Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

PENTINGNYA MAKANAN BERSERAT

Kajian Online Hamba الله SWT

Jum’at, 9 Januari 2015
Narasumber : Ustadzah Tri Setyorini
Rekapan Grup Nanda M115 & M110 (Widya&Shofie)
Tema : Kesehatan
Editor : Rini Ismayanti


PENTINGNYA MAKANAN BERSERAT

Assalamu alaikum..
Masih ingat kah materi tentang konstipasi ?? Disana kita disarankan untuk konsumsi cukup serat makanan. Jadi kita hari ini yuk lebih mengenal apa itu serat makanan.

Makanan berserat adalah makanan yang mengandung serat di mana tubuh tidak dapat mencerna atau menyerapnya. Karena tidak dapat dicerna oleh bagian pencernaan dalam tubuh, serat makanan ini tidak akan menghasilkan energi atau kalori bagi tubuh.

Walaupun serat makanan tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, tetapi bakteri flora saluran pencernaan terutama dalam kolon, dapat merombak zat non gizi tersebut. Serat makanan merupakan polisakarida nonpati.

Serat makanan tidak dapat diserap dalam usus halus dan tidak dapat masuk dalam sirkulasi darah, serat ini akan dibawa oleh usus halus masuk ke dalam usus besar dengan gerakan peristaltik usus

Serat makanan ada 2 jenis :
1. Serat Larut (Soluble Fiber)
Serat larut makdudnya adalah serat pangan yang larut dalam air. Di dalam lambung, serat larut mennyerap air dan membentuk gel, yang membantu memperlambat proses pencernaan. Serat larut memperlambat pengosongan perut sehingga anda merasa kenyang lebih lama dan tidak ingin segera makan lagi. Hal ini akan membantu anda mengendalikan berat badan. Pengosongan
lambung yang lambat juga membantu pengendalian kadar glukosa darah sehingga mengurangi resiko diabetes. Serat larut juga dapat mengurangi
penyerapan kolesterol dari sistem pencernaan sehingga dapat mengurangi kolesterol darah dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Makanan yang Banyak Mengandung Serat Larut :
Jenis-jenis makanan yang kaya akan serat larut antara lain berupa bulir-buliran, kacang-kacangan, biji-bijian, umbi-umbian, buah-buahan, dan sayuran.
Beberapa makanan yang banyak mengadung serat larut antara lain: beras, gandum, sereal gandum,havermut, oat, ubi jalar, kentang, bawang, apel, kacang merah, pisang,  kacang polong, kedelai, brokoli, wortel, jeruk, strawberi, apricot, bit, pir, biji wijen, timun, seledri, dsb.

2. Serat Tak Larut (Insoluble Fiber)
Serat tak larut maksudnya serat pangan yang tidak larut dalam air. Serat pangan ini tidak larut dalam air, oleh karena itu serat tak larut melewati saluran pencernaan dengan relatif utuh dan mempercepat perjalanan makanan melalui usus.
Serat tidak larut sangat berguna untuk melancarkan buang air besar sehingga mengurangi resiko sembelit dan diare. Serat tak larut juga membantu menghilangkan racun dari usus besar dan membantu mempertahankan Ph (tingkat keasaman) usus, sehingga mengurangi resiko kanker usus.

Makanan  yang Banyak Mengandung Serat Tak Larut :
Jenis-jenis makanan yang kaya akan serat tak larut antara lain berupa kacang-kacangan, sayuran daun hijau tua, umbi-umbian dengan kulitnya, dan buah-buahan dengan kulitnya.
Beberapa makanan yang banyak mengandung serat tak larut antara lain: gandum utuh, jagung, bekatul, beras, brokoli, kubis, bawang, tomat, wortel, mentimun, seledri, anggur, kakao, kacang tanah, kacang kedelai, almond,
dsb.

Seberapa banyak serat yang harus dimakan setiap hari?
Rekomendasi asupan serat untuk perempuan adalah 25 gram per hari 38 gram per hari bagi laki-laki. Sayangnya, rata-rata asupan makanan kita sehari-hari hanya mencakup yang direkomendasikan.
Untuk mengatasi hal tersebut, dapat menambahkan jenis makanan tertentu yang tinggi serat ke dalam pola makan sehari-hari.

Makanan di bawah ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan dapat meningkatkan asupan serat harian  :
1. Jagung
Satu buah jagung atau sekitar setengah mangkok butir mengandung kurang lebih 2 gram serat.
2. Kacang hitam
Kandungan serat kacang hitam adalah 15 gram per mangkuk. Selain itu, kacang hitam juga merupakan sumber protein nabati.
3. Alpukat
Dua sendok makan alpukat mengandung kurang lebih 2 gram serat, sedangkan satu Buah alpukat mengandung sekitar 10 gram serat.
4. Nasi merah
Kandungan serat dalam setiap mangkok nasi merah sekitar 3.5 gram. Tidak semua orang terbiasa dengan tekstur dan rasa nasi merah, tetapi usaha membiasakan diri dengan nasi ini sangat setimpal dengan manfaat yang didapat. Selain tinggi serat, nasi merah dapat menurunkan sebanyak 11% menurut sebuah penelitian di Harvard.
5. Roti gandum
Kandungan serat pada roti gandum jauh lebih banyak dari roti putih. Jumlah kandungan serat pada roti gandum sangat tergantung pada merk roti yang dimakan. Rata-rata 1 potong roti gandum ukuran sedang mengandung serat sebanyak 2,2 gram.
6. Edamame
Umum ditemukan di makanan Jepang, kacang edamame ini mengandung banyak serat dan protein. ½ mangkok edamame mengandung sekitar 11 gram protein dan 9 gram serat.
7. Buah Pir
Sama seperti buah lain yang kulitnya dapat dimakan, pir paling bernutrisi dan tinggi serat ketika dimakan bersama kulitnya. Sebuah pir ukuran sedang mengandung sekitar 5.5 gram serat.
8. Brokoli
Sayuran hijau ini mengandung bermanfaat dan selain mengandung kalsium,
semangkok brokoli rebus mengandung kurang lebih 5.1 gram serat.
9. Apel
Perlu diingat saat memakan apel, sebaiknya kulitnya pun dimakan karena disinilah letak kandungan serat yang tinggi. Sebuah apel ukuran sedang mengandung sekitar 4.4 gram serat.
10. Almond
Kacang almond memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.Tetapi seiring dengan tingginyakonsumsi, asupan kalori yang dikonsumsi pun menjadi tinggi. Jadi, konsumsilah dalam batas kewajaran.Segenggam kacang almond atau ¼
mangkok merupakan ukuran yang cukup seimbang, dengan kandungan
serat sekitar 3 gram dan jumlah kalori 170 cal.

Beberapa manfaat serat untuk kesehatan:
1. Serat yang dapat larut sangat baik untuk pencernaan terutama usus membuat usus lebih sehat dan mencegah sembelit ataupun diare.
2. Menurut studi yang pernah dilakukan serat terbukti dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker usus besar.
3. Mencegah gangguan penyakit divertikular yaitu gangguan peradangan pada usus yang menyebabkan lekukan-lekukan pada usus akibat konstipasi kronik dan akan sangat berbahaya jika terjadi infeksi.
4. Membantu menurunkan berat badan sehingga sangat cocok untuk anda yang sedang menjalankan diet sehingga dapat membuat tubuh anda
mencapai berat badan ideal, karena dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat maka merasa kenyang lebih lama.
5. Serat dapat membantu menurunkan resiko seseorang terkena diabetes karena serat dapat mengatur asupan gula dalam tubuh sehingga sangat baik bagi penderita diabetes.
6. Serat sangat baik untuk menurunkan kolesterol maka dengan rendahnya kadar kolesterol dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Seseorang yang kekurangan serat akan beresiko terkena gangguan seperti:
1. Gangguan pencernaan atau konstipasi
2. Kanker usus
3. Wasir
4. Kegemukan
5. Penyakit jantung koroner
6. Stroke
Moga bermanfaat ..

TANYA JAWAB

Q : Alhamdulillah alpukat memiliki kandungan serat yang baik y Ustadzah, apakah alpukat juga mengandung kolesterol yang tidak baik unt kesehatan ustadzah? Jazakillah ustadzah
A : Dalam alpukat memang mengandung cholesterol tapi kolesterol yang terdapat dalam buah ini justru merupakan kolesterol baik yaitu HDL yang berfungsi untuk membantu meluruhkan kolesterol jahat yaitu LDL dari dinding pembuluh darah dan membawanya ke hati untuk dihancurkan.
Kolesterol baik ini dapat pula membantu menurunkan kadar trigeliserida. Kolestrerol jahat (LDL) dan trigliserida sering membentuk plak pada dinding pembuluh darah yang nantinya lama-kelamaan dapat menyumbat pembuluh darah tersebut sehingga mengkonsumsi alpukat secara tidak langsung dapat mencegah penyakit jantung dan stroke

Q : Konsumsi alpukat terlalu bnyak bisa membuat kita gemuk ga bunda rini???
A : Saat kita mengkonsumsi alpukat seringnya dalam penyajiaanya ditambahkan gula atau susu kental manis. Nah yang bikin gemuk itu gula & susu nya bukan alpukat nya.

Q : Tanya lg ustadzah, buah itu sebaiknya dimakan dengan dibuat  juz, atau makan lgsung aja
A : Alpukat bisa dimakan lsg ataupun dijuz tapi perhatikan tambahan gula/ susu. Dikonsumsi tanpa gula lbh baik jadi gak bikin gemuk

Q : Buah durian juga mengandung banyak kolesterol,apakah jenis kolesterolnya sama dengan alpukat,kadang orang ga berani makan durian terlalu banyak karna mereka mengira itu tidak baik
A : Kandungan dan manfaat alpukat .
a. Kandungan lemak nabati yang tinggi dan tak jenuh bermanfaat untuk menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat ) sehingga dapat berguna untuk mencagah stroke , penyakit jantung , darah tinggi dan kanker . Kandungan lemak tak jenuh sangat mudah dicerna dan diolah tubuh sehingga bermanfaat secara maksimal dan lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti jamur dan anti bakteri.
b. Kandungan lemak nabati tidak dapat menyebabkan seseorang menjadi gemuk , justru dengan manfaat lemak nabati tak jenuh ini mampu mengurangi nafsu makan.
c. Kandungan vitamin A dan E pada buah alpukat sangat baik untuk menghaluskan kulit , mengenyalkan kulit , menghilangkan kerutan dan membuat kulit tampak lebih muda.
d. Kandungan Krotenoid pada alpukat terdapat Vit A yang sangat baik untuk kesehatan mata dan tubuh lainnya.
e. Kandungan asam oleat pada alpukat merupakan sumber antioksidan tinggi yang bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh.
f. Kandungan potasium dalam alpukat dapat mencegah pengendapat cairandalam tubuh , menyeimbangkan elektrolit pada tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah.
g. Kandungan Zat besi pada alpukatsangat baik untuk mencegah penyakit anemia. 
h. Kandungan ektrak minyak buah alpukat sering dijadikan bahan produk kecantikan seperti pelembab , krim, shampo dan lainnya. Untuk pemakaian alami dapat dilakukan dengan menjadikannya sebagai masker .

Di dalam daging buah durian mengandung banyak sekali zat gizi, di antaranya adalah karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium (Ca), fosfor (P), asam folat, magnesium (Mg), potasium/kalium (K), zat besi (Fe), zinc, mangaan (Mn), tembaga (Cu), karoten, vitamin C, thiamin, niacin, dan riboflavin Fosfor dan zat besi yang terdapat dalam durian ternyata 10 kali lebih banyak daripada buah pisang. Kandungan gizi tiap 100 gram buah durian adalah 67 gram air, 2,5 gram lemak, 28,3 gram karbohidrat, 1,4 gram serat, 2,5 gram protein, dan menghasilkan energi sebesar kurang lebih 520 kal.

Q : Jadi apakah tidak masalah jika kita makan buah durian dalam jumlah banyak ustadzah? Coz,aku suka banget sama durian. Karena aku sering denger orang bilang,buah durian mengandung kolesterol tinggi, jadi kalo makan di batasi.
A : Walau punya banyak fungsi, bukan berarti kita harus mengonsumsi buah ini dalam jumlah yang berlebih. Semua ada takarannya. Wanita hamil dan orang yang menderita hipertensi tidak dianjurkan untuk makan durian. Sebenarnya mengonsumsi 100 gram durian pun sudah cukup. Sebab, dalam 100 gram itu saja sudah relatif banyak gizi yang kita perole

Q : Ustdz apa efek dari kelebihan serat?
A : Akibat kelebihan konsumsi serat :
a. Kram Perut
Dengan konsumsi serat berlebih, kecenderungan anda mengalami kram perut akan semakin tinggi. Hal ini disebabkan karena sifat serat yang tidak tercerna oleh tubuh. Karena itu, ketika anda mengkonsumsi serat dalam jumlah terlalu tinggi, pencernaan anda justru akan terganggu. Akhirnya, otot-otot usus anda akan kram dan perut anda pun akan terasa tidak nyaman.
b. Diare
Salah satu manfaat dari serat adalah mempercepat pergerakan makanan di sepanjang saluran pencernaan. Akan tetapi, apabila anda mendapatkan manfaat ini dalam kadar terlalu tinggi, pergerakan makanan akan terjadi terlalu cepat, sehingga anda mengalami diare. Secara jumlah konsumsi serat berhubungan langsung dengan kecepatan pergerakan makanan anda, konsumsi serat perlu dibatasiagar apa yang seharusnya menjadi manfaatnya tidak menjadi hal yang merugikan anda.
c. Malabsorbsi
Serat diet, yang bersifat mengikat senyawa- senyawa makanan lain, juga bisa mengikat berbagai vitamin dan mineral yang sebenarnya berguna bagi kesehatan tubuh. Dengan begitu, penyerapan vitamin dan mineral oleh sistem pencernaan anda tidak akan maksimal. Apabila konsumsi serat anda terlalu tinggi, tubuh anda akan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral keseharian anda. Pada akhirnya, anda justru akan mengalami defisiensi di beberapa mineral penting, seperti kalsium, magnesium, zat besi, dan zink, sehingga kesehatan anda pun akan terpengaruh secara negatif
d. Sembelit
Selain mengikat vitamin dan mineral, serat juga mengikat air di sepanjang saluran pencernaan anda. Apabila konsumsi serat anda terlalu tinggi, saluran pencernaan anda cenderung kering. Sementara di sisi lain, saluran pencernaan membutuhkan air sebagai pelumas agar makanan anda mengalir dengan mulus. Tanpa air pelumas yang cukup, pergerakan makanan akan terhambat dan anda akan mengalami sembelit.
e. Gangguan Usus
Di antara semuanya, efek samping ini merupakan yang paling serius. serat akan bereaksi dengan bakteri “probiotik” di usus besar. Reaksi ini akan menghasilkan gas yang apabila berlebihan, bisa menyebabkan sensasi kembung. Yang lebih parah lagi, serat yang berlebihan bisa menyebabkan penyempitan pada usus, yang akhirnya menghambat zat-zat makanan lain untuk lewat. Hal ini merupakan hal yang sangat serius dan terkadang, membutuhkan sebuah operasi. Jadi, walau serat diet sangat bermanfaat bagi tubuh, baik dari segi kesehatan maupun bentuk badan, anda tetap perlu membatasi konsumsinya agar tidak melebihi dari batas maksimalnya, yaitu sekitar 50 gram.

Selain itu, beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghindari efek negatif dari konsumsi serat diet adalah:
1. Tingkatkan konsumsi serat diet anda secara bertahap agar saluran pencernaan anda, termasuk bakteri “probiotik” di usus besar anda, memiliki cukup waktu untuk menyesuaikan diri. Dengan begitu, anda akan mengurangi resiko anda mengalami gangguan usus (usus kembung) atau kram perut.
2. Untuk menghindari diare karena konsumsi serat yang terlalu banyak dalam waktu singkat, distribusikan konsumsi serat harian anda dengan rata.
3. Perbanyak minum air apabila anda meningkatkan konsumsi serat anda agar saluran pencernaan anda tetap memiliki cukup air sebagai pelumas.Dengan begitu, pergerakan makanan di saluran pencernaan anda akan tetap lancer walau konsumsi serat anda meningkat.

Q : Saya selama ini selalu sarapannya dengan gandum.. Naaah.. Sbnrnya cocoknya makan roti gandum dengan apa yah ust? Krena biasanya kalau makan roti gandum saja kurang enak gitu.. Trus terkadang mash saja lapar walau sudah makan gandum dan sayur.. Itu memang sayanya yang laper mata atau cem mana yaaa
A : Roti gandum bisa disajikan dengann telur ataupun sereal

Q : Kalau sdah sering makan buah tapi masih susah BAB itu kenapa  dok?
A : Suka makan buah tapi msh sulit BAB ?  Itu bisa karena konsumsi air putih yang kurang & kurang olahraga rutin. Biasakan mengunyah makanan sampai lembut seperti Rasul mengunyah makanan min. 32 Kali
• Membantu melancarkan pencernaan
• Memberikan kesempatan bagi perut untuk menyampaikan sinyal ke otak dengan tepat
• Mengurangi jumlah kalori yang mereka santap hingga sekitar 70 kalori [bikin langsing]
• Mulut makanan bisa bercampur dengan enzim secara sempurna, dan enzim bisa bekerja secara maksimal
• Penyerapan gizi akan lebih baik
• Membuat kadar ghrelin menurun, hormon yang membuat seseorang nafsu makan. Nafsu makannya berkurang. Cocok bagi yang menjalankan diet

Q : Obat untuk sembelit dan diare apa ya dok?
A : Untuk sembelit ... Diet tinggi serat , minum air putih min.8-10 gelas/hr, olahraga rutin. Bila sudah melakukan di atas blm berhasil konsultasi ke dokter ya untuk pemberian obat pencahar yang tepat.
Untuk diare ,,,,, selama diare kurangi makanan berserat bila frekuensi diare sering hindari serat sementara. Istirahat , cukupi kebutuhan cairan . Tambahi asupan cairan untuk mengganti yang keluar . Bisa membuat larutan gula garam/ oralit.  Konsultasi ke dokter bila diare msh sering, ada lendir darah  & badan terasa lemas.

Q : Assalamu'alaikum afwan ustadzah mau tanya yaah...Kalau alpukat buat penggemuk badan bisa kah?
A : Klo cuma alpukat tdk bisa mbak, berikut ada bbrp cara untuk menaikkan berat badan
1. Perbanyak Minum Air Putih
Biasakanlah minum air putih, terutama dipagi hari setiap kali anda bagun tidur usahakan anda minum air putih minimal 3 – 5 gelas. Mengapa? Karena semakin banyak mengkonsumsi air putih maka tubuh kita akan semakin sehat, kemudian proses pencernaan dalam tubuh kitapun ikut membaik sehingga makanan akan lebih bisa menyerap gizi yang terdapat dalam makanan secara sempurna.
2. Kunyah Makan Anda Sampai Halus
Mengunyah makan sampai halus juga terlihat sepele bukan? Tapi tahukah anda, mengunyah makanan sampai halus juga dapat membantu proses penambahan berat badan karena dapat membantu mempermudah tubuh anda dalam mencerna makan. Apalagi jika makanan yang kita makan agak keras, sehingga sulit untuk dicerna tubuh anda. So,kunyalah makanan anda sampai halus.
3. Istirahat Yang Cukup dan Kurangi Begadang
Seperti kata bung Haji Rhoma Irama begadang jangan begadang kalau tiada artinya, begadang boleh saja kalau ada perlunya hehe. Yup, jika anda benar-benar berniat untuk menambah berat badan anda sebaiknya kurangi atau bahkan stop begadang, kecuali jika anda memang benar-benar ada urusan penting. Tubuh kita bukan robot, robot saja bisa habis batrai dan mati apalagi tubuh kita, jika kita banyak begadang kapan tubuh kita akan istirahat? Sedangkan istirahat itu penting untuk membantu memulihkan dan memperbaiki fungsi-fungsi organ tubuh anda.
4. Makan Secara Teratur
Usahakan agar anda setiap hari makan dengan teratur. Selalu sarapan di pagi hari, makan siang tepat waktu kemudian makan malam. Dan di antaranya dapat diselingi makanan tertentu. Namun ingat jangan terlalu berlebihan.
5. Minum Susu Secara Rutin
Jika memungkinkan biasakanlah minum susu karenaselain sehat juga dapat menambah berat badan anda, khususnya susu full cream. Disarankan untuk minum susu jenis full cream dua kali sehari.
6. Lakukan Olahraga Secara Teratur
Olahraga minimal lari / jogging dipagi hari.
7. Periksa Ke Petugas Kesehatan
Apabila sebelumnya pernah terjadi penurunan berat badan drastis .

Q : Bunda rini, apakah stroke dapat trkena juga pada usia remaja? apakah sebab utama stroke krna kurangny makan yang brserat ?? anak kos jarang makan buah nih
A : Stroke bisa saja terjadi pada usia muda tapi sangat jarang terjadi. Berikut faktor resikonya :
1. Faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi
a. Usia
Dari berbagai penelitian, diketahui bahwa suai semakin tua semakin besar pula risiko terkena stroke. Hal ini berkaitan dengan proses degenerasi (penuaan) yang terjadi secara alamiah. pada orang-orang lanjut usia, pembuluh darah lebih kaku karena adanya plak.
b. Jenis kelamin
Laki-laki memiliki risiko lebih besar untuk terkena stroke dibanding perempuan. Hal ini mungkin terkait bahwa laki-laki cenderung merokok. Rokok, dapat merusak lapisan dari pembuluh darah tubuh.
c. Herediter
Terkait dengan riwayat stroke di keluarga, orang dengan riwayat stroke pada keluarga memiliki risiko yang lebih besar untuk terkena penyakit stroke dibanding orang yang tanpa riwayat stroke pada keluarganya.
d. Ras atau Etnis
Dari berbagai penelitian, ditemukan bahwa ras kulit putih memiliki peluang yang lebih besar untuk terkena stroke dibanding ras kulit hitam.
2. Faktor risiko yang dapat dimodifikasi
a. Hipertensi
Orang yang tekanan darahnya tinggi mempunyai peluang besar untuk mengalami stroke. Bahkan, ini merupakan penyebab terbesar dari stroke. Alasannya, dalam hipertensi dapat terjadi gangguan aliran darah tubuh yaitu diameter pembuluh darah kelak akan mengecil sehingga darah yang mengalir ke otak pun akan berkurang, dengan pengurangan aliran darah otak (ADO), maka otak akan kekurangan suplai oksigen dan glukosa sehingga jaringan otak lama-lama akan mati.
b. Penyakit jantung
Penyakit jantung seperti jantung koroner dan infark miokard (kematian otot jantung, bisa menjadi faktor terbesar pneyebab stroke). Seperti yang kita ketahui bahwa pusat dari aliran darah di tubuh terletak di jantung. Jika pusat pengaturan darah mengalami kerusakan, maka aliran darah tubuh mengalami gangguan, termasuk aliran darah menuju otak. Gangguan aliran darah itu bisa mematikan jaringan otak secara mendadak ataupun bertahap.
c. Diabetes Mellitus
Diabetes Mellitus atau kencing manis memiliki risiko mengalami stroke. Hal ini terkait dengan pembuluh darah penderita diabetes yang umumnya lebih kaku (tidak lentur). Adanya peningkatan ataupun penurunan kadar glukosa darah secara tiba-tiba juga dapat menyebabkan kematian otak.
d. Hiperkolesterolemia
Hiperkolesterolemia merupakan keadaan ketika kadar kolesterol di dalam darah berlebih. LDL yang berlebih akan mengakibatkan terbentuknya plak pada pembuluh darah yang lama kelamaan akan semakin banyak dan menumpuk sehingga menganggu aliran darah.
e. Obesitas
Kegemukan merupakan salah satu faktor resiko terjadinya stroke. Hal tersebut terkait dengan tingginya kadar lemak dan kolesterol dalam darah pada orang dengan obesitas, yaitu biasanya kadar LDL lebih tinggi dibanding kadar HDL.
f. Merokok
Dari hasil berbagai penelitian diketahui bahwa orang-orang yang merokok ternyata memiliki kadar fibrinogen darah yang lebih tinggi dibanding orang yang tidak merokok. Peningkatan kadar fibrinogen ini dapat mempermudah terjadinya penebalan pembuluh darah sehingga pembuluh darah
menjadi sempit dan kaku. Dengan demikian, dapat menyebabkan
gangguan aliran darah.

Q : Ustadzah....untuk susu yang rutin apa boleh susu kotak atau baik yang harus buat sndri??
A : Berikut urutan susu dari yang terbaik
1. Air Susu Ibu (ASI)
Air Susu Ibu atau ASI eksklusif terbukti sangat penting bagi balita dalam masa pertumbuhan. Tak hanya menguatkan sistem kekebalan tubuh, penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa ASI eksklusif juga terbukti memperkuat sistem
pernapasan.
2. Susu Pasteurisasi
Karena proses pasteurisasi berlangsung sangat cepat, sehingga zat gizi yang rusak menjadi lebih sedikit atau minimum. Serta komposisi dari susu hasil proses pasteurisasi sangat dekat dengan susu yang langsung diproduksi oleh sapi.
3. Susu UHT (Ultra High Temperature)
Jika memang susu pasteurisasi tidak ada maka pilihlah susu UHT (Ultra High Temperature). Perbedaan susu pasteurisasi dengan susu UHT ialah diproses dengan suhu yang lebih tinggi sehingga membunuh semua mikroorganisme yang ada pada susu.
4. Susu Bubuk
Karena adanya fortifikasi yang perlu dilakukan untuk melengkapi kandungan nutrisi yang hilang akibat proses pengeringan, susu bubuk ini sebaiknya hanya dikonsumsi apabila susu segar tidak dapat ditemukan.
5. Susu Kental Manis
Sebenarnya susu kental manis tidaklah masuk ke dalam kategori susu, karena ia memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi, namun rendah protein dan kalsium. Bahkan protein dari tahu dan tempe masih lebih banyak dari pada protein yang terkandung dalam susu kental manis.

Q : Alhamdulillah tambah info lagi mengenai susu, klo kandungan gizi pada yogurt bagaimana bunda? Karena enak sekali
A : Yoghurt mempunyai nilai gizi yang tinggi. Dalam yoghurt terkandung kalori, protein, karbohidrat, calcium dan potasium lebih tinggi dibandingkan susu segar, tetapi kandungan lemaknya lebih rendah. Pada yoghurt riboflavin (Vitamin B-2) dan 17 macam asam amino terjadi peningkatan,

Q : Ustazh klo tinggi badan antara 155-160 berat idealnya berapa ya.... Klo naikin berat badan tu susah ustazh... Tpi klo badan ngedrop bentar aja langsung turun berat badannya....
A : Cara menghitung bb ideal
Rumus :
IMT(BMI) = Berat Badan (Kg) /(Tinggi badan (m) x Tinggi badan(m))
IMT = indeks massa tubuh
BMI = body massa index
Misalnya: BMI =
(45) / (1.65) x(1.65) = 16.5

Jika perhitungan diatas sudah di dapat, maka selanjutnya masukkan kriteria hasil tersebut ke dalam kategori yang mana menutut IMT/BMI versi
World Health Organisation (WHO) :
* BMI < 18.5 = underweight atau berat badan kurang, anda disarankan untuk meningkatkan olahraga dan makan makanan padat kalori dari jenis complex carbohidrat.
* BMI 18.5 – 22.9 = berat badan ideal, sangat bagus.
* BMI 23 – 24.9 = masuk kategori ideal, akan tetapi kategori ini masuk ke dalam kategori warning, sehingga anda perlu untuk menjaga pola makan dan perbanyak olahraga.
* BMI 25 – 29.9 = kondisi berat badan memasuki batas obesitas, segera bulatkan tekad untuk mulai program diet.
* BMI >= 30 = anda sudah termasuk kategori obesitas, berbagai penyakit siap menghampiri anda. Segera terapkan program diet lebih serius untuk mengatasinya

Q : Beratnya kurang dikit.... makanan padat kalori jenis complexs carbohidrat apa aj ya ustzh
A : Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang dikonsumsi tubuh dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Tubuh akan menyerap karbohidrat jenis ini secara lambat. Perubahan karbohidrat menjadi energi ini akan menambah kadar gula darah secara lambat juga. Karena darah tidak mengalami kenaikan yang drastis maka pankreaspun tidak teranggsang untuk memproduksi insulin.
Penyerapan karbohidrat kompleks yang lambat ini menyebabkan energi tidak bisa langsung digunakan karena butuh waktu cukup lama untuk merubah karbohidrat menjadi energi. Karbohidrat kompleks biasanya diperoleh dari makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang kaya akan serat, mineral dan juga vitamin. Sumber karbohidrat jenis ini antara lain umbi-umbian, sayuran dan juga buah-buahan, misalnya kentang, ubi, singkong, beras merah dan gandum utuh.

Q : Afwan ustadzah.. rumus bb ideal tinggi badan (m) x tinggi badan (m) mksudnya gmn ya?
A : BB ( dalam kg )  :  TB x TB ( dalam meter )
Contoh :  BB 50 kg TB 155cm  =  1,55 m
50 : ( 1,55x1,55 )
50 : 2,4025  = 20,8
BMI = 20,8

Q : Afwan mau tanya ustadzah, klau BMIx 20,8 itu maksudx gmna yah??ana belum faham
A : Nilai nya termasuk kurus, normal atau obesitas. Sudah ada di rumus...

Q : Oh gitu yah ustadzah, kalo minum susu prenagen yang full cream bisa kah?
Soalny temen ada tiap hari konsumsi susu prenagen dan jus alpukat di malam hari? untuk penggemuk badan
A : Beberapa makanan yang akan dapat menambah berat badan secara sehat :
a. Daging Merah
Daging merah mengandung lemak, banyak protein dan zat besi.
b. Susu Sapi Murni
Susu sapi murni sangat bernutrisi tinggi, khususnya vitamin A dan vitamin D.
c. Buah-buahan Tropis
Berbagai buah tropis yang sangat baik untuk menambah berat badan. Sebut saja pepaya, mangga, pisang, dan nanas, yang memiliki kandungan tinggi gula alami. Buah-buahan ini akan juga akan memberi energi lebih setiap hari.
d. Alpukat
Buah alpukat mengandung kalori yang tinggi, termasuk juga potasium, asam folat, vitamin E dan vitamin B.
e. Roti gandum
Roti gandum mengandung serat atau fiber dan beberapa mineral yang tidak dimiliki roti biasa. Kelebihan ini akan membuat kenyang lebih lama dan energi yang lebih, disamping lebih sehat untuk pencernaan.
f. Mentega
Mentega mengandung lemak sehat (lemak tak jenuh) yang tinggi.
g. Kacang-kacangan
Kandungan lemak dan nutrisinya melimpah. Walaupun terdapat banyak macamkacang-kacangan dengan kandungan nutrisi yang berbeda, namun hampir semuanya baik untuk tujuan menambah berat badan anda. Khususnya kacang almond, yang sangat menyehatkan. Selain ituada kacang tanah, kacang hijau, polong, dan lain sebagainya.
h. Keju
Keju mengandung semua nutrisi yang dimiliki susu murni, karena keju memang merupakan hasil olahan susu.
i. Kentang
Kentang mengandung protein yang tinggi, selain kandungan serat atau fiber dan vitamin C yang melimpah.

Q : Kalo untuk penurunan berat badan gimana mba?? Turun 3 kg dalam 1 bulan mungkinkah?? Hehe
A : Beberapa cara menurunkan BB :
a. Kurangi konsumsi karbohidrat dan gula
Mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula, sekaligus makanan yang mengandung 2 kandungan makanan tersebut. Dua kandungan makanan ini dapat merangsang sekresi insulin, yakni hormon yang menyimpan lemak dalam tubuh. Selain itu, dengan mengurangi makanan ini, Anda juga bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit yang berhubungan dengan ginjal.
b. Konsumsi lemak, protein, dan sayuran
Dalam sehari Anda harus mengonsumsi protein dalam setiap makanan Anda. Range minimal yang harus Anda konsumsi adalah sebanyak 20 hingga 50 gram dalam sehari. Anda bisa mendapatkan kandungan protein dalam makanan-makanan berikut ini; Daging, ayam, ikan salmon, udang, lobster, telur, putih telur lebih baik. Makanan di atas dapat meningkatkan sistem metabolisme Anda.
Sayuran-sayuran di bawah ini bisa Anda masukkan dalam menu makanan diet Anda; Brokoli, bunga kol, bayam, kubis, selada, mentimun, seledri, dan lain-lain.
Tidak usah khawatir untuk mengonsumsi sayuran tersebut dalam jumlah banyak, sebab sayuran ini tidak akan membuat Anda gemuk. Anda justru harus mengonsumsi sebanyak 20 hingga 50 dalam satu hari sebagai cara menguruskan badan dengan cepat. Kemudian, Anda juga harus mencukupi kebutuhan lemak untuk tubuh Anda. Lemak sehat tentunya.
Berikut ini lemak sehat yang boleh Anda konsumsi saat menurunkan berat badan. Minyak kelapa, mentega, minyak zaitun. 3 pilihan lemak sehat tersebut dapat Anda konsumsi secara lebih sehat dan aman untuk menurunkan berat badan.
c. Lakukan olahraga 3 hingga 4 kali dalam seminggu
Melakukan olahraga sebanyak 3 hingga 4 kali selama seminggu. Anda bisa melakukan pemanasan, olahraga, senam, dan lain-lainnya. Olahraga adalah salah satu hal yang sangat direkomendasikan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan olahraga khusus untuk menghilangkan lemak di bagian tubuh tertentu, seperti lengan, perut, dan lokasi lain yang biasanya dipakai tempat menumpuknya lemak.

Q : Ustadzah,,ada sbagian teman yang bilang apa benar jika kita minum susu ibu hamil buat penggemukan badan nntinya akan berdampak kering pada rahim? Soalnya teman banyak yang coba,,dan memang bb nya naik.. Ana juga trmasuk pas pasan bb nya,ingin sdkit naik.
A : Kalo minum susu sebaiknya sesuai kebutuhan.... Susu ibu hamil isi nya disesuaikan kebutuhan bumil.


Q : Aku mau tanya yaa..sekarang kan banyak banget buah yang pake suntikan biar cepet matang atau manis. untuk buah seperti apel,  pir, saya makannya dikupas kulitnya , apa itu bisa mengurangi kadar seratnya? untuk suntikan vitamin buah bagaimana dengan kesegaran buahnya ?
A:  Kulit apel mengandung serat terbanyak dibanding daging apel. Tapi, sebelum menyantap apel beserta kulitnya pastikan apel telah tercuci bersih. Hingga hilang segala residu atau bahan kimia yang menempel di kulitnya.
Kulit Apel
Kandungan vitaminamin A dalam kulit apel mampu memperbaiki pertumbuhan sel dan penglihatan. Selain itu, kandungan vitaminamin C-nya juga mampu memperkuat sayastem imunitas dan meningkatkan produksi kolagen untuk kulit yang lebih sehat. Tak hanya itu, kandungan vitaminamin K yang tinggi didalamnya membantu pembekuan darah dan asam folat yang terkandung didalamnya bermanfaat untuk pembentukan sel-sel baru. Kandungan lain seperti mineral, serat dan antioksidan kaya akan manfaat untuk kesehatan seperti kandungan kalsium dan fosfor yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang lebih kuat.
Buah pir boleh dimakan dengan kulitnya karena kulitnya mengandung serat yang sangat tinggi, buah pir hampir tidak pernah dikupas dan langsung dimakan begitu saja. Kulit pir juga kaya akan mineral terutama tembaga, serta vitaminamin C dan K yang berfungsi sebagai antioksidan.
Untuk suntikan pada buah itu adalah bahan kimia dan itu sangat tidak baik untuk dikonsumsi. Jika buah dan sayuran yang biasa kita konsumsi setiap hari mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh, kita perlu mengikuti langkah-langkah yang efektif dalam menghadapinya dengan cara:
1. Cucilah sayur dan buah yang Anda makan dengan air yang dicampur dengan garam dan cairan lime. Anda perlu menenggelamkan seluruh bagian buah dan sayur tersebut dan mendiamkannya selama 5-7 menit. Setelah itu Anda bisa membilasnya dengan air biasa, lalu membiarkannya sampai kering sebelum Anda memakannya.
2. Dalam memilih buah, perhatikan apakah pada permukaan buah tersebut terdapat bekas tusukan atau suntikan, tanda kuku atau aplikasi bubuk. Jika Anda menemukan salah satu tanda atau bahkan ketiganya, jangan ambil buah tersebut. Pilihlah buah dengan permukaan yang benar-benar rata dan bersih serta tidak mencurigakan.

Q : Cairan lime itu seperti Sun***** atau gimana?
A : Lime istilah untuk jeruk nipis.  Cairan lime bisa dibuat air yang ditambah perasan air jeruk nipis.

Q : Mau tanya, kacang-kacangan termasuk makanan berserat kan ya? Kenapa orang yang asam urat tidak boleh mengkonsumsinya? Apa yang menyebabkan seseorang terkena asam urat?
A: Penderita asam urat harus menghindari makanan yang mengandung purin sedangkan Kacang-kacangan adalah sumber protein nabati yang baik, namun pada umumnya juga tinggi purin. Kacang-kacangan yang paling kaya  akan purin adalah lentil, kacang navy , kacang lima, kacang merah, dan belinjo.

Q : Faktor yang memacu asam urat apa Ustadzah? 
A : Penyebab asam urat utamanya dikarenakan penumpukan zat purin di dalam tubuh secara berlebihan, kemudian zat purin ini selanjutnya di olah oleh tubuh sehingga menghasilkan asam urat. Faktor risiko yang menyebabkan
 rang terserang penyakit asam urat adalah genetika, pola makan, kegemukan.

Q : Apa berhubungan dengan kurang minum juga Ustadzah?
A :  Pada tubuh manusia sehat, asam urat akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses (kotoran) dan urin. Saat ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat, maka kadarnya dalam darah akan meningkat. Asam urat yang berlebih akan terkumpul pada persendian, sehingga menyebabkan rasa nyeri atau bengkak. Makanya orang yang kurang minum dan pola makannya tidak seimbang berisiko untuk menderita asam urat. Hampir setiap makanan baik dari hewani maupun nabati mengandung purin. Ketika manusia mengonsumsi pangan nabati maupun hewani, maka zat tersebut akan berpindah ke tubuh manusia. Tapi kalau konsumsi tidak berlebihan, ditambah dengan rajin olahraga dan minum yang cukup, maka kadar purin ini bisa keluar melalui urin dan keringat. Jika tidak, maka kadar purin ini akan meningkat dalam darah. Inilah yang kemudian menyebabkan munculnya gejala asam urat

Q : Assalmu'alaikum ustadzah..mengapa kekurangan serat bisa menyebabkan kegemukan? Apakah semua orang yang gemuk kekurangan serat?
A : Tidak semua orang gemuk kurang serat tapi bila kurang serat bisa menyebabkan kegemukan. Makanan yang berlebihan terutama karbohidariat dan lemak tanpa variasi sayuran dan buah-buahan akan mengakibatkan penimbunan kalori yang terlalu banyak di tubuh yang tidak terubah menjadi energi. Akibatnya tubuh menjadi gemuk. Sebaiknya pahami dulu berapa kalori yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu berkonsultasi dengan ahli gizi cukup membantu untuk mengetahui kebutuhan kalori tubuh.

Q : Ustadzah saya makannya biasa tapi beratnya bertambah terus.. Gimana caranya biar bisa stabil beratnya ustadzah??
Q : Ustadzah sekarang kan banyak program untuk menurunkan berat badan, sebenarnya program penurunan berat badan yang baik itu yang seperti apa ?
Q : Ustadzah... mau nanya gimana pandangan ustadzah tentang diet OCD  yang jadi slah satu trend diet sekarang ? Ana pernah coba dulu n berhasil turun 3 kg. Setelah BB ideal, ana hentikan cara diet saeperti itu tapi  badan malah melar, n sekarang ana coba lagi malah gak berhasil...yang ada malah maag jadi kambuh...
A : Banyak faktor yang bisa menyebakan BB tidak turun ato ndut. Beberapa hal yang mempengaruhinya :
1.Pola makan yang Tidak Sehat
Penyebab tubuh cepat gemuk adalah karena asupan makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh. Makanan yang berlebihan terutama karbohidariat dan lemak tanpa variasi sayuran dan buah-buahan akan mengakibatkan penimbunan kalori yang terlalu banyak di tubuh yang tidak terubah menjadi energi. Akibatnya tubuh menjadi gemuk. Sebaiknya pahami
dulu berapa kalori yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu berkonsultasi dengan ahli gizi cukup membantu untuk mengetahui kebutuhan kalori tubuh.
2. Makan makanan yang tidak sehat seperti junk food dan alcohol
Makanan tersebut adalah penyebab tubuh cepat gemuk yang sering tidak disadari. Junk food dan alcohol sudah terbukti klinis tidak sehat jika dikonsumsi berlebihan dan dalam tempo yang lama. Akibatnya perut menjadi gemuk dan buncit serta beresiko penyakit jangka panjang seperti kanker dan diabetes.
3. Pola Hidup yang Tidak Sehat
Pola hidup yang tidak sehat seperti kurang berolahraga menjadi salah satu penyebab tubuh cepat gemuk. Kurangnya aktivitas dan olahraga membuat kalori tidak dibuang dalam tubuh melainkan disimpan sebagai cadangan energi dalam bentuk lemak. Lemak yang berlebihan inilah yang
menyebabkan perut buncit dan kegemukan.
4. Terlalu banyak bekerja di kantor
Terlalu banyak bekerja di kantor tanpa diimbangi aktivitas lain juga menjadi salah satu sebab tubuh gemuk. Kebiasaan – kebiasaan buruk yang tidak sehat
dapat menjadi penyebab tubuh cepat gemuk. Kebiasaan seperti mengemil di malam hari, tidur setelah makan, hingga duduk terlalu lama berpotensi tinggi menyebabkan tubuh cepat gemuk.

Pada prinsip nya diet adalah mengubah cadangan lemak yang berlebih menjadi kalori dan menghindari penumpukannya lagi. Untuk program disesuaikan dengan individu masing-masing. Misal untuk penderita maag jangan ambil diet yang pola makannya berjangka waktu lama.

Q : Ustadzah mengatasi susah tidur gimana? (Jadinya kalo susah tidur begadang juga)
A :  Beberapa cara mengatasi susah tidur adalah :
1. Jadwalkan waktu tidur
Harus terlebih dahulu menetapkan waktu tidur dan bangun dengan tepat. Jadi jika  tidur pada jam yang sudah ditentukan sebelumnya, harus sudah tidur dalam waktu itu juga. Begitu juga dengan ketika bangun,  juga harus menetapkan waktu bangun yang sudah  ditentukan. Minimal  tidur 8 jam per hari. Lakukan cara ini setiap hari.
2. Batasi tidur siang
Jangan sampai tidur siang terlalu lama. Usahakan tidur siang hanya sekitar 10-30 menit saja. Hal ini dikarenakan untuk menjaga kualitas tidur malam agar lebih nyenyak.
3. Mandi setelah pulang kerja
Melakukan sesuatu aktivitas yang dapat menaikkan suhu badan, terutama pada saat menjelang tidur, akan berpotensi membuat menjadi lebih sulit untuk tidur.  Mandi menjelang tidur dapat mempengaruhi suhu tubuh  sehingga
juga berpengaruh pada tidur. Disarankan untuk mandi sesaat setelah  pulang kerja dan bukan mandi ketika menjelang waktu tidur. Hal ini tentunya dengan catatan bahwa pulang kerja adalah pada waktu sore hari atau tidak berdekatan dengan jadwal waktu tidur
4. Tempat tidur yang nyaman
Pastikan terlebih dahulu tempat tidur yang  gunakan dapat membuat merasa sangat nyaman. Tempat tidur jangan terlalu sempit sehingga  sulit bergerak dengan bebas. Dan perhatikan kebersihannya. Bila rapi & bersih pasti nyaman.
5. Meredupkan lampu rumah ketika menjelang waktu tidur
Mematikan lampu kamar menjelang waktu tidur memang dapat membuat lebih cepat tidur.Tetapi begitu juga dengan meredupkan lampu ruangan ruangan dalam rumah sebelum tidur juga sama pentingnya. Terkena cahaya lampu yang begitu terang pada saat menjelang waktu tidur akan membuat  menjadi sulit tidur.
6. Matikan komputer
Jika ukhti adalah seorang yang penggila komputer untuk browsing ataupun bermain game, disarankan untuk membuat jeda antara berhenti bermain
komputer dengan saat sebelum tidur, minimal 30 menit. Istirahatkan otak 
sejenak dan dapat lebih cepat untuk tidur.
7. Berolahraga
Usahakan untuk olahraga setiap hari. Bisa melakukannya pagi hari dengan olahraga pagi seperti jogging ataupun bersepeda. Hal ini dapat membantu agar tidur menjadi lebih nyenyak.
8. Matikan ponsel atau gadget
Pastikan  untuk tidak membawa ponsel di atas kasur menjelang tidur. Apabila  masih sibuk dengan ponsel atau gadget tersebut menjelang tidur, hal ini akan meyebabkan menjadi susah tidur. Matikan ponsel atau gadget kurang lebih satu jam sebelum waktu tidur agar  dapat untuk cepat tidur dan
mendapatkan tidur yang nyenyak.

Q : Ustadzah sayaa mau tanya gimana cara mengatasi susah tidur karena jadwal kerja saya mulai dari sore hingga pulang jam 10 malam, mungkin karena bisa dibilang udah biasa atau insomnia gtu? Terus apa bedanya asam urat sama reumatik? Gimana cara alami mngatasinya?
A : Penyebab insomnia.
1. Stres
Insomnia umumnya terjadi ketika seseorang mengalami stres. Stres bahkan bisa memicu insomnia kronis sehingga kembali ke pola tidur yang sehat mungkin akan menjadi sulit. Sebagian orang dengan kondisi ini merasa cemas apakah mereka akan bisa tertidur. Hal ini pada gilirannya memperparah insomnia karena orang tersebut dilanda kecemasan perihal bisa tidaknya mereka tertidur.
2. Masalah Kesehatan
Masalah kesehatan sering mengganggu pola tidur. Orang dengan arthritis
misalnya, berpotensi mengalami insomnia karena nyeri yang dirasakan membuat mereka tidak bisa tertidur. Masalah jantung atau masalah pernapasan juga membuat penderitanya tidak bisa tertidur dengan nyenyak.
Kelenjar tiroid yang terlalu aktif bisa menyebabkan kegelisahan dan
kesulitan tidur. Wanita pada masa menopause juga mungkin mengalami insomnia.
3. Obat dan Alkohol
Obat-obatan dan alkohol berpotensi memicu insomnia. Penyalahgunaan obat
juga bisa menyebabkan gangguan tidur. Namun, tidak hanya obat-obatan terlarang yang menyebabkan masalah tidur, obat yang diresepkan, seperti beta-blocker juga dapat menyebabkan tidur terganggu.
4. Gangguan Lain
Insomnia bisa terjadi karena pasangan yang mendengkur terlalu keras, lingkunan yang bising atau setelah selesai bekerja shift malam. Kerja malam akan menyebabkan gangguan pada jam alami tubuh. Selain itu, insomnia jangka pendek bisa pula disebabkan oleh jet lag.
5. Suasana kamar tidur yang tidak nyaman
Suasana kamar tidur yang tidak nyaman (terlalu dingin atau panas) berpotensi pula memicu insomnia.
Untuk mengatasi asam urat
1. Kurangi jenis makanan yang banyak mengandung purin. Makanan ini
biasanya berupa sumber protein hewani seperti udang, kepiting,
kuning telur, daging sapi, kambing dan babi, ayam, otak dan jeroan. Jika ingin mengonsumsi sumber protein, konsumsilah protein murni seperti putih telur, protein nabati, serta protein yang merupakan sumber asam lemak esensial seperti ikan salmon dan tuna.
2. Perbanyak makan makanan yang bisa melancarkan pencernaan dan proses
sirkulasi, misalnya makanan yang mengandung banyak vitamin, mineral dan serat. Sayur-sayuran segar dan buah adalah kandidat yang baik untuk makanan sehari-hari bagi penderita asam urat.
3. Minum banyak air putih, sekitar 2 liter per hari atau bahkan lebih saat asam urat sedang parah-parahnya. Ini bisa membantu melancarkan aktifitas ginjal dan kandung kemih sehingga makin banyak zat purin yang terbuang dari dalam tubuh.
4. Imbangi diet sehat dengan olahraga untuk semakin melaruntukan dan membuang asam urat dari dalam tubuh. Jika merasa kesakitan, tidak perlu memaksa melakukan olahraga berat; cobalah angkat beban ringan, yoga, jalan kaki atau bersepeda perlahan-lahan, dan lakukan dengan konsisten setiap minggu.

Penyakit rematik atau yang dalam bahasa medisnya disebut rheumatoid arthritis (RA) adalah peradangan sendi kronis yang disebabkan oleh
gangguan autoimun. Gangguan autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap penyusup seperti virus, bakteri, dan jamur, keliru menyerang sel dan jaringan tubuh sendiri. Pada penyakit rematik, sistem imun gagal membedakan jaringan sendiri dengan benda asing, sehingga menyerang jaringan tubuh sendiri, khususnya jaringan sinovium yaitu selaput tipis yang melapisi sendi. Hasilnya dapat menyebabkan sendi bengkak, rusak, nyeri, meradang, kehilangan fungsi dan bahkan cacat. Rematik dapat menyerang hampir semua sendi, tetapi yang paling sering diserang adalah sendi di pergelangan tangan, buku-buku jari, lutut dan engkel kaki. Sendi-sendi lain yang mungkin diserang termasuk sendi di tulang belakang, pinggul, leher, bahu, rahang dan bahkan sambungan antar tulang sangat kecil di telinga bagian dalam. Rematik juga dapat memengaruhi organ tubuh seperti jantung, pembuluh darah, kulit, dan paru- paru.
Serangan rematik biasanya simetris yaitu menyerang sendi yang sama di kedua sisi tubuh, berbeda dengan osteoarthritis yang biasanya terbatas pada salah satu sendi.
Gejala
Gejala rematik bervariasi pada setiap orang. Gejala yang paling umum adalah:
1. Kekakuan sendi di pagi hari.
Kekakuan ini berlangsung selama setidaknya satu jam. (Berbeda dengan kekakuan dari osteoartritis yang biasanya menghilang dalam setengah jam.)
2. Pembengkakan dan nyeri sendi.
Sendi yang mengalami pembengkakan dan nyeri biasanya terasa hangat dan
lembek bila disentuh. Rasa sakit biasanya terjadi pada kedua sendi di sisi kanan dan kiri (simetris) tetapi mungkin tingkat keparahannya berbeda, tergantung sisi mana yang lebih sering digunakan.
3. Nodul (benjolan)
Pada sekitar 20% pasien rematik, peradangan pembuluh darah kecil dapat menyebabkan nodul atau benjolan di bawah kulit yang berukuran sebesar
kacang hijau atau sedikit lebih besar dan seringkali terletak di dekat persendian. Nodul dapat terbentuk di sepanjang perjalanan penyakit.
4. Penumpukancairan
Cairan dapat terakumulasi terutama di pergelangan kaki. Dalam beberapa kasus, kantung sendi belakang lutut mengakumulasi cairan dan membentuk apa yang dikenal sebagai kista Baker. Kista ini terasa seperti tumor dan kadang-kadang memanjang ke bawah ke bagian belakang betis dan menyebabkan
rasa sakit. Namun, Kista Baker juga dapat berkembang pada orang yang tidak memiliki rematik.
5. Gejala seperti flu.
Kelelahan, penurunan berat badan, dan demam dapat menyertai awal penyakit rematik. Beberapa orang merasakannya seperti gejala pilek atau flu. Bedanya, gejala rematik bisa berlangsung selama bertahun-tahun. Cara mengatasinya :
a. Kompres es bisa menurunkan ambang nyeri dan mengurangi fungsi enzim, konsumsi banyak jenis sayuran yang bisa dikonsumsi penderita rematik, misalnya jus seledarii, kubis atau wortel yang bisa mengurangi gejala rematik. Beberapa jenis herbal juga bisa membantu melawan nyeri rematik, misalnya jahe dan
kunyit, biji seledarii, daun lidah buaya, rosemary, aroma terapi, atau
minyak juniper yang bisa menghilangkan bengkak pada sendi.
b. Menjaga berat badan ideal adalah salah satu langkah bijaksana untuk
mengurangi nyeri di sendi lutut. Setiap kelebihan berat badan membebani sendi lutut serta panggul, dan menambah rasa nyeri karena rematik. Selain itu bobot tubuh berlebih memperbesar risiko asam urat.
c. Olahraga ringan seperti jalan kaki bermanfaat untuk penderita rematik karena asam urat. Ini karena jalan kaki membakar kalori, memperkuat otot dan membangun tulang yang kuat tanpa mengganggu persendian yang sakit.

d. Konsultasi ke dokter untuk pemberian obat-obatan


Q : Bunda dokter saya mau bertanya, kadang-kadang saya mengalami sembelit sampe 5 hari ga BAB, padahal kebutuhan airnya cukup dan kadang juga makan buah, akhirnya sya minum v****a herbal, tapi ko jadi keterusan gtu ato ga makan yg pedes banget biar bisa keluar. Apa dampaknya klo kita terus-terusan minum minuman semacam itu bun ?
A : Minuman berserat boleh dikonsumsi, perhatikan aturan pakai. Tetapi sumber-sumber serat alami terbaik tetap berasal dari real foods, yaitu buah-buahan berserat tinggi, sayuran hijau, dan berbagai makanan yang
berbasis gandum dan biji-bijian utuh. Makanan/minuman tambahan baik untuk kesehatan selama digunakan secara bijak dan terbatas, tetapi nutrisi dari real foods tetap di atas semuanya.
Cara mengatasi konstipasi
1. Diet
Penting untuk mengatasi konstipasi terutama pada golongan usia lanjut. Diet yang mengandung banyak serat, dapat meningkatkan massa dan berat feses serta mempersingkat waktu transit di usus. Untuk mendukung manfaat serat ini, diharapkan cukup asupan cairan sekitar 6-8 gelas sehari, bila tidak ada kontraindikasi untuk asupan cairan.
2. Olahraga
Cukup aktivitas atau mobilitas dan olahraga membantu mengatasi konstipasi jalan kaki atau lari-lari kecil yang dilakukan sesuai dengan umur dan kemampuan pasien, akan menggiatkan sirkulasi dan perut untuk memeperkuat otot-otot dinding perut, terutama pada penderita dengan atoni pada otot perut.
3. Minum air putih 8-10 gelas/ hari
4. Pengobatan farmakologis
Jika langkah diatas kurang berhasil.

Q : Bun saya pernah baca resep tradisional membantu mengobati sembelit, pake wortel ato daun pandan, emang bisa ya bun? (Ditumbuk / diparut trus di peras airnya). Satu lagi bun apa kebanyakan duduk bisa berpeluang mengalami konstipasi ?
A : Pada wortel seratnya berada pada buahnya bukan airnya... klo minum airnya saja kurang klo untuk mengatasi sembelit.
Q : Asslamualaikum, bundaa mau tanyaa. Pas aku awal awal masuk asrama aku sering sembelit, malah ada  temen aku dia sembelit sampe 2 minggu. Faktornya kenapa ya bun?? Apa belum adaptasi apa bagaimana?? Makasih
A : Kebanyakan duduk memang berpeluang sembelit karena pada posisi duduk yg lama usus tidak bisa bekerja dengan baik, karena bila diharuskan duduk lama selingi dengan berdiri. Sembelit juga bisa karena faktor psikologis. Termasuk ketika pada daerah yg asing. Karena merasa tidak nyaman membuat stres. Emosi yang tidak stabil dapat membuat usus menjadi kejang, cairan fases pada kasus ini akan diserap kembali oleh usus besar sehingga membuat fases menjadi semakin keras, hal ini lah yang menyebabkan sembelit dapat menjadi parah.


Q : Bund . Bagaimana mengatasi perut yg sering kembung...
A : Mengatasi perut kembung :
1. Minum 8-10 gelas air setiap hari. Air membantu mengurangi gas di perut dan menekan asam lambung. Dengan minum
satu hingga dua liter air per harinya untuk membantu tubuh terhidrasi dengan baik. Air akan membantu mengeluarkan kotoran yang menyebabkan perut kembung yang berada dalam tubuh.
2. Mengkonsumsi 25 Hingga 35 gram Serat setiap Hari
Sembelit kerap kali membuat kita merasa kembung dan merasa kenyang oleh karena itu guna mengurangi rasa kembung dan juga meningkatkan kesehatan usus, konsumsilah makanan yang mengandung banyak serat. Biji rami, wortel, jeruk, dan barley termasuk dalam makanan yang mengandung serat mudah larut. Sedangkan sayuran berdaun hijau gelap, bayam, kale, kacang-kacangan serta biji-bijan termasuk dalam serat yang tidak mudah larut.
3. Ketika perut kembung jangan mengunyah permen karet
Mengunyah permen karet membuat Anda menelan gelembung udara dalam jumlah yang lebih banyak sehingga menimbulkan perasaan kembung. Daripada mengunyah permen karet, ubah kebiasaan tersebut dengan mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk pencernaan seperti yoghurt.
4. Hindari minum dengan sedotan karena akan banyak membawa udara masuk dalam perut
5. Kurangi Asupan Garam dalam Tubuh
Kurangi asupan makanan yang mengandung kadar garam tinggi untuk mengurangi resiko perut kembung. Garam membuat sel-sel dalam tubuh menahan kandungan air yang dapat berkontribusi menyebabkan perut kembung.
6. Kenali Makanan yang Sensitif bagi Tubuh Anda.
Beberapa orang kadang memiliki reaksi berbeda terhadap makanan tertentu, sehingga ada baiknya seseorang mengenali makanan apa saja yang bisa membuat gejala menjadi lebih buruk atau baik. Anda juga bisa melakukan tes alergi makanan yang biasa dikonsumsi
7. Porsi Makan yang
Lebih Kecil.
Dibandingkan memakan tiga porsi besar makanan
dalam satu hari, makanlah lima porsi kecil makanan setiap harinya. Dengan begitu tubuh mendapatkan waktu untuk mengekstraksi makanan dan memanfaatkan semua nutrisi yang terkandung pada makanan dengan lebih baik.
8. Makan makanan yang dapat meredakan kembung
Makanan yang dapat meredakan kembung antara lain adalah daun
peppermint, air lemon, nanas, pepaya, jus lidah
buaya, seledri, gandum utuh, kacang-kacangan
yang tidak menggunakan garam, dan yogurt.

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....
Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamu'alaikum...