HIKMAH SAKIT "DEMAM"

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, February 13, 2015

Kajian Online Telegram Akhwat Hamba اَللّٰه Ta'ala

Hari / Tanggal : Jum'at, 13 Febuari 2015
Narasumber : Ustadz Dodi Kristono
Tema : Kajian Umum
Notulen : Ana Trienta

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bahas yang lagi ini yaaa. Karena sekarang musim hujan yaa, pasti banyak mengandung keberkahan. Siapa yang tahu apa saja?

Jawaban Member
1. Ruqyah alami
2. Istigfhar
3. Doa
4. Berkah
5. .....?

Ada sesuatu yang sangat besarrrrr pahalanya tetapi kita tidak mau mendapatkan atau menjalaninya bahkan cenderung menjauhinya dimusim hujan ini. Apa hayoooo....? Petunjuk tambahan. Apa yang terjadi dengan kita dikala musim hujan seperti ini? Kalau flu badan kita apa?

Thats it → Meriang 👏👏👏

Apa sih fungsi demam bagi tubuh kita....?

بسم الله الرحمن الرحيم

Jangan pernah mengeluh dan mencela akan sakit apalagi dikala kita demam. Sebagian orang yang tidak sabar, ketika ditimpa musibah atau sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan hatinya maka ia mengeluh bahkan mencela. Seseorang yang sakit mungkin awalnya ia akan mengeluh, akan tetapi lama-lama ia akan mencela dan memaki.  Apalagi jika sakit tersebut disertai dengan demam yang tinggi dan sulit hilang, atau hilang-muncul.

Terdapat larangan dalam syariat agar kita tidak mencela demam. dari Jabir radiyallahu ‘anhu,

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم دَخَلَ عَلَى أُمِّ السَّائِبِ (أَوْ: أُمِّ الْمُسَيَّبِ)، فَقَالَ: مَا لَكِ يَا أُمَّ السَّائِبِ (أَوْ: يَا أُمَّ الْمُسَيَّبِ) تُزَفْزِفِيْنَ؟ قَالَتْ: اَلْحُمَّى، لاَ بَارَكَ اللهُ فِيْهَا. فَقَالَ: لاَ تَسُبِّي الْحُمَّى، فَإِنَّهَا تُذْهِبُ خَطَايَا بَنِيْ آدَمَ كَمَا يُذْهِبُ الْكِيْرُ خَبَثَ الْحَدِيْدِ.

“Bahwasanya Rasulullah ﷺ  menjenguk Ummu as-Saib (atau Ummu al-Musayyib), kemudian beliau bertanya, ‘Apa yang terjadi denganmu wahai Ummu al-Sa’ib (atau wahai Ummu al-Musayyib), kenapa kamu bergetar?’ Dia menjawab, ‘Sakit demam yang tidak ada keberkahan اللّهُ  padanya.’ Maka beliau bersabda, ‘Janganlah kamu mencela demam, karena ia menghilangkan dosa anak Adam, sebagaimana alat pemanas besi mampu menghilangkan karat’.“

Demikianlah secara umum sakit bisa menggugurkan dosa seseorang asalkan dia bersabar Nabi ﷺ  bersabda,

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُصِيْبُهُ أَذًى مِنْ مَرَضٍ فَمَا سِوَاهُ إِلاَّ حَطَّ اللهُ بِهِ سَيِّئَاتِهِ كَمَا تَحُطُّ الشَّجَرَةُ وَرَقَهَا

“Setiap muslim yang terkena musibah penyakit atau yang lainnya, pasti akan hapuskan kesalahannya, sebagaimana pohon menggugurkan daun-daunnya”

Dan beliau ﷺ  bersabda,

مَا مِنْ شَيْءٍ يُصِيْبُ الْمُؤْمِنَ مِنْ نَصَبٍ، وَلاَ حَزَنٍ، وَلاَ وَصَبٍ، حَتَّى الْهَمُّ يُهِمُّهُ؛ إِلاَّ يُكَفِّرُ اللهُ بِهِ عَنْهُ سِيِّئَاتِهِ

“Tidaklah seorang muslim tertusuk duri atau sesuatu hal yang lebih berat dari itu melainkan diangkat derajatnya dan dihapuskan dosanya karenanya.”

Bahkan bisa jadi ia tidak mempunyai dosa sama sekali, menjadi suci sebagaimana anak yang baru lahir ketika sembuh atau ketika meninggal karena penyakit tersebut.

Nabi ﷺ  bersabda,

مَا يَزَالُ الْبَلاَءُ بِالْمُؤْمِنِ وَالْمُؤْمِنَةِ فِي جَسَدِهِ وَمَالِهِ وَوَلَدِهِ حَتَّى يَلْقَى اللهَ وَمَا عَلَيْهِ خَطِيْئَةٌ

“Cobaan akan selalu menimpa seorang mukmin dan mukminah, baik pada dirinya, pada anaknya maupun pada hartanya, sehingga ia bertemu dengan اللّهُ  tanpa dosa sedikitpun.”

Masih mau mencelakah akan sakit yang kita alami? Atau dimusim musim panca roba ini banyak sekali manusia terkena penyakit flu, batuk dllnya yang menyebabkan demam.

Untuk itu... Bersyukurlah jika kena demam yaaa.
Karenanya Syaikhul Islam Ibnu Taimiah menyebutkan 4 tingkatan manusia dalam menghadapi musibah, mulai dari yang terendah sampai ke yang tertinggi:

1.Marah dan tidak bersabar. Baginya dosa yang besar.
2.Sabar. Dia telah selamat dari dosa dan mendapatkan pahala karena kesabarannya
3.Ridha terhadap musibah yang menimpa. Dia mendapatkan pahala tambahan yang jauh lebih besar daripada pahala kesabaran.
4.Syukur. Inilah jenjang tertinggi dalam menghadapi musibah.
والله أعلم بالصواب

TANYA JAWAB

1. Kalo sakit ikhtiarnya berobat, apa itu tidak termasuk dalam kategori ridha terhadap penyakit atau musibah? Atau tidak termasuk sabar terhadap penyakit yang diderita?
Jawab
Justru kita harus ikhtiar dalam menyembuhkan penyakit. Karena bisa saja sudah ditakdirkan kesembuhan dengan kita ikhtiar dalam proses penyembuhannya

2. Yang tidak diperbolehkan itu mengeluh terhadap sakit ya ust?
Jawab
Setuju Ustadzaahhh. Bahkan banyak yang mendiamkan demam selama 3 hari setelah itu baru diikhtiarkan berobat.
Secara ilmu klinis → membiasakan pasukan pasukan tubuh bangkit dan siap siap melawab virus atau kuman yang masuk kedalam tubuh

> Tapi kalo didiamkan bisa tidak nikmat dalam ibadah kan ust? Apalagi untuk anak kecil... Sangat dianjurkan jangan langsung paracetamol.
Jawab
Sehat → Memperbanyak Pahala
Sakit → Menggugurkan dosa

Jadi jangan dibandingkan sehat dan sakit yaaa. Masing masing mempunyai tujuan yang berbeda

3. Pak, kan saya  mudah sekali  alergi terutama mudah  bersin karena  capek  bersin, saya  sering Istiqfar. Itu  apa  termasuk  mengeluh?
Jawab
Bukan Bunda Lia...

4. Ust. Dodi ada yang tanya niy : Benarkah..saat hujan turun merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk  berdo'a?
Jawab
Benerrrr bangeeett

5. Bagaimana dengan pemahaman sebagian orang bahwa hujan itu mmbawa rahmat dan membiarkan anaknya main hujan karena meyakini hujan yang membawa rahmat tidak akan menyebabkan penyakit?
Jawab
Rasulullah ﷺ ketika hujan mencopot sorbannya dan merenggangkan pakaiannya agar air hujan kena langsung ke badannya. Karena itu baik bagi kita jika Rasulullah ﷺ saja melakukan hal tersebut. Inilah Sunnah yang sudah ditinggalkan kebanyakan orang. 
والله أعلم بالصواب

6. Pak, apakah memimun air hujan yang baru  saja turun setelah lama ga hujan itu  bisa jadi obat? saya  pernah,lihat seperti  itu katanya
Jawab
Kalau minum air hujan sebagai obat maka itu butuh dalil. Tapi mandi hujan dipertama kali hujan turun kataa Rasulullah ﷺ itu adalah mubarrok (keberkahan yang tinggi), bisa saja jadi pengobat yaa. Tapi tidak ada dalil sampai diminumnya air hujan tersebut

7. Ustadz mau nanya, kita kan berhijab. Boleh gak sih kita jual baju yang ga menutup aurat? Minimal kemeja kemeja akhwat lengan pendek itu
Jawab
Asal dipadu padankan dengan baju luarnya yaaaa

8. Assalamualaikum,barokallaah fiik pak ustadz,saya mau tanyakan apakah setiap musibah itu akibat dari dosa dosa kita? dan Allah menguji keimanan dan kesabaran kita  dalam musibah ini? (misal kita sakit akibat kita sudah mendholimi tubuh kita dengan tidak menjaga amanah dari tubuh ini ? atau kita sakit tertentu karena memang sudah berlebihan mengkonsumsi makanan tertentu yang berlebihan  pastinya  karena mengikuti nafsu kita seningga sakit tertentu? jazakallah khoiron katsiron
Jawab
Benaaarrrr sekaliii. Peranan kita menentukan sebab akibat yang terjadi

9. Kenapa kalo musim hujan begini orang mengkaitkannya sama tahun baru imlek ya ust?
Jawab
Sebenernya ilmu ini bergerak maju tidak ada tanggal pasnya. Jika dilihat ilmu orang china ini mencuri ilmu Islam dalam hal menetukan pola atau ritme dari pergerakan bumi.
والله أعلم بالصواب

>Gimana maksudnya ust? Apa seperti bekam ya ust? Bekam kan wasiat Malaikat Jibril ya, tapi alat bekam itu semua dari cina dan katanya pengobatan tradisional cina
Jawa
Benaaarrrrrrr
Tuaan mana Islam di China sama di Indonesia? Di cina. Dilihat dari sejarah, bahwa ada masjid berdiri di china pada abad ke 2. Ini menandakan terjadinya perdagangan antara timur tengah dan china. Jadi memang Islam lebih dahulu masuk ke China

>Kalo jaman rasul bekam nya mengunakan apa pak ustadz,,
Jawab
Pedang. Iyaaaa.... Ditusuk tusuk pedangnya di punggung seseorang. Jadi melukainya bisa pake pedang, pisau atau tanduk. Dan menutupnya menggunakan cawan atau mangkok yang tinggi

10. Ustad saya mau tanya nih, dikala hujan pertama dianjurkan air hujan membasahi tubuh sesuai dengan yang dilakukan rasul terdahulu, apakah masih relefan dengan keadaan sekarang dimana para ahli berpendapat bahwa hujan pertama mengandung senyawa radio aktive seperti debu polusi dll.. Mohon pencerahannya ustad, syukron.
Jawab
Itu biasanya yang terjadi dilingkungan yang sudah parah dengan polusi udara. Jika masih di Luar itu in sha اللّهُ aman aman saja. Nda usah terlalu takut dan khawatir. Yang nyunnah nyunnah kadang kadang memang ada propaganda

11. Assalamu'alaikum ustadz mau tanya, gimana menurut ustadz imunisasi di indonesia dalam sudut pandang ustad?
Jawab
Saya mendukung imunisasi. Bahwa propaganda selalu ada akan hal ini. In sha اللّهُ saya ada di group yang diasuh oleh salah satu Ust. Raehan yang berprofesi sebagai dokter juga. Beliau sudah meneliti akan hal tersebut dan tidak ada salahnya jika kita ada biaya ikut imunisasi bahkan dianjurkan sama Beliau.

> Kalo KB pak?
Jawab
Kalau ada alasan medisnya dipersilahkan. Jika tidak ada alasan medis, maka lebih baik tidak usah KB

> Dalam hal medis maksudnya apa pak?
Jawa
Perintah dokter tidak boleh hamil lagi, nanti akan membahayakan sang Ibu

> Terus gimana dong ustdz anak saya sudah 6 bulan, karna pengakuan dari menkes bahwa obat yang halal hanya ada 20 jenis saja, terus kami berfikiran tidak usah di imunisasi, kemudian saya juga dengar isu bahwa baksin nya mengandung babi
Jawab
Cari yang dokternya Ustadz yaaa. Jadi bisa rekomendasikan bahan bahan imunisasi. Atau nanti saya bawakan materi imunisasi yaaa

Cukup yaaaaa
Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT