Home » , , , , » PESAN RASULULLAH TENTANG KEHIDUPAN DUNIA

PESAN RASULULLAH TENTANG KEHIDUPAN DUNIA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, February 17, 2015

Kajian Online Telegram Hamba اَللّٰه Ta'ala

Hari / Tanggal : Selasa, 17 Februari 2015
Narasumber : Ustadz Kaspin Nur
Tema : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

Assalamualaikum

Hari ini saya dapet tugas ketak ketok disini...maaf ketak ketik...mungkin ini akan membuat hape Anda demam dan menggigigil serta njerit njerit seharian. Sebelumnya saya mohon maaf dan setelahnya saya mohon apa ya? Baik..

Ada satu pesan Rosulullah saw kepada Abu Dzar Al Ghifari ra. Pesannya mengenai kehidupan dunia.

"Hai Abu Dzar!

1. Perbaharuilah perahumu, karena lautan itu sangat dalam
2. Bawalah perbekalan secara sempurna, karena perjalanan ini jauh sekali
3. Kurangilah beban, karena tanjakan itu berat dan terjal
4. Ikhlaskanlah amal, karena Dzat yg menilai Maha Melihat.

Pengertiannya secara sederhana adalah:

1. Luruskan niat dan kuatkan iman karena godaan dunia amat dahsyat
2. Bekal sempurna adalah taqwa 
Sapi Betina (Al-Baqarah):197 - (Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.
3. Sederhanakan dunia, karena tidak akan pernah puas dan hisabnya berat
4. Jalani hidup dengan kerja keras dan ikhlas

Makna kehidupan bagi seorang mukmin.

1. Tujuan hidup: mardhotillah.

Tujuan hidup seorang mukmin adalah senantiasa mencari ridho Allah swt bukan yang lain
Binatang Ternak (Al-'An`ām):162 - Katakanlah: sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.
2. Tugas hidup: ibadah
Angin yang menerbangkan (Adh-Dhāriyāt):56 - Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.
3. Peran hidup : khalifa atau wakil Allah dibumi untuk memakmurkan bumi
Binatang Ternak (Al-'An`ām):165 - Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebahagian kamu atas sebahagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksaan-Nya dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
4. Pedoman Hidup: alquran dan sunnah
Wanita (An-Nisā'):59 - Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.
5. Teladan Hidup: Muhammad saw.
Golongan-Golongan yang bersekutu (Al-'Aĥzāb):40 - Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
6. Kawan Hidup: mukminin dan mukminat
Kamar-kamar (Al-Ĥujurāt):10 - Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.
7. Lawan Hidup: setan dari jin dan manusia beserta sifat sifat buruknya
Sapi Betina (Al-Baqarah):168 - Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.
8. Bekal hidup: alam dan isinya
Yang bertekuk lutut (Al-Jāthiyah):13 - Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir.
Demikian share pagi ini selanjutnya terserah Anda
Banyak pakar disini semoga tidak ada yang bertanya karena belum tentu saya bisa jawab.

TANYA JAWAB

1. Point 3 bisa dijabarkan lagi dak Pak Ustad : "sederhanakan dunia karena tidak akan pernah puas dan hisabnya berat".
Jawab
Bu Ariani, artinya ya sederhana namun kesederhanaan itu bukan berarti tidak boleh kaya, ini adalah mengenai sikap mental manusianya dan ukuran kesederhaan juga bukan berarti lusuh dan kumuh. Setiap orang berbeda, namun jangan sampai dalam masalah dunia ini kita menjadi hamba dunia sehingga lupa kepada Allah juga jadi pelit medit kedekut pelokek meregehese karena saking cintanya pada dunia padahal kekayaan dunia itu tidak dapat memanjangkan usia. Jadikan dunia ditanganmu bukan dihatimu dan tentunya hisab diakhirat terkait harta adalah darimana didapatkan dan untuk apa digunakan. Demikian, bila kurang jelas silahkan tanya lagi

2. Pak ustadz saya tanya. Saya pernah menjumpai sholat semua jama'ah wanita sekitar 12 orang. Mereka sholat berjama'ah tapi tidak ADA imamnya. Jadi sholatnya di buat 1 shof yang lurus saja tanpa ada imamnya. Yang begitu sholat yang gimana ya? Hukumnya boleh tidak? Mohon penjelasannya. Syukron
Jawab
ﻋَﺎﺋِﺸَﺔَ ﺃَﻣَّﺘْﻬُﻦَّ ﻭَﻗَﺎﻣَﺖْ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻦَّ ﻓِﻲ ﺻَﻠَﺎﺓٍ ﻣَﻜْﺘُﻮْﺑَﺔٍ

“Bahwasanya Aisyah dahulu pernah mengimami para wanita di dalam sholat wajib dan beliau berdiri (sejajar) ditengah-tengah mereka”. [HR. ‘Abdurrazaq, ad-Daruquthniy, al-Hakim dan al-Baihaqi].

Dari Hujairoh binti Husain, dia mengatakan,

ﺃَﻣَّﺘْﻨَﺎ ﺃُﻡُّ ﺳَﻠَﻤَﺔَ ﻓِﻲ ﺻَﻠَﺎﺓِ ﺍْﻟﻌَﺼْﺮِ ﻗَﺎﻣَﺖْ ﺑَﻴْﻨَﻨَﺎ

“Ummu Salamah pernah mengimami kami (para wanita) ketika sholat Ashar dan beliau berdiri di tengah-tengah kami”. [HR Abdurrazaq, Ibnu Abi Syaibah dan al-Baihaqiy. Riwayat ini memiliki penguat dari riwayat lainnya dari jalur Qotadah dari Ummul Hasan].


Posisi imam wanita bagusnya ditengah barisan tapi bagi yang didepan itu juga tidak masalah jika belum tau kalau dah tau ya sejajar dengan barisan. Jadi ga usah bingung.


3. Gini pak ustdaz, gimana takdir manusia yang katanya telah di tentukan oleh Allah? Masalah jodoh yang belum diberi sampai usia tua itu apa yang harus di lakukan ,apa itu juga termasuk takdir Allah?
Jawab
Jodoh itu takdir, ikhtiari...kudu usaha nyari kalau ga dapet sampe wafat, ya memang takdirnya demikian. Walaupun dah tua tetaplah berdoa dan berusaha. 

4. Terus makna dari Allah tidak akan merubah suatu kaum sebelum kaum itu merubahnya merubahnya,apa itu termasuk kita di suruh mengubah takdir kita?
Jawab
Iya. Kita usaha. Alam dunia ini ada hukum Allah yaitu sebab akibat. Tapi semua terjadi atas izin Allah swt.

5. Ini pak ustadz memberku galau dia merasa semua sudah dia kerjakan, dia sudah berusaha ikhtiar, berdoa, melakukan yang diangap bisa mendatangkan jodoh, tapi sampai sekarang jodoh tidak kunjung datang, sampai di usianya kini
Jawab
Ya...tawakal.
Tetap semangat dan husnudzon kepada Allah, jangan mengeluh kecuali kepada Allah. Juga perbesar rasa syukur

Ya. Alhamdulillah, kita tutup dengan hamdalah
alhamdulillah

PENUTUP
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa'atubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
(HR. Tirmidzi, Shahih).

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Ketik Materi yang anda cari !!