Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

THIBUNNABAWI

Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Jumat, 16 Januari 2015
Narasumber : Ustadz Dasri
Rekapan Grup Nanda M101(Ana Trienta)
Tema : Thibunnabawi
Editor : Rini Ismayanti

THIBUNNABAWI

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Akhwat fillah yang dirahmati Allah 
Pertama mari kita bersyukur kepada Allah Swt atas semua nikmatnya untuk kita terutama nikmat kesehatan  dan selawat buat uswah kita rasulullah Muhammad Saw.
Akhwat fillah.
Sebelum kajian dimulai, ana akan perkenalan dulu ya, nama : Dasri, SHI.
Daerah asal Kab. Agam sumatera barat.
Pekerjaan : pimpinan dan terapis Rmh Sehat Cinta Herbal (RSCH) ASSALAM. Sekian perkenalannya.
Sekarang kita masuk materi
Thibbunnabawi (pengobatan/ sehat ala Nabi)
Kesehatan merupakan nikmat Allah yang sangat luar biasa dan berharga, karena dengan badan yang sehatlah kita bisa beribadah dan beraktifitas secara maksimal. Disaat tubuh yang sehat ini tidak kita pelihara dengan sebaik-baiknya, saat bekerja kita bekerja tanpa menghiraukan waktu untuk istirahat, saat daya tahan tubuh kita menurun dan kita merasa kelelahan, disaat yang sama tubuh kita diserang berbagai virus dan bakteri, sehingga tubuh ini akan mengalami suatu keadaan yang dikenal dengan sakit.
Akhwati fillah.
Saat sakit datang kebanyakan diantara manusia tidak dapat menyikapinya dengan bijak, sehingga akan yabg hilang kesabarannya hingga akhirnya berkeluh kesah, mengumpat dan sebagainya. Padahal sakit itupun sebuah nikmat dari Allah untuk kita. Karena dengan sakitlah kita bisa mengistirahatkan tubuh ini. Kalau tidak tubuh dan badan ini akan slalu beraktifitas.
Islam sebgai agama yang sempurna mengajarkan kita ummatnya bagaimana seharusnya kita bersikap jika sakit datang. Ada ajaran yang luar biasa saat sakit yang diajarkan islam lewat Rasulullah. Adapun sikap tersebut adalah :
1. Sabar akan sakit yang datang serta berbaik sangka kepada Allah. 
Karena dengan sakit Allah akan leburkan seluruh dosa dosa kita. Dosa dosa kecil tentunya.  Dengan Adanya sakit Allah telah siapkan obat untuk penyakit tsb, dan Allah juga yang akan menyembuhkan.
2. Ikhtiar. Yang maksud iktiar disini adalah ikhtiar untuk melakukan pengobatan atas penyakit yang kita derita. Walaupun Allah yang akan menyembuhkan penyakit, kita tetap dituntut untuk berusaha berobat.
Berbicara masalah pengobatan, didunia kesehatan saat ini dikenal dua metode pangobatan yaitu pengobatan tradisional dan pengobatan modern. Atau ada juga pengobatan barat dan islam.
Rasulullah juga sudah mengajarkan bagaimana berobat secara islam. Yang menjaga ummatnya dari pengobatan yang merusak dan menjauhkan ummatnya dari makanan dan obat obatan yang haram, yang dikenal dengan thibbunnabawi yaitu konsep sehat dan berobat secara nabi. Pengobatan Thibbunanabawi ini bagaimana menjaga supaya manusia terhindar dari pengobtan yang harap, atau memelihara ummat supaya jauh dari syirik, dan khurafat.
Demikian kajian ringkas ini semoga bermanfaat, Afwan dan syukran
Billahittaufiq wahidayah
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Jika ada pertanyaan tafadhal yang ukhti semua.

TANYA JAWAB

Q : Ustadz bagaimana cara menjaga kesehatan ala nabi?
A : Menjaga kesehatan ala nabi. Kita semua tau bahwa rasulullah adalah manusia paling sehat dimuka bumi, begitu juga sahabat sahabatnya,. Rahasianya karena Rasul bangun sebelum subuh, melaksanakan shalat lima waktu, kalau makan apabila sudah lapar dan berhentfi sebelum kenyang, makan makanan yang halalan thayyiban, dan rasul melakukan bekam sebagai pengobatan

Q : Ustad, banyak sekarang pengobatan non medis yang dilakukan kyai-kyai ato orang-orang berpenampilan agamis yang pake ayat qur'an, bagaimana mengetahui itu dukun/bukan yah? Syukron ustadz
A : Membedakan dukun atau bukan, lihat badan dan lingkungan rumahnya, kalau sekitar rumahnya kotor dan jorok ada kemungkinan dia dukun. Kalau dia mengobati mulutnya komat kamit saja dan kita tidak tahu apa yang dia baca, itu adalah kebiasaan dukun.

Q : Ustad bagaimana bila dalam pengobatan non medis kita diberikan semacam air yang sudah dibacakan ayat suci al qur'an itu termasuk syirik atau memang sudah ada pada jaman nabi? Syukron ustadz
A : Kalau apa yang dia baca kita ketahui, ayatnya, bisa itu kita terima. Dalam thibbunnabawi dikenal adanya pengobatan dengan mengunakan ayat ayat alqur'an atau ruqyah, peruqyah membacakan ayat alqurannya secara jahar. Dan slalu mensadarkan kesembuhan kepada Allah maka itu termasuk ruqyah,
Q : Jadi nabi kalau sakit apa saja yang beliau lakukan dan beliau makan ato minum?
A : Pengobatan zaman nabi ya bekam, madu,habbasauda, air zamzam.

Q : Assalamualaikum ust. Mau nanya memang gak apa-apa yaa kalo kita mendatangi seorang ustadz untuk minta di rukyah yang memang mampu untuk mengrukyah. Itu ada hukumnya ndak dalam islam. Syukran
A :!Kalau kita baca haditsnya minta ruqyah tidak boleh. Tapi kalau kita pakar ruqyah dan kita konsultasi, kalau memang kita ada gangguan dan dia tau bahwa kita mesti diruqyah. Lalu dia ruqyah, tak masalah

Q : Ustadz bisakah kita mengobati diri sendiri dengan meminum air yang sudah kita do'akan sendiri? Kalau bisa baca do'anya apa saja?
A : Bisa mbak, kita bacaan alfatihah, ayat kursi, qul yang tiga ke air dan kita mohon kan ke Allah untuk mengobati penyakit dan mohon kesembuhan kepads Allah.

Q : Berapakali harusnya seseorang dirukyah jika memang mengalami gangguan jin?? Kalo  keseringan boleh ngak ustadz..,misalx seminggu sekali ato hampir bergantung dengan pengobatan rukyah..
A : Dengan ruqyah tidak hanya mengobati gangguan jin dan sihir saja, kankernpun bisa diobati dengan ruqyah. Dan kita bisa ruqyah secara mandiri, dengan membaca Alquran saja dan niatkan untuk meruqyah diri kita supaya terhindar dari penyakit

Q : Ustadz kalau jerawat diobatin pake apa ya?
A : Jerawat di bekam dan pakai cream zaitun.

Q : Apanya ustadz yang dibekam? Punggungnya kan bukan pipinya? Cream zaitun cari di mana ustadz?
A : Bekam di punggung dan di pipi mbak bekam kecantikan. Cream zaitun di toko toko herbal mbak atau beli lewat ke ana juga bisa biar dikirimkan.

Q : Ustadz Kalau sakit gigi?
A : Sakit gigi penyebabnya perut panas maka konsumsi buah, banyak minum, dan konsumsi mengkudu. Dan gosok gigi pakai pasta gigi herbal, insyaAllah

Q : Contoh pasta gigi herbal apa usatdz? Konsumsi mengkudu ya ustadz?
A : Contoh pasta gigi herbal, ada herbdent,

Q : Alergi gimana ustadz?
A : Alergi dibekam, konsumsi madu, habbasauda, spirulina

Q : Ustadz,tehnik bekam itu sama untuk semua penyakit?
A : Ya benar, Teknik bekam untuk smua penyakit sama.

Q : Cara menghilangkan bekas alergi gimana ustadz?
A :!Cara menghilangkan bekas alergi dengan cara olesi dengan minyak zaitun, cream zaitun, atau minyak but but.

Wabillahittaufiq walhidayah
Wassalamu alaikum wr wb


Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ