Ketik Materi yang anda cari !!

Home » » AL QUR’AN DAN KUNCI SELAMAT (HADIST)

AL QUR’AN DAN KUNCI SELAMAT (HADIST)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, February 27, 2015


Kajian Online Telegram Hamba اَللّٰه Ta'ala

Hari / Tanggal : Jum’at, 27 Februari 2015
Narasumber : Ustadz Kholid Al Bantani Lc
Tema : Hadist
Notulen : Ana Trienta

Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wabarakatuh
Semoga Allah memberkati antum semua. In sya Allah hari ini kita coba belajar

-------------------------------------------------------
Saya tadi dapat pertanyaan dari teman yang beda agama apa yang menyebabkan adzan itu makin lama makin mundur, apakah karena siklus?
Jawab
Karena mengikuti perputaran matahari sehingga subuh mengikuti terbitnya fajar subuh, zhuhur mengikuti tergelincirnya matahari dan ashar ikut matahari yang kearah barat dengan tanda bayangan benda seperti bendanya dan maghrib terbenam matahari. Dengan demikian jelas adzan kadang mundur waktunya dan kadang maju waktunya. Keistimewaan ini membuat shalat mudah dilakukan sebab semua bisa tau waktu shalat.

Maaf bantu jawab pertanyaan kemarin atau semalam
sambil nunggu admin siap...
-------------------------------------------------------

Al-Qur`an dan Sunnah Kunci Selamat

Nash hadits:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قاَلَ : خَطَبَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ النَّاسَ فِيْ حَجَّةِ الْوَدَاعِ فَقَالَ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّيْ قَدْ تَرَكْتُ فِيْكُمْ مَا إِنِ اعْتَصَمْتُمْ بِهِ فَلَنْ تَضِلُّوْا أَبَدًا كِتَابَ اللهِ وَسُنَّتِيْ

Terjemah:

Dari Ibnu Abaas –Radhiyallahu ‘anhu- beliau berkata: Rasulullah telah berhutbah dihadapan manusia di haji al-Wada’ dengan bersabda: Wahai Manusia! Sungguh aku telah tinggalkan pada kalian. Bila kalian berpegang teguh denganya maka tidak akan sesat selamanya: yaitu kitabullah dan sunnahku.

Takhrij Hadits:

Hadits shahih ini dikeluarkan oleh imam al-Haakim dalam al-Mustadrak (1/93), al-Baihaqi dalam as-Sunan al-Kubro 10/114 dan dalail an-Nubuwah 5/449, Ibnu Hazm dalam al-ihkaam 6/809, Ibnu Nashr dalam as-Sunnah hlm 21 dan dishahihkan al-Albani dalam Shahih at-targhib wa Tarhib no. 40.

Biografi singkat Perawi:

Beliau adalah Abul Abas Abdullah bin Abas bin Abdilmuthalib bin Hasyim bin Abdimanaf bin Qushai alQurasyi. Saudara sepupu Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam dan salah satu ahli tafsir dan ulama terbesar didunia islam. Rasulullah  pernah mendoakan beliau dengan do’a :

اللَّهُمَّ فَقِّهْهُ فِيْ الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ

Ya Allah jadikanlah ia seorang yang sangat faham terhadap agama dan ajarilah ia tafsir al-Qur`an.

Kehidupan beliau dipenuhi dengan ilmu dan amal sehingga menjadi salah satu ulama besar Sahabat Nabi  shalallahu alaihi wa sallam dan mendapatkan kedudukan yang tinggi disisi kholifah Umar bin al-Khathab dimasa kekhilafahan beliau. Rasulullah meninggal dunia dalam usia Abdullah bin Abas baru mencapai usia baligh. Sahabat Abdullah bin Abaas meninggal di kota Thoif pada tahun 68 H.

Syarah Kosa kata:

خَطَبَ : memberikan Khutbah

حَجَّةِ الْوَدَاعِ : haji Rasulullah yang pertama dan terakhir terjadi pada tahun 10 Hijriyah.

قَدْ تَرَكْتُ فِيْكُمْ  : telah aku tinggalkan pada kalian

اعْتَصَمْتُمْ : berpegang teguh

فَلَنْ تَضِلُّوْا : tidak akan sesat

كِتَابَ اللهِ : al-Qur`an

سُنَّتِيْ : sunnah Nabi berupa semua yang disandarkan kepada Nabi berupa perkataan, perbuatan dan persetujuan beliau.

Syarah Umum (pengertian umum hadits)

Sahabat yang mulia Abdullah bin Abbas menceritakan bahwa Nabi pada haji wada’ memberikan khutbahnya kepada semua orang yang hadir waktu itu. Haji wada’ adalah satu-satunya haji Rasulullah  shalallahu alaihi wa sallam. Pada haji tersebut beliau perintahkan kaum muslimin untuk berhaji sehingga banyak sekali kaum muslimin berkumpul menunaikan haji. Sudah sepantasnya bila beliau kemudian memberikan khutbahnya untuk menunjukkan mereka kepada semua kebaikan yang ada. Juga menjelaskan ketentuan islam dan jalan keselamatan dari semua kesesatan.

Beliau kemukakan semua itu dengan kalimat yang singkat, padat dan jelas sekali dengan menyatakan: Wahai manusia sekalian dengarlah dan fahamilah bahwa aku telah meninggalkan al-Qur`an dan sunnahku sebagai kunci keselamatan dari semua kesesatan. Sehingga siapa yang berpegang teguh dengan keduanya maka tidak akan sesat selama-lamanya. Mari berpegang teguh kepada keduanya dengan mempelajarinya, mengamalkannya dan mengajarkannya kepada masyarakat kita. Semoga kita selamat dari kesesatan.

Faedah hadits

1.    Kunci keselamatan manusia dari kesesatan adalah berpegang teguh kepada al-Qur`an dan sunnah.
2.    Kewajiban memiliki satu sumber pengambilan ajaran islam yaitu al-Qur`an dan sunnah.
3.    Cinta dan kasih sayang rasulullah terhadap umatnya demikian tingginya sehingga berharap semuanya tidak ada yang tersesat.
4.    Mimbar khutbah merupakan salah satu sarana efektif mengajarkan ilmu kepada masyarakat banyak.
5.    Beliau telah sempurna menyampaikan semua kebaikan yang harus dimiliki dan diketahui setiap muslim dan ini merupakan salah satu tugas beliau.
6.    Berpegang teguh kepada al-Qur`an dan sunnah bermakna mempelajari, memahami dan menghafal serta meeujudkannya dalam bentuk amalan nyata sehari-hari.

Semoga bermanfaat.
Setelah ini kita buka tanya jawab bebas atau pengayaan materi....silahkan...

TAMBAHAN TENTANG MLM

Untuk MLM umumnya melanggar syariat. lihat buka "SIapa Bilang MLM haram? cetakan darul ilmi karya Kholid SYamhudi.
sulit didapatkan yang memenuhi standar seperti yang disampaikan bu Rusni.

Syarat Mlm Yang Halal
Kontroversi mengenai bisnis dengan metode multi level marketing (MLM) telah lama menyebar, para ulama pun telah mevonis aktivitas ini sebagai cara bisnis yang menzhalimi orang lain dan memakan harta atau hasil keringat orang lain tanpa alasan yang dibenarkan oleh syariat.

Namun demikian, masih ada pihak-pihak yang tetap menggandrungi bisnis ini dan tidak memperdulikan status hukumnya dalam kaca mata syariat Islam. Berikut ini ada sebuah artikel menarik, bagaimana MLM yang telah divonis terlarang tersebut bisa menjadi diperbolehkan dan halal apabila memenuhi kriteria yang dihalalkan.

Ada tiga syarat yang harus dipenuhi agar marketing dengan sistem MLM hukumnya halal:

Pertama, orang yang ingin memasarkan produk tidak diharuskan untuk membeli produk tersebut.

Kedua, harga produk yang dipasarkan dengan sistem MLM itu tidak boleh lebih mahal dari pada harga wajar untuk produk sejenis. Hanya ada dua pilihan harga semisal dengan harga produk sejenis atau malah lebih murah.

Ketiga, orang yang ingin memasarkan produk tersebut tidak disyaratkan harus membayar sejumlah uang tertentu untuk menjadi anggota.

Jika tiga syarat ini bisa dipenuhi, maka sistem MLM yang diterapkan adalah sistem yang tidak melanggar syariat.

Namun bisa dipastikan bahwa tiga syarat ini tidak mungkin bisa direalisasikan oleh perusahaan yang menggunakan MLM sebagai sistem marketingnya. Jika demikian, maka sistem marketing ini terlarang karena merupakan upaya untuk memakan harta orang lain dengan cara cara yang tidak bisa dibenarkan.

TAMBAHAN TENTANG MENGASIHI ANAK YATIM

Demikian penjelasan Syaikh Dr. Abdullah bin Nashir al Sulmi sebagaimana bisa disimak di sini:

DISITU MEMANG ORTU HARUS SEDIH...

Kalimat “Disitu Saya Kadang Merasa Sedih ” menjadi tren di kalangan netizen yang kreatif menjadikan kalimat tersebut menjadi sebuah meme yang lucu dan menggelitik. Kalimat tersebut merupakan sebuah cupikan dari salah satu reality show yang ditayangkan pada salah satu stasiun TV nasional dengan program 86.

Wanita yang menjadi ikon pada meme “Disitu Saya Kadang Merasa Sedih” tersebut adalah Brigadir Dewi Sri Mulyani yang bertugas di SATLANTAS Polrestabes Bandung.

Dalam video tersebut terlihat kesedihan Brigadir Dewi karena dia tidak mutlak dapat selalu hadir untuk melindungi anaknya. Dengan wajah sedih dan berurai air mata, Dewi pun curhat, "Anak pasti mengharapkan ada sosok orangtuanya. Disitu kadang saya sedih. Di mana anak saya pasti seperti itu, padahal tidak semua kegiatan saya mutlak bisa menemani anak saya."

Walaupun meme "Disitu kadang saya merasa sedih" tersebut dapat menggelitik, namun yang perlu kita sadari makna terpenting pada video tersebut adalah cinta dan kepedulian seorang Ibu kepada anaknya. Selamat bertugas Ibu Polwan Brigadir Dewi Sri Mulyani .

DISITU...ANAK-ANAK KITA BISA MERASA SEDIH

Seorang penyair berkata :

لَيْسَ الْيَتِيْمَ مَنِ انْتَهَى أَبَوَاهُ *** مِنْ هَمِّ الْحَيَاةِ وَخَلَّفَاهُ ذَلِيلْاً

Bukanlah anak yatim adalah anak yang kedua orang tuanya telah tiada dan meninggalkannya dalam keadaan hina

إِنّٓ الْيٓتِيْمٓ هُوٓ الَّذِي تَلْقٓى لٓهُ *** أُمًّا تَخَلَّتْ أَوْ أَباً مَشْغُوْلاً


Akan tetapi anak yatim adalah anak yang kau dapati ibunya tidak memperdulikannya atau ayahnya sibuk tidak mengurusnya (Syair dikutip dari http://www.firanda.com/…/385-semoga-putra-putrimu-bukan-ana…)

TANYA JAWAB

1. Manusia tidak akan tersesat apabila berpegang teguh dengan al Qur'an dan sunnah, namun di perkara sunnah banyak terjadi perbedaan pendapat. Lalu bagaimana menyikapinya ustad? Afwan ustdaz!!?
Jawab
Sunnah Nabi yang paling ngerti tu para sahabat yang langsung tau mimik dan intonasi bicara beliau juga perbuatannya maka kita merujuk pada pemahaman para sahabat dalam memahami sunnah nanti akan mudah. Disamping itu bila ada pemahaman terhadap hadits akan baik bila merujuk kepada para ulama yang memang pakar dan sudah banyak menelaah hadits.

2. Ustadz bagaimana kalo pakaian kita mengenai tanah sampe ke seret saat jalan apakah sholatnya sah?
Jawab
Kalo wanita berpakaian yang nyeret ke tanah maka shalatnya sah dan sudah mengikuti anjuran Nabi seperti dalam hadits ummu salamah tentang pakaian wanita itu sehasta dari setengah betis.

3. Jadi terlepas dari hukum diatas mlm yang berdasarkan  syariat islam juga harus pakai akad dong ustadz. Apakah sama hal dengan akad? Dengan akad jual beli yang diterapkan di bank-bank syariah ustadz? Atau ada akad lain? Biasanya murabahah dan wakalah. Kalau mlm apa ya stadz?
Jawab
Semua dengan akad tergantung pada jenis muamalatnya. Makanya MLM harus jelas apakah jual beli atau hanya ijarah dan marketing saja. Dalam MLM ada Ijarah seperti nyewa tenaga marketing dengan janji imbalan point dan jual beli barang. sayangnya MLM umumnya berfungsi sebagai distributor barang bukan pabrik sehingga relatif sangat mahal harganya karena keuntungannya dipakai untuk bayar bonus keanggotaan tersebut. MLM tidak ada transaksi Murabahab dab wakalah sehingga pengakuan mereka istilah Direct Selling tidak benar.

>Hmm.. Berarti mlm juga gunakan simsar ya stadz? Ada yang diberikan upah.
Jawab
Sebenarnya secara kasar bisa diungkapkan dengan: Memotivasi orang untuk membantu pemilik MLM kaya dengan iming-iming bonus. Tampaknya untung di anggota padahal kalo dinilai usaha marketingnya tentunya lebih besar keuntungan pemilik dari bonus. Apalagi kalo pake uang keanggotaan dan tupon (TUtup Point) itu sudah kayak maksa harus laku barang gue baru gue kasih lhuuu bonus....

Silahkan ibadah bu saya lagi lemburan nulis artikel majalah tadi kelelahan jadi tidur cepat sekarang jadi kerja. Semoga ALlah menerima amal ibadah kita baik yang menghidupkan malam dengan sholat atau kerja menunaikan kewajiban kerjaan. amiin.
bangsawan= Bangsa Karyawan

TANYA JAWAB EXTRA

1. Assalamualaikum ustadz, mau tanya ada ibu tiri yang menguasai harta suaminy yang sudah meninggal tapi tidak mau mengurus anak dari suaminy itu. Bagaimana menyikapiny ustadz? Karena dibicarakan baik-baik juga slalu menang sendiri malah minta putus silahturahmi... Afwan
Jawab
Memang susah kalo nggak pake cara islam. Baiknya dimusyawarahkan seluruh ahli waris dari bapak mayit dan kerabat yang ada dengan didudukkan permasalahannya. biar dia tau sebesar apa hak istri mayyit tersebut. Kalo ibu tiri tersebut mengancam putus silaturrahmi biarin aja asal anak-anaknya tetap nyambung, kan baru ancaman.

2. Ada kasus, mertua bernazar akan melakukan syukuran potong sapi jika anak-anaknya lulus pns, alhamdulillah anaknya lulus, tapi nazar tersebut sekarang diminta anak-anak yang tunaikan karena mertua tersebut ga mampu, gimana hukumnya tu ustadz?
Jawab
Boleh anak-anak memberikan kepada bapak sejumlah uang dan sibapak beli sapi lalu dipootong buat mmenuhi nadzarnya sebab harta anak juga harta bapak seperti disampaikan Rasulillah shalallahu 'alaihi wa sallam: إن مالك لأبيك
jenazah = mayyit.
nggak ada dalil shahih yang membedakannya.

3. Kalo ada orang yang secara umur dan finansial sudah mampu menikah tapi mempunyai kakak dan adek perempuan yang banyak dan belum menikah ketika orang tua nya meninggal dia diamanahkan bapak nya untuk menyelesaikan saudara perempuan nya dulu, apa itu dia gpp ya..
Jawab
Nggak apa-apa asal tidak memberikan madharat kepadanya. Sebab terlambatnya kakak dan adik nya menikah bisa membuat madharat baginya. Maka lihat kembali keadaan dia dan keadaan kakak dan adiknya tersebut apakah akan menikah segera atau masih jauh dari niyat menikah. Kalo masih jauh sebaiknya dia menikah saja untuk menjaga diri dan kesuciannya agar kemudian kakaknya segera menikah karena takut dilangkahi adiknya.

4. Tapi tadz terkadang ada kasus meninggal jam 10 malam, jenazah sudah dimandikan karena menunggu saudara / anak yang jauh akhirnya dikuburnya esok paginya, nah itu kadang keluar kotorannya lagi tadz, ini bagaimana tadz?
Jawab
Tentang mayit tadi bila memang keluar kotoran sebaiknya dibersihkan selama tidak merusak jenazahnya, sebab kita menguburkan sebaiknya dalam keadaan bersih.

5. Pak dodi, obsesi terhadap seseorang yang akan dilamar baik kah? Terus apakah ke obsesian itu bener-bener tanda serius yang beneran?
Jawab
Boleh saja, sedikit Jangan berlebihan... Untuk memperkuat obsesi tersebut berada di jalur yang benar, tetap saja berdoa kepada اللّهُ Ta'ala yaaa.

Ngga heran kok, bagian dari karakter manusia, kita semua memiliki obsesi dan harapan. Dan karena karakter manusia itu tamak, obsesi itu selalu berkembang. Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah   bersabda,

لَوْ كَانَ لاِبْنِ آدَمَ وَادِيَانِ مِنْ مَالٍ لاَبْتَغَى ثَالِثًا ، وَلاَ يَمْلأُ جَوْفَ ابْنِ آدَمَ إِلاَّ التُّرَابُ

Jika manusia memiliki dua lembah penuh dengan harta, pasti dia akan mencari lembah harta ketiga. Tidak ada yang bisa memenuhi perut anak Adam, selain tanah. (HR. Bukhari 6436 & Muslim 2462).

Jadi... Jangan berlebihan, sekali lagi mintalah petunjuk dan bimbingan اللّهُ Ta'ala.
والله أعلم بالصواب

Alkhamdulillah, sudah terjawab semua. Syukron  ustad,,
Kholid juga ustad  Dody

Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terbaru