Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Tasyabuh

Kajian Online BBM Hamba الله Ta'ala Ummi 32

Hari : 23 Rabiul awal 1436 H/14 Januari 2015
Materi : Tasyabuh
Narasumber : Ustadz Suhendi
Notulen : Dessy
Editor: Indah Permata Sari
No grup : 32




TANYA JAWAB

1.  Assalamu' alaikum.. Terkait tasyabuh tentang demokrasi tadi ustadz. 
a. Jika kita menganggap demokrasi sebagai bentuk tasyabuh, lantas kita memilih golput, dan yang terjadi justru negeri itu dipimpin kaum nasrani atau diluar Islam, itu bagaimana?
b. Apakah menyanyikan lagu Indonesia Raya juga termasuk tasyabuh dalam ucapan..
Jazakallah khoir atas jawabannya

Jawab
Adapun tasyabuh dalam perkara yang memang merupakan budaya atau sistem mereka jika kita gunakan untuk mengambil manfaat darinya untuk kemaslahatan ummat, serta meminimalisir dan berdakwah kepada yang hak..
Maka ia tidak masalah. Seperti misalnya, ada sebagaiian kaum muslimin yang berdakwah melalui demokrasi,  untk tujuan menegakkan kebenaran, membela hak hak ummat islam, mnjaga dari musuh-musuh islam.. denganya ia bisa menjaga aset negara dari para penjajah, dengan nya ia bisa mengcounter kaum liberalis, kaum ekstrimis sosialis dan liberal..dst..
Menyantikan lagu indonesia tidak termasuk tasyabuh, hanya sebagai syair penggugah jiwa, penyemangat.. wallaahu'alam..
2. TANYA :Bagaimana dengan perayaan-perayaan seperti hari ibu... Maulid nabi.. Dan kegiatan milad suatu organisasi atau perusahaan...?
JAWABAN : Jika sekedar perayaan tanpa makna, sekedar hura-hura tidak jelas ..apalgi sampai berlebih-kebihan, lupa sholat, bercampur baurnya laki-laki dan wanita sehingga tak jelas, isrof/berlebih-lebihan jelas ini d larang..
Tapi jika dengan memperingati hr ibu d gunakan sebagai moment kmbli nafak tilas mengenang dan menghargai jasa ibu,  denganya di adakan lomba lomba untk memberikan semangat dan merangsang pr pemuda agr mereka ingat dan berbakti pd org tuanya pendapat sy maka tidak masalah.
Begitu juga dengan peringatan maulid jika sekedar mengenang kembli perjuangan Rasullah, mgjika kmbli ummt agar menjadikan Rasullah sebagai tauladan, maka ini bukan perayaan yang terlarang.
Tapi jika maulid d isi dengan  acara yang tidak jelas bahkan menjadikan orang-orang tidak berjamaah sholat subuh maka ini jelas d larang..
3. TANYA : Namaku Christy Natalia , termasuk tasyabbuhkah? Apa yang harus kulakan? Apakah harus ganti nama?
JAWABAN : Bund benar nih pertanyaan.. 
Baiknya sih nama panggilan nya saja berganti.. karena jika ingin berganti nama secara sah kan repot harus ganti akte, ktp, ijzh dsb.... jika sudah menikah panggil saja dengan bunda rahma, atau misal ummu ahsan dll... karena ada seorang sahabat yang pada zaman Rasullah merupakan nama buruk maka diganti dengan nama baik oleh Rasullah.. karena nama itu sebuah doa.... tapi untuk kondisi ini semoga Allah memaafkan...

4. TANYA : Ustadz mengenai merk sepatu nike, pemakaian nike diambil dari nama dewi nike dari yunani (dewi kemenangan) dan logonya itu simbol dari sayap dewi tsb, berarti kita tidak boleh ya menggunakan barang-barang merk tersebut karena tak ubahnya seperti memakai barang bertuliskan yesus atau berlambang salib...saya juga suka ajak anak saya liat pertunjukan barongsai saat imlek juga ga boleh berarti ? mohon penjelasannya...
Jawaban : Untuk imlek jelas tidak boleh karena itu sudah bagian memeriahkan acara mereka sedengankan untuk sepatu in syaa Allah tidak masalah..sedang saya bahas diatas sebagai kebutuhan umum yang diperlukan untuk manusia maka itu bukan tasyabuh, karena orang kafir juga butuh pakaian begitu pun  juga kita, kita butuh pakaian sepatu dll yang umum..wallahualam..
5.TANYA : Assalammualaikum ustadzah. Akhir-akhir kini kita sering melihat orang-orang saat kematian memakai pakaian serba hitam yang konon kabar nya itu bukan tradisi orang islam. Apakah benar ust adzah? Dan kalau memang itu meniru satu kaum apakah yang seperti ini sudah termasuk tasyabuh??   Jazakillah pencerahan ustadzah.
JAWABAN Ya kita sebagai ummat islam harus cerdas.. agama itu simple mudah dan jangan dipersulit atau mempersulit sendiri. Allah menginginkan kemudahan dan bukan kesulitan.. termasuk pakai pakian hitam jika ada kematin itu ga jelas sumbernya, yang ada jika ada saudara musibah atau kematian, kita kunjungi, beri hadiyah membantu, meringankan bebannya,, sholatkan jenazahnya, kafani dan doakan..adapun  soal adzan tidak ada contohnya dari Rasullah saw saat menguburkan mayat.
Bedakan tasyabuh dan bidah
Tasyabuh:  menyerupai orang kafir.

Bidah:  mengada-adakan hal baru dalam agama yang belum pernah ada contohnya dari Rasullah
6.TANYA : Bagaimana dengan pakaian sehari-hari yang dipakai oleh muslimah pada umumnya...memakai celana panjang... Apakah termasuk tasyabbuh..mengingat kita diwajibkan berpakaian syari?
JAWABAN : Sudah dibahas pada awal materi ya ummu/ bunda.. jika pakaian pakian yang umum salam kebutuhan maka tidak tasyabuh, karena pakian celana itu d pakain oleh semua manusi baik mukmin atau kafir.
7.TANYA : Saya punya saudara nonMuslim, setiap natal kami diundang kerumahnya. Berhubung kesibukan dia bekerja, maka kesempatan bertemu hanya pada saat Lebaran & natal. Jadi niat kami ke acara natal nya hanya silahturrahmi bukan untuk merayakan Natal, kami tidak mengucapkan natal saat itu, apakah itu tetap haram hukumnya.
JAWABAN : Hindari lebih baik dan lebih aman/ selamat bagi agama/aqidah kita.. berkunjunglah pada waktu waktu lainnya, fahamkan pada mereka bahwa begitulah islam menjaga agama nya.. tetap berkomunikasi sebagai hablumminannaas.. semoga mereka mendapat hidayah, berdoalah pada Allah..
8.TANYA : Mengapa demokrasi bisa merusak pundi-pundi agama? Lalu apakah kita tidak boleh ikut pemilu karena pemilu bagian dari demokrasi.
Ustadz td d sebutkan d atas bahwa demokrasi itu terlarang karena sifatnya yang mampu megvrusak pundi-pundi agama. Saya stuju karena yang saya tau demokrasi itu dari rakyat, oleh rakyat, utk rakyat. Sementara kalau dalam Islam kedaulatan ada d tangan Allah, jadi smua aturan hrs brasal dari Allah. Tapi kalau kita liat disini justru demokrasi luar  biasa diagung-agungkan, pdhl mayoritas pnduduk negri ini muslim. Trus anehnya lagi, partai-partai berbasis Islam juga byk yang mendukung demokrasi. Padahal jelas-jelas ditulisan ustadz d atas d jelaskan bhw demokrasi merusak pundi-pundi agama. Mohon penjelasan ustadz, jazakallah khoir....
JAWABAN :Pemilu tetap harus ikut karena ia mementukn banyak kemaslahatan.. sudah banyk fatwa ulama soal ini..
Demokrasi sebagai sarana bukan tujuan utama...

Adapun tasyabuh dalam perkara yang memang merupakah budaya atau sistem mereka jika kita gunakan untk mengambil manfaat dari nya untuk kemaslahatan ummat, serta meminimalisir dan berdakwah kepada yang hak..
Maka ia tidak masalah. Seperti misalnya, ada sebagaiian kaum muslimin yang berdakwah melalui demokrasi,  untk tujuan menegakkan kebenaran, membela hak hak ummat islam, mnjaga dari musuh-musuh islam.. denganya ia bisa menjaga aset negara dari pr penjajah, dengan nya ia bisa mengcounter kaum liberalis, kaum ekstrimis sosialis dan liberal..dst..
Pemilu tetap hrs ikut karena ia mementukn baayak kemslahatan.. sudah banyk fatwa ulama soal ini..
Demokrasi sebagai sarana bukan tujuan utama...
9. TANYA :Jika kita mempunyai usaha pembuatan kue, lalu ada orang kristen atau konghucu memesan kue kepada kita untuk merayakan hari raya mereka, boleh apa tidak? Lalu merayakan ulang tahun itu boleh apa tidak?
tentang ulang tahun apa beda kue tar dengan tumpeng ?? Karna kadang ada yang mengganti kue tar dengan tumpeng??

JAWABAN : Merayakan ulang tahun tidak ada sumbernya dari Rasullah saw, jika pun memang perlu undang anak yatim, syukuran dan jng hanya pas moment hr lahir.. berbagi untk sesama.. tidak ada tiup lilin.
Jika jual kue untk perayaan mereka jika tau benar maka terlarang, tapi jika tidak tau kue itu untk apa maka halal..
10.TANYA : Assalamu'alaikum wrwb., Pak Ustdz, keluarga saya sebagian besar adalah warga keturunan Tionghoa, apabila ada ziarah kubur k makam family yang bukan muslim hukumnya bgm?makasih Pak Ustadz ya
JAWABAN : Wsrwb.. hukum ziyarah jika sekedar mengingat kematian tidak masalah.. jik muslim maka is sambil mendoakan kebaikan dan salah pd ahlil qubur.
Nah,,??  Untuk non muslim msh hidupnya saja tidak boleh memberi salam pada mereka apalagi sudah matinya..
Hindari saja, karena sudah terputus hub kekeluargaan.
Syukuri hidayah yang ada.. 
Jaga anak suami kita.. berdoa smg sllu istiqomah.

11.TANYA : Assalamualaikum...'.
Terkait dengan tasyabuh,Sekiranya sikap mereka kita anggap tidak menjerumuskan kepada keburukan, maka berdasarkan prinsip syari’at kita berkewajiban meninggalkan hal-hal yang dapat mengantarkan kepada perbuatan terlarang. Kita telah menyaksikan berbagai kemungkaran, bahkan terkadang bnyak menyebabkan seseorang keluar dari Islam sebagai akibat dari perbuatan meniru golongan kafir..,apakah tasyabuh tersebut dpt mngakibatkan kita kafir ,atau termasuk dosa besar...?
Karena secara tidak sadar...,kita telah meniru dengan berbagai mcm tasyabuh..,contohnya cara berpakaian.,berdandan..,berjalan..,dan sekarang ponselpun sudah mnjadi kebiasaan kita  ,sdangkn ponsel didlmnya bnyak terdpt dibuat oleh orang-orang kafir...,mohon pencerahanya ustadz

JAWABAN : Jika tasyabuh d lakukan dengan sengaja jelas dosa besar yang lama kelamaan sadar atau tidak bisa menyebabkan pelakunya menjadi kafir karena hilangnya kemuliaan islam pada dirinya..
Untuk ponsel, hp youtube, komputer, internet,pesawat dll. Maka tidak maslah dalam hal ini, ini juga sudah dibahas pada materi.