Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

URGENSI TARBIYAH BAGI MUSLIMAH


Kajian Online WA Hamba الله Ta'ala
(Link 2 Nanda)

Hari / Tanggal : Senin, 09 Februari 2015
Narasumber : Ustadz Suhendi Al Khathab
Materi : Tarbiyah
Notulen : Ana Trienta

Ayoo kita mulai
Kita akan bahas tema " urgensi tarbiyah bagi wanita muslimah”

لْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأََشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وُرَسُولُهُ الَّذِيْ بَعَثَهُ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيَا إِلَى الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ

Akhwatal islaam.. ketauhuilah, muslimah merupakan komponen dalam keluarga dan masyarakat yang sangat menentukan perannya dalam membentuk generasi dan menciptakan peradaban.

Banyak kita dapatkan kisah betapa muslimah (wanita) di sekitar para nabi sangat berperan dalam membantu tugas demi kelangsungan dakwah, kita tau dalam sejarah istri fir'aun yaitu Asiah di tengah kehidupan jahil firaun dan anak buahnya, Asiah telah menunjukkan keteguhannya dalam beriman kepada Allah, demikian juga ibu Nabi Musa as, ketika musa masih bayi yang dengan ikhlas ia memenuhi perintah Allah untuk mrnghayutkan bayinya. Kita lihat juga siti Hajar ibunda Nabiyullah Ismail as yang dengan kesabaran dan keteguhannya menjadikan putranya menjadi laki-laki yang sabar, dan lihatlah juga ummul mukminiin khodijah ra, perannya sangat luar biasa dalam membela  dakwah suamianya, peran Asma binti Abu bakr ra, kepandaian Aisyah ra, dan masih banyak lagi para wanita wanita muslimah yang tangguh dan mulia membela dakwah dan teguh beriman kepada Allah swt..

Akhwatal islam, saudariku fil iimaan....
Menculnya muslimah yang demikian besar perannya dalam kehidupan dan sejarah perjuangan dakwah islam, tentunya tidak secara instant dan tiba-tiba. Mereka menjadi muslimah yang tangguh dalam beriman dikarenakan adanya proses pembinaan yang berkelanjutan, yang meningkatkan pemahaman / tsaqofah juga keilmuan sehingga denganya ia menjadi muslimah yang luar biasa.

Ukhti fillaah...
Untuk itu dalam kehidupan muslimah perlu adanya proses pembinaan.. pendidikan dan majlsi ilmu. Karena pembinaan dan ilmu  merupakan Keniscayaan dalam kehidupan kita, baik laki-laki atau wanita. Karena fitrah manusia yang senantiasa membutuhkan nasehat dan perhatian,  kenapa demikian??

a.Karena manusia adalah makhluk yang di ciptakan oleh Allah yang salah satunya Memiliki sifat lupa, dengan demikian,  manusia termasuk di dalamnya muslimah butuh untuk selalu di ingatkan dan d arahkan (fadzakkir fainna dzikraa tanfaul mu'miniin)

b.Karena manusia memiliki tabiat lemah dan bodoh, dengan kesadaran ini maka muslimah akan terpacu untuk senantiasa menambah ilmu dan wawasan sehingga akan mengarungi kehidupannya dengan ilmu dan pemahaman.

c.Ingatlah bahwa muslimah adalah para ibu / calon para ibu dari para mujahid-mujahid Islam yang akan membawa kemuliaan islam, dan semua itu tergantung dari peran para muslimah sebagai "al ummu raabitul bait" ummahat adalah pengatur/menegur dalam rumah atau guru bagi anak anaknya.. oleh sebab itu perlunya bagi muslimah sarana untuk meningkatkan kebutuhan ilmu dalam mendiddk putra putrinya dan semua bisa di dapatkan dalam pembinaan keislaman yang intensif.

d.Karena tabiat maausia membutuhkan kelompok, dengan pembinaan maka para muslimah dapat melatih diri dalam hidup berkelompok dengan berbagai tanggung jawabnya.

Saudari para muslimah...
Dari uraian d atas kita dapat memahami bahwa beberapa urgensi tarbiyah bagi muslimah adalah sbb;
  • Dengan tarbiyah wanita muslimah dapat menambah ilmu dan wawasan
  • Dengan Tarbiyah wanita dapat mengambil peranan penting di kemudian hari, baik dalam mendukung suami dalam berdakwah atau dalam membina anak-anaknya.
  • Dengan Tarbiyah maka muslimah akan sukses dalam mendidik anak-anaknya
  • Dengan Tarbiyah maka muslimah akan eksis di tengah masyarakat untuk bekerja sama mengambil peranan penting dalam memberdayakan lingkungan yang islami.


Ikhwatal iman.  Mungkin di antara kita ada yang bertanya,  apakah konvensasi jika wanita muslimah berperan dalam kemajuan dakwah ini. Untuk itu marilah kita tadaburi ayat-ayat ini sehingga mampu memberi motivasi bagi para muslimah untuk terus  bergerak.

🌸Keutamaan bagi wanita muslimah yang mendukung dakwah akan mendapatkan Rahmat dari Allah. Firman Allah dalam Surat Attaubah ayat 71.

"Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana"

🌸Mendapatkan Kebaikan dari Allah berupa derajat yang tinggi yang diberikan oleh Allah swt.
Firman Allah swt

Bukit (Aţ-Ţūr):21: "Dan orang-orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.

Maksudnya Anak cucu mereka yang beriman akan Allah tinggikan derajatnya sebagai derajat bapak bapak mereka dan di kumpulkan dalam syurga.

Baca... simak, fahami, jika belum faham  boleh bertanya... 1 grup 1 pertanyaan ya

TANYA JAWAB

Pertanyaan M110

1. Ustad, Wanita di era sekarang kan ingin bisa sukses dalam karier, rumah tangga dan dakwah, berjalan beriringan, dakwah bukan untuk mencari materi tapi dengan materi kita bisa hidupkan dakwah, maka dari itu kita berusaha semaksimal mungkin untuk kaya. Nah ustad apa jalan untuk bisa sejalan karier, keluarga dan dakwah sedangkan kita akhwat yang kadang dibatasi dengan hal-hal harus dikondisikan?
Jawab
Saudariku.. memang kita sebagai insan, maunya sih ideal semua berjalan sesuai harapan dan keinginan, antara dakwah, karir, keluarga semua berjalan beriringan. Tapi kita juga harus bisa memahami dalam kehidupan ada sunnatullah yang harus kita jalani dan hadapi. Sebagai insan kita bisa lelah,letih dan bahkan bosan...Untuk itu banyak banyaklah mohon pertolongan pada Allah semua hal yang kita sulit dalam menjalani beban kehidupan  ini, syukuri yang ada sehigga nikmat yang diberi oleh Nya, akan terus bertambah berkah. Dalam berkarir, keluarga dan dakwah,  jika masih mungkin di jama (di gabung bersamaan) lakukanlah jika tidak,  maka pilihlah yang lebih besar manfaatnya dan sedikit bahayanya..

2. Assalamu'alaikum ustadz.. mau tanya gimana jika seorang akhwat yang tarbiyah tapi belum bisa melakukan dakwah disekitar keluargaya karna faham keluarga begitu kental dengan adat istiadat, tapi malah dia berdakwah di luar keluarganya apakah dia berdosa?
Jawab
Wasalamualaikum wr wb. Semoga Allah memaafkannya, dakwah kemana saja yang mau menerimanya, silahkan bebas tanpa harus menunggu alim/ berilmu secara dalam, dakwahi yang kita sudah faham, amalkan lah apa yang telah kita sampaiakan, tapi ingat!! keluarga juga perlu di dakwahi karena itu kewajiban kita yang sudah faham untuk menyampaikan kebenaran kepada orang lain.

Pertanyaan M111

1. Seseorang yang tidak memiliki mad'u maka sebenarnya ia adalah seorang penganguran. Kenapa bisa dikatakan seperti itu tadz?
Jawab
Siapa yang bilang begitu? selama kita tetap bergerak, bekerja / beramal maka tidak masalah bukanlah hasil semata mata yang ternilai tapi juga usaha keras dan motivasi dalam berdakwah mencari mad'u , apakah untuk bangga banggan dengan banyaknya pengikut ataukah karena Allah??  Itu yang penting, jadi jangan minder walau belum dapat mad'u, toh ilmu kita akan tetap bermanfaat bagi keluarga kita dan sahabat terdekat, dakwah juga bukan hanya ternilai dari pandainya merekrut. Tapi bisa juga dakwah dengan sikap dan ketauladanan.

2. Ustadz gimana sikap kita  terhadap orang selalu bertanya kepada kita kapan nikah. Dan memberikan jawaban yang memuaskan terhadap yang menanyakannya?
Jawab
Hmm.. ada yg tanya soal nikah nich, .. Islam tidak secara tegas melihat usia pernikahan, atau memaksa nikah muda juga  dalam islam meberikan arahan silahkan menikah bagi yang sudah "mampu" baik mampu secara biologis,  mental dan mampu dari segi materi, juga islam mewajibkan pemeluknya menjaga pandangan dan meegendalikan syahwatnya, nah... bagi yang merasa terjepit alias kebelet.. islam memberikan solusi dengan menikah karena dengan nikah banyak keindahan yang di dapat, ya walaupun tentu sebagai manusia pasti juga ada sedikit kepahitan dalam menikah itu hal wajar, karena sunnatullahnya demikian. Sehingga menjadi indah menjalaninya. Soooo.... masalahnya itu terletak pada pemuda yang menunda menikah dengan alasan takut, belum siap, belum mapan dan alasan bejibun lainnya pada semua sudah di atur oleh Allah, jangan risau, jalani tawakkal pada-Nya..

Ah gampang aja kok, jawab aja ''ya ana sudah siap nikah doakan ya semoga dapat jodoh yang sholih " gicu aja... ga usah cari-cari alasan

Pertanyaan M112

1. Bagaimana hak seorang anak jikalau dalam bertarbiyah ini terhalang oleh keadaan salah satunya orang tua? bolehkah ia pergi salah satunya mencari ilmu tanpa ijin orang tua, karen aberbeda pendapat walau sudah di beri pengertian namun tetap berbeda? mohon penjelasannya.
Jawab
Saudariku, dakwah itu menyeru, mengajak dengan cara apapun juga yang baik, dan selama masih dalam kaidah syari, tidak dengan cara yang terlarang. Adapun tarbiyah adalah satu sarana kita untuk memberi kekuatan dalam berdakwah, baik dalam memenuhi kebutuhan ruh keimanan kita. Jadi jika dalam tarbiyah dan dakwah mengalami tantangan itu biasa, apalagi dalam keluarga terdekat, untuk itu jangan menghindar dan putus asa, kuatkan azzam, dan doa pada Allah pasti ada jalan... faham keluarga dengan cara yang hikmah tanpa kekerasan lambat laun dengan berjalan waktu in syaa Allah mereka bisa menerimanya. Bersama itu anti gali ilmu lebih dalam sehingga bertambah kokoh dalam berdakwah dan tarbiyah. Ingatlah besarnya pahala orang yang mengajak kebaikan, sehingga jika orang tersebut dapat hidayah dengan perantara kita, maka luar biasa besarnya pahala kita...
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallambersabda:

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Artinya: “Barangsiapa yang menunjukkan kepada sebuah kebaikan maka baginya seperti pahala pelakunya (HR Muslim)

2.  Apa saja dasar-dasar yang harus muslimah pelajari dalam tarbiyah?
Jawab
Anti penasran????  Ikuti tanggal mainnya, ayoo  gabung Tarbiyah. Belajar, kerjasama, belajar ngaji, belajar berbagi sama, belajar menasihati, belajar menjadi orang baik, belajar amanah, belajar islam dengan lengkap, dan lain-lain..

Pertanyaan M113

1. Assalamualaikum ustadz, saya belom mengerti pengertian tarbiyah. Boleh dijelaskan tarbiyah itu apa?
Jawab
Tarbiyah secara bahasa adalah pembinaan/pendidikan. Adapun definisi tarbiyah yang ana maksud ialah   proses pembinaan yg d lakukan secara berkelanjutan yang membentuk karakter para anggota yang dibina menjadi muslimah yang mampu megaplikasikan islam secara kafah / lengkap,mksudnya dengan tarbiyah akan lahir para muslimah yang beraqidah shohihah, benar dalam beribadah, bagus dalam akhlaq, luas dalam wawasan, dewasa, sholihah, dan mandiri. Dalam tarrbiyah ada para mad'u / anggota tarbiyah Dan juga ada murabbiyah/ ustadzh pembina yang mengarahkan,  dalam tarbiyah berfungsi sebagai majlis ilmu, juga sharing dll yang bermanfaat bagi kebaikan pribadi, keluarga dan ummat, adapun sarana tarbiyah banyak sekali dan salah satunya komitmen dengan pertemuan satu kali dalam satu pekan, wallaualam.

2. Assalamualaikum ustadz saya mau tanya kan pendidikan itu sangat penting untuk wanita karena dia akan menjadi madrosatul Ula untuk anak-anaknya. Nah bagaimana dengan seorang ibu yang ga sabaran dalam mendidik anaknya?
Jawab
Bagi ibu yang ga sabaran,  ya harus sabar. Pelajari keutamaan sabar dan pahalanya, misalnya orang sabar akan mendapatkan kecintaan dari Allah, pahala sabar berlimpah, larangan marah dll.. semua butuh latihan dan proses, mohon bantuan Allah, rajinlah berdoa dan perbaiki sholatnya.

Pertanyaan M114

1. Assalamu'alaikum ustadz, saya mau tanya, jika ada seorang ikhwan yang ingin melamar kita, dia rajin bekerja tetapi ibadahnya (sholat) masih kurang baik. Apakah saya harus mengingatkan/ menegurnya untuk mmperbaiki sholatnya atau menolak lamarannya? Jazakallah ustadz.
Jawab
Wah pertanyaan nanda fah mulai k situ tuh..
Cari yang ganteng dulu, baru tes agamanya, jika baik agamanya "bungkuss"  jika tidak cari yang lain, sebelum menyesal di kemudian harinya..

Pertanyaan M115

1. Alhamdulillah, jazakumullah ustadz atas materinya.. Ana mau bertanya, di dalam tarbiyah para mad'u menerima kurikulum tarbiyah yang sudah tersusun, selanjutnya apakah dalam tarbiyah ada tingkatannya (kelompok pemula, dst)? Jazakumullah khair
Jawab
Dalam tarbiyah para anggota akan menerima materi yang sama, benar sekali. Adapun untuk jenjang dalam tarbiyah,  kayaknya itu ga begitu penting , yang terpenting adalah tetap berkarya, beramal dengan ikhlas dan benar, karena orang yang mulia di sisi Allah, orang yang paling taqwa, jadi yang kita kejar adalah bagaimana kita mampu menjadi orang yang bertaqwa, bagaimanakah ciri-ciri taqwa sehigga kita mampu meniru nya, jadi bukan marhalahnya/ jenjang-jenjangnya, berjalan saja secara alamiyah.

2. Tarbiyah juga belajar mengenai hukum-hukum islam yang sesuai dengan alquran dan hadis ya?
Jawab
Dalam tarbiyah soo pasti kita belajar sesuai quran dan sunnah.. bahkan bukan hanya itu dalam tarbiyah banyak yang akan kita dapatkan yakni, kebersaman, saling bahu membahu dan menolong, kerjasama dll....

Penutup
Doa Kafaratul Majelis...

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat