Ketik Materi yang anda cari !!

PENCIPTAAN ALAM SEMESTA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, February 27, 2015


Kajian Online Telegram Akwat Hamba اَللّٰه Ta'ala

Hari / Tanggal : Jum’at, 27 Februari 2015
Narasumber : Ustadz Dodi Kristono
Tema : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Gara gara akik... Jadi bener nih sihnyaaallll
Saya posting langsung materinya yaaa
Pengetahuan umum

بسم الله الرحمن الرحيم

Penciptaan Alam Semesta

Prinsip penting yang perlu kita kedepankan ketika membahas masalah azali (kejadian masa silam) atau masalah ghaib secara umum adalah tidak memberikan rincian tanpa bukti dan dalil yang shahih. Sebatas teori, tidak bisa dijadikan acuan. Karena اللّهُ  tidak akan menanyakan masalah ghaib yang kita tidak tahu dan yang tidak disebutkan dalam dalil. Karena اللّهُ  ta’ala mencela memberikan komentar tentang masalah ghaib, yang tidak memiliki bukti.

Diantaranya masalah proses penciptaan alam semesta. Dalam al-Quran, اللّهُ  hanya memberikan keterangan global dan tidak rinci. Hanya dengan mengetahui secara global, tanpa menggali yang lebih rinci, itu sudah cukup bagi seorang muslim.

Dimana اللّهُ  tegaskan dalam al-Quran,

مَا أَشْهَدْتُهُمْ خَلْقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلا خَلْقَ أَنْفُسِهِمْ

Aku tidak menghadirkan mereka untuk menyaksikan penciptaan langit dan bumi dan tidak (pula) penciptaan diri mereka sendiri (QS. al-Kahfi: 51)

Dalam Fatawa Syabakah Islamiyah dinyatakan,

فأما الأيام الستة التي خلق الله فيها السموات والأرض فهي غيب لم يشهده أحد من البشر، ولا من خلق الله جميعاً

Rentang 6 hari yang اللّهُ  jadikan waktu penciptaan langit dan bumi, sifatnya ghaib. Tidak ada satupun manusia yang menyaksikannya, tidak pula makhluk اللّهُ  semuanya. (Fatawa Syabakah Islamiyah, no. 190003)

Proses Penciptaan Alam Semesta dalam Al-Quran

Sudah اللّهُ  ta’ala menceritakan proses penciptaan alam semesta dalam al-Quran. Ada yang bersifat global dan ada yang lebih rinci. Dalam penjelasan global, اللّهُ  menegaskan bahwa Dia menciptakan langit dan bumi selama 6 hari. اللّهُ  tegaskan hal ini di tujuh ayat dalam al-Quran. Diantaranya,

إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ

Sesugguhnya Tuhan kalian, yaitu اللّهُ, Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam 6 hari, kemudian Dia beristiwa di atas Arsy. (QS. al-A’raf: 54).

Dimana اللّهُ  juga berfirman di surat al-Furqan,

وَلَقَدْ خَلَقْنَا السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ وَمَا مَسَّنَا مِنْ لُغُوبٍ

Sungguh Aku telah menciptakan langit dan bumi serta segala yang ada diantara keduanya dalam 6 hari, dan Aku tidak merasa capek. (QS. Qaf: 38).

Keterangan lainnya اللّهُ  sebutkan di surat Yunus (ayat 3), Hud (ayat 7), al-Furqan (ayat 59), as-Sajdah (ayat 4), dan al-Hadid (ayat 4).

Disamping penjelasan global, اللّهُ  juga memberikan penjelasan lebih rinci, di surat Fushilat (ayat 9 sampai 12), Dia berfirman,

Katakanlah: “Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada Yang menciptakan bumi dalam dua hari dan kamu adakan sekutu-sekutu bagi-Nya? (Yang bersifat) demikian itu adalah Rabb semesta alam”. (9)

Dan dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan penghuninya dalam empat hari. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya. (10)

Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: “Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa”. Keduanya menjawab: “Kami datang dengan suka hati” (11)

Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua hari. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. (12).

Makna kata HARI

Selanjutnya, kita akan memahami makna kata ‘hari’ yang disebutkan dalam berbagai ayat di atas.

Ar-Raghib al-Asfahani mengatakan,

اليوم -في لغة العرب- يعبر به عن وقت طلوع الشمس إلى غروبها، وقد يعبر به عن مدة من الزمان أي مدة كانت

Kata ‘hari', bisa digunakan untuk menyebut rentang waktu antara terbit matahari hingga terbenamnya. Bisa juga untuk menyebut rentang waktu tertentu. (al-Mufradat, hlm. 553).

Karena itulah, ulama berbeda pendapat dalam memahami kata ‘hari’ terkait proses penciptaan alam semesta.

Ibnu Katsir dalam al-Bidayah wa anNihayah menyebutkan perbedaan pendapat ulama tentang makna ‘hari’ dalam ayat di atas. Beliau menyatakan ada dua pendapat ulama tentang makna kata ‘hari’ terkait penciptaan langit dan bumi,

Pendapat Pertama, maknanya sebagaimana makna hari yang dikenal manusia, dimulai sejak terbit matahari hingga terbenamnya matahari. Ini merupakan pendapat jumhur (mayoritas) ulama.

Pendapat Kedua, bahwa satu hari dalam proses penciptaan alam semesta itu seperti 1000 tahun dalam perhitungan manusia. Ini merupakan pendapat yang diriwayatkan dari Ibn Abbas, Mujahid, ad-Dhahak, Ka’b al-Ahbar, dan pendapat yang dipilih oleh Imam Ahmad sebagaimana keteragan beliau dalam ar-Rad ‘ala al-Jahmiyah. Pendapat ini pula yang dinilai kuat oleh Ibnu Jarir at-Thabari. (al-Bidayah wa an-Nihayah, 1/15).

Diantara ulama yang berpendapat bahwa satu hari sama dengan seribu tahun adalah al-Qurthubi. Beliau mengatakan dalam tafsirnya,

في ستة أيام” أي من أيام الآخرة أي كل يوم ألف سنة لتفخيم خلق السماوات والأرض….

Dalam waktu 6 hari, maksudnya adalah hari di akhirat, bahwa satu hari sama dengan 1000 tahun, karena besarnya penciptaan langit dan bumi. (Tafsir al-Qurthubi, 7/219)

Bumi atau Langit Dulu?

Ada dua hal yang perlu dibedakan terkait proses penciptaan langit dan bumi, pertama, mengawali penciptaan (Ibtida al-Khalqi) dan kedua, penyempurnaan penciptaan (Taswiyah al-Khlqi).

Di surat Fushilat ayat 9 hingga 12 di atas, اللّهُ  menyebutkan bahwa Dia menciptakan bumi terlebih dahulu sebelum langit. Sehingga, secara Ibtida al-Khalqi, bumi lebih awal dibandingkan langit. Namun penyempurnaan bumi (Taswiyah al-Khlqi), baru dilakukan setelah Allah menciptakan langit.

Ketika menafsirkan surat Fushilat di atas, Ibnu Katsir mengatakan,

فذكر أنه خلق الأرض أولا لأنها كالأساس، والأصل أن يُبْدَأَ بالأساس، ثم بعده بالسقف، كما قال: هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الأرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَوَاتٍ

Allah menyebutkan bahwa Dia menciptakan bumi terlebih dahulu, karena bumi ibarat pondasi. Dan pertama kali, harusnya dimulai dengan pondasi. Kemudian setelahnya adalah atap. Sebagaimana yang اللّهُ  firmankan,

هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الأرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَوَاتٍ

Dialah اللّهُ, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kalian, kemudian Dia berkehendak (beristiwa) menuju langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit (al-Baqarah: 29)

Ibnu Katsir melajutkan dengan menjelaskan firman اللّهُ  di surat an-Nazi’at,

أَأَنْتُمْ أَشَدُّ خَلْقًا أَمِ السَّمَاءُ بَنَاهَا رَفَعَ سَمْكَهَا فَسَوَّاهَا وَأَغْطَشَ لَيْلَهَا وَأَخْرَجَ ضُحَاهَا وَالأرْضَ بَعْدَ ذَلِكَ دَحَاهَا أَخْرَجَ مِنْهَا مَاءَهَا وَمَرْعَاهَا وَالْجِبَالَ أَرْسَاهَا مَتَاعًا لَكُمْ وَلأنْعَامِكُمْ

Apakah kamu lebih sulit penciptaanya ataukah langit? اللّهُ  telah membinanya,  Dia meninggikan bangunannya lalu menyempurnakannya,  dan Dia menjadikan malamnya gelap gulita, dan menjadikan siangnya terang benderang.  Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya. (30) Dia memancarkan dari bumi mata airnya, dan (menumbuhkan) tumbuh-tumbuhannya.  Dan gunung-gunung dipancangkan-Nya dengan teguh, (semua itu) untuk kesenanganmu dan untuk binatang-binatang ternakmu. (QS. an-Nazi’at: 27 – 33)

ففي هذه الآية أن دَحْى الأرض كان بعد خلق السماء ، فالدَّحْيُ هو مفسر بقوله: { أَخْرَجَ مِنْهَا مَاءَهَا وَمَرْعَاهَا } ، وكان هذا بعد خلق السماء، فأما خلق الأرض فقبل خلق السماء بالنص

Dalam ayat ini disebutkn bahwa Dahyu al-Ardi (penyempurnaan bumi) dilakukan setelah menciptakan langit. Bentuk ad-Dahyu, ditafsirkan pada ayat, “Dia memancarkan dari bumi mata airnya, dan (menumbuhkan) tumbuh-tumbuhannya.” Dan ini dilakukan setelah penciptaan langit. Adapun penciptaan bumi, ini dilakukan sebelum penciptaan langit berdasarkan nash (dalil tegas). (Tafsir Ibnu Katsir, 7/165).

Selanjutnya, Ibnu Katsir menyebutkan keterangan dari Ibnu Abbas yang diriwayat Bukhari dalam Shahihnya.

Dari Said bin Jubair bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Ibnu Abbas beberapa ayat yang menurutnya bertentangan, diantaranya firman اللّهُ  tentang penciptaan langit dan bumi.

Ada orang yang bertanya : Di surat an-Nazi’at (ayat 27 – 30), اللّهُ  menyebutkan bahwa Dia menciptakan langit sebelum menciptakan bumi. Sementara di surat Fushilat (ayat 9 – 12) اللّهُ  menyebutkan bahwa Dia menciptakan bumi sebelum menciptakan langit.

Jawab Ibnu Abbas,

خلق الأرض في يومين، ثم خلق السماء، ثم استوى إلى السماء، فسواهن في يومين آخرين، ثم دَحَى الأرض، ودَحْيُها: أن أخرج منها الماء والمرعى، وخلق الجبال والجماد والآكام وما بينهما في يومين آخرين، فذلك قوله: {دَحَاهَا} وقوله { خَلَقَ الأرْضَ فِي يَوْمَيْنِ } فَخُلِقت الأرض وما فيها من شيء في أربعة أيام، وخلقت السماوات في يومين

Allah menciptakan bumi dalam 2 hari, kemudian Dia menciptakan langit. Kemudian dia beristiwa ke atas langit, lalu اللّهُ  sempurnakan langit dalam 2 hari yang lain. Kemudian اللّهُ  daha al-Ardha (menyempurnakan bumi). Bentuk penyempurnaan bumi adalah dengan Dia keluarkan dari bumi mata air, tumbuh-tumbuhan, اللّهُ  ciptakan gunung, benda mati, dataran tinggi, dan segala yang ada di antara langit dan bumi, dalam 2 hari. Itulah makna firman اللّهُ,  “Bumi dihamparkannya.” Sementara firman اللّهُ,  “Dia menciptakan bumi dalam 2 hari.” Diciptakanlah bumi dan segala isinya dalam 4 hari dan diciptakan semua langit dalam 2 hari. (HR. Bukhari secara Muallaq sampai al-Minhal, 16/85).

Kesimpulan dari keterangan Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma,

Allah menciptakan bumi 2 hari belum sempurna dan belum ada isinya. Kemudian menciptakan semua langit dalam 2 hari, dan terakhir اللّهُ  mengisi bumi dengan tumbuhan, gunung, benda-benda dalam 2 hari.
والله أعلم بالصواب

TANYA JAWAB
🙋 Allah menciptakan bumi saja atau alam semesta? Bumi termasuk dalam golongan tata surya dalam galaksi bima sakti dan bima sakti termasuk dalam alam semesta..yang dimaksud di atas bumi dan alam semesta atau bumi saja?
Jawab
Bumi dan alam semesta
Bumi diciptakan 2 hari, lalu
Langit diciptakan 2 hari, lalu
Bumi diisi 2 hari.
Alam semesta termasuk dalam langit Bunda. Karena langit itu luaaasss sekali

>Berarti luar angkasa termasuk langit ustad? Lapisan pertama?
Jawab
Jauh dari lapisaan pertamaaa
Coba lihat alam semesta. Jadi kayak terompet kaaan. Jika Malaikat meniupkan terompet tersebut, terjadilah huru hara. Maha Benar اللّهُ Atas Segala Firman Nya

🙋 Kalo dinosaurus ada ndak pak. Duluan dino apa nabi adam?
Jawab
Nabi Adam yang sudah diciptakan di surga

🙋 Lalu apa diplanet lain ada kehidupan atau tidak?
Jawab
Tidak dijelaskan dalam Al Quran. Yang ada hanya diciptakan manusia dan jin hanya untuk beribadah kepada اللّهُ

🙋 Pak ustadz teori darwin mengatakan bahwa nenek moyang kita adalah monyet, sementara di alqur'an jelas-jelas di katakan manusia adalah keturunan nabi adam, itu gimana ya pak ustadz?
Jawab
Teori darwin itu hanya kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Jadi bukan berdasarkan Ilmu. Tentu kita harus percaya Al Quran donk. Pusatnya Ilmu Pengetahuan.

🙋 Pak dodi kalo masalah pelajaran sekolah umum itu ada mata pelajaran biologi maupun sejarah jaman purba kala dimana zaman dulu manusia sebelum terbentuk sempurna awalnya seperti kera, setelah mempelajari ilmu islam ternyata berbeda 100% dengan apa yang kita pelajari di sekolah umum, terus bagaimana pelajaran tersebut akan semakin mempengaruhi perkembangan generasi pemuda islam yang percaya ilmu umum daripada Al Quran
Jawab
Teori Darwin sudah ditarik bukan dalam silabus pelajaran disekolah? Sudah tidak ada Teori Darwin sekarang. MasyaAllah...Subhanallah

>Berarti semua yang mengenai sejarah sekolah umum sudah dihapus ya pak?
Jawab
Dulu banyak binatang yang transformasi untuk bertahan dari satu alam ke alam lainnya. Bentuk dari hewan yang berubah berarti dia bertahan yang tidak berubah maka dia mati. Dan tidak berkembang biak lagi. Perhatikan kalimat diatas yaaa. Jika monyet bertransformasi menjadi manusia batu dan menjadi manusia sekarang...
Harusnya MONYET sudah PUNAH....!!!
Kenapa monyet masih banyak sekarang....?

🙋 Jadi yang disebut pondasi hanya bumi saja ya ustad? gimana dengan planet lain dalam tata surya kita? Matahari? Berarti yg dikatakan alam semesta masih lapisan pertama dari langit gitu?Diplanet lain paling yg ngisi jin kali yaa. Pak katanya dulu planet mars / venus yang ingin dikembangkan seperti bumi. Di al quran yang disebut hanya bumi saja planet lain gak disebutkan..
Jawab
Boleh berlogika yaaa. Tapi jangan dijadikan rujukan. Sharing tepatnya. Kalau dilihat diatas menciptakan Bumi memakan waktu 4 hari dan langit hanya 2 hari. Kalau logika saya... Cuma di Bumi yang memang ada Makhluk Hidup yang bernapas dlsbnya, sehingga diciptakan dengan indah dan presisi Bumi tersebut, agar layak untuk dihuni Makhluk Hidup, khususnya manusia. Artinya planet lain, bisa jadi tidak berpenghuni. Diciptakan begitu saja sebagai penyeimbang di alam semesta. Jangan jadi rujukan yaaa

🙋 Ustad maaf jika agak melenceng tema di riwayatkan bahwa saat Rasulullah perjalanan isra miraj di perlihatkan neraka dan penghuninya, apakah sebelumnya ﷲ pernah menciptakan manusia sebelum nabi Adam a.s ?
Jawab
Adam (AS) adalah manusia pertama yang diciptakan oleh اللّهُ Ta'ala

>Jadi Yang di perlihatkan Rasulullah saat itu siapa ya pak?
Jawab
Jarak Nabi Adam ke Nabi Muhammad berapa ratus tahun? Apakah semenjak Nabi Adam dan keturunannya sampai Nabi Muhammad tidak ada yang meninggal 1 pun?

>Ya ada lah...umat terdahulu
Jawab
Naaahhh
Lain hal misalnya Rasulullah adalah Manusia pertama yang diciptakan اللّهُ Ta'ala. Kemudian dilihatkan gambaran surga dan neraka (projeksi dari orang orang yang sudah meninggal), kosong donk. Karena belum ada manusia yang berbuat dosa kan

>Emang surga dan neraka itu sudah ada penghuninya ustad? Bukankah akan di bangkitkan dahulu di nisab sama dari mulai nabi adam sampai jaman terakhir.
Jawab
Sudah berdasarkan dalil dalilnyaaa. Orang kafir tidak perlu dihisab bukan...?
Nabi melihat seorang wanita sedang di adzab dineraka gara-gara seekor kucing yang diikatnya hingga mati ; tidak diberi makan dan tidak pula dilepaskan untuk mencari makan sendiri. Dalil diatas menunjukkan bahwa Surga maupun Neraka sekarang ini sudah ada.
Dalil lainnya :

Beliau menyaksikan Surga sehingga ingin meraih satu tanda darinya, kemudian ternyata Beliau tidak melakukannya. Selanjutnya Beliau melihat Neraka, dan Beliau melihat bahwa di dalam Neraka tersebut terdapat ‘Amru bin Luhay Al-Khaza’i’ menjulurkan ususnya keluar dari perutnya dan ia menjulurkannya ke dalam api Neraka.

Karena dialah orang yang mula-mula memasukkan kemusyrikan ke dalam tubuh bangsa Arab. Dengan demikian dia memperoleh bagian dari adzab yang menimpa orang-orang yang datang setelahnya (yang mengikuti tindak kemusyrikannya).

>Berarti orang kafir, meninggal langsung dijeblos keneraka ya tadz? Ya..saya mengira bahwa orang-orang terdahulu yang kafir masih disiksa di alam kubur ust?
Jawab
Amalan pertama yang dilihat waktu hisab apa...? Sholat. Kafir sholatkah?

🙋 Kalo suami istri bisa terpisah ndak kalo disurga or neraka bisa saling tolong menolong ndak? Ndak shalat
Jawab
Kalau Teh Mae petugas administrasi di hisab, masih mau dipanggil orang kafirnya untuk dihisab? Masih sholat ngga mereka...? Masiiihhh. Lalu nanti dicek lagi amalan lainnya, banyak yang bid'ah bid'ah ngga...? Baru dihitung, beratan pahala atau dosa

> Pak dodi yang suami istri gimana?
Jawab
Masing masing hisabnya. Ndak bisa berdua. Tapi kunci surga istri terletak disuami. Kalau hisabnya sama sama masuk surga, ya bareng lagi dunk

🙋 Saya sering mendengar tausyah bahwa Allah menyuruh malaikat jibril untuk mengangakat hambanya dari neraka walaupun mempunyai kebaikan sebesar biji dzarrah sampai neraka kosong dari kaum muslim ya pak?
Jawab
Semua muslim akan masuk surga pada akhirnyaaa

🙋 Kalo sama-sama disurga, suami ndak dikasih bidadari lagi kan? kan sudah ada istrinya?
Jawab
Bidadari justru cemburu sama wanita wanita bumi yang masuk surga
Artinya lebih cantikkkkk dunk
Dan bidadari itu sebel sama istri dibumi yang membuat suami yang taat dizhalimi

🙋 Ooohhh, apa hanya umat Muhammad aja yang nanti dihisab ustad?
Jawab
Yang beragama Tauhid pada masanya plus umat Muhammad

🙋 Pak memang kalo sebelum menikah terus meninggal jodohnya di akhiratkah?
Jadi bidadari itu hanya hiasan ya?
Jawab
ada jugaaaa. Jadi jika tidak ada wanita bumi masuk surga. Disediakan bidadari-bidadari surga. Laki laki yang sudah ada wanita bumi juga boleh mengambil biadadari surga. Tidak ada rasa cemburu disanaaaa

🙋 Kalo menurut teori ini berarti ga da makhluk di bulan atau planet lain ya pak juga makhluk ITI ya?
Jawab
Iyaaaa
Lamaan Bumi kan nyiptaainnya (pake logika)

🙋 Pak memang faktakah jika seoarng yang tidak mau beramal maka kuburannya akan menyempit?
Jawab
Yang pasti ada siksa kubur. Menyempit dalam artian harfiah, ya memang sempit bukaannn

Cukup yaaaaa
Doa Kafaratul Majelis :


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terbaru