Home » » DISKUSI SEPUTAR KEHIDUPAN

DISKUSI SEPUTAR KEHIDUPAN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, February 4, 2015




Kajian WA Hamba الله SWT

Kamis, 29 Januari 2015

Narasumber : Member HA

Tema : Diskusi Seputar Kehidupan

Editor : Wanda Vexia

Grup Bunda M18

Notulen :Nadliroh



1. Kenapa doa orang yang jarang ibadah tapi doanya cepat terkabul?

JAWAB: Selalulah BERSANGKA BAIK pada Allah, karena kita sebenarnya tidak benar-benar mengetahui apa yang terbaik bagi diri kita. Sempurnakan DUIT SAJUTA (Doa,Usaha,Ikhtiar,Tawakal), (Sabar JUjur dan tawadu').



2. Bolehkah kita berdoa saat sujud di dalam sholat 5 waktu dengan bahasa kita?

JAWAB: Ada yang memakruhkan, mengharamkan dan memubahkan. Masing-masing ada dalilnya.



3. Kapan waktu yang mustajab untuk berdoa?

JAWAB: (a) Saat hari Arafah; (b) Saat hari jumat; (c) Waktu antara adzan dan iqomat; (d) Saat turun hujan; (e) Saat bulan ramadhan; (f) Saat sepertiga malam; (g) Saat buka puasa; (h) Saat sujud; (i) Ba'da sholat; (j) Ketika adzan berkumandang; (k) sebelum salam dalam sholat wajib; (l) Saat perang berkecamuk; dan (m) saat minum air zam zam



4. Bagaimanakah hukum nya wanita yang sedang haid membaca Al Qur'an ?

JAWAB: Ada yang membolehkan ada yang tidak. Masing-masing punya dalilnya. Wanita haidh boleh membaca Al-Qur'an karena ia obat jasmani dan ruhani serta masih banyak lagi keutamaannya sehingga tidak ada larangan bagi wanita haidh untuk membaca ataupun menyentuh Al-Qur’an. Adapun hadits larangan membaca/menyentuh AL-Qur’An bagi wanita haidh/junub ialah (hadist Draqutni dan Baihaqi) di lemahkan oleh Imam Ibnu Taimiyah dan Imam Asy Syaukni



5. Apa sajakah kategori istri shalehah?

JAWAB: Rajin solat, mengaji, menurut perkataan suami, menjaga kehormatan diri, berbakti pada suami dan taat beribadah.



6. Mengenai panggilan umi abi, ayah bunda, ibu bapak (terhadap suami istri) yang bertujuan untuk melatih anak untuk memanggil panggilan tersebut apakan disebut dzihar? Dan bila sudah suami istri tapi belum memiliki anak dan sudah menerapkan  dengan panggilan tersebut (umi abi, ayah bunda, dan lain lain) apakah disebut dzihar?

JAWAB: Tidak mengapa memanggil pasangan seperti ummi/abi dengan tujuan mengajarkan kepada anak dan ini tidak termasuk ke dalam zhihar.



7. Bagaimana cara mengendalikan marah?

JAWAB: Jika marah ketika berdiri, hendaklah duduk. Jika masih marah juga hendaklah berbaring. Perbanyak istighfar dan segeralah ambil air wudhu. Karena marah itu berasal dari syetan. Dan ketika marah, hendaklah diam. Karena kata-kata yang keluar ketika sedang marah biasanya tak terkontrol.



8. Kita sebaiknya menyembunyikan amalan dari orang lain. Misalnya sedekah yang dirahasiakan. Bagaimana bila istri menggunakan harta suami untuk bersedekah? Mana yang kita dahulukan, apakah amalan yang dirahasiakan atau izin suami dalam menggunakan hartanya?

JAWAB: Dalam rahasia bersadaqoh antara suami dan istri tidak perlu ada rahasia. Namun bila seorang istri ingin mnggunakan harta suami haruslah mminta izin terlebih dahulu, agar di ridhio dan keduanya mendapatkan pahala.

Wallahu a'lam

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....



Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:



 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك



Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika



“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”



Wassalamu'alaikum... 

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT