KEHAMILAN EKTOPIK

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, February 23, 2015

Kajian Online Telegram Akhwat Hamba اَللّٰه Ta'ala

Hari / Tanggal : Senin, 23 Februari 2015
Narasumber : Ustadzah Aprianti
Tema : Kesehatan Wanita
Notulen : Ana Trienta

Assalamualaikum,wrwb

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ

Apa itu Kehamilan Ektopik?

Kehamilan yang normal dimulai pada saat sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim ibu. Pada kehamilan ektopik sel telur ini tidak melekat pada rahim, namum pada bagian tubuh lain, seperti pada saluran telur (yang sering terjadi), leher rahim, dalam rongga perut atau indung telur (ovarium). Kehamilan ektopik biasanya tidak bisa berlangsung secara normal, jika tidak segera ditangani dapat membahayakan ibu karena pertumbuhan sel telur akan merusak struktur jaringan tempatnya melekat, sehingga dapat timbul perdarahan yang masif dan mengancam nyawa ibu.

Faktor resiko penyebab Kehamilan Ektopik

Penyebab kehamilan ektopik sampai sekarang masih merupakan misteri dan dapat terjadi pada semua wanita. Namun ada beberapa faktor resiko yang perlu diketahui dan menyebabkan beberapa wanita lebih beresiko mengalami kehamilan ektopik:
  • Kehamilan diatas 35 tahun
  • Pernah mengalami kehamilan ektopik sebelumnya
  • Ada riwayat melakukan pembedahan di daerah tuba falopi, karena jaringan parut yang timbul pasca bedah dapat menghambat masuk nya sel telur ke rahim
  • Ada riwayat penyakit menular seksual (PMS)
  • Penggunaan obat-obat fertilitas
  • Pengunaan alat kontasepsi dalam Rahim (AKDR) yang baik dapat mencegah kehamilan, namun jika terjadi kehamilan dapat timbul di luar Rahim
  • Kelainan kongenital yang menyebabkan struktur tuba falopi yang berbentuk tidak seperti normal.
Apa gejala-gejala kehamilan ektopik?

Gejala-gejala yang patut diwaspadai adalah:
>Perdarahan vagina.
>Nyeri yang tajam atau difus pada bagian abdomen
>Nyeri pada satu bagian badan
>Hipotensi (tekanan darah di bawah normal)
>Perasaan penekanan pada rektum
>Dapat juga bermanifestasi seperti kehamilan normal yaitu gejala mual, muntah, nyeri pinggang.

Bagaimana kehamilan ektopik didiagnosa?

Diagnosis pada kehamilan ektopik dapat dilakukan dengan pemeriksaan palpasi pada rongga pelvis dan mengukur kadar hormon kehamilan hCG (human chorionic gonadotopin) untuk memastikan kehamilan. Namun standar baku untuk menegakkan diagnosis adalah dengan melakukan ultrasonografi (USG).

Apa yang harus dilakukan bila kehamilan dinyatakan sebagai kehamilan ektopik?

Penatalaksanaan pada pasien dengan kondisi kehamilan ektopik harus dilakukan sedini mungkin karena dapat mengancam nyawa ibu. Karena biasanya kehamilan tidak dapat berlangsung sampai kelahiran, maka umumnya akan diberikan terapi farmakologis untuk memberhentikan kehamilan. Apabila telah terjadi ruptur uteri/robekan rahim, operasi harus dilakukan segera.

Karena banyak komplikasi yang dapat timbul dari kehamilan ektopik hingga menimbulkan kematian, waspadalah dan segeralah temui dokter Anda jika terjadi perdarahan abnormal dari vagina atau abdomen terasa sangat nyeri.

Apakah kehamilan ektopik bisa dicegah?

Seperti disebutkan diatas, penyebab kehamilan ektopik hingga ini belum diketahui pasti. Untuk itu sangat sulit untuk dicegah. Namun ada beberapa langkah-langkah yang bisa dilakukan:
>Stop merokok
>Hindari berhubungan dengan banyak pasangan yang akan menyebabkan timbulnya penyakit menular seksual
>Hindari kehamilan pada usia lanjut
>Konsultasikan kehamilan dengan dokter bila ada riwayat kehamilan ektopik sebelumnya.

Tafadol bila ada yg ingin di diskusikan bunda-bunda sholihah

DISKUSI & TANYA JAWAB

1. Alhamdulillah, begini bu dokter aku pernah dapat miom  di dalam kandungan, lumayan besar,sekarang sudah d oprasi dengan di angkat separuh rahimnya sebelum di operasi aku hiad lancar-lancar aja tapi setelah di operasi setahun yang lalu selama itu aku ga dapat haid.. itu gimana yaa?
Jawab
Kita kenali dulu sementara ya bund. Operatif yaitu melakukan tindakan pembedahan atau pengambilan mioma dengan cara dioperasi. Terapi ini sangat dianjurkan kepada wanita-wanita dengan mioma uteri yang telah terdapat keluhan/gejala. Tindakan operasi/pembedahan pada mioma uteri ini dapat dilakukan dengan 2 macam pendekatan yaitu pertama pendekatan pembedahan konservatif (hanya mengambil miomanya saja disebut dengan miomektomi), yang kedua pembedahan radikal (tidak hanya mengambil miomanya saja tetapi mengangkat rahim sekaligus disebut dengan histerektomi) masing-masing mempunyai keuntungan dan kerugian sendiri-sendiri.

Miomektomi, mempunyai keuntungan yaitu pada wanita tersebut masih bisa haid setelah dilakukan operasi dan masih mempunyai kemungkinan bisa hamil karena rahimnya tidak diambil/diangkat. Sehingga tindakan ini dilakukan pada wanita-wanita yang masih ingin mempertahankan fungsi reproduksi/ingin punya anak lagi. Kerugian tindakan ini adalah ada kemungkinan wanita tersebut dapat terkena mioma uteri lagi di kemudian hari/pasca operasi karena rahim/uterusnya masih ada apalagi wanita tersebut masih usia reproduksi belum menopause.

Histerektomi atau angkat kandungan, mempunyai keuntungan bahwa wanita tersebut tidak akan terkena/menderita mioma uteri lagi dimasa yang akan datang/pasca operasi karena rahimnya juga sudah diangkat. Kerugiannya, wanita yang menjalani histerektomi ini tidak akan haid dan tidak akan bisa hamil lagi pasca operasi. Sehingga tindakan ini dilakukan pada wanita-wanita yang sudah punya anak cukup dan tidak ingin punya anak lagi.

Tanggapan
> Emang rahim bisa diangkat separuh bun?
Jawab
Iya bund rahim dari separuh indung telur,

>Apa itu penyebab tidak haid? Kan masih ada separuh lagi?
Jawab
Penyebabnya bisa karena operasi bisa juga karena pengaruh usia atau menopause. Separuh dari indung telur memang masih ada kesempatan untuk haid dan hamil namun  kembali lagi pada kondisi kesuburan pasien

>Tapi tetangga saya usia sudah hampir 50 dan indung telur nya sudah diangkat satu tapi masih bisa haid bu dr..
Jawab
Berarti kondisi kesuburannya masih bagus dan indung telurnya masih reproduktif

Seperti dilansir suite101.com, Senin (25/6/2012), ada 6 petunjuk umum untuk mengetahui apakah seorang wanita masih subur atau tidak.

1. Periode menstruasi normal

Menstruasi teratur artinya ovulasi tejadi secara teratur dan tanda keseimbangan hormon. Periode menstruasi yang teratur juga dapat memungkinkan seorang wanita mengetahui kapankah saat terbaik untuk berhubungan dengan kemungkinan hamil yang tinggi. Pada siklus menstruasi normal, yaitu selama 24 dan 35 hari, ovulasi umumnya terjadi pada sekitar pertengahan siklus. Tanda-tanda ovulasi adalah nyeri payudara, kembung, nyeri perut ringan, serta suhu tubuh dan gairah seks meningkat.

2. Berat badan normal

Berat badan yang tidak sehat akan mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh yang mengganggu keberhasilan ovulasi. Dalam kasus yang ekstrim, ovulasi dapat terhenti sama sekali. Pada wanita kurus, tubuh menghemat energi dengan cara menghentikan proses ovulasi. Jika ini terus berlanjut untuk jangka waktu yang panjang, ada kemungkinan akan menyebabkan mandul. Wanita yang berolahraga berlebihan juga dapat menjadi mandul karena kurangnya lemak tubuh. Kelebihan berat badan juga meningkatkan risiko terserang sindrom ovarium polikistik yang dapat menyebabkan kemandulan permanen.

3. Tidak memakai alat kontrasepsi

Wanita yang telah menyuntik homon pengendali kelahiran membutuhkan waktu 1 tahun agar kesuburannya pulih kembali.. Tubuh harus mulai mengatur ulang periode menstruasi, juga mulai berovulasi secara berkala untuk meningkatkan kesuburan. Meskipun siklus menstruasi sudah mulai normal lagi, ovulasi akan terjadi secara tidak teratur dan memang diperlukan waktu beberapa saat untuk normal lagi. Untungnya, hormon pengendalian kelahiran tidak menyebabkan mandul.

4. Bebas penyakit menular seksual

Wanita yang terinfeksi penyakit menular seksual lebih mungkin menjadi mandul. Penyakit seperti klamidia dan gonore menyebabkan penyakit radang panggul yang dapat menyebar ke organ reproduksi. Infeksi menyebabkan jaringan parut muncul di saluran tuba, ovarium dan organ lainnya sehingga mencegah ovulasi dan mengurangi kemampuan untuk hamil.

5. Tidak merokok

Wanita perokok berat mengalami penurunan tingkat kesuburan sekitar 43% dan 3 kali lebih mungkin menjadi mandul dibandingkan wanita non-perokok. Kemungkinan ini meningkat lebih tinggi jika pasangannya juga merokok. Bahan kimia dalam rokok merusak sel telur dan dapat mengganggu ovulasi. Tidak hanya dapat membuat susah hamil, tetapi juga meningkatkan kemungkinan bayi keguguran dan lahir mati.

6. Tidak stres

Stres adalah salah satu faktor terbesar yang mengganggu kemampuan seorang wanita agar dapat hamil. Sayangnya, faktor risiko yang satu ini tak terhindarkan dari kehidupan.
Wanita stres memproduksi hormon kortisol dan prolaktin yang secara aktif mengganggu dan bahkan dapat menghentikan ovulasi. Jika hal ini terjadi untuk jangka waktu yang panjang, sistem kekebalan tubuh berkurang. Pada saat ini, kemungkinan untuk hamil akan menyusut karen


Sekarang itu ada alat namanya ovutest untuk chek kesuburan bund, diapotik banyk dijual

2. Bunda, apa  yang harus  di hindari jika kita saat melahirkan dengan cecar? Saat melahirkan apa pasca melahirkan bund, mohon maaf hehe. Pasca melahirkan dengan cecar maksud saya setelahnya harus bagaimana, apakah dengan cara tertentu baru Boleh  hamil ? Atau harus dengan perawat tertentu begitu bun?
Jawab
Pasca caesar memang minimal 2 tahun dijaraknya bund. Memang harus ekstra perawatan ya kalau pasca caesar agar bekas luka atau jahitan cepat kering perbanyak makan telor rebus bunda, buah dan sayur. Hindari kegiatan membungkuk yang dapat menyebabkan robeknya jahitan yang belum kering Digerakan namun jangan terlalu over, normal saja. Aktivitas diri sendiri saja dulu selama 3bln pertama, karena pasca caesar rentan, jika bekas jahitan terbuka lagi dan kecapean atau stress bisa menimbulkan pendarahan yang abnormal jika begitu rahim diharuskan diangkat karena akan terjadi infeksi

3. Mencegah kehamilan tanpa kb gimana ya dok? Saya udah lepas kb udah 3 th lebih  gimana biar cepat hamil lagi ya dok?
Jawab
Kenali masa ovulasi, hindari penetrasi di dalam saat ovulasi, bisa dengan sistem kalender, bisa juga dengan ovutest bunda..

>Pake ovutest gimana caranya dok?
Jawab
Perbanyak makanan kaya akan asam folat bund seperti sayuran dan buah-buahan, katuk, bayam, apel, pisang, nanas,mangga, tomat, jeruk. Vitamin asal folat juga oke. Minum jus 3 diva: apel,wortel dan tomat di jus tambah madu penyubur juga oke. Promil juga ke dr spog bunda.  Ovutest alat untuk chek kesuburan dan masa ovulasi dengan cara menempelkan indikator ke air liur bunda

>Air ludah?
Jawab
Iya bunda

>Kok bs?
Jawab
Bisa bund
Jadi kalo di tes dengan ovutes itu kita tau lagi subur atau tidak dan menghindari hubungan pada masa subur itu

Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Ketik Materi yang anda cari !!