Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

TANYA JAWAB SEPUTAR THIBBUNNABAWI

Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Senin, 9 Februari 2015
Narasumber : Ustadzah Febri
Rekapan Grup Bunda M11 (Nurhayati)
Tema : Thibbunnabawi
Editor : Rini Ismayanti


TANYA JAWAB SEPUTAR THIBBUNNABAWI

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirrahmanirrahiim
Bunda- Bunda yang dirahmati Allah kajian  hari ini kita diskusi tentang thibbun nabawi. Apabila ada pertanyaan yang mau ditanyakan bisa langsung ditanyakan disini.

TANYA : Ustadz, bagaimana cara menghilangkan kista di rahim? Sudah 2 tahun ini saya terapi bekam dan minum habbasyifa. 2 bulan lalu mngecil jadi 1 cm tapi kok prasaan kaya membesar lagi ya ustdzah,saya ga mau operasi soalnya...
JAWAB : kista punya karakter yang unik dia bisa dorman sejenak dan menyerang lebih cepat,untuk terapi yang efektif, dengan madu plus beepollen plus royalljelly dan dosis habbatusauda 1sendok teh per 2 jam waktu aktifitas.

TANYA : Ustadz apakah minyak habbatus saudah / herbal 4 in 1 sudah boleh diberikan kepada bayi 9 bln? Lalu antara propolis dan habbatus saudah itu lebih baik yang mana ustadz?
JAWAB : Herbal 4 in 1 boleh, tapi yang perlu diperhatikan kualitas madu karena saya mengadakan penelitian lebih dari 80 persen madu cputan dengan glukosa dan fruktosa tambahan ini sangat berefek negatif.

TANYA : Ustadz saya ada benjolan di payudara (maaf)  tumor jinak, sudah 4tahun ini. Sekarang sekitar 4cm ukurannya. Selama ini saya hnya konsumsi herbal habbatsirsak dan bioterra. juga bekam tapi baru rutin 3 bulan ini. Saya takut dan ga mau operasi ustadz, jadi harus bagaimana ustadz?
JAWAB : Benjolan di payudara saya pernah buat racikan namanya herbal 4sunnah itu sangat efektif untuk habbatsirsak biasanya punya efek turunnya tensi darah mendadak sedangkan biotetra hanya mbantu probiotik di lambung.

TANYA : Lalu ustadz kalau untuk menjaga daya tahan tubuh sebaiknya mengonsumsi apa?
JAWAB : Untuk daya tahan tubuh bisa 1 botol madu dimasukan 1 siung bawang putih didalamnya sehari minum 2 x 1 sendok makan.

TANYA : Ustadz,herba/herbal apa yang dikonsumsi untuk sakit kata dokter asam lambung& ada luka dilambung sampai ke anus,dada sering panas. Ibu saya sakit sudah 4 tahun ini, syukron ustdz
JAWAB : Asam lambung bisa sembung dengan meninggalkan makan malam dam setiap hari konsumsi cincau dan madu tapi tdak pakai santan dan es.

TANYA : Ustadz, Ayah saya kena diabetes kering, kalau dengan bekam bisa kah?
JAWAB : Bisa tapi ambil titik di punuk dan samping belikat tidak boleh terlalu banyak titik.

TANYA : Batas makan yang dianggap malam kira-kira jam berapa ustadz? Untuk madunya,semua jenis madu bisa ustadz?
JAWAB : 4 jam sebelum tidur. Semua jenis madu

TANYA :Ustadz kalau untuk mengobati mata minus itu menggunakan apa ustadz? Lalu untuk detoksifikasi sebaiknya menggunakan apa?
JAWAB : Dalil tentang mata hanya madu caranya oleskan ke mata dalam keadaan mata terpejam lalu mata dikedip-kedipkan sampai madu masuk perlahan.detoksifikasi apa bu?

TANYA : Mengeluarkan racun akibat obat-obatan bahan kimia ustadz.. Kalau untuk madu madu yang direkomendasikan apa ustadz?
JAWAB : Zaitun efektif untuk menyerap toksin. cincau hijau juga bagus.

TANYA : Kalau untuk anak autis bisakah disembuhkan dengan obat-obatan herbal,atau bekam?
JAWAB : Untuk anak autis sampai hari ini saya belum pernah menangani sampai sembuh total, hanya perubahan 75%.

TANYA : Ustadz apakah banyak pantangan makanan untuk penderita kista ya? Katanya harus makan yang rebus-rebus dan gak boleh minyak-minyak ya ustadz?
JAWAB : Yang dilarang penyedap rasa sintetis dan gorengan yang beli.


Q : Apa itu tibbunnabawi? Apa saja ruang lingkupnya?
A : Athibbun nabawi adalah pengobatan cara nabi,thibbun nabawi terbagi 3 pertama pengobatan berdasarkan wahyu kedua pengobatan yang ada disekitar kita ketiga medis.


Q : Apa saja pengobatan berdasarkan wahyu? Contohnya?
A : Bekam,ruqyah dan herbal yang tercantum dalam alquran diantaranya madu, kurma, habbatusauda dll


Q : Assalaamu'alaikuum. Pak ustadz ada teman saya ingin skali dihijamah(bekam) tetapi beliau penyakit hepatitis A.. Saya tidak menyarankan karena khawatir salah...bagaimana ya pak..tolong dijelaskan..jazakumulloh sebelumnya..
A : Bismillah untuk hepatitis yang perlu di perhatikan adalah alat bekam harus sendiri titik bekam yang efektip adalah liver limpa


Q : Contoh pengobatan disekitar kita? Apakah pengobatan tradisional seperti jamu, pijat refleksi, akupuntur termasuk ke dalamnya?
A : Iya bu


Q : 1.Apakah obat dari dukun termasuk? Apakah jaman rasulullah sudah ada pengobatan medis?
A : Tidak karena ada batasan tidak berbau syirik.
Zaman itu sudah ada dunia ke dokteran tapi tidak laku. Dalam kitab thibbun nabawi ibnu Qoyyim mengatakan bahwa herbal yang ada disekitar itu yang kita dibutuhkan


Q : Tanya mengenai bekam ustadz:
1.Apa saja penyakit yg bisa disembuhkan dengan bekam? 
2.Apa manfaat bekam?
3.Apakah semua orang boleh berbekam? Anak-anak, orang dewasa, orang tua?
4. Apakah berbekam bisa membahayakan nyawa? Saya pernah lihat berita di tv ada orang yang meninggal setelah dibekam
A : Rasulullah meriwayatkan, bekam bisa untuk  100 penyakit, manfaat bekam untuk mengangkat darah mati di dalam tubuh, pada dasarnya semua bisa di bekam,semua terapi ada resiko ya makanya perlu terapis yang benar-benar faham


Q : Ustad saya mau tanya, katanya adik saya sakit gejala liver, sering pusing semalam sesak nafas, trus d sekolah sering pingsan. Tadi waktu cek darah katanya semua normal,  tinggal untuk pusing katanya masih harus d periksa lagi. Gimana pengobatanya ustad , saya khawatir ma adik saya , udah nebus obat banyak
A : Untuk pusing biasa 2 organ yang masalah usus besar dan lambung ya saran saya coba detox lambung dengan makan buah sebelum makan nasi atau makan cincau sebelum makan.


Q : Ustadz apa contoh pola kehidupan rasulullah SAW yang bermanfaat untuk kesehatan? Seperti makan, minum, tidur, dll
A : Pola kehidupan contoh olah raga, makan buah sebelum makan, tidak mencampur antara ikan laut dengan telur atau daging  dalam tempat yang sama dll


Q : Kolesterol adikku tinggi katanya ustad
A : Konsumsi minyak zaitun setiap mau tidur 1 sendok makan


Q : Adakah hari-hari tertentu yang baik untuk ber bekam ustadz....
A : Ada sunnah mengenai tanggal 17,19,21 hijriah


Q : Saya pernah dengar bahwa madu tidak boleh dicampur dengan air panas dan tidak boleh langsung diberikan oleh bayi...
A : Madu boleh dengan air suhu 70 madu murni untuk bayi boleh karena dia bersifat anti bakteri


Q : Ustadz apakah benar minyak zaitun bisa digunakan untuk menurunkan berat badan? Kalau benar bagaimana resepnya?
A : Untuk menurunkan berat badan langsung tidak tapi pembakaran lemak iya resep ya sehari 2x 1sendok makan pagi dan malam.




Baiklah Bunda- bunda karena waktu sudah tidak memungkinkan, diskusi  hari ini kita tutup sampai disini.
Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ