SEMANGAT

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, February 12, 2015

Kajian Online Telegram Hamba اَللّٰه Ta'ala

Hari / Tanggal : Rabu, 12 Februari 2015
Narasumber : Ustadz Dian Alamanda
Tema : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

Assalamu'alaikuuum.. apa kabar semuanya? Ayo semangat, sebentar lagi weekend. Yang lagi kurang semangat gara-gara apa? Jangan lupa berdoa waktu hujan. Jadi temanya hari ini tentang semangat ya

Bismillah
Silahkan semuanya membaca Qur'an masing-masing dan maknanya. Surat Ali Imran ayat 139
وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَنْتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.
(QS: Ali Imran Ayat: 139)

Inilah  tanda-tanda keimanan, salah satu tanda keimanan
Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang?


Siapa disini yang punya aset di atas 2 Milyar? gak ada? Buat yang asetnya diatas 2 miliar mungkin memilih diam karena tawadhu. Tapi kita yang pas-pasan mungkin memang merasa tidak punya aset sebanyak itu padahal satu biji mata kita tidak akan kita serahkan jika ditawar orang lain seharga 1 miliar. Dengan aset dua mata dan dua dengkul, semestinya kita tidak boleh berlama-lama kehilangan semangat, atas aset yang telah diberikan Allah kepada kita, yang seharusnya kita syukuri dengan berlomba-lomba berbuat kebaikan.

Orang beriman seperti pohon yang tinggi, rindang dan akarnya kokoh. Orang-orang beriman juga adalah orang-orang yang semangat bekerja.
Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan. (at taubah:105)
Orang-orang beriman juga adalah orang-orang yang dibesarkan oleh masalah, bukan malah menjadi kerdil.
"...Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar. (ali imran:146)
Banyak hikmah dari kisah terbaik dalam surat Yusuf yang bisa kita jadikan pelajaran. Oleh karena itu setiap pagi dan petang kita diajarkan untuk membaca sebuah doa yang luar biasa, yang menjadi obat bagi setiap kelesuan
Abu Said Al-Khudhri radhiyallahu ’anhu bertutur: “Pada suatu hari Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam masuk masjid. Tiba-tiba ada seorang sahabat bernama Abu Umamah radhiyallahu ’anhu sedang duduk di sana. Beliau bertanya: ”Wahai Abu Umamah, kenapa aku melihat kau sedang duduk di luar waktu sholat?” Ia menjawab: ”Aku bingung memikirkan hutangku, wahai Rasulullah.” Beliau bertanya: ”Maukah aku ajarkan kepadamu sebuah do’a yang apabila kau baca maka Allah ta’aala akan menghilangkan kebingunganmu dan melunasi hutangmu?” Ia menjawab: ”Tentu, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda,”Jika kau berada di waktu pagi maupun sore hari, bacalah do’a:
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

”Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.” Kata Abu Umamah radhiyallahu ’anhu: ”Setelah membaca do’a tersebut, Allah berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas hutangku.” (HR Abu Dawud 4/353)

Selain doa diatas, ada dua kebiasaan yang mesti dihindari agar terhindar dari penyakit malas dan kurang semangat, yaitu terlalu banyak makan dan terlalu banyak tidur. Salah satu sebab sulit bangun malam adalah perut yang kekenyangan. Selain tentu saja jam tidur yang terlalu malam. Jadi hindari begadang jika tiada artinya.

Kemalasan dan hilangnya semangat juga disebabkan oleh lalainya kita pada dua nikmat: kesehatan dan waktu luang. Yang jarang berolahraga dengan yang disiplin berolahraga akan memiliki tingkat kelesuan yang berbeda juga mereka yang terjebak dari membuang-buang waktu sehingga  terjebak pada situasi urgent terus menerus, membuat ia menjadi malas dan kurang bergairah. wa'alaikum salaaaam

Terakhir ada satu hadits yang patut kita renungi:
Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Akan masuk Jannah, orang-orang yang memiliki hati bagaikan burung.” (Hadits Riwayat: Imam Muslim, dalam Shahih-nya, hadits no. 2840.)
Silahkan renungi hadits ini, agar kita esok bisa lebih semangat dan lebih optimis. Demikian sharing malam ini, yang benar datangnya dari Allah dan yang salah dari diri ana sendiri.

TANYA JAWAB

1. Afwan ustad boleh di jabarkan lagi tentang hadist tersebut?
Jawab
Wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh
Seperti burung-burung yang selalu berangkat di pagi hari mencari makan dengan penuh semangat dan optimisme, seberapa pun yang mereka bawa pulang di sore harinya. Ini contoh sikap tawakal dari seekor burung.

2. Bagaiman jika udah gagal ustadz agar bisa bangkit lebih dari sebelumnya?
Jawab
Ya harus belajar dari kegagalan, pelajari sebab-sebabnya, lalu cari jalan keluarnya. Sebab kegagalan itu adalah anak tangga menuju kesuksesan

3. Rasa jenuh juga kadang gak bisa ditolerir ustadz?
Jawab
Rasa jenuh itu sesuatu yang manusiawi oleh sebab itu manusia perlu rehat, bagi yang sudah menikah bisa jadi ada rasa jenuh kepada pasangannya maka perlu ada pembaharuan pada setiap komitmen

4. Bagaimana cara menyeimbangi tad agar kedua pasangn tidak selalu jenuh?
Jawab
Wah, kalau itu bukan ana pakarnya, bisa tanya semisal ust cahyadi takariawan atau ust abdullah zein
http://www.kompasiana.com/PakCah/
yang penting tidak tertipu oleh jebakan iblis yang pertama tentu saja menerima pasangan kita apa adanya kalau jenuh dan dibiarkan nanti iblis akan menebar jebakannya. Bangun kebersamaan dengan pasangan, misalnya melakukan satu kegiatan bersama-sama, misalnya saya berdua istri menjalankan satu bisnis bersama-sama juga menjalankan satu jama'ah dakwah bersama-sama terus menerus menambah ilmu tentang bagaimana membangun rumah tangga yang membawa ke surga. Ada juga prinsip tahaddu tahabbu saling memberi hadiah kepada pasangan, In sya Allah jangan lupa, sama-sama niatkan bangun malam bersama pasangan. Kalau istri sedang malas, suami yang memberi semangat demikian sebaliknya

Sudah semakin larut, saatnya kita beristirahat
Semoga Allah mudahkan kita untuk menikmati sepertiga malamnya.

Ana mohon ijin dulu, jika ada pertanyaan lagi bisa disampaikan, in sya Allah dijawab jika bisa. Mari sama-sama membaca doa Kafaratul  Majelis...

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT