Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Tahapan penciptaan manusia


KAJIAN ONLINE HAMBA ALLAH
Rekap materi kajian M12 Bunda
Senin, 06 januari 2015
Materi: Tahapan penciptaan manusia
N.sumber: Ustz.Fina fillaily
Admin:Meisha/Arini
Notulen: Laela/Fitri

Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarokaatuh...bunda2 dan ummi2 yang cantik dan sholihah
Alhamdulillah ana bi khoirummi?.luar biasaa..semoga Allah selalu limpahkan keimanan dan cintaNya dalam setiap hati hati kita dan tuntun kita untuk selalu peka,sensitif terhadap kebaikan dan kemaksiatan..sehingga kemudian kita menjadi hamba2Nya yang cerdas..yang menyiapkan perbekalan dunia untuk kehidupan akhirat yang kekal
syaa Allah tanpa kehendak Allah tidak mungkin saya bisa kebetulan mengisi di grup ini ya
Sebelum kita mulai..agar malaikat yang sedang mengembara mencari majelis dzikir dan majelis ilmu bisa kumpul disini semua...kita buka majelis kita dengan bacaan basmalah

‬: بسم الله الرحمن الرحيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ... 
شُكرًا كَثيرًا

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُْ وَنَسْتَهْدِيْه
ِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal  kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, semoga doa dan keselamatan tercurah pada Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat.
Kajian kali ini mungkin beberapa yang disini sudah pernah mendapatkannya,baik dari asatidz/ah ataupun dari sumber yang lain..namun ana coba sampaikan kembali semoga bisa menjadi pengingat agar selalu waspada dan mempersiapkan diri dengan bekal yang sebanyak banyaknya menuju kehidupan yang kekal di akhirat.
Ana coba sampaikan tentang hadits ke 4 Arba'in Nawawi yaitu mengenai Tahapan Penciptaan Manusia dan Amalannya.

عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ؛ عَبْدِ اللهِ بنِ مَسْعُوْدٍ  رضي الله عنه قَالَ: حَدَّثَنَا رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم وَهُوَ الصَّادِقُ الْمَصْدُوْقُ: « إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً نُطْفَةً، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يُرْسَلُ إِلَيْهِ الْمَلَكُ ، فَيَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ، وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ: بِكَتْبِ رِزْقِهِ، وَأَجَلِهِ، وَعَمَلِهِ، وَشَقِيٌّ أَوْ سَعِيْدٌ. فَوَ اللهِ الَّذِي لاَ إِلَهَ غَيْرُهُ، إِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ،  فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ، فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُهَا، وَإِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ، فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ، فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ  الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُهَا » [رواه البخاري ومسلم]


Dari Abu Abdurrahman; Abdullah bin Mas’ud t beliau berkata, "Rasulullah Jmenyampaikan kepada kami dan beliau adalah orang yang benar serta dibenarkan (ucapannya),
“Sesungguhnya setiap kalian dikumpulkan pencip-taannya di perut (rahim) ibunya sebagai setetes mani selama empat puluh hari, kemudian berubah menjadi setetes darah selama itu juga, kemudian menjadi segumpal daging selama itu juga. Kemudian diutus ke-padanya satu malaikat, lalu dia meniupkan ruh pada-nya. Kemudian dia (malaikat) diperintahkan untuk menetapkan empat perkara; menetapkan rizkinya, ajalnya, amalnya dan kecelakaan atau kebahagiaannya.
Demi Allah yang tidak ada ilah selain-Nya, sesung-guhnya di antara kalian ada yang melakukan perbuatan ahli surga hingga jarak antara dirinya dan surga tinggal sehasta, akan tetapi ketentuan telah mendahuluinya, dia melakukan perbuatan ahli neraka maka masuklah dia ke dalam neraka. Sesungguhnya diantara kalian ada yang melakukan perbuatan ahli neraka hingga jarak antara dirinya dan neraka tinggal sehasta, akan tetapi ketentuan mendahuluinya, dia melakukan perbuatan ahli surga  maka masuklah dia ke dalam surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Pemahaman Hadits
Maksud 'dikumpulkan' (يجمع) dalam hadits ini   -sebagai-mana dikatakan oleh sebagian ulama- karena mani ketika masuk ke rahim terpencar-pencar, kemudian Allah kumpul-kan di dalam rahim.
Nuthfah (نطفة) makna asalnya adalah air yang jernih. Yang dimaksud disini adalah air mani laki-laki yang sudah ber-temu dengan mani wanita dalam jimak dan telah Allah ke-hendaki dan siapkan sebab-sebabnya untuk menjadi janin.
‘Alaqah (العلقة) berasal dari kata (العلق) artinya melekat, maksudnya di sini adalah adalah darah beku yang kental. Dikatakan demikian, karena sesuatu yang mengenainya akan melekat padanya. 
Mudghoh, berasal dari kata  (مضغ)artinya mengunyah. Yang dimaksud di sini adalah sepotong daging. Dikatakan demikian karena ukurannya sebesar bekas kunyahan sese-orang.
Yang dimaksud dengan ‘kalimat’ dalam hadits ini adalah, perkara-perkara yang akan ditetapkan. 
“Sesungguhnya di antara kalian ada yang melakukan perbuatan ahli surga hingga jarak antara dirinya dan surga tinggal sehasta....” Hal ini bukan perkara yang umum terjadi, tapi sangat jarang. Apalagi, termasuk kasih sayang Allah, orang yang berubah dari buruk menjadi baik sangat banyak, sedangkan orang yang berubah dari baik menjadi buruk sangat sedikit sekali. 
Kedudukan Hadits
Hadits ini sangat agung, merangkum semua perjalanan hidup manusia dari awal penciptaannya, kehidupannya di dunia hingga nasibnya kelak di hari kiamat apakah kekal dengan kebahagiaannya atau kesengsaraannya berdasarkan amal dan perbuatannya di dunia berdasarkan ketentuan dalam ilmu Allah Ta’ala.
Pelajaran yang Terkandung dalam Hadits   Dalam hadits ini terdapat kemuliaan seorang ibu bagi anak, sebab di rahimnyalah Allah menciptakan seorang anak dengan segala keletihan yang ditanggung oleh sang ibu. 
 Adanya fase pertumbuhan janin dalam rahim seorang ibu sebagaimana disampaikan oleh Rasulullah saw, memberikan makna:
- Rasulullah saw berbicara atas dasar wahyu. Karena pada saat itu bagaimana seseorang dapat mengetahui pertum-buhan janin dengan detail yang baru dapat disingkap secara ilmiah beberapa abad kemudian. Di samping apa yang disampaikan Rasulullah saw, juga telah dinyatakan oleh Al-Quran.
 Menunjukkan kasih sayang Allah Ta’ala kepada seorang ibu, dengan menciptakan makhluk-Nya secara berangsur-angsur. Sebab dengan kekuasaannya,  Allah dapat  saja menciptakannya sekaligus.
  Allah Ta’ala mengetahui tentang keadaan makhlukNya sebelum mereka diciptakan dan apa yang akan mereka alami, termasuk masalah kebahagiaan dan kecelakaan.
Ali bin Abi Tholib ra mrnyebutkan bahwa Rasulullah shollallohu 'alaihi wassallam bersabda,"Tidaklah satu jiwa yang telah ditiupkan tuh ke dalamnya,melainkan Allah telah menetapkan tempatnya di syurga atau di neraja.jika tidak,maka Allah telah menetapkan apakah ia bahagia atau celaka"Seorang laki-laki bertanya," Ya Rasulullah,jika demikian apakah kita kemudian  pasrah dengan ketentuan kita?" Rasulullah menjawab,"Tidak,tapi bersmallah karena semua dimudahkan menurut ketentuan masing-masing,orang yang ditentukan bahagia,akan dimudahkan pada amal-amal orang yang berbahagia,sedangkan orang yang ditetapkan sengsara akan dimudahkan pada amal-amal orang yang sengsara,"lalu beliau membaca ayat,"Adapun orang yang memberikan hartanya di jalan Allah dan bertakwa.Dan membenarkan adanya pahala yang terbaik.."(QS.Al Lail:5-6)
Meskipun masuk surga atau neraka bagi seseorang termasuk takdir Allah, namun Allah Ta’ala tetap menjadikan amal perbuatan sebagai sebab memasuki keduanya.
"Katakanlah wahai Muhammad,"Beramallah kalian semua,karena Allah,RasulNya dan orang-orang mukmin akan mengetahui amal perbuatanmu"(QS.At Taubah:105)
  Hadits ini mengandung isyarat tentang kebenaran adanya hari kebangkitan, sebab Dzat yang mampu menciptakan seseorang dari setetes mani tak berharga, kemudian Dia merubahnya menjadi setetes darah, kemudian segumpal daging, kemudian ditiupkan ruh padanya, maka tentu Dia sangat mampu untuk meniupkan ruh itu kembali setelah jasad itu menjadi tanah dan Dia mampu untuk mengumpulkan jasad itu kembali setelah bercerai berai.
Yang menjadi penentu adalah bagian akhir dari amal perbuatan
Rasulullah bersabda,"Sesungguhnya segala perbuatan ditentukan bagian akhirnya"(HR. Bukhori) Nabi Muhammad sering berdoa,"Wahai Dzat yang membalik balikkan hati,teguhkanlah hatiku dalam agamaMu". Dalam riwayat Muslim,Rasulullah bersabda,"Sesungguhnya hati seluruh manusia berada diantara dua jari Allah,seolah olah hanya satu hati.Allah berbuat sekehendakNya."Lalu beliau berdoa,"Wahai Dzat yang memalingkan hati,palingkanlah hati kami kepada ketaatanmu
Tahapan pertumbuhan janin dalam hadits ini belum terdeteksi oleh ilmu kedokteran kecuali masa-masa akhir.Hal ini bukti kemu'jizatan AlQur'an dan As Sunnah yang sangat nyata
 Amal perbuatan dinilai di akhirnya. Maka hendaklah manusia tidak terpedaya dengan kondisinya saat ini, justru harus selalu mohon kepada Allah agar diberi keteguhan dan akhir yang baik (husnul khotimah).
Disunnahkan bersumpah untuk mendatangkan kemantapan sebuah perkara dalam jiwa.
Bersikap tenang dalam masalah rizki dan qanaah (menerima) dengan mengambil sebab-sebabnya, namun tidak terlalu mengejarnya dan menggantungkan hati kepadanya.
Kehidupan ada di tangan Allah. Seseorang tidak akan mati kecuali Dia telah menyempurnakan umurnya.
Takdir adalah rahasia Allah, tidak seorang pun yang dapat mengetahuinya sebelum terjadi. Maka tidak boleh bermaksiat dengan alasan takdir. Yang dituntut baginya adalah beramal sesuai yang diperintahkan, dan kita diberikan kemampuan untuk itu. Wallahu a'lam.....
Referensi:
- Shahih Bukhari dan Shahih Muslim
- Al-Wafie
- Syarh Ibnu Daqiq al-Ied, hal. 68
- Fathul Bari
- Al-Mu’jamul Wasit.
- Syarh Muslim, imam nawawi.
Monggo bisa dibaca,dipelajari,diresapi.dan jika ada yang hendak dishare atau ditanyakan ana persilahkan
Tanya:
Afwan umm.. jika kita mengharapkan seseorang, tuk berjodoh dengan kita, apakah itu termasuk kategori "merubah" taqdir
Jawab:
وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.(QS.Ar-Ruum:21)
Allah sudah siapkan dan gariskan siapa jodoh kita...dan manusia punya ikhtiar untuk memilih dan menentukan siapa yang akan menjadi pendampingnya...jika kemudian cocok dengqn tulisan Allah di Lauhul Mahfuzh maka jadilah ia jodoh kita,jika ternyata tidak cocok dengan catatan Allah maka Allah punya cara untuk bisa pertemukan kita dengan jodoh kita

Manusia bisa berharap namun segala penentu hanya Allah..dan Allah Yang Paling Tahu siapa yang terbaik untuk kita.dan yang bisa diikhtiarkan bagi perempuan-perempuan yang menanti jodohnya adalah memantaskan diri untuk mendapatkan jodoh yang terbaik dan bertemu dalam keadaan yang terbaik
Karena jodoh tidak tertukar
Sebagaimana dijelaskan dalam QS.An Nuur:26..bahwa wanita yang keji untuk laki2 yang keji dan sebaliknya
Dijelaskan pula dalam QS.An Nuur:3 bahwa laki2 musyrik dan pezina untuk perempuan musyrik dan pezina
Maka ketika seorang perempuan ingin mendapatkan suami,imam yang sholih,maka jadikan diri kita sebagai perempuan yang sholih pula
Tanya:
Mau tanya Sy akhir2 ini susah tidur udh brbt kemana2 tetap juga blm sembuh biar hati lbh tenang lg gmn crnya ya buk ustazah mksh sblmnya,
Jawab:
ummi novi yang disayang Allah,insomnia kah ? mungkin secara medis bisa diperiksakan apakah kemudian ada sakit sehingga membuat jadi insomnia.dari sisi yang lain saya khawatir ada gangguan jin,karena salah satu indikasi terkena gangguan jin adalah susah tidur/insomnia.namun bukan berarti ini menjadi judgement untuk diri kita,tapi bisa menjadi perhatian dan upaya penjagaan diri jika memang iya.perbanyak tilawah,perbanyak mengingat dan menyebut nama Allah,dan ketika tidur ummi bisa putarkan murottal/dengarkan lantunan ayat suci AlQur'an.ketika hendak makan atau minum atau melakukan apapun awali dengan menyebut nama Allah..dan merutinkan dzikir pagi dan petang sangat membantu proses ruqyah secara mandiri
Ada seseorang yang beberapa tahun tinggal di Taiwan untuk studi..saat pulang ke Indonesia punya kendala tidak pernah bisa tidur setiap malamnya,dicoba sama sekali tidak lepas dari alqur'an dan ketika hendak tidur coba untuk diputarkan murottal ternyata ada reaksi dari tubuhnya tapi sejak saat itu alhamdulillah beliau bisa tidur sampai sekarang
Tanya:
Udh prnh rukiah sama usrad nggak apa2 buk ustazah
Jawab;
Ruqyah yang paling mujarab adalah ruqyah yang dilakukan diri sendiri,ustadz sebagai wasilah dalam hal ini..karena ketika diri seseorang yang terkena gangguan tidak menghendaki maka jin itu tidak akan bisa keluar..tidak menghendaki dalam hal ini bisa jadi karena ada perbuatan syirik yang pernah dilakukan,atau ada penyakit dalam hati yang belum tertuntaskan#mohon maaf sekali bukan untuk menjudge hanya sebagai bahan introspeksi
Maka satu hal yang bisa mengobati itu semua adalah dengan bertaubat dan kembali kepada Allah
Jika ada yang kemarin lusa menonton tayangan ruqyah yang dikawal oleh ust Tono(salah satu asatidz HA) maka disana terlihat ada fenomena ketika seorang pasien sudah dibacakan ayat2 suci AlQuran tapi tidak ada respon dan reaksi sama sekali dalam dirinya maka perlu dikembalikan lagi ke dalam hati pasien itu sendiri
Untuk menghadirkan hati dan kesungguhannya bertobat kepada Allah..masyaAllah
Ada pula seseorang yang terkena gangguan jin bukan karena sudah melakukan kesyirikan atau yang lainnya..
Tanya:
Ustadzah punya referensi ustad yg bs ruqyah??. Tp untuk daerah bekasi. Syukron
Jawab;
di HA sendiri banyak ustadz yang beliau pakar ruqyah..ada ustadz Tono,ada ust Suhendi dll.
do'a kafaratul majelis: 

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك


Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon  dan bertaubat kepada-Mu."َ