4 SIKAP TERHADAP KESALAHAN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, February 3, 2015

Kajian Online Telegram Hamba اَللّٰه Ta'ala

Hari / Tanggal : Selasa, 03 Februari 2015
Narasumber : Ustadz Kaspin Nur
Tema : Ma'rifatulrasul
Notulen : Ana Trienta

Baik kita share materi
Setiap manusia pasti pernah berbuat salah, baik disengaja atau tidak, fatal atau tidak. Karena memanglah manusia ini tempatnya salah dan alfa (ga pake mart) oleh sebab itu pula kita ga bisa mengharap seseorang itu 100% hidupnya lurus dan menjadi "budak budak kebenaran" (kata Papa Zola) seterusnya.

Karena itu ada sikap yang perlu kita ambil dalam hal ini.

1. Mengakui dan tidak merasa suci.
Mengakui kesalahan adalah kebesaran jiwa, kelapangan dada dan pengakuan kelemahan diri. Sementara merasa suci adalah sikap yang tidak terpuji sebab tidak ada orang suci dalam agama ini yang ada adalah orang orang yang membersihkan diri.
Wanita (An-Nisā'):17 - Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.
2. Segera Taubat dan Minta Maaf.
Bersegera karena memang kita tidak tahu kapan akan mati....
Wanita (An-Nisā'):110 - Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
3. Tidak menimpakan kesalahan kepada orang lain / mencari kambing hitam.
Karena memang tidak mau disalahkan ada aja orang yang menimpakan kesalahan pada orang lain sehingga menyebabkan ia tidak bisa membenahi diri...
Wanita (An-Nisā'):111 - Barangsiapa yang mengerjakan dosa, maka sesungguhnya ia mengerjakannya untuk (kemudharatan) dirinya sendiri. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.
Wanita:112 - Dan barangsiapa yang mengerjakan kesalahan atau dosa, kemudian dituduhkannya kepada orang yang tidak bersalah, maka sesungguhnya ia telah berbuat suatu kebohongan dan dosa yang nyata.
4. Tidak membela orang yang salah.
Kalau kita sudah tau orang itu bersalah maka janganlah kita membelanya.

Demikian share pagi ini semoga yang butuh duit banyak dapat duit hari ini.

PENUTUP
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa'atubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
(HR. Tirmidzi, Shahih).

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT