TAFSIR IBNU KATSIR - SURAT AN-NAAS (MANUSIA)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, February 3, 2015

Kajian Online WA Hamba  اَللّٰه Ta'ala
Link Bunda

Hari / Tanggal : Selasa, 27 Januari 2015
                                     03 Februari 2015
Narasumber : Ustadz Doli D Sanusi
Tema : Tafsir
Notulen : Ana Trienta

Assalamaualaikumww, Alhamdulillah, Semoga kita semua selalu bersemangat dan terus haus akan ilmu. Pagi ini saya akan share sebuah contoh ringkasan tafsir yang paling banyak menjadi rujukan kaum muslimin sejak dulu, yaitu tafsir ibnu katsir. Pagi ini kita akan coba sama sama membaca tafsir dari satu surat paling belakang yang semua kita in sya Allah hafal, yaitu surat ke 114, surat Annas. Silakan bunda sekalian simak, dan silakan ajukan pertanyaan, kali ini fokus pada materi. Tidak terima pertanyaan di luar apa yang dijelaskan oleh materi

Tafsir Ibnu Katsir; Surah An-Naas (Manusia)
Surat Makkiyyah; surat ke 114: 6 ayat
Katakanlah: “Aku berlidung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia. Dari (golongan) jin dan manusia. (An-Naas: 1-6)
Inilah tiga dari sifat-sifat Rabb, yaitu Rububiyyah, Raja, dan Ilahiyyah. Dimana Dia adalah pemelihara segala sesuatu sekaligus sebagai Raja dan Rabb-nya. Dengan demikian, segala sesuatu yang ada ini adalah makhluk ciptaan-Nya, hamba sekaligus abdi-Nya. Oleh karena itu Dia memerintahkan kepada semua yang hendak memohon perlindungan agar berlindung kepada Dzat yang memiliki ketiga sifat di atas, dari kejahatan bisikan syaitan khannas, yaitu syaitan yang ditugaskan untuk menggoda manusia, karena tidak ada seorangpun keturunan Adam melainkan dia memiliki satu teman yang akan senantiasa menjadikan segala perbuatan keji itu indah dipandang dan dia tidak akan mengenal kata lelah dalam menjalankannya. Dan orang yang terlindungi adalah orang yang mendapat perlindungan Allah.

Diriwayatkan oleh Muslim dalam kitab Shifatul Qiyaamah, dan Imam Ahmad di dalam kitab Musnad-nya, bahwa Rasulullah saw. bersabda: “Tidak seorangpun di antara kalian melainkan telah diutus kepadanya pendampingnya.” Para Shahabat bertanya: “Termasuk juga engkau, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Ya, hanya saja Allah membantuku dalam menyikapinya sehingga ia masuk Islam, karenanya ia tidak menyuruhku kecuali hal yang baik-baik.”

Dan ditegaskan pula dalam kitab ash-Shahihain, dari Anas tentang kisah kunjungan yang dilakukan oleh Shafiyyah kepada Nabi saw. yang ketika itu beliau tengah beri’tikaf. Juga kepergian beliau bersamanya pada malam hari untuk mengantarnya pulang. Kemudian beliau berpapasan dengan dua orang laki-laki dari kaum Anshar. Ketika melihat Nabi saw. keduanya mempercepat jalannya, maka Rasulullah bersabda: “Berjalanlah seperti biasa, karena sesungguhnya dia adalah Shafiyyah binti Huyay.” Kemudian keduanya berkata: “Maha Suci Allah, wahai Rasulallah.” Beliaupun bersabda: “Sesungguhnya syaitan itu mengalir dalam tubuh anak Adam seperti aliran darah. Dan sesungguhnya aku khawatir dia akan memasukkan sesuatu ke dalam hati kalian berdua -atau beliau mengatakan: ‘Kejahatan.’”

Imam Ahmad meriwayatkan, Muhammad bin Ja’far memberitahu kami, dari orang yang pernah membonceng Rasulullah saw. dia berkata: “Keledai Nabi pernah terpeleset, lalu kukatakan: ‘Celaka Syaitan’. Maka Nabi saw bersabda: ‘Janganlah engkau mengatakan: ‘Celakalah syaitan’, karena sesungguhnya jika engkau mengucapkannhya, niscaya dia akan bertambah besar dan mengatakan: ‘Dengan kekuatanku aku akan menjatuhkannya.’ Dan jika engkau mengucapkan ‘bismillaah (dengan menyebut nama Allah)’, niscaya dia akan merasa bertambah kecil sehingga ia menjadi seperti lalat.’” Diriwayatkan oleh Imam Ahmad seorang diri, dengan sanad yang jayyid dan kuat. Dan di dalamnya terkandung dalil yang menunjukkan bahwa hati jika berdzikir kepada Allah, niscaya syaitan akan merasa bertambah kecil dan kalah. Dan jika ia tidak berdzikir kepada Allah, niscaya syaitan akan merasa bertambah besar dan menang.

Mengenai firman Allah Ta’ala..alwaswaasil khonnaas..”syaitan yang biasa bersembunyi,” Sa’id bin Jubair mengatakan dari Ibnu ‘Abbas: “Yaitu syaitan yang selalu bercokol di dalam hati manusia, dimana jika manusia lengah dan lalai, maka ia akan memberikan bisikan, dan jika manusia berdzikir kepada Allah maka syaitan itu akan bersembunyi.”

Firman Allah Ta’ala… alladzii yuwaswisu fii shuduurin naas (..yang membisikkan [kejahatan] ke dalam dada manusia). Apakah yang demikian itu khusus pada anak Adam saja sebagaimana yang tampak pada lahiriyahnya, ataukah mencakup anak Adam dan juga Jin? Mengenai hal ini ada dua pendapat. Di mana mereka semua telah masuk ke dalam lafazh an-naas. Ibnu Jarir mengatakan: “Dan tidak jarang jin laki-laki dipekerjakan oleh manusia. Oleh karena itu, bukan suatu hal yang aneh jika jin-jin itu disebut dengan sebutan an-naas (manusia)”.

Firman Allah Ta’ala…minal jinnati wan naas…(dari jin dan manusia..). Apakah yang demikian itu sebagai penjelasan bagi firman Allah Ta’ala:…alladzii yuwaswisu fii shuduurin naas (yang membisikkan [kejahatan] ke dalam dada manusia). Kemudian Dia memperjelas mereka, di mana Dia berfirman: “Dari jin dan manusia”. Yang demikian itu memperkuat pendapat kedua.

Ada juga yang berpendapat bahwa firman-Nya: …minal jin nati wan naas..(dari jin dan manusia). Sebagai tafsiran bagi pihak yang selalu memberi bisikan ke dalam dada manusia yang terdiri dari syaitan, manusia dan jin. Sebagaimana difirmankan oleh Allah Ta’ala:
“Dan Demikianlah kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu syaitan-syaitan (dari jenis) manusia dan (dan jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia)” (al-An’am: 112).
Imam Ahmad meriwayatkan, Waki’ memberitahukan kami dari Ibnu ‘Abbas, dia berkata: “Ada seseorang datang kepada Nabi saw. seraya berkata: ‘Wahai Rasulallah, sesungguhnya telah terbersit di dalam diriku sesuatu, dimana jatuh dari langit lebih aku sukai daripada harus membicarakannya.’” Lebih lanjut ia menceritakan: “Lalu Nabi saw. bersabda: ‘Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, segala puji hanya bagi Allah yang telah mengembalikan tipu dayanya kepada godaan.’” Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan an-Nasa-i.
Wallahualam

TANYA JAWAB


Pertanyaan M01

1. Ustadz, bagaimana caranya kita menghilangkan setan yang mungkin berdiam dalam hati? adalah sifat manusiawi manakala ada rasa dengki, iri, tamak, sombong.
Jawab
Menghilangkan sama sekali bisikan bisikan, syahwat, nafsu, tidak mungkin, namun Allah SWT jelas memberi kepada kita satu jalan yaitu memohon perlindungan dari godaan syetan kepada Allah SWT saja. Tidak kepada yang lain. Dalam teknisnya, dalam hadits hadits nabi SAW dijelaskan bahwa kita taawudz atau membaca bacaan bacaan tertentu, dalam rangka minta perlindungan syetan, sebelum shalat, sebelum makan, mau masuk kamar mandi, mau tidur, bangun tidur dst. Selain itu juga sunnah mulia yang juga harus kita biasakan adalah dzikir pagi petang, yang banyak diantara dzikir dzikir itu adalah meminta pertolongan agar dilindungi dari gangguan setan. Salah satu ayat quran yang disunnahkan dibaca diantaranya adalah Annas :-D Kita pun diharapkan mampu memaksa jiwa kita dalam ketaatan sehingga jiwa kita kuat, sensitif thd dosa, selalu berusaha memasukan niat di hati kita untutk ikhlas pada Allah, sehingga benar benar sempit jalan setan untuk bisa sukses menggoda. Seandainyapun jatuh, maka cepat istighfar dan memperbaiki diri. wallahualam


2. Ada seorang remaja ketika tidur dibangunkan sulit sekali, apakah di dalamya ada jin ya tadz, sampe heran orang disekitarnya kok bangunnya sulit sekali, padahal juga gak begadang..
Jawab
Wah jadi inget anak saya nih he he.... susah dibangunin juga, ya memang kita harus sabar sama anak anak kita dibiasakan dzikir sebelum tidur, dan saat bangun tidur, dibangunkan saat menjelang subuh. Saya mengajak anak yang laki laki shalat subuh sejak mereka 6, 7 tahun. Sampai usia dia sekarang 14 tahun, ya masih juga dibangunkan, walaupun kadang saya bangunkan agak awal biar minimal dia witir, jam 3 atau 3:30. Hafalannya banyak tapi kalau subuh gak dibangunin suka lewat...:-D

Pertanyaan M03

1. Assalammu'alaikum, afwan mau tanya, disana dikatakan yang membisikan dalam dada manusia dari golongan jin dan manusia. Dan dijelaskan di atas kalau jin laki-lak dipekerjakan oleh manusia sehngga disebut nass - manusia. Jadi itu menggnakan sihir atau bagaimana? kalau bsikannya baik itu tetap salahkah? nah kalau di dalam diri kita ada yang membisikan yang jelek dan baik yang jelek tentu syetan atau jin kafir. Nah kalau yang bagus menyuruh shalat dll itu termasuk bisikan jin atau malaikat? karena pernah jadi yang di ruqyah ada jin muslimnya jadi suka bisikin yang baik-baik dan dia kira bisikan itu malaikat. Nah itu gimana kalau turutin? dosakah? bagaimana cara membedakan bisikan jin muslim dan malaikt? makasih ustadz
Jawab
Pertama yang selalu menjadi pegangan kita adalah syariat, inilah yang memilah amal kita apakah amal baik atau buruk. Apakah haram atau halal. Apakah sunnah atau bidah dst. Kedua, walaupun katakanlah bahwa apa yang dibisikan melalui perasaan ataupun mimpi adalah amal sholih, namun pijakan niat kita dalam beramal adalah karena TAAT pada ALLAH, Menggapai Ridho ALLAH, karena ingin pahala berupa syurga dari Allah... bukan karena bisikan, mimpi dsbnya. Ada mimpi ketemu almarhum ayah menyuruh kita shalat 5 waktu yang baik, nah jangan kita kemudian shalat karena mimpi tsb, namun kuasai hati dan niatkan karena memang diperintah oleh Allah SWT, dengan cara cara seperti yang dicontohkan nabi SAW. Ketiga, kita tidak bisa membedakan apakah jin itu muslim atau kafir, atau ada satu, dua tiga dst, karena kita tak bisa melihat mereka dalam bentuk aslinya. Mereka bisa saja bohong, dan setan memang tukang bohong, seta memiliki tujuan menyesatkan kita. wallahualam


2. Saya sering sekali setelah wudhu rasanya mau maaf buang angin padahal sebelum wudhu tidak jadi kadang saya tahan dan kadang saya beberapa kali harus ulang wudhu begitu juga kalau lagi sholat kalau sendirian sering lupa jumlah rakaat. Kalau berjamaah sering melamun atau mikirin yang lain.. Apa itu juga setan ya? apa yang harus kita lakukan?
Jawab
Ketika mohon perlindungan pada Allah dari godaan setan, bersungguh sungguhlah, tanamkan dalam hati bahwa hanya Allah yang sanggup membantu kita. Dan yakinlah bahwa tipu daya setan itu lemah, bukan karena kita kuat, namun Allah yang bilang begitu dalam al quran. Rutinlah berdzikir pagi petang, beli bukunya, boleh matsurat yang ada keterangan haditsnya atau kumpulan dzikir ustadz yazid jawaz. Pilih dzikir yang disukai, terutama yang minta perlindungan dari setan, pahami maknanya, imani dengan sungguh sungguh. Kalau sudah yakin wudhu, kemudian ragu apakah batal atau tidak maka secara fiqh tidak batal karena tidak bisa keyakinan dikalahkan oleh keraguan. wallahualam

3. Apakah saat kita mau beribadah kepada Allah misalnya mau Qiyamulail terasa sangat berat. Terkadang serasa seluruh tubuh sakit enaknya berbaring terus, sesekali kita lawan akhirnya bangun. Setelah bangun minum sakit itu ilang. Apakah sakit merupakan salah satu upaya Setan melarang kita beribadah kepada Allah?
Jawab
Bisa jadi. Dan cerita begini bukan hanya sekali ini saya dengar :-D
bahkan seorang akhwat  pernah sampai ditahan secara fisik, jadi lemah. Namun suaminya shalat malam dengan suara keras sampai akhirnya isterinya bisa bangun lagi dan masbuk pada suaminya.

Pertanyaan M04

1. "...alwaswaasil khonas" berarti tiap-tiap manusia, yang ahli ibadahpun selalu diikuti oleh syaitan yang bersembunyi di dalam hatinya?
Jawab
Ya betul, selalu saja kita digoda oleh anak buah iblis ini

2. Dia adalah pemelihara segala sesuatu kejadian sepeti tanah longsor, tsunami dan bencana lainnya yang mengakibatkan kerusakan, apakah karena Allah murka dengan tingkah laku manusia ustadz?
Jawab
Pertama : Seluruh kejadian apapun itu terjadi atas izin Allah SWT, bukan berarti Allah Ridha dangan semua hal yang terjadi. Kedua : Ada musibah yang murni karena kelalaian manusia, hutan ditebang habis, tanami kelapa sawit..ya mata air jelas berkurang, maka terjadi kekeringan. hutan di gungung dihabisi, tak ada lagi penahan dan penyerapa air, maka ketika musim hujan ya bisa longsor dst. Ketiga : Allah bisa saja mengadzab suatu kaum karena dosa dosa, inilah makanya ketika terjadi gempa di iraq dizaman sahabat, maka ibnu masud langsung bereaksi, "Apa dosa kita, sehingga terjadi gempa?" Dan memang ada ayat ayat dan hadits yang menjelaskan bahwa maksiat jika sudah merata maka akan mengundang adzab, terlebih jika tak ada yang mau memperbaiki keadaan dengan dakwah

3. Ibu saya mempunyai penyakit asma, beliau ikut senam pernafasan satria nusantara, dan sembuh. Satria nusantara untuk kelompok tenaga dalam. Jadi ksembuhan yang diberikan mungkin ada peran jin. Apa memang jin bisa beri kesembuhan? Ato bagaimana tenaga dalam itu.
#Maksud saya ada yang bilang SN itu kelompok tenaga dalam. Ibu saya nda pernah bilang itu kelompk tenaga dalam yang dia tau itu olah raga
Jawab
Sebaiknya bela diri dengan tenaga dalam, apapun judulnya, harus dijauhi. Buat ibu, mungkin saja sembuh karena olah pernafasan, olah raganya dst. Namun sebaiknya segera dijauhi, ambil saja olah raga lain yang jelas aman, senam misalnya, berenang di kolam akhwat...juga baik utk penderita asma. Minum susu kambing juga baik. wallahualam

Pertanyaan M05

1. Beberapa hari yang lalu, saya melakukan istikhoroh kemudian saat tafakkur ada petunjuk dari Alloh, seperti ada gambaran jawaban dari permasalahan yang saya hadapi. Pertanyaannya: apa mungkin gambaran yang muncul itu adalah tipu daya syetan yang akan menyesatkan saya, padahal ketika itu saya dalam keadaan bersuci, berdzikir & berserah diri pada Alloh
Jawab
Sebelum menjawab saya share ni salah satu tulisan berbobot namun mudah dipahami dari salah seorang penasehat kita di HA, Ustadz Abdullah Haidir Lc tentang istikharah, agar kita benar benar paham tentang istikharah.
Misalnya bahwa sebelum istikharah kita selayaknya sudah mempelajari pilihan yang ada, dan sudah cenderung pada satu pilihan karena secara manusiawi, secara akal kita pilihan itu lebih baik. Nah tinggal istikharah untuk memantapkan. Yang jelas kita tak boleh memilih sesuatu yang bertentangan dengan syariat, inilah pegangan kita dan ini adalah bab akal dan ilmu kita untuk mengenyampingkan pilihan pilihan yang buruk menurut syariat. Silakan di pahami link di atas.


2. Assalamualaikum wr wb, ada seorang teman semalam curhat "punya masalah tentang keluarga di mertuanya telah mengabdi pada syetan, maksudnya mereka katanya cari pesugihan salah satu anggota keluarganya (adik ipar) terikat perjanjian setan dan akan minta korban dari salah satu keluarganya, setiap hari ada keluarga yang kesurupan bilang kalu suruhan terus yang di tanyakan bagaimana cara mengatasinya supaya tidak terjadi korban sebelum terjadi, teman saya takut pingin keluar dari anggota keluarga istri tapi itu tidak mungkin karna udah terlanjur terikat suami istri,, minta solusinya ustadz ,,syukron
Jawab
Obat atau terapi atau cara menghindar, melindungi dari gangguan setan yang paling ampuh adalah benar benar mempelajari aqidah yang selamat, akidah yang kokoh Kemudian melaksanakan ibadah - ibadah asasi, shalat, puasa, zakat, haji dengan sebaik baiknya. Berteman dengan orang - orang shalih. Menjauhi benda benda yang menyebabkan malaikat rahmat tidak mau masuk rumah kita. Patung, anjing, musik haram, lukisan makhluk hidup sebaliknya hiasi rumah kita dengan bacaan quran dan shalat shalat sunnah.. Dzikir pagi petang. wallahualam


3. Di daerah saya biasanya kalau punya acara pas lagi musim hujan mesti minta bantuan pawang hujan untuk mengalihkan hujan. Apa benar hal begitu minta bantuan jin untuk mengalihkannya?
Jawab
Yang jelas hujan diturunkan dimana dan kapan, kapasitasnya berapa adalah dibawah kekuasaan Allah SWT. Saya tak mau terjebak dengan istilah pawang hujan. Kalau yang dikerjakan oleh dia adalah misalnya shalat dua rakaat, kemudian dia khusyu berdoa pada Allah agar tidak hujan pada saat acara, kemudian menyerahkan urusan pada Allah, dan ketika ternyata hujan tetap menjaga adab pada Allah, menjaga husnudhzon pada Allah. ya tak mengapa.Namun jika dia kemudian memakai sesajen, jemur bawang, cabe, nyembelih ayam hitam. Ada ritual tertentu yang tidak dikenal sunnah..kemudian niatnya minta bayaran pula. Wah yang kedua ini jelas haram, dekat pada kesyirikan, baik yang memanggil dia ataupun yang melakukan yang percaya, wajib bertaubat dengan sungguh sungguh.

Pertanyaan M06


1. Setan dari gol manusia contohnya seperti apa? Cara menghindarinya bagaimana?

Jawab
Dalam tafsir fii zhilalil quran tulisan sayyid qutbh, beliau menjelaskan hal ini dengan sangat baik, nah ini saya share disini ya tulisannya. Dan ini link tafsir fii zhilalil quran karya sayyid qutbh, di penjara, seperti hamka menulis tafsirnya juga saat di penjara.

2. Setiap manusia memiliki teman (qorin) dari gol jin. Bisa tolong dijelaskan ustad maksudnya. Setelah meninggal benarkah qorin itu yang suka iseng menampakkan diri sebagai orang yang sudah meninggal?
Jawab
Sangat bisa, dan bisa juga jin lain alias setan lain yang ingin merusak aqidah ummat
3. Ustadz, yang membisikkan ke dalam dada manusia ada yang berbentuk, syaithan, jin, dan manusia. Apakah bedanya jin dan syaithan? Dan mengapa jin/syaithan bisa merasuk ke dalam manusia (istilahnya, kesurupan) bahkan bersemayam di dalam tubuh dan tidak mau keluar-keluar, apakah yang menyebabkan hal tsb, Ustadz?
Jawab
Kata setan/syetan/syaithon adalah kata sifat dari semua sifat buruk, tercela, khobits, keji dan jahat. Inilah mengapa setan itu tidak hanya berasal dari golongan jin tetapi juga berasal dari golongan manusia yang mempunyai sifat-sifat tersebut.

4. Adakalanya kita futur dalam melakukan keistiqomahan beribadah, apakah memang hati kita itu telah tertutup oleh syaitan? Karena diperlukan usaha yang kuat untuk melawannya. Maksudnya, apakah itu tanda-tanda hati sudah tertutup dengan adanya syaitan?
Jawab
Lihat misalnya di al Anfaal 29. Dijelaskan disana bahwa orang mukmin dan bertaqwa itu bukan berarti tidak jatuh dalam dosa, Namun dia segera sadar dan bertaubat kemudian memperbaiki diri. Setiap kita pasti pernah futur, setiap kita pasti pernah jatuh dalam dosa selain Nabi SAW semua kita pasti berdosa. Namun Allah Maha pengampun, apapun dosa kita,selagi kita mau bertaubat pasti diampuni. Agar kita tak berlama lama futur, maka kita harus memiliki ibadah yaumian, harian yang tetap, walau sedikit namun harus terlaksana...jangan sampai lewat. Kemudian kitapun harus memiliki teman teman terbaik yang sholih, sehingga jika kita terpelset akan selalu diingatkan, teman yang baik itu yang sama sama saling menjaga agar selalu taat pada Allah.

Pertanyaan M07


1. Pak ustadz, apakah jin itu benar-benar bisa menguasai manusia?
Jawab
Kalau yang dimaksud kesurupan, ya, kami pernah juga menghadapi yang seperti ini, dan memang manusia ini dikuasai setan, dalam artian gerakan, bicara semua dikendalikan oleh jin yang merasukinya. Kalau yang dimaksud dikuasai adalah menjadi jahat, maka benar juga. Kita lihat bagaimana jika manusia sudah berhasil dikuasai oleh jin, setan. akal sehatnya hilang. Kebencian mereka pada al haq atau islam menjadikan mereka seakan tak berakal, walau kebenaran sudah jelas, tetap saja tak mau tunduk, malah semakin memusuhi dan memerangi.

2. Ustadz, apa orang yang sedang sakaratul maut banyak dikelilingi syaithon? Jika betul,adakah dalilnya yang shohih?
Jawab
Dalam hadits muslim dijelaskan bahwa setan selalu mendatangi manusia dalam setiap urusannya dalam rangka menyesatkan manusia, dan menyeret mereka ke dalam neraka. Imam qurtubhi menjelaskan bahwa para ulama menceritakan bahwa setan mendatangi manusia pada detik detik ajalnya dalam bentuk ibu atau bapaknya, teman dekat dll kemudian mengajak ke agama yahudi atau nashrani ( tadzkirah al qurthubi ). Berita yang paling masyhur adalah ketika Imam Ahmad dalam keadaan sakaratul maut, beliau tiba tiba berisyarat dengan tanganya sambil menjawab, TIDAK TIDAK, Menjauh menjauh. Anaknya bertanya, ada apa ayah? Sesungguhnya setan berdiri disampingku  sambil menggigit jari dan mengatakan Wahai Ahmad aku tak sanggup menggodamu. Setan menggoda imam ahmad agar ujub terhadap kesalehannya. Banyak kisah seperti ini. Dan yang nampak nyata bagi kita adalah saat sakit keras, dan dokter sudah angkat tangan (bahkan sebelum itu) berdatanganlah bisikan bisikan pengobatan alternatif dari saudara, teman, guru, dlsbnya, padahal mengandung kesyirikan. Disinilah pentingnya kita memilii isteri, suami, anak anak yang aqidahnya kokoh, sehingga bisa membantu kita di saat saat akhir, menolak sekuat tenaga dan jiwa hal seperti ini. Kematian jauh lebih baik daripada jatuh dalam syirik...naudzubillah

Pertanyaan M08

1. Allah menciptakan jin dan manusia, apakah tangung jawab kita sama dihadapan Allah? Artinya nanti ada Jin dan manusia yang taat / berdosa dan masing-masing akan dimasukkan syurga/ neraka yang sama/ berbeda? Apakah makhluk jin bisa mati seperti halnya manusia? Kalau tidak, alangkah penuhnya dunia ini dengan jin yang selalu terus berkembang biak tapi tak ada yang mati? Bisakah manusia melihat jin? Manusia bisa takut kepada jin karena tidak bisa dilihat, apakah jin juga bisa takut terhadap manusia? Apakah jika manusia sedang berbuat/ melakukan kejahatan maka saat itu dia menjadi syaitan?
Jawab
Jin ada yang masuk syurga dan neraka dijelaskan dalam riwayat. Apakah syurga dan neraka yang sama? wah saya tidak tahu dan tak terlalu pengen tahu juga :-D, namun dalam al quran dijelaskan bahwa ada percakapan antara manusia dan setan dalam neraka. Intinya adalah kita tidak bisa berkata kata, menyimpulkan sesuatu yang ghaib seperti ini tanpa dalil, penjelasan dari Nabi SAW atau Al Quran. Kita tidak tahu juga apakah dunia ini penuh dengan jin atau tidak? boleh saja mereka umurnya ribuan tahun, namun jarang punya anak? Ini kan logika, namun kita tak pernah bicara logika tanpa adanya penjelasan yang shahih dari nabi SAW.nManusia tidak bisa melihat jin. Yang ada adalah jin tersebut yang menampakan dirinya dalam bentuk lain pada manusia itu. Jika ada yang mengaku ngaku bisa melihat jin kapan saja dia mau, maka ada 3 kemungkinan.
1. Dia pendusta
2. Dia bekerja sama dengan jin (dukun, paranormal dll)
3. Dia sedang diganggu jin, dengan tujuan menyesatkannya.

يَا بَنِي آدَمَ لاَ يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُم مِّنَ الْجَنَّةِ يَنزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْءَاتِهِمَا إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لاَ تَرَوْنَهُمْ إِنَّا جَعَلْنَا الشَّيَاطِينَ أَوْلِيَاء لِلَّذِينَ لاَ يُؤْمِنُونَ“


Wahai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh setan, sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu-bapakmu dari surga; ia menanggalkan pakaiannya dari keduanya untuk memperlihatkan–kepada keduanya–‘auratnya. Sesungguhnya, ia (iblis/setan) dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang (di sana) kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya, Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman.” (Qs. Al-A’raf:27)

Tegas Allah menjelaskan bahwa manusia tidak bisa melihat jin. Ya sebaiknya kita gak perlu takut pada jin, namun kita tunduk dan taat pada Allah, kemudian bersungguh sungguh memohon pada Allah agar dilindungi dari mereka.

Pertanyaan M09

1. "Tidak seorang pun keturunan Adam dia memiliki satu teman yang akan senantiasa membuat kita memandang perbuatan keji menjadi indah" Apakah maksudnya dalam diri setiap manusia ada 'khadam' yang 'menempel' padanya? Bila si anak adam meninggal kemanakah 'sang khadam'?.. apakah meninggal juga?
Jawab
Yang dimaksud disini dalam hadits adalah jin yang disebut qarin, jin pun memiliki ajal, namun usia jin bisa panjang sekali jauh melampaui usia manusia. Jika manusianya mati, ya jin qarin itu jika memang belum ajalnya ya hidup terus, dan bisa saja menggoda manusia lain atau keluarga yang mati. Dan seperti keterangan nabi SAW maka qarin ini juga menggoda manusia yang didampinginya.
wallahualam

2. Ustadz, apakah yang tertulis di artikel ini benar secara islam? hijabul crewz: [GEMPAR] Kewujudan Makhluk Bersayap Sebelum Jin & Manusia di Bumi? - http://hijabulcrewz.blogspot.com/2013/09/gempar-kewujudan-makhluk-bersayap.html?m=1
Jawab
Wallahualam, jika ada berita shahih dari nabi SAW barulah kita percaya kalau tidak ya, lebih baik diam saja.

3. Afwan ustad, apa makna dari "terbersit di dalam diriku sesuatu, dimana jatuh dari langit lebih aku sukai daripada harus membicarakannya"...jazakallahu khoir.
Jawab
Maknanya adalah setan membisikan kepada sahabat tersebut untuk mengatakan hal yang buruk, mungkin ghibah atau namimah, namun beliau sanggup melawannya sehingga tak melakukannya bahkan membenci dosa tersebut....


4. Kalo manusianya mati qarinnya tidak mati, ada kemungkinan di masa depan atau masa sekarang 1 manusia lebih dari satu qarin? Godaannya makin berat dong ustadz? Lalu apakah betul semakin tinggi ilmu agama maka setan penggodanya makin tinggi juga kemampuan menggodanya?
Jawab
Inipun masalah ghaib, tanpa penjelasan dari nabi saw, kita tak bisa menjelaskan. Yang dijelaskan oleh nabi saw adalah ada satu qarin. Namun setan ada disetiap waktu dan saat, itu jelas bukankah kita diminta berlindung pada Allah dari setan, saat mau makan, saat shalat, saat masuk kamar mandi, saat mau tidur, saat mau jima, saat mau perjalanan dlsbnya. Ini membuktikan bahwa setan selalu mencari waktu dimana kita lalai berdzikir dari Allah...setiap saat dan waktu.

Pertanyaan M10

1. Bagaimana caranya menyikapi tentang perbuatan syirik itu dan bagaimana perbuatan syirik itu sendiri kita bisa hindari?
Jawab
Asysyirk... syirik adalah perbuatan dosa yang tak akan diampuni oleh Allah SWT jika pelakunya tak sempat bertaubat sebelum mati. Bagaimana cara mengetahui apakah perbuatan, pemahaman itu termasuk syirik atau bukan? Caranya adalah dengan belajar islam secara baik, belajar aqidah islam yang selamat. Ikutlah pada kajian kajian keislaman dengan nara sumber terpercaya yang memiliki kajian yang memiliki kurikulum. Bacalah buku buku tulisan ulama ulama terpercaya, coba bunda miliki kitab kitab seperti riyadush shalihin, syarah hadits arbain nawawiyah, fiqh sunnah, sirah nabawiyah, fatwa muashirah. Ada juga dzikir pagi petang dimana kita mohon ampun pada Allah dari dosa syirik baik yang kita ketahui maupun yang tidak kita ketahui, silakan rujuk ke kitab dzikir al matsurat hasan al banna, atau dzikir pagi dan petang ustadz yazid...

2. Ustadz, bagaimana hukum orang yang suka dateng ke tempat paranormal (tapi katanya seorang ustadz), orang yang datang tau ilmu agama, dia berdalih bahwa yang penting ustadz/paranormal yang didatengin itu solat, puasa dan tidak memakai kemenyan?
Jawab
Salah satu ciri paling kental dari dukun, kahin yang haram didatangi adalah ketika dia mengakui tahu masalah ghaib. Ini saja, kalau dia seperti ini, maka tinggalkan dia dukun dan haram didatangi haram dipercaya.

Pertanyaan M11

1. Assalamualaikum ustad. Bagaimana dengan dibulan puasa, apakah syeitan masih bisa menggoda manusia? Syukron katsiira ustadz.
Jawab
Bisa, dia sulit menggoda mukmin karena setiap mukmin akan meningkatkan ibadahnya dalam ramadhan, bangunnya awal, dia shalat malam, dia baca quran, dia mendengar taujih, dia shaum. Bayangkan kalau ibadah ibadah itu kita lakukan juga di luar ramadhan, semestinya setiap kita memiliki ibadah harian setidaknya setengah, sepertiga, seperempat dari ramadhan :-D

Pertanyaan M12

1. Tanya ustad, adakala hati kecil ingin mengakui kesalahan tetapi rasa gengsi yang begitu besar melarangnya, apakah rasa gengsi itupun syetan yang membisikan? Terimakasih
Jawabb
Bisa saja, sebenarnya bagi kita yang utama adalah mengikuti syariat jangan terlalu memikirkan sesuatu yang ghaib, bimbingan kita adalah syariat. Jika kita berbuat dosa atau salah, dan sadar maka segera bertaubat, istighfar dan Jika berhubungan dengan orang lain, maka tambahkan segera minta maaf dan kembalikan hak nya. Inikan bimbingan syariat, jangan menunda nunda taubat.

2. Saya orangnya kalau sudah merasa terluka sulit untuk baikan padahal saya tahu itu salah. Kadang 2-3 hari gak mau ngomong sama si dia. Gimana yaa... cara menasehati hati ini biar gak mudah terbuai bujuk rayu syaiton?
Jawab
Mujahadah.... ya lakukan saja, lawan, takut pada Allah. Godaan setan itu
- syubhat lawannya ilmu
- nafsu lawannya sabar dan mujahadah

3. Bibir bisa bilang ikhlas tapi kok hati rasanya sulit untuk mengikhlaskannya ya. Gimana  ya caranya biar bener-bener bisa ikhlas?
Jawab
Ikhlas adalah, ketika kita melakukan amal sholih mengharap ridho Alah, karena ada perintah Allah, karena ingin masuk syurga, karena takut neraka, karena diperintah nabi saw. Terus saja lakukan amal sholih, sandarkan pada perintah syariat, jangan peduli bisikan bisikan

4. Mau tanya gimana caranya biar kita lebih ikhlas lagi dalam berzikir?
Jawab
Paling mudah adalah dzikirlah yang ada hadits haditsnya, lalu niatkan berdzikir karena diperintah Allah melalui Nabinya....

Pertanyaan M13

1. Ustadz saya pernah membaca rasulullah pernah kena sihir, apakah betul?
Jawab
Ya, ada hadits shahih yang menjelaskan bahwa nabi SAW disihir oleh yahudi, namun apakah beliau SAW terkena pengaruh sihir, tentu tidak. silakan baca penjelasan yang bagus dalam fatwa muashirah Dr Yusuf qaradhawie

2. Saya agak bingung memahami satu hadis yang menjadi penutup tulisan ini.  “Lalu Nabi saw. bersabda: ‘Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, segala puji hanya bagi Allah yang telah mengembalikan tipu dayanya kepada godaan". Mohon penjelasan.. syukron ustad
Jawab
Ya artinya sahabat tersebut tak tergoda untuk membicarakan hal buruk karena godaan setan.

3. "Tidak seorangpun diantara kalian melainkan diutus kepadanya pendampingnya" berarti dari kita ada jin yang selalu menemani. Pertanyaannya apakah benar jin ini menghafalkan semua gerak dan tingkah kita? Seberapa banyak mereka yang menemani satu manusia?
Jazakallah ustadz
Jawab
Kita tak pernah tahu masalah yang ghaib, kecuali ada berita dari nabi SAW. Saya pribadi tak terlalu tertarik mencari cari masalah ini, saya lebih tertarik dengan ilmu yang bisa diamalkan, yang ada perintahnya tegas, kemudian amal amal sosial yang banyak manfaatnya...

4. Saya mau bertanya tentang indra keenam atau biasa disebut orang anak indigo (cmiiw), menurut ustad bagaimana dengan indra keenam? apakah benar bahwa ada kelebihan yang diberikan oleh ALLAH untuk orang tertentu berupa indra keenam?
Jawab
Bisa melihat jin, indera ke enam bukanlah kelebihan, melainkan kekurangan. Ada beberapa kemungkinan.
a. Dia diganggu jin, dimana jin tersebut menampakan dirinya bukan dalam bentuk aslinya kepadanya
b. Dia memang bekerja sama dengan jin, dan jin tersebut menampakan dirinya. Pada dasarnya tidak bisa manusia melihat jin, coba lihat di surat Al Araaf 27, tegas Allah menyatakan bahwa kita tak bisa lihat jin.
c. Kemungkinan dia bohong...

Pertanyaan M14

1. Bagaimana cara melindungi anak-anak kita dari godaan jin dan syaitan? mereka kan masih kecil belum bisa melindungi diri sendiri
Jawab
Pertama : Kita sebagai orang tuanya harus memastikan rumah yang kita huni bersama anak anak jauh dari kemaksiatan yang membuat malaikat rahmat tidak mau masuk rumah
- patung
- musik yang haram
- lukisan makhluk hidup
- anjing
- benda benda yang jelas haram (minuman keras)

Kedua : Jangan rumah kita seperti kuburan, yaitu sepi dari bacaan quran dan shalat wajib dan sunnah

Ketiga : Tanamkan akidah yang benar pada anak anak sejak dini

Keempat : Tutup jendela, pintu, kamar mandi dan masukan anak anak dalam rumah sejak jelang maghrib sampai isya, jangan berkeliaran di luar rumah, kecuali ke masjid untuk shalat.

Kelima : Biasakan anak anak berdzikir, sebelum makan, masuk kamar mandi dll

2. Ustad setiap manusia pasti mempunyai jin pendamping (qorin), bagaimanakah sebenarnya qorin manusia itu sebenarnya baik atau sebaliknya?
Jawab
Sesuai bunyi hadits, maka qarin mengganggu manusia kecuali yang bersama nabi SAW. Maka kita secara umum sesuai perintah Allah SWT agar minta perlindungan dari godaan syetan

3. Ustadz mau bertanya, apbila kita sering mimpi di datangi laki-laki (misal teman kita waktu SMA ) dulu, apakah di dalam tubuh kita da jin nya?
Jawab
Wah tidak tahu ya :-D kita tak bisa melihat yang ghaib.
coba bunda lihat jawaban nomor 1

4. Untuk melindungi rumah dari gangguan jin kan bagusnya dibacakan Al baqarah, apakah membacanya di ruang tamu saja, juga sudah bisa mengusir jin yang ada di dalam kamar atau ruangan lainnya?
Jawab
Pertama : lihat jawaban nomor 1 
Kedua : memang ada hadits maqbul yang menjelaskan bahwa rumah yang dibacakan albaqarah didalamnya tak akan dimasuki setan, jadi ya baca saja al quran secara rutin, mulai alfatihah sampai annas.... 1/2 juz perhari cuma 25 menit :-D

5. Sama satu lagi, kalo ada orang di ruqyah malah tidur, itu memang tidak ada gangguan jin nya atau jinnya terlalu kuat hanya dengan bacaan biasa?
Jawab
Bangunin, jangan sampai sempat tidur :-D

6. Sebenarnya saya mau konsultasi, begini kebetulan keluarga suami punya garis keturunan dari salah satu ulama/pahlawan nasional dari jogja kalo dulu dijaman kerajaan para pejuang walaupun beragama Islam masih kental dengan adanya "pengikut" dari bangsa jin. Dan ada yang bilang kalo nenek moyangnya punya "pengikut" jin pasti yang "menitis/titisan" ke keturunannya.kebetulan keponakan ada yang punya Indra keenam (bisa melihat mahkluk halus), karena dia mendapat titisan itu. Setahun yang lalu anak saya lagi urut badan...nah,si tukang urut ternyata juga punya indra keenam dia bilang kalau anak saya dibagian rusuk bagian kanan ada qodamnya terus tanya apa ada titisan dari kakek/neneknya? saya tanya ke dia bahaya nggak ya? terus kalo bisa saya suruh buang saja katanya nggak papa, malah besok bisa buat menolong orang. Yang ingin saya tanyakan qodam itu mengganggu tidak ya? karena sampai sekarang saya kawatir kalo bisa dihilangkan, bagaimana caranya?
Jawab
- Memelihara jin dengan alasan apapun dilarang dalam islam
- Tukang urut itu dukun, dia ngaku tahu masalah ghaib, jangan lagi didatangi
- Kita tak boleh percaya apa kata dukun
- Ajari saja anak anak dan keluarga aqidah yang benar

7. Kalo di dalam rumah memasang foto keluarga gimana? Apakah malaikat tetap mau masuk kerumah kita?
Jawab
Foto tidak termasuk yang diharamkan, kecuali foto cabul, tokoh kafir, yang di sembah (foto yesus, dewa)

8. Di rumah saya ada kamar pembantu sekarang saya pake untuk mushola. Di situ saya merasa aneh dari pertama saya tinggal. Pembantu tidak pernah ada yang tinggal lama.. Kalo pun ada beberapa yang kerasan itu pasti anak yang sholatnya rajin.. Beberapa anak yg dirumah sya yg tidak kerasan ada yg bilang: Setiap kali masuk kamar ada yg nyuruh pulang, hingga terbawa mimpi.itu tdk 1-2 orang umm.. tp sya tak pernah menghiraukan omongan pembantu sya itu. Sya pikir mengada2. Suatu kali suami sayaa luar kota..saat saya mimpi ada nenek2 yg menjaga saya dan anak2 saya, tp saya tdk pernah kenal neenek tersebut. Jd ya saya anggap biasa... Beberapa bulan yg lalu waktu lebaran haji.. Ibu saya berkunjung ke rumah saya. Tiap malam ibuk sya selalu tahajud di pukul 24-02 itu.. Saat mau ambil mukena waktu buka pintu kamar tyt ada nenek tua yg sedang berdzikir memakai mukena sya..bagaimana ya ummi.. Sempat saya berpikiran merukyah rumah saya. Tp suami bilang tidak perlu.. Cuma kadang merinding juga
Jawab
Coba bunda lihat jawaban no 1 M14
ya itu mah rada kurang ajar jin nya, rutinkan saja baca alquran di rumah, jangan ada kamar yang kosong, pakai shalat atau main atau apa saja, jangan lupa dzikir pagi petang. Tidak usah takut.

Pertanyaan M15

1. Assalamu'alaikum ustadz, apakah jin akan kepanasan jika dibacakan ayat alquran (dalam ruqya) tapi kaidah tajwidnya tak benar? Karena sering anak sini katanya kesurupan tapi kalo dibacakan surat temannya dia kepanasan padahal temannya itu bacanya tidak sesuai kaidah tajwid.
Jawab
Wah saya tidak tahu apakah jinnya kepanasan atau pura pura kepanasan sambil tertawa dengar bacaan yang meruqyah..:-D, Kita tidak dapat mengetahui pasti hal ghaib seperti itu.
Yang jelas bagi kita membaca Al Quran sesuai tajwid, adalah fardhu ain.

2. Tanya ustadz, pernah saya dengar masing-masing kita  bisa merukyah diri sendiri. betulkah ustadz? kalo memang bisa, surat apa saja yang dibaca dan bagaimana teknisnya..syukron
Jawab
Saya malah mengambil pendapat bahwa, ruqyah oleh orang lain hanya dilakukan pada orang yang benar benar kesurupan agar segea sadar. Sementara bagi yang sadar, berilah tausiyah tentang tauhid, ikhlas. Tanamkan pemahaman aqidah yang benar. Meruqyah diri sendiri, kita lakukan setiap hari, yaitu shalat wajib dan sunnah, dzikir dalam setiap keperluan, mau tidur, mau makan, mau masuk wc, mau berjima, mau apa saja. Kemudian termasuk dzikir setelah shalat wajib, dzikir pagi petang dst.

3. Ustadz saya mau bertanya, saya punya niat untuk memberangkatkan umroh orang tua, saya menceritakan maksud saya kepada orang lain, saya ingin orang mendoakan saya agar niat saya terwujud, apa menceritakan niat saya kepada orang itu termasuk riya',kan riya'dan ikhlas bedanya tipis ya ustadz
Jawab
Beribadah, sedekah secara terang terangan tidak lantas menjadi riya, bahkan ada ibadah yang memang terang terangan, misalnya shalat bagi laki laki kan di masjid, tak mungkin sembunyi, haji juga terang terangan, bahkan sedekah pun sejak zaman sahabat ra, biasa mereka saling berlomba dalam kebaikan. Dalam Al quran pun dijelaskan bahwa sedekah bisa sembunyi bisa terang terangan. Tentu menjaga keikhlasan menjadi satu bab tersendiri yang harus dilatih, diusahakan, bermujahadah, terus memantau niat kita, dan berdoa terus agar menjadi orang yang ikhlas. Walau begitu dari ulama ulama salaf kita pun bisa mencontoh bahwa merekapun memiliki amal amal unggulan yang kadang tak ada yang tahu kecuali diri mereka sendiri dan Allah SWT.

4. Assalamualaikum ustadz, kalo anak yang hyperaktif dan cenderung suka memukul orang lain bisa di rukhyah? Ponakan saya usia 6 tahun begitu, mohon penjelasannya. Terimakasih
Jawab
Kalau sudah dilakukan seperti no 1 M14, tidak ada perubahan nampaknya bukan dari jin, wallahualam. Ada teman saya  ustadz dan ustadzah juga hyperaktif, ya di therapy dengan ilmu kedokteran modern, memang harus sabar, namun kita perhatikan ada perubahan. Kalau perlu nomor kontaknya bisa japri.

Pertanyaan M16

1. Ada yang mengatakan bahwa syaitan ini merupakan sifat, bisa di miliki oleh jin atau manusia jika perangainya jelek. Apakah benar ustadz? Tapi mengapa seolah syaitan adalah perwujudan makhluk, ia bisa bersembunyi dalam aliran darah manusia. Sebenarnya syaitan itu bagaimana? Jazakalloh khoir atas penjelasannya.
Jawab
Kata setan/syetan/syaithon adalah kata sifat dari semua sifat buruk, tercela, khobits, keji dan jahat. Inilah mengapa setan itu tidak hanya berasal dari golongan jin tetapi juga berasal dari golongan manusia yang mempunyai sifat-sifat tersebut.

Pertanyaan M17

1. Assalamualaikum ustadz, afwan mau tanya. Kadang dalam hati kita suka terbersit fikiran kotor atau rasa benci atau tidak suka pada seseorang padahal kita tidak mengenalnya, apakah itu bisikan syetan atau emang hati kita yang tidak bertasbih.. udah jatuh dosakah perasaan itu ustad...syukron ustadss
Jawab
Sekali lagi kita harus menjadikan syariat yang membimbing kita, ketika setan membisikan perasaan ujub, hasad, was was dll, segera saja taawudz, dan istighfar...  mudah mudahan tidak jatuh dalam dosa.

2. Bagaimana membedakan perbuatan buruk yang dilarang agama. Apakah yang mendasari perbuatan itu bisikan/dorongan syaithan ataukah nafsu yang ada pada diri manusia ustadz. *perbuatan buruk yang dilakukan manusia. Apa tanda-tandanya maksudnya. Syukron
Jawab
Sekali lagi kami jelaskan, bahwa patokannya adalah syariat, jika melanggar syariat maka itulah perbuatan buruk dalam agama.

3. Ustad ada yang mengatakan membacakan Qs an naas 1000x. Bisa mengusir jin jahat/ sihir benarkah ustad?
Jawab
Ibadah yang khusus seperti ini ada jumlahnya, ada waktunya, ada pahala atau akibatnya, harus memiliki dalil shahih dari Nabi SAW, contoh ni dalam dzikir matsurat di sunnahkan membaca qulhufalaqbinnas masing masing 3x apa dalilnya?  ini....👇
Beliau bersabda: katakanlah “Qul Huwallahu Ahad dan Al Mu’awwidzatain (Al Falaq dan An Nas) pada sore hari dan pagi hari tiga kali, maka hal itu telah mencukupimu dari segala sesuatu.”. (Abu Daud No. 5082. Syaikh Al Albani mengatakan:hasan, dalam Shahih wa Dha’if Sunan Abi Daud, No. 5082., Tirmidzi no. 3575, berkata: Hadits ini hasan shahih gharib. Syaikh Al Albani menghasankan dalam Shahih Wa Dhaif Sunan At Tirmidzi No. 3575)
Nah yang 1000x kalau ada dalilnya, berupa hadits yang maqbul, maka silakan dikerjakan, namun kalau tak ada ya gak boleh diyakini tak boleh di amalkan.

4. Afwan ustad mau tanya diluar bahasan, kalau kita produksi kain memperbanyak warna merah karena musim imlek boleh kah?
Jawab

Kalau kita ketahui pasti bahwa pakaian warna merah digunakan untuk sarana ibadah dan diyakini memiliki berkah tertentu, wah jadi syubhat..

Pertanyaan M18

1. Kalo kita di zholimi apa yang kita ucapkan atau ketika dipancing kemarahan?
Jawab
Kalau kita di dzalimi, maka berhak kita menuntut hak kita. Tindakan bisa laporkan ke polisi, ke pejabat setempat, tergantung apa kedzalimannya dan bagaimana.

2. Saya selalu aktifin alarm untuk shalat subuh, tapi akhir akhir ini saya selalu bangun cuman buat matin alarm dan tidur lagi. Caranya melawan kantuk subuh gimana yah?
Jawab
Pertama : Coba amalkan adab sebelum tidur, doa, baca ayat kursi, qulhu falaq binnas tiupkan ke badan usapkan ke seluruh tubuh yang bisa di capai. Kedua : Jangan tidur terlalu malam, usahakan jam 9, selambatnya jam 10 sudah tidur. Ketiga : coba lakukan sunnah yang disebut qailulah, tidur siang atau istirahat sejenak setelah dzuhur pendek saja 15 - 30 menit. Keempat : begitu bangun, segera duduk dan berdzikir doa saat bangun, lalu segera berwudhu, jangan pernah tiduran lagi

3. Kalo setan dari wujud manusia, maksudnya gimana ya tad?
Jawab
Ada penjelasan bagus tentang ini dalam fii zhilalil quran kitab tafsir yang ditulis oleh sayyid qutbh, coba saya share ya

4. Saya mau tanya apakah jin yang disebut dalam surah annas adalah jin yang biasa di sebut qarin? Karena yang pernah saya dengar qarin itu adalah jin yang mendampingi kita sejak kita lahir? Mohon pnjelasannya? Jazakillah khairan kastiran
Jawab
Semua jin, termasuk qarin

Sebagai penutup, saya tambahkan penjelasan dari surat annas ini, coba pahami dengan sebaik baiknya, surat ini mengenalkan kita terhadap tauhid dan pokok ajaran islam.

Point-point penting yang terekam :

1. Asbabun nuzul surat An Naas. Surat ini turun bersamaan dengan surat Al Falaq (Imam Al Baihaqi, Dalail an Nubuwwah), yaitu ketika Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam terkena sihir oleh seorang Yahudi bernama Labid bin A'sham Al Yahudi yang membuat sihir berupa gulungan yang disimpan di dalam sumur dibawah batu besar. Lalu Allah Ta'ala mengutus Jibril 'alaihissalam untuk membacakan kedua surat ini pada Rasulullah. (Tafsir Al Qur'anil 'Azhim, tafsir surat An Naas, Al Hafizh Ibnu Katsir).

2. Surat ini mengandung pengetahuan akan 3 jenis tauhid.
  • Tauhid Rububiyah : Ar-Rabb, pengakuan bahwa hanya Allah-lah Sang Pencipta, Sang Pengatur, Sang Pemberi Rezeki.
  • Tauhid Asma wa Shifat : Al-Mulk, Raja yang menguasa manusia dan makhluk-mahluk lain sebagai makhluk ciptaannya.
  • Tauhid Uluhiyah : Al-Ilah, Sesembahan seluruh makhluk yang tiada sesembahan yang haq melainkan Dia.
Inilah pengetahuan akan ma'rifatullah yang haq yaitu dengan mempelajari tauhid yang akan mengantar kita mengenal Allah Ta'ala.

3. Pokok-pokok aqidah, adalah bahwa wajib mengimani Allah Ta'ala dengan RububiyahNya sebagai Sang Pencipta alam semesta, UluhiyahNya sebagai tujuan peribadahan kita dan tidak ada tujuan lain, Nama dan SifatNya yang telah Dia firmankan didalam Al Qur'an dan melalui Sunnah NabiNya Shallallahu alaihi wasallam. Semua ini wajib kita imani dengan sepenuhnya tanpa penambahan maupun penafian (penolakan) akan salah satunya. Tidak seperti kaum kafir Quraisy yang mengakui Rububiyah Allah akan tetapi menolak UluhiyahNya, atau seperti Jahmiyyah yang menta'thil (meniadakan) nama-nama dan Shifat-shifatNya, Allahul Musta'an.

4. Bila surat Al Falaq untuk memohon perlindungan pada Allah Ta'ala dari kejahatan eksternal (berasal dari luar diri kita), maka surat An Naas lebih pokok untuk memohon perlindungan dari kejahatan internal (berasal dari dalam diri kita) yang dibisikkan syetan. Al Imam Ibnul Qoyyim Al Jauziyah berkata bahwa bisikan adalah ajakan kepada sesuatu yang tidak terdengar oleh telinga dan bukan berbentuk suara (Tafsir Al Qoyyim, Beirut, Lajnah At Turats Al A'rabi, 200).

5. Allah Ta'ala telah menciptakan syetan dapat masuk ke dalam tubuh manusia dan dapat menembus hingga hati dan dadanya. Imam Bukhari dan Imam Muslim -rahimahumallah- meriwayatkan dari Az Zuhri, dari Ali bin Al Husain, dari Shofiyyah binti Huyay (istri Nabi) bahwa "Ketika Rasulullah beri`tikaf, aku datang mengunjunginya pada malam hari, kemudian aku berbicara kepada beliau, aku bangun dan berbalik maka beliau pun ikut bangun bersamaku untuk mengantarku, tempat tinggalnya Sofiyyah ketika itu di rumah Usamah bin Zaid, maka ada dua Anshar yang lewat, ketika keduannya melihat Nabi, keduannya mempercepat jalannya, rasulullah bersabda,’perlahan-lahanlah ini adalah Safiyyah binti huyai, maka keduannya berkata’ subhanallah, ya Rasulullah!’ kemudian Rasulullah bersabda,” sesungguhnya setan berjalan pada Manusia pada pembuluh darah, aku takut ia akan melemparkan ke dalam hati kamu berdua kejelekan ( di dalam riwayat lain, memasukkan ke dalam hati kamu berdua sesuatu ).”

6. Disyari'atkannya kita untuk selalu berdzikir mengingat Allah Subhanahu wa Ta'ala agar kita selalu terhindar dari gangguan dan bisikan syetan sebab syetan selalu mencari celah disaat kita lengah dan disaat hati kita sepi dari dzikrullah. Allah Jalla Dzikruhu berfirman didalam QS Ar Ra'du ayat 28 : "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."

7. Kata setan/syetan/syaithon adalah kata sifat dari semua sifat buruk, tercela, khobits, keji dan jahat. Inilah mengapa setan itu tidak hanya berasal dari golongan jin tetapi juga berasal dari golongan manusia yang mempunyai sifat-sifat tersebut.

8. Faidah fiqih yang terdapat didalam surat ini adalah bahwa surat Al Falaq dan surat An Naas (Al Mu'awwidzatain) bermanfaat untuk mengusir segala gangguan yang sedang kita alami, baik itu gangguan jin, gangguan al 'ain (pandangan mata jahat) maupun gangguan sihir. Abdullah bin Habib -radhiyallahu 'anhu- berkata bahwa : ”kami keluar pada waktu malam, saat itu sedang turun hujan dan sangat gelap , kami mencari Nabi untuk mendo`akan kami , lalu kami menemukan beliau lalu bersabda,” katakanlah”, maka aku tidak mengatakan sesuatu, kemudian Nabi bersabda lagi,” Katakanlah”, Aku tidak mengatakan apa-apa,kemudian Nabi bersabda lagi,” katakanlah”, maka, aku berkata, ya Rasulullah, apa yang harus aku katakan? Nabi menjawab ‘ katakanlah surat Al-ikhlas dan Mu`awwidzatain ketika pagi dan sore hari sebanyak tiga kali, maka hal tersebut akan membuatmu terlindung dari segala sesuatu,” (HR Tirmidzi, An Nasa'i & Abu Daud, At Tirmidzi berkata hadits ini hasan shahih).

Oleh karena itu dianjurkan bagi setiap muslim ketika selesai sholat Subuh dan sholat Ashar/Maghrib untuk membaca ketiga surat ini 3x agar terlindung dari hal-hal buruk yang akan mencelakai. Wallahu a'lam bishowab.

Demikianlah point-point yang sempat saya rekam. Bila ada yang kurang atau butuh perbaikan, dengan sangat senang hati bisa ditambahkan disini. Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin.
wallahualam, semoga bermanfaat. wassalam
Tulisan akhir dari Ustadz Djumhur

Kajian kita tutup ya bunda, semoga kajian hari ini bermanfaat bagi kita semua. Jazakillah khayran ustadz atas materi yang disampaikan
Kita tutup dengan membaca hamdalah dan doa kafaratul majelis..

Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.                           
 ​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT