KESEHATAN REPRODUKSI WANITA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, February 16, 2015


Kajian Online WA Hamba الله Ta'ala
(Link 2 Nanda)

Hari / Tanggal : Senin, 16 Februari 2015
Narasumber : Ustadzah Ratih
Materi : Kesehatan
Notulen : Ana Trienta

Assalamualaikum nanda..

Definisi Kesehatan Reproduksi Wanita

Berdasarkan Konferensi Wanita sedunia ke IV di Beijing pada tahun 1995 dan Koperensi Kependudukan dan Pembangunan di Cairo tahun 1994 sudah disepakati perihal hak-hak reproduksi tersebut. Dalam hal ini (Cholil,1996) menyimpulkan bahwa terkandung empat hal pokok dalam reproduksi wanita yaitu :

1. Kesehatan reproduksi dan seksual (reproductive and sexual health)
2. Penentuan dalam keputusan reproduksi (reproductive decision making)
3. Kesetaraan pria dan wanita (equality and equity for men and women)
4. Keamanan reproduksi dan seksual (sexual and reproductive security)

Adapun definisi tentang arti kesehatan reproduksi yang telah diterima secara internasional yaitu : sebagai keadaan kesejahteraan fisik, mental, sosial yang utuh dalam segala hal yang berkaitan dengan sistim, fungsi-fungsi dan proses reproduksi. Selain itu juga disinggung hak produksi yang didasarkan pada pengakuan hak asasi manusia bagi setiap pasangan atau individu untuk menentukan secara bebas dan bertanggung jawab mengenai jumlah anak, penjarakan anak, dan menentukan kelahiran anak mereka.


Indikator Permasalahan Kesehatan Reproduksi Wanita.

Dalam pengertian kesehatan reproduksi secara lebih mendalam, bukan semata-mata sebagai pengertian klinis (kedokteran) saja tetapi juga mencakup pengertian sosial (masyarakat). Intinya goal kesehatan secara menyeluruh bahwa kualitas hidupnya sangat baik. Namun, kondisi sosial dan ekonomi terutama di negara-negara berkembang yang kualitas hidup dan kemiskinan memburuk, secara tidak langsung memperburuk pula kesehatan reproduksi wanita.

Indikator-indikator permasalahan kesehatan reproduksi wanita di Indonesia antara lain:
>Jender, adalah peran masing-masing pria dan wanita berdasarkan jenis kelamin menurut budaya yang berbeda-beda. Jender sebagai suatu kontruksi sosial mempengaruhi tingkat kesehatan, dan karena peran jender berbeda dalam konteks cross cultural berarti tingkat kesehatan wanita juga berbeda-beda. Kemiskinan, antara lain mengakibatkan: 
  • Makanan yang tidak cukup atau makanan yang kurang gizi. 
  • Persediaan air yang kurang, sanitasi yang jelek dan perumahan yang tidak layak.
  • Tidak mendapatkan pelayanan yang baik. 
  • Pendidikan yang rendah. Kemiskinan mempengaruhi kesempatan untuk mendapatkan pendidikan. Kesempatan untuk sekolah tidak sama untuk semua tetapi tergantung dari kemampuan membiayai. Dalam situasi kesulitan biaya biasanya anak laki-laki lebih diutamakan karena laki-laki dianggap sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga. Dalam hal ini bukan indikator kemiskinan saja yang berpengaruh tetapi juga jender berpengaruh pula terhadap pendidikan. Tingkat pendidikan ini mempengaruhi tingkat kesehatan. Orang yang berpendidikan biasanya mempunyai pengertian yang lebih besar terhadap masalah-masalah kesehatan dan pencegahannya. Minimal dengan mempunyai pendidikan yang memadai seseorang dapat mencari liang, merawat diri sendiri, dan ikut serta dalam mengambil keputusan dalam keluarga dan masyarakat.
  • Kawin muda. Di negara berkembang termasuk Indonesia kawin muda pada wanita masih banyak terjadi (biasanya di bawah usia 18 tahun). Hal ini banyak kebudayaan yang menganggap kalau belum menikah di usia tertentu dianggap tidak laku. Ada juga karena faktor kemiskinan, orang tua cepat-cepat mengawinkan anaknya agar lepas tanggung jawabnya dan diserahkan anak wanita tersebut kepada suaminya. Ini berarti wanita muda hamil mempunyai resiko tinggi pada saat persalinan. Di samping itu resiko tingkat kematian dua kali lebih besar dari wanita yang menikah di usia 20 tahunan.Dampak lain, mereka putus sekolah, pada akhirnya akan bergantung kepada suami baik dalam ekonomi dan pengambilan keputusan.
  • Kekurangan gizi dan Kesehatan yang buruk. Menurut WHO di negara berkembang terrnasuk Indonesia diperkirakan 450 juta wanita tumbuh tidak sempurna karena kurang gizi pada masa kanak-kanak, akibat kemiskinan. Jika pun berkecukupan, budaya menentukan bahwa suami dan anak laki-laki mendapat porsi yang banyak dan terbaik dan terakhir sang ibu memakan sisa yang ada. Wanita sejak ia mengalami menstruasi akan membutuhkan gizi yang lebih banyak dari pria untuk mengganti darah yang keluar. Zat yang sangat dibutuhkan adalah zat besi yaitu 3 kali lebih besar dari kebutuhan pria. Di samping itu wanita juga membutuhkan zat yodium lebih banyak dari pria, kekurangan zat ini akan menyebabkan gondok yang membahayakan perkembangan janin baik fisik maupun mental. Wanita juga sangat rawan terhadap beberapa penyakit, termasuk penyakit menular seksual, karena pekerjaan mereka atau tubuh mereka yang berbeda dengan pria. Salah satu situasi yang rawan adalah, pekerjaan wanita yang selalu berhubungan dengan air, misalnya mencuci, memasak, dan sebagainya. Seperti diketahui air adalah media yang cukup berbahaya dalam penularan bakteri penyakit.
  • Beban Kerja yang berat. Wanita bekerja jauh lebih lama dari pada pria, berbagai penelitian yang telah dilakukan di seluruh dunia rata-rata wanita bekerja 3 jam lebih lama. Akibatnya wanita mempunyai sedikit waktu istirahat, lebih lanjut terjadinya kelelahan kronis, stress, dan sebagainya. Kesehatan wanita tidak hanya dipengaruhi oleh waktu.
TANYA JAWAB

Pertanyaan M111

1. Saya ingin bertanya tentang pil penunda haid bagi wanita yang belum menikah ataupun sudah. Apakah akan mempengaruhi kesuburan atau tidak? Dan bagaimana hukumnya bunda?
Jawab
Pada masa Rasulullah SAW tidak ada pil penunda haid, karenanya penetapan hukum yang dikenakan kepada wanita yang berhaji dengan meminum pil antihaid itu masuk dalam lapangan ijtihadiyah. Keadaan suci untuk melaksanakan ritual haji bagi wanita adalah saat melakukan tawaf, baik tawaf umrah maupun thawaf 'ifadhah, sedangkan tawaf wada bagi yang haid bisa dikecualikan  berdasarkan dalil, “Manusia diperintahkan agar akhir dari pelaksanaan hajinya dengan tawaf wada di Baitullah. Kecuali bagi wanita haid diberi keringanan untuk tidak melaksanakannya.” (HR Muslim).

Ketika Aisyah haid saat haji, Rasulullah SAW bersabda, “Lakukan segala sesuatu yang dilakukan orang yang haji selain melakukan tawaf di Ka'bah hingga engkau suci.” (Muttafaqun 'alaihi).

Sebenarnya seorang wanita yang akan berangkat haji dengan mengetahui jadwal keberangkatan dan kepulangannya dapat menghitung kemungkinan kemungkinan waktu haid. Lalu, dengan panjangnya hari-hari berada di Tanah Suci, di mana tawaf umrah dan tawaf 'ifadhah bisa ditunda dan menunggu waktu, tampaknya tanpa pil antihaid pun ibadah haji dapat dijalankan. Akan tetapi, jika muncul keraguan yang tinggi dan keinginan beribadah maksimal di Masjidil Haram maupun Nabawi tanpa terganggu oleh datangnya haid maka meminum pil antihaid adalah alternatif yang dapat digunakan.

Fatwa Ulama Arab Saudi seperti Abdullah Bin Baz menyatakan bahwa meminum pil penunda haid itu dibolehkan karena menurutnya hal itu bermanfaat dan mashlahat. Menurut kalangan medis beberapa catatan bagi calon pengguna pil penunda menstruasi adalah, pertama, jika memungkinkan melakukan pemeriksaan menyeluruh sebelum berangkat untuk mengetahui adanya potensi penyakit yang mungkin akan diperberat dengan meminum pil tersebut. Kedua, mengingat kondisi individual yang berbeda satu dengan yang lain maka sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang ahli dan berpengalaman dalam memilih kontrasepsi maupun obat hormonal yang mempengaruhi haid. Ketiga, gunakan obat sesuai dosis jangan ditambah dan dikurangi sendiri. Keempat, jika timbul efek samping cepat menghubungi dokter atau tim kesehatan haji yang menyertai atau yang ada di Arab Saudi. Kelima, di kendaraan usahakan lebih sering bergerak seperti berdiri atau senam ringan, berjalan setiap satu jam untuk melancarkan peredaran darah. 

Kaidah syariah yang paling penting untuk diperhatikan adalah menghilangkan perasaan bersalah dengan penggunaan pil penunda haid. Perasaan itu menjadi cermin dari keraguan-raguan jiwa yang akan mengakibatkan ketidak khusyukan dalam beribadah. Waswas adalah senjata setan untuk  mengganggu ibadah seorang hamba “alladzii yuwaswisu fie shuduurin naas”. Di samping tentunya karena kita menggunakan obat penunda haid tersebut maka harus dibuktikan ibadah yang dijalankan jauh lebih lebih baik. Menjadi banyak melakukan tawaf sunah, rajin ke masjid, banyak waktu dengan Alquran, serta ibadah-ibadah lain yang menunjang upaya untuk menggapai haji yang mabrur.

2. Saya kalo mens mrasakan nyeri perut sampe pinggang. Banyak yang nyaranin untuk di biarin dan ga minum apa-apa karena itu alamiah. Saya pun mengikutinya. Tapi lama kelamaan saya merasa terganggu karena dengan sakit pada saat mens itu. Karena bahkan kadang saya sampe ga bisa ngapa-ngapain. Hanya bisa tduran. Itu pun harus nyari posisi tepat. Karena agak terganggu. Saya nanya ke temen saya yang perawat. Terus saya dsaranin minum "asam mefenamat" dan ternyata berhasil. Kalo saat mens saya masih bisa nahan ya saya ga minum. Tapi kalo udah ga tahan saya langsung minum obot itu. Apakah itu boleh?? Lalu apakah meminum obat itu ada efek sampingnya? Syukron.
Jawab
Memang nyeri saat haid itu kadang dialami oleh beberapa wanita dan seberapa wanita tersebut bisa menahan rasa nyeri tersebut hanya masing-masing wanita tersebut yang tau. Selama minum obat tersebut diimbangi dengan minum air putih yang banyak tidak apa-apa. Tips menghilangkan rasa nyeri tanpa obat
  • Tambahkan asupan nutrisi,makan segalanya
  • Minum yang hangat karena dengan hangat bisa merelaksasi otot-otot yang kaku, tapi bukan berarti tidak boleh minum yang dingin ya, dingin boleh tapi disarankan yang hangat
  • Istirahat yang cukup
  • Olahraga rutin
  • Jika tidak kuat boleh minum asam mefenamat selama tidak ada alergi obat jenis tersebut.
3. Wa'alaikumussalam. Aku mau tanya, Jika datangnya Haid selalu mundur tiap bulannya apakah akan mempengaruhi kesuburan?? Lalu bagaimana caranya agar siklus haid selalu sama tiap bulanny?
Jawab
Tidak ada pengaruhnya jika haid mundur. Maju mundur 1 mingguan masih normal, selama masih dalam siklus haid 21-30 hari masih normal. Usaha pengendalian tingkat stresnya diatur karena dengan kita stres maka hormon akan kacau dan berpengaruh pada siklus haid.

4. bunda mau tanya. Bisa tolong dijelaskan apa itu infeksi kelamin? Bagaimana gejala & tanda-tandanya?Syukron
Jawab
Penyakit kelamin juga dikenal dengan istilah STD (Sexually Transmitted Diseases) atau penyakit menular seksual. Beberapa penyakit infeksi yang serius misalnya penyakit kelamin yang disebabkan oleh HIV virus. Penyakit infeksi ini ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak seksual. Penyebab dari infeksi bisa dibagi menjadi 3 jenis:
a. Parasit: sejenis mikroorganisme yang hidupnya tergantung dari host (orang yang terkena infeksi).
b. Mikroorganisme ini adalah: kutu rambut kelamin.
c. Bakteri: Gonore, sifilis, klamidia, kankroid.Virus: HIV, herpes, hepatitis.

Gejala gejala penyakit infeksi kelamin bervariasi berdasarkan tingkat keparahan infeksi tersebut.
a. Rasa panas di daerah kelamin
b. Rasa gatal di daerah kelamin
c. Keputihan
d. Bau menyengat
e. Bisul

Pertanyaan M112

1. Assalammualaikum. Mau bertanya.. Apakah wajar jika mengalami keputihan terus menerus? Bagaimana agar tidak terjadi keputihan?
Jawab
Walaikumsalam. Jika keputihan itu masih dalam jenis keputihan normal gpp, jika abnormal saya sarankan jaga kebersihan daerah miss v, jangan pake celana terlalu ketat dan pake yang berbahan katun, sering-sering ganti celana dalam dan jika perlu pengobatan lanjut konsul kedokter spog

2. Assalamualaikum. Mau tanya kalau pakai sabun vagina gitu bahaya ga sih sebetulnya? Terus kalau kabar ada pembalut yang bisa bikin kangker serviks itu bener atau ngga? Cara ngebedainya gimana?
Jawab
Tidak bahaya selama kadar ph nya sabun sama dengan kadar ph miss v, karena jika tidak sama malah meningkatkan resiko infeksi. Memang disarankan pake sabun kewanitaan tapi dengan syarat kadar ph sama, jika terpaksa tidak ada sabun kewanitaan menggunakan sabun cair, jika tidak ada pake sabun batangan tapi dipotong-potong ya, jangan dipake bergantian. Pembalut yang menyebabkan kangker serviks adalah pembalut yang menggunakan bahan daur ulang dari kertas koran bekas. Nah buat tau aman gaknya cukup gampang kok. Ambil bagian dalam pembalut lalu masukkan ke dalam gelas bening berisi air lalu aduk, jika pembalutnya hancur dan air keruh maka itu gak aman, jika tidak hancur dan air tidak keruh itu yang aman

Pertanyaan M113

1. Assalamu'alaikum. Penyebab stress itu apa-apa saja ya? Dan bagaimana cara mencegah dan bila sudah terjadi cara penetralannya bagaimana juga?
Jawab
Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Stress adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat. Stres tidak selalu buruk, walaupun biasanya dibahas dalam konteks negatif, karena stres memiliki nilai positif ketika menjadi peluang saat menawarkan potensi hasil. Sebagai contoh, banyak profesional memandang tekanan berupa beban kerja yang berat dan tenggat waktu yang mepet sebagai tantangan positif yang menaikkan mutu pekerjaan mereka dan kepuasan yang mereka dapatkan dari pekerjaan mereka.

Stres bisa positif dan bisa negatif.Para peneliti berpendapat bahwa stres tantangan, atau stres yang menyertai tantangan di lingkungan kerja, beroperasi sangat berbeda dari stres hambatan, atau stres yang menghalangi dalam mencapai tujuan.Meskipun riset mengenai stres tantangan dan stres hambatan baru tahap permulaan, bukti awal menunjukan bahwa stres tantangan memiliki banyak implikasi yang lebih sedikit negatifnya dibanding stres hambatan.

Sumber-sumber potensi stres

A. Faktor lingkungan
Selain memengaruhi desain struktur sebuah organisasi, ketidakpastian lingkungan juga memengaruhi tingkat stres para karyawan dan organisasi. Perubahan dalam siklus bisnis menciptakan ketidakpastian ekonomi, misalnya, ketika kelangsungan pekerjaan terancam maka seseorang mulai khawatir ekonomi akan memburuk.

B. Faktor organisasi
Banyak faktor di dalam organisasi yang dapat menyebabkan stres.  Tekanan untuk menghindari kesalahaan atau menyelesaikan tugas dalam waktu yang mepet, beban kerja yang berlebihan, atasan yang selalu menuntut dan tidak peka, dan rekan kerja yang tidak menyenangkan adalah beberapa di antaranya. Hal ini dapat mengelompokkan faktor-faktor ini menjadi tuntutan tugas, peran, dan antarpribadi.

Faktor-faktor Penyebab Stres Kerja (Stressor) Karyawan

Stres kerja yang dialami seseorang dipengaruhi oleh faktor penyebab stres baik yang berasal dari dalam pekerjaan maupun dari luar pekerjaan. Faktor penyebab stres kerja yang dibahas dalam penelitian ini hanya faktor organisasional, yakni faktor yang berasal dari dalam pekerjaan yang mencakup tuntutan tugas, tuntutan peran, tuntutan hubungan antarpribadi, struktur organisasi, kepemimpinan organisasi, dan tahap hidup organisasi.

Tuntutan tugas adalah faktor yang terkait dengan pekerjaan seseorang. Tuntutan tersebut meliputi desain pekerjaan individual, kondisi kerja, dan tata letak fisik pekerjaan. Sebagai contoh, bekerja di ruangan yang terlalu sesak atau di lokasiyang selalu terganggu oleh suara bising dapat meningkatkan kecemasan dan stres. Dengan semakin pentingnya layanan pelanggan, pekerjaan yang menuntut faktor emosional bisa menjadi sumber stres. Tuntutan peran berkaitan dengan tekananyang diberikan kepada seseorang sebagai fungsi dari peran tertentu yang dimainkannya dalam organisasi. Konflik peran menciptakan ekspektasi yang mungkin sulit untuk diselesaikan atau dipenuhi. Tuntutan antarpribadi adalah tekanan yang diciptakan oleh karyawan.Tidak adanya dukungan dari kolega dan hubungan antarpribadi yang buruk dapat meyebabkan stres, terutama di antara para karyawan yang memiliki kebutuhan sosial yang tinggi.

C. Faktor pribadi
Faktor-faktor pribadi terdiri dari masalahkeluarga, masalah ekonomi pribadi, sertakepribadian dan karakter yang melekat dalam diri seseorang. Survei nasional secara konsisten menunjukkan bahwa orang sangat mementingkan hubungan keluarga dan pribadi. berbagai kesulitan dalam hidup perkawinan, retaknya hubungan, dan kesulitan masalah disiplin dengan anak-anak adalah beberapa contoh masalah hubungan yang menciptakan stres. Masalah ekonomi karena pola hidup yang lebih besar pasak daripada tiang adalah kendala pribadi lain yang menciptakan stres bagi karyawan dan mengganggu konsentrasi kerja karyawan.Studi terhadap tiga organisasi yang berbeda menunjukkan bahwa gejala-gejala stres yang dilaporkan sebelum memulai pekerjaan sebagian besar merupakan varians dari berbagai gejala stres yang dilaporkan sembilan bulan kemudian.Hal ini membawa para peneliti pada kesimpulan bahwa sebagian orang memiliki kecenderungan kecenderungan inheren untuk mengaksentuasi aspek-aspek negatif dunia secara umum. Jika kesimpulan ini benar, faktor individual yang secara signifikan memengaruhi stres adalah sifat dasar seseorang. Artinya, gejala stres yang diekspresikan pada pekerjaan bisa jadi sebenarnya berasal dari kepribadian orang itu.

Akibat stres

Stres menampakkan diri dengan berbagai cara. Sebagai contoh, seorang individu yang sedang stres berat mungkin mengalami tekanan darah tinggi, seriawan, jadi mudah jengkel, sulit membuat keputusan yang bersifat rutin, kehilangan selera makan, rentan terhadap kecelakaan, dan sebagainya. Akibat stres dapat dikelompokkan dalam tiga kategori umum: gejala fisiologis, gejala psikologis, dan gejala perilaku.

Pengaruh gejala stres biasanya berupa gejala fisiologis. Terdapat riset yang menyimpulkan bahwa stres dapat menciptakan perubahan dalam metabolisme, meningkatkan detak jantung dan tarikan napas, menaikkan tekanan darah, menimbulkan sakit kepala, dan memicu serangan jantung.

Stres yang berkaitan dengan pekerjaan dpat menyebabkan ketidakpuasan terkait dengan pekerjaan.Ketidakpuasan adalah efek psikologis sederhana tetapi paling nyata dari stres.Namun stres juga muncul dalam beberapa kondisi psikologis lain, misalnya, ketegangan, kecemasan, kejengkelan, kejenuhan, dan sikap yang suka menunda-nunda pekerjaan.

Gejala stres yang berkaitan dengan perilaku meliputi perubahan dalam tingkat produktivitas, kemangkiran, dan perputaran karyawan, selain juga perubahan dalam kebiasaan makan, pola merokok, konsumsi alkohol, bicara yang gagap, serta kegelisahan dan ketidakteraturan waktu tidur. Ada banyak riset yang menyelidiki hubungan stres-kinerja. Pola yang paling banyak dipelajari dalam literatur stres-kinerja adalah hubungan U-terbalik. Logika yang mendasarinya adalah bahwa tingkat stres rendah sampai menengah merangsang tubuh dan meningkatkan kemampuannya untuk bereaksi. Pola U-terbalik ini menggambarkan reaksi terhadap stres dari waktu ke waktu dan terhadap perubahan dalam intensitas stres.

Mengatasi Stres

Stres dapat diatasi atau diringankan dampaknya dengan cara:

  • mengkonsultasikan masalah yang sedang dihadapi kepada psikiater atau rekan kerja atau teman dekat
  • mengkonsumsi bahan makanan kaya gizi
  • menonton acara komedian atau lawak
  • Olahraga rutin
  • Refreshingkan otak
2. "Air adalah media yang cukup berbahaya dalam menularkan penyakit." Penyakit reproduksi wanita apa yang bisa ditularkan melalui air? Bagaimana pencegahannya mengingat kita tidak bisa terlepas berinteraksi dengan air. Syukron
Jawab
Kalo mau makan usahakan pake tisue basah atau antis, jangan pake air cebokan yang dari warung-warung ya. Betul memang air adalah media pembantu yang wadahnya adalah toilet umum. Saya sarankan saat ditoilet umum bawa sabun cair sendiri dan tisue, saat akan bak or bab ditoilet umum dicuci dulu daerah wc nya dengan sabun cair, karena kuman dan bakteri akan mati jika kena sabun, lalu ambil air di air yang mengalir jangan yang sudah tertampung sebelumnya, nah dicuci pake air mengalir dan bisa bab dan bak deh dengan aman

Pertanyaan M114

1. Assalamualaikum bu dokter, mohon penjelasannya. 6 tahun lalu saat saya KKN di sebuah rumah sakit negeri, saya menemukan banyak wanita pasien ca serviks riwayatnya dulu menikah dan melahirkan dibawah usia 18 tahun. Apakah benar pernikahan yang terlalu muda merupakan faktor pemicu terjadinya ca serviks? kmrn kalau masih perawan buat mendeksi dini ca serviks apakah bisa ya dok? bagaimana caranya..maturnuwun.
Jawab
Walaikumsalam.. iya bener, karena pada wanita yang menikah dan hamil yang terlalu muda itu kandungannya belum siap untuk hamil dan belum siap untuk berhubungan sex, selama masih belum pernah berhubungan sex dan sudah mens dicegah dengan imunisasi ca cervix,la sebnrnya buat mendeteksi dini dengan pap smear cuma syarat pap smear yang sudah pernah berhubungan sex

2. dok, saya mengalami kelelahan kronis dah hampir 3 minggu padahal saya tidak bekerja extra, saya penderita gagal ginjal dan pernah juga menjalani operasi lambung, bagaimana mengatasi kelelahan kronis itu dan apakah itu efek dari penyakit saya? mohon penjelasannya, syukran..
Jawab
Pasien gagal ginjal memang sering mengalami kelelahan hal ini karena peredaran darah ke bagian-bagian tubuh mengalami gangguan dan ini diperparah apabila ada anemia. Yang Bisa dilakukan Untuk mengatasi Kelelahan
●Kurangi stres emosional. Biasakan diri meluangkan waktu setiap hari untuk bersantai.
●Perbaiki kebiasaan tidur. Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Batasi tidur siang hari dan hindari kafein, alkohol dan nikotin.
●Dapatkan waktu tidur nyenyak yang cukup, sekitar 7-8 jam sehari.
●Jangan bekerja berlebihan.
●Identifikasi faktor penyebab kelelahan Anda dan cobalah mengatasinya.
●Lakukan kegiatan fisik dan olahraga yang cukup. Bila Anda berusia di atas 40 tahun dan menderita suatu penyakit sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program olahraga yang berat.
●Biasakan menghirup udara segar di rumah dan tempat kerja untuk memberikan Anda lebih banyak energi.
●Ikuti pola makan yang seimbang, sesuai diit penyakit dan jauhi lemak, sempatkan sarapan dan jangan melewatkan waktu makan.
●Jika Anda mempunyai kelebihan berat badan, usahakan untuk menguranginya dan mencapai berat badan ideal. Tetapi hindari diet rendah kalori yang tidak memberi cukup nutrisi dan malah meningkatkan kelelahan.
●Minum air sesuai kebutuhan
●Bila Anda sedang menjalani pengobatan, tinjau kembali obat yang Anda konsumsi, baik obat bebas atau obat resep. Kelelahan mungkin efek samping dari pengobatan.

Pertanyaan M115

1. Kalo kita lagi haid bagusnya makan apa untuk memenuhi zat besi? Lalu keputihan yang normal dan yang tidak normal itu seperti apa bunda? Syukron, Jazakillah ahsanal jaza..
Jawab
Zat besi terdapat pada hati sapi dan ayam, cuma kita rata-rata gak mungkin setiap hari makan hati sapi atau ayam, jadi saya sarankan minum vitamin penambah darah yang banyak diiklan itu...
Keputihan kalo yang normal ecer, bening kayak susu, tidak berbau, tidak gatal. Kalo yang abnormal kental, putih, berbau dan gatal

2. Apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga reproduksi  bagi wanita yang belum menikah? syukron
Jawab
a. Jaga kebersihan pastinya terutama ditoilet umum, kalo ditoilet rumah kita pasti sudah tau tingkat kebersihannya, tapi kalo ditempat umum dipake banyak orang

b. Lalu jangan biarkan daerah sekitar miss v lembab, karena lembab akan menjadi sarang kuman dan bakteri berkembang biak

c. Mungkin bisa menggunakan obat tradisional yaitu jamu-jamuan yang dibuat sendiri biar tidak bau badan dan daerah miss v juga tidak berbau

d. Intinya jaga kebersihan

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....
Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamu'alaikum...

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT