyah ana juga belum baca bukunya, jadi belum bisa komen. Tapi setidaknya dengan membaca biografi dua ummahatul muslimin memberikan gmbrn kpn kta tntg dua wanita  terbaik dalam memdpingi rasulullah sebagai seorang istri dan mujahidah dakwah.
Namun jika ingin mengtahui banyak tentng syakhsiyah Rasulullah buka tentg Khadijah dan Aisyah tentu belum cukup..

Q : Naah.. Ustd. Seiring berjalannya waktu, sekarang kan kita semakin berdampingan sama yang namanya bid'ah. Karena tradisi, kita jadi enggak paham sebenernya itu bid'ah atau enggak sih? Misal nih yaa Ustd, kumpulan ibu2 pengajian yang aktif adain shalawatan sambil marawisan, dsb. Ketika bid'ah mulai jadi biasa, kita yang menganggap itu bukan seharusnya, malah dicemooh.
A :  Adapun masalh bid'ah yang mnjamur d tengh masyrkti. Ibu-ibu member HA lebih tahu karena bersentuhan dan bermuamalah lgsung dengan masyarakat..
Buku "pribadi Muhammad"
Klo lihat dr judulnya bagus (maaf bisax komen tntg judul). Dan akan lebih berfedah jika mau share dengan grup setelah baca. Soalnya ana juga belum baca tuh buku. Setelah itu, jika ingin refernsi lain ana punya banyak refersi terkait siroh dalam bentuk Pdf.

Q : Ustadz. Bagaimana sikap kita ketika ada berapa hadits yang meriwayatkan berbeda2 tntang suatu peristiwa kenabian?? Sdangkan kita msh awam tntang siroh nabawiyah. Kadang jd bingung bacany.
A : Jika ada perbedaan pendpt tntg sebuah pristiwa dalam siroh, biasanya penulis akan menyebutkan pendpt yang paling rojih menurut dy. Tapi klo pnulis gk myebutkan, sementra kita juga awam terkait periwayatan maka baiknya kita tawakkuf dulu. Memdiamkan untk sementara waktu. Lalu menaykan kepada para Asatiz yang lebih mumpumi terkait hal itu. Wallahu al'lam bishowab

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan
kita tutup kajiannya ya..
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh


​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ



Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT