Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

KARANG GIGI - KESEHATAN


Kajian WA Hamba الله SWT
Rabu, 28 Januari 2015
Narasumber: Drg. Eka
Tema: Karang gigi
Editor: Wanda Vexia
Grup Nanda 106
Notulen: Meydillah Cahyawati

Assalamualaykum wr... wb ... Akhowat fillah ....
بسم الله والحمد لله
والصلاة والسلام علي رسول الله
ولاحولاولاقوة الابالله

KARANG GIGI
Karang gigi adalah lapisan keras yang melekat erat pada permukaan gigi. Karang gigi ini terbentuk dari plak atau sisa-sisa makanan yang masih tertinggal yang bercampur dengan air liur dan mengalami proses mineralisasi sehingga menjadi endapan yang sangat keras dan sulit dibersihkan.

Karang gigi ini awalnya berwarna kuning dan lama kelamaan bisa berubah menjadi coklat atau kehitaman. Letaknya dipermukaan gigi atau diatas gusi dan dibawah permukaan gigi dan gusi. Umumnya setiap orang memiliki karang gigi dengan keparahan yang berbeda.

Jika karang gigi ini di diamkan menumpuk bisa menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Selain itu karang gigi yang di diamkan menumpuk lama kelamaan akan bertambah banyak dan tebal serta mendesak masuk kedalam kantong gusi. Dan kemudian terjadi peradangan karena rusaknya perlekatan antara gusi dan gigi sehingga lama kelamaan perlekatan gigi akan menjadi longgar dan goyang bahkan gigi dapat terlepas sendiri.

Tidak hanya itu, infeksi karang gigi yang parah akan membuat bakteri dapat masuk kedalam aliran darah dan menyebabkan sistem kekebalan tubuh terganggu karena darah yang terinfeksi akan berkontamimasi dengan kuman-kuman yang terdapat di karang gigi. Sampai saat ini pembersihan karang gigi hanya dapat dilakukan dokter gigi dengan alat khusus.

Untuk mencegah atau memperlambat pertumbuhan karang gigi kita bisa melakukan dengan beberapa cara:
1. Menyikat gigi dengan teratur minimal 2x sehari (setelah sarapan dan menjelang tidur malam).
2. Gunakan dental floss setelah makan untuk membantu membersihkan sela-sela gigi.
3. Konsumsi sayuran dan buah-buahan berserat.
4. Periksakan gigi ke dokter gigi mimimal 6 bulan sekali












TANYA - JAWAB
1. Cara ngebersihin karang gigi yang udah tebel itu pake apa ya dok?
JAWAB:  Mba nursetia, pake alat khusus untuk ngebersihin karang gigi. Cuma dokter gigi aja yang punya dan alatnya gak dijual bebas.

2. Dok infeksi karang gigi yang bakterinya masuk ke aliran darah fatal banget ya ? Bagaimana cara mengatasinya dok kalau sudah kayak gitu ?
JAWAB: Mba adwa, kalau sudah masuk ke aliran darah maka infeksinya itu dibawa ke seluruh tubuh. Jadi ga cuma bisa bikin sakit gigi aja tapi bisa menimbulkan sakit di bagian tubuh lain seperti ginjal jantung dan lain-ain. Oleh karena itu harus dijaga kebersihan mulut dan gigi

3. Dok, kalau sakit gigi itu kenapa ya? Dokter gak mau langsung cabut, biasanya dikasih obat anti nyeri dulu. Kalau udah ga sakit, baru di suruh balik lagi. Apa resikonya kalau langsut dicabut?
JAWAB: Kalau saat pemeriksaan masih ada infeksi atau peradangan pada gigi dan jaringan penyangga gigi, memang sebaiknya diobati dulu untuk menyembuhkan infeksinya. Kaerna kondisi gigi yang akan dicabut masih sakit atau terinfeksi maka obat biusnya tidak akan bekerja. Karena tingkat keasaman obat injeksi atau bius dengan infeksi yang ada tidak sama. Jadi kalau lagi sakit gigi terus dicabut nanti hasilnya giginya tetep sakit.

4. Dok, saya pernah baca artikel memakan buah apel bersamaan dengan kulitnya itu akan membantu menghilangkan karang gigi. Itu bener apa ngawur ?
JAWAB: Buah apel mengandung banyak serat. Itulah kenapa buah ini bagus juga untuk gigi. Buah-buahan yang berserat bisa memperlambat terbentuknya karang gigi dan membersihkn gigi secara alami (self cleansing). Lebih gampangnya gini, kalau kita makan buah atau sayuran pasti kan banyak seratnya tuh. Karena serat yang banyak itu kita jadi lebih lama untuk mengunyah. Naaahhhh...... Saat kita mengunyah ini ada efek namanya self cleansing (membersihkan sendiri) dari makanan tersebut gigi lebih bersih.

5. Karang gigi bisa bikin komplikasi ya dok?
JAWAB: Sebetulnya penyakit-penyakit lain pun bisa timbul juga dari gigi dan mulut kita. Misalnya karang gigi ini atau gigi berlubang yang didiamkan tanpa perawatan, akan bisa menjadi pintu masuknya kuman. Jadi si kuman bisa jalan-jalan ke badan kita kapan aja.

6. Jadi ada kemungkinan gigi bungsuku belom tumbuh ya dok ?
JAWAB: Gigi geraham bungsu tumbuhnya sekitar umur 17-25 tahun. Tapi tidak semua orang harus memiliki gigi ini. Ada beberapa orang yang memang ga ada geraham bungsunya.

7. Dok, kalo udah dewasa gini misalnya ada beberapa gigi yang belum sempat lepas dulunya. Kalo misalnya gigi itu lepas sekarang, apa tetep bisa tumbuh lagi ya dok?
JAWAB: Mba afri, kalau ada gigi susu yang belum lepas dulu saat kecil, terus lepas sekarang ya tidak apa-apa. Biasanya gigi penggantinya sudah tumbuh tapi gigi susunya yang belum lepas. Kalau gigi susunya lepas saat udah dewasa ya sudah ga ada ganti lagi deh. Kan penggantinya udah tumbuh juga.

8. Assalamu'alaikum dok, bagaimana cara memutihkan gigi yaaa?
JAWAB: Walaikumussalam.. Sekarang ada teknik pemutihan gigi namanya bleaching. Tapi harus dilakukan oleh dokter gigi. Kalau yang alami setau saya bisa pake stroberi yang dihaluskan lalu dioleskan pada permukaan gigi selama 5 menit. Dilakukan 1-2x dalam seminggu.

9. Dok, kalau gigi paling belakang pojok itu berlubang dan sampai sekarang masih sakit apa itu prlu di operasi ya dok?
JAWAB: Kalau gigi berlubangnya masih bisa ditambal, sebaiknya ditambal aja. Namun kalau sudah tidak bisa diselamatkan dengan penambalan, maka dilakukan pencabutan. Kalau gigi geraham bungsunya tidak bisa dicabut dengan teknik biasa maka dilakukan operasi untuk mecabutnya.

10. Dok, dental floss apaan ya?
JAWAB: Dental floss itu benang gigi yang digunakam untuk membersihkan sela-sela gigi.

11. Kalo skiling itu buat apa ya dok? Kok temen saya suka ngomongin skiling.
JAWAB: Yang bener adalah scalling mba. Scaling is tindakan pembersihan karang gigi. Scaling ini normalnya dilakukan minimal 6 bulan skali.
12. Assalamualaikum dok, kalo gigi seperti item dan lama kelamaan akan keropos sedikit demi sedikit itu gimana dok?
Jawab : Berarti giginya berlubang. Diperiksakan saja ke dokter gigi agar bisa ditambal.
13. Kalo posisinya di gigi depan, kalo di tambal supaya ga terlalu tampak kalo di tambal bisa ga dok? Dan untuk penambalan, bisakah ke tukang gigi, atau langsung ke dokter?
JAWAB: Sekarang tambalan gigi sudah ada yang warnanya sama dengan warna gigi asli. Dan baiknya langsung ke dokter gigi aja yah, karena lebih layak dan jelas ketimbang ke tukang gigi.

14. Dok, saya pernah liat ada pasta gigi yang katanya bisa bantu membersihkan karang gigi, itu bener ga ya?
JAWAB: Sampai saat ini pembersihan karang gigi hanya dapat dilakukam dengan alat khusus dan pembersihannya, dilakukan langsung oleh dokter gigi. Kalau pasta gigi yang seperti itu saya malah belum tau mba.
15. Kalo gigi bungsu ga tumbuh-tumbuh itu biasanya karena apa ya dok?
JAWAB: Ada 2 kemungkinan (a) Benih gigi ini masih berada dan tertanam di dalam tulang. Dan masih tertutup tulang dan gusi. (b) Karena memang tida ada benih gigi geraham bungsunya.

16. Kalo mau bleaching tarifnya
biasanya berapaan ya dok?
JAWAB: Waaah.. Masalah tarif riskan banget mba. Biaya belum tentu sama loh ya.. Tergantung sama bahan-bahan yang dipakai, daerah tempat tinggal dan sebagainya itu dipertimbangkan. Untuk pastinya, bisa tanyakan langsung ke dokter gigi yang bersangkutan. hehehee
17. Dok, saya pernah scaling. Saat scaling sepertinya kena gusi gigi graham kiri atas, scaling sekitar setahun yang lalu, tapi sampai sekarang masih sakit. Gusi nya seperti sariawan. Bahayakah hal tersebut dok??
JAWAB: Kalau ada gusi yang terkena saat scaling InsyaAllah ga bahaya kok. Biasanya lukanya seperti sariawan dan sembuhnya cepat. Kalau sampe setahun lebih masih ada masalah pada gusinya, sebaiknya diperiksakan agar lebih jelas yang sakit gusinya ato ada faktor yang lain.
18. Saya punya gigi geraham bawah berlubang, sekarang sudah ga sakit sih, tapi udah lumayan lebar lubangnya. Baiknya dicabut atau tidak ya?
JAWAB: Gigi berlubang yang sudah besar rata-rata karies atau lubang giginya sudah sampai pulpa (bagian syaraf gigi). Kalau karies sudah mencapai pulpa gigi maka gigi masih bisa ditambal dengan dilakukan perawatan syaraf gigi terlebih dahulu. Tapi apabila lubang gigi tersebut sudah luas dan dalam sekali sampai tidak bisa ditambal lagi maka dilakukan pencabutan gigi.

19. Kalau misal sakit gigi terus minum as** me**n**at, apa bisa ketergantungan yak?
JAWAB: Kalau minum obat untuk mengurangi rasa sakit saat darurat ga masalah mba tiwik. Tapi setelah itu sebaiknya diperiksakan agar mendapatkan obat yang tepat. Kalau kita minum obat-obatan tanpa ada anjuran dari dokter dikhawatirkn bakteri-bakteri yang ada akan menjadi lebih kebal terhadap obat tersebut bakteri atau kuman tidak mempan lagi di obat dengan obat yang sama (resisten).
20). Bagaimana cara menghindari sakit gigi? Udah maksimal banget gosok gigi nya. Ada kah resep alami supaya gigi terlihat lebih putih?
JAWAB: Menjaga kesehatan gigi mudah loh mba nurul. Sikat gigi minimal 2x sehari, yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Banyak konsumsi makanan berserat dan mengurangi konsumsi makanan yang manis dan lengket. Kontrol ke dokter gigi 6 bulan sekali.
21. Assalamu'alaikum dok, kalo kita bersihin gigi trus giginya berdarah bahaya tidak?
JAWAB: Wa'alaikumussalam.... Kalau gigi itu ga berdarah ya mba dwi. Yang berdarah itu biasanya gusi. Kalau gusi berdarah saat kita menggosok gigi biasanya karena adanya radang gusi atau menggosok giginya terlalu keras. Kalau gigi yang berdarah umumnya karena gigi tersebut berlubang dan di dalam giginya terdapat daging tumbuh yang apabila tersentuh ato terkena sikat gigi akan berdarah.
Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....

Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:
 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamu'alaikum...