Ketik Materi yang anda cari !!

EMPAT KEHARUSAN MUSLIM

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, March 30, 2015


Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuhu
Semoga ayah bunda ikhwan akwat disini semua sehat senantiasa..

Hari ini in syaAllah sayah ditugasin ketak ketik disini semoga tidak membosankan meski kadang menyebalkan. Semua harap maklum karena kondisi hati masing masing kita berubah ubah ia ibarat selembar bulu yang terbang terbawa angin. Sebab seperti bulu yang terbang inilah maka kita berdoa agar kondisi hati kita teguh.


"Yaa muqollibal quluub tsabit qolbi aladdinik wathoatik..."
"Wahai Yang membolak balikan hati tetapkan hati kami dalam agama-Mu dan taat kepada-Mu"

Dan oleh sebab itu maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan prikeadilan. Karena rindu ini membuatku seakan berada dijalur Gaza. Nyelip dikit, masalah dunia Islam secara keseluran adalah berpuncak pada masalah penjajahan Yahudi atas bangsa Palestina.

Baik kita share materi pagi ini. Materinya mengenai 4 keharusan Muslim...

Setiap muslim harus membuktikan keislamannya dengan sikap dan tingkah laku yang islami. Ada empat keharusan yang harus ditunjukan seorang muslim di antaranya sebagai berikut.

1. ISLAMISASI DIRI

Ini ditunjukan dengan menjadi muslim secara menyeluruh dalam berbagai aspek kehidupan. Allah swt. Berfirman,

”Wahai orang-oran yang beriman! Masuklah ke dalam islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu.”(al-Baqarah:208)

2. ISLAMISASI KELUARGA

Setiap muslim yang yang berkeluarga harus berupaya agar keluarganya menjadi saleh sehingga terhidar dari api neraka. Allah berfirman,

”Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah kamu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu;…”(at-Tahriim: 6)

3. ISLAMISASI MASYARAKAT

Mengislamkan masyarakat harus kita lakukan dengan melaksanakan tugas dakwah, amar ma’ruf dan nahi munkar sehingga mrenjadi umat yang terbaik. Allah berfirman,

”Dan hendaklah diantara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf dan mencegah dari yang munkar. Dan merka itulah orang-orang yang beruntung.”(Ali Imran: 104)

4. ISTIQAMAH

Setiap muslim wajib istiqamah, yakni memiliki pendirian yang kuat dalam mempertahankan nilai-nilai islam dalam kehidupannya. Allah berfirman,

”Sesungguhnya orang-orang yang berkata,’Tuhan kami adalah Allah,’ kemudian mereka tetap istiqamah, tidak ada rasa khawatir pada mereka, dan mereka tidak (pula) bersedih hati.”(al-Ahqaaf: 13)

Demikian share kajian pagi ini mungkin ini adalah refresh ingatan kita kembali, jika sakit berlanjut hubungi dokter...aih maaf mungkin jika ada yang perlu didiskusikan silahkan kalau ada pertanyaan juga silahkan. Tapi tidak semua pertanyaan ada jawabannya.

Pertanyaan dari Nanda


Pertanyaan M101

1. Assalamu'alaikumussalam wr. wb
mau tanya,  bagaimana kita bisa menjalani ke4 tersebut? kadang untuk diri kita sendiri aja belum mampu secara keseluruhan?
Jawab
Iya...pelan pelan dan bertahap sesuai kemampuan.

2. Assalamualaikum. Terkadang mengingatkan keluarga tentang amal ma'ruf nahi mungkar lebih sulit dibanding kepada orang lain. Karena kita dianggap masih anak-anak. Terkesan anak-anak menggurui orang tua dan sok tau. Nah, yang mau ditanyakan upaya apa yang harus kita lakukan agar hal demikian tidak terjadi?
Jawab
Berbuat baik kepada mereka dan jadi teladan dalam kebaikan. Ingat. Jangan maksa. Pelan dan terus berdoa. Juga perbanyak memberi hadiah kepada mereka.


3. Assalamualaikum. Saya juga begitu saya punya temen dia lulusan pondok tapi tingkahnya dan bicaranya tidak mencerminkan sebagaimana lulusan pondok, mau mengingatkan dikira saya sok tau kita kudu gimana ya?
Jawab
Kita kudu sabar dan tetap bahagia.


Pertanyaan M102

1. Afwan kenapa setiap kali ingin istiqomah mesti saja ada sesuatu yang membuat saya lemah iman? saya berusha untuk tidak menanggapi tik tok orang tentang pakaian syar'i saya, meski saya berusaha bersabar namun tetap hati mengeluh. Lalu apa yang perlu saya lakukan agar saya tetap istiqomah dan semangat dalam beribadah?
Jawab
Sabar dan ikhlas dan perkuat rasa syukur.


Pertanyaan M103

1. Aku mau tanya, bagaimana dengan keluarga yang ayah islam, ibu kristen dan memiliki anak yang masih bingung dengan keyakinannya. Apa yang harus dilakukan seorang ayah untuk meyakini anaknya tersebut bahwa islamlah agama yang paling benar adanya
Jawab
Ayahnya harus ngomong ke anaknya terus disekolahkan ke sekolah Islam. Dan terus yakinkan.


2. Murid aku ada yang ibunya kristen terus ayahnya islam, terus mau cerai. Dia bingung mau ikut sapa ? Sekarang dia islam kalo ikut ibunya dia jadi kristen. Ustad kasih nasihatnya
Jawab
Harus yakin dengan kebenaran Islam. Ga bisa pindah pindah begitu.


3. Mau tanya juga. Saya punya temen katolik. Tapi pacarnya islam. Nah selama setausn pacaran. Laki-lakinya sering ikut ke gereja. Dan kata temenku ini sebentar lagi mau masuk katolik ikut dia. Saya dengernya gimana yaa. Apalagi laki-laki yang ikut pindah agama sama istrinya. Mau bilangin pun..temen saya yang katolik. Gak enak juga.
Jawab
Ya hidup ini pilihan. Agama juga pilihan. Keyakinan ga bisa di paksakan. Jangan sedih. Bila sudah diingatkan...doakan.

Pertanyaan M04

1. Bagaimana cara mnyadarkan anggota keluarga yang susah banget disuruh sholat?
Jawab
Ngomong, nasehatin, baikin, doakan

2. Assalamualaikum, mau tanya boleh? gimana yah biar istiqomah kita kuat dan iman kita gak naik turun. walaupun kita berada di lingkungan yang minim akan islam? makasih
Jawab
Ikhlash dan bergaul dengan orang sholeh

Pertanyaan M105

1. Mencegah yang mungkar dengan cara seperti FPI itu benar apa ngga? Kalau kita dibully itu apa kita harus sabar terus? Kalau islami kan harus sabar, tapi kalau sabar terus mereka suka kelewatan. Kalo kita ngajakin, memperingati teman/saudara, terus mereka malahan jadi benci & mengucilkan kita, gimana ya apa cara kita yang salah? terus gimana cara menyikapinya?
Jawab
FPI ada kebaikannya. Cara dakwah seperti itu memang kadang perlu. Kita doakan aja mereka istiqomah. Kalau di bully yaa woles aja karena kalau sudah benci, orang itu apapun yang kamu lakukan pasti jelek dimatanya. Jadi sabar dan istiqomah.

2. Selagi kita dalam proses perbaikan diri, cara mengislamikan keluarga itu awalnya kan dengan keteladanan dan ajakan dan kalo misalanya sudah lama sekali hal itu tidak merubah tingkah laku keluarga, apakah dilakukan  peringatan langsung? Atau harus menunggu selama 1 minggu atau 1 bulan dulu atau bagaimana? Misalnya dalam hal mengajak sholat, meninggalkan jimat, ghibah, dll. gimana tu? Mohon pencerahannya. jazakumullah khoiron
Jawab
Dakwah itu sepanjang hidup jangan lihat hasil. Tapi proses nya yang kamu lakukan. Terus aja seperti iklan. Juga doakan.


Pertanyaan M106

1. Assalamu'alaikum ustadz mau tanya tentang islamisasi keluarga. Bagaimana cara menasihati orang tua dalam ibadah, misal ibu belum mau berjilbab dan ayah sholatnya belum bisa rutin. Syukran ustadz
Jawab
Iya ngomong aja yang baik dan jadilah anak yang baik yang bisa mereka rasakan manfaatnya.

2. Assalamualaykum ustadz.. mau tanya. Sekarang ini kan lagi maraknya islamophobia di kalangan masyarakat sekitar rumah saya pun seperti itu. Bagaimana cara menyikapinya ya? Mereka tertutup sekali contohnya kemarin saya kan sedang mengadakan halaqah di rumah. Teman-teman saya pada pakai jilbab lebar semua. Nah itu kita dituduh aliran sesat kumpulnya itu tidak baik padahal sudah saya jelaskan tapi mereka tetap bersikeras sampai-sampai saya diceramahin gini, "kalau jadi muslim ya yang biasa-biasa aja gak usah aneh-aneh.. ya kayak kamu ini yang bikin nama umat islam itu jelek"
Jawab
Ya...itu realitasnya tetap tersenyum dan berbuat baik. Jangan diambil hati. Rosulullah saw dikatain lebih dari itu. Tetap semangat.


Pertanyaan M107 

1. Begini ust, kalau kita memberikan / menasehati kakak/ adik dengan perkataan yang baik-baik susah sekali mereka menerima hanya di iyakan saja tapi tidak dilaksanakan. Hal seperti ini yang kadang membuat saya merasa gagal dalam berdakwah. Mohon pencerahannya ust
Jawab
Ingat dakwah itu seperti iklan. Pernah lihat iklan di tivi yang "menyebalkan"? tapi karena diulang ulang kita jadi "suka" atau ingat? Jadi tetap semangat, hidayah biar Allah yang berikan.


2. Aku cuma ingin jadi orang baik, tetapi saat melakukan kebaikan ada saja yang tidak suka ya namanya juga hidup kan ya pak ustadz. Menyikapi orang yang tidak suka seperti itu bagaimana ya? Aku suka mikir kesalahan di masa lalu juga, kepikiran terus... Padahal udah berlalu dan yang bersangkutan sudah tak mempermasalahkan tapi inget ajaaa gitu. Ini termasuk wajar tidak ya? Atau perilaku yang gak baik?
- Aku orang yang banyak bertanya pada diri sendiri dari pada banyak bicara ke orang aku lebih seneng diam tidak terlihat banyak, karena sering nya begini temen aku ada yang sampai bilang "kamu jangan begitu, kalau bertanya pada diri sendiri kamu tak bisa berubah. Kamu harus belajar bersosialisasi" memang perilaku seperti ini tidak baik ya pak ustadz, tapi saya senang sendiri atau setidaknya tidak terlibat dengan banyak orang dan saya merasa damai seperti itu. Apa saya anti sosial?
Jawab 
Hidup ini kita sendiri yang jalanin selama tidak melanggar agama dan hukum maka kita sudah baik sebenarnya dan jangan pedulikan kata orang yang negatif dan itu wajar hidup ini pilihan kebahagiaannya tergantung kita. Merenung dan tafakaur itu bagus. Melamun ga bagus.


3. Ustadz saya mau tanya. Fenomena remaja masa kini sunggung mengenaskan. Dimana pergaulan dan pacaran seolah telah menjadi budaya. Wa laa taqrobuzzina. Mendekatinya sja kita dilarang. Pertanyaan saya adalah Mindset saya saat firman Allah yang menyentuh tentang zina adalah bersetubuh. Namun, bagaimana dengan pacaran, pegangan maupun maaf ustadz berciuman. Apakah zina itu ada tingkatannya? Ataukah yang bersetubuh saja yang dikatakan zina? Jazakallah ustadz
Jawab
Iya jangan dekati zina berarti hal-hal yang menjurus kesana adalah haram dan dikategorikan zina. Mata dengan melihat, hidung dengan mencium itu adalah zina, pacaran itu zina. Jadi jauhi. Karena itu mulai dari mata harus dikendalikan.


Pertanyaan M110

1. Ustadz, islamisasi diri in syaa Allooh lebih dimudahkan yah.. Nah agak berat ketika islamisasi di keluarga. Apalagi basic orgtua jauh dari nilai-nilai islam walaupun udah pendekatan melalui berbagai macam cara tapi hidayah itu belum menyentuh hati, nah keadaan keluarga begitu?? Akan tambah sulit ketika terjun ke masyaraka tempat tinggal, jadi harus keluar untuk mencari komunitas yang bisa terus mendukung kita untuk istiqomah. minta nasehat dan jalan yang terbaik untuk terus bisa melangkah dengan iman yang tetep eksis dan selalu terjaga..
Jawab
Ya tetap istiqomah apapun masalahmu. Tetap berdoa.


Pertanyaan M111

1. Aku mau nanya, cara biar istiqamah gimana ya? Istiqamah ibadah setelah haid, istiqamah biar ga balik lagi kaya dulu. Yang kedua, bagaimana caranya untuk islamisasi keluarga? Ade-ade saya suka susah dan melawan kalo diajak ibadah, bilang kalo saya banyak atur dan so bener. Makasih
Jawab
Kuatkan keikhlasan dengan senantiasa mengingat Allah atas karunia nikmat. Bicara yang baik dan jadi teladan.

2. Gimana kalo islamisasi keluarganya orangtua? Kadang rasanya segan,kadang juga omongannya belum terlalu di dengar
Jawab
Banyak memberi dan bersikap juga berkata baik. Jangan menggurui apalagi maksa.

Pertanyaan M112

1. Bagaimana agar keistiqamahan kita tetap terjaga? sedangkan terkadang kita lalai sehingga keistiqamahan itu terkadang luntur, jika lelah lillah kadang terabaikan.
Jawab
Rasakan keagungan Allah juga nikmat nikmat-Nya

2. Bagaimana sosok Muslim yang sempurna itu? Bagaimana kita bisa menuju menjadi Muslim yang menyeluruh?
Jawab
Yakin dan teguh dengan rukun iman yang 6 dan melaksanakan rukun iman yang 5. Taat pada perintah Allah dan jauhi larangannya juga mengamalkan sunah Rasulullah SAW

3. Saya ingin tanya mengenai islamisasi dalam keluarga, jika kedudukan kita hanya sebagai seorang anak, apakah tetap berkewajiban menjadikan keluarga shaleh, jika ia apa-apa yang harus dilakukan?
Jawab
Iya sesuai kemampuan aja dan tetap berbuat baik juga komunikasi yang baik.

Pertanyaan M113

1. Assalamu'alaikum, saya mau bertanya sebelum kita mengislamisasikan  keluarga atau pun masyarakat berarti kan kita harus mengislamisasikan diri kita terlebih dahulu. Bagaimana caranya agar diri kita bisa mengislamisasikan diri kita degan betul-betul matang, ga cuma setengah-setengah. Mohon di beri penjelasan agar dapat saya terapkan dalam diri saya.
Jawab
Yakin dan teguh dengan rukun iman yang 6 dan melaksanakan rukun iman yang 5.

Pertanyaan M114 

1. Assalamu'alaikum saya mau tanya, kalo misalnya ada seorang anak yang ingin belajar agama secara mendalam tetapi dalam keluarga agamanya masih belum terlalu paham trus si anak tersebut kadang merasa sungkan juga kalo bertemu atau berkumpul dengan keluarganya. Gimana ya caranya biar si anak tersebut bisa nyaman dengan perubahannya dan tidak merasa sungkan yang keluarganya yang lain?
Jawab
Ya rubah perasaannya bahwa keluarga itu harus bersama didunia dan di surga. Jangan sungkan. Biasa aja.

2. Assalamu'alaikum. Afwan ana mau tanya. Bagaimana kiat-kiat seorang muslim/muslimah untuk mencapai keislaman tersebut? Jazakumullahu khayran..
Jawab
Ngaji dan belajar juga berteman dengan orang soleh...

Pertanyaan M115

1. Jazakallah ustadz atas materinya, menjadi istiqomah adalah wajib bagi Muslim, kemudian tentang ketetapan akhir hidup seseorang, apakah ini menggambarkan bagaimana seseorang selama hidup, akan khusnul khotimah atau sebaliknya?
Jawab
Kita ga bisa menilai seseorang sewaktu hidup. Jadi jalan hidup juga bisa tiba tiba berubah menjelang ajal. Karena itu berdoalah agar husnulkhotimah. Jangan memvonis tapi doakan ketika melihat orang yang ga baik.

2. Gimana cara menyikapi teman yang sama-sama muslim tapi selalu menyepelekan islam itu sendiri misal udah sholatnya djama' aja padahal cuma lagi jalan di mall aja.
Jawab
Itu sikapi dengan baik beri pemahaman dan keteladan. Juga doakan.

3. Mau tanya Ustadz Si A menasehati si B. Setahu si B, si A adalah orang yang baik. Lalu si A mengamalkan apa yang di bilang oleh si A. Setelah beberapa lama kemudian si B baru tahu kalau si A telah melakukan kesalahan/dosa. Padahal dulunya si A lah yg bilang/menasehati si agar jangan melakukan perbuatan dosa seperti itu. Nah sekarang malah dia sendiri yang melakukannya. Yang mau ditanyakan apakah si A mendapatkn berkah/pahala atas nasehatnya yang telah diamalkan oleh si B. Padahal untuk dirinya sendiri saja si A ini tidak mengamalkan seperti yang ia katakan. Terimakasih ustaz.. Maaf jika pertanyaannya tidak sesuai dengan materi. Sebagai tambahan.. Dalam firman Allah saya pernah dengar. Tapi lupa surah dan ayat berapa. Katanya: "sangat besar kebencian di sisi Allah jika kamu mengatakan apa yang tidak kamu lakukan"
Jawab
Ya setiap orang diganjar sesuai niat dan perbuatannya.

Pertanyaan M116

1. Apakah rasa khwatir dan sedih hati itu tanda kita jauh dari Allah. Bagaimana agar rasa khawatir itu tidak ada?
Jawab
Khawatir dan sedih adalah rasa yang harus ada tidak bisa hilang tapi kelola dengan baik hati dan fikirannya selalu husnudzhon kepada Allah.

2. Mengenai Islami Diri.. seperti apa tanda-tanda bahwa Islam kita sudah kaffah/belum? Batasan-batasan Islam menyeluruh apa saja? Dan bagaimana caranya supaya hati kita betul-betul pasrah kepada Allah?
Jawab
Secara pribadi kita yakin dan teguh dengan rukun iman yang 6 dan juga menjalankan rukun Islam yang 5. Ditambah dengan ibadah sunnah. Pasrah kepada Allah harus mengenal Allah rasakan keagungan-Nya, rasakan nikmat-Nya berharap surga-Nya...takut neraka-Nya.

3. Bagaimana cara untuk tetap istiqomah disaat iman sedang turun?
Jawab
Ikhlas, niatkan semua karena Allah. Ingat dan rasakan nikmat-Nya.  Kalaupun turun tidak sampai maksiat atau meninggalakn sholat/hal yang wajib.


PENUTUP
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa'atubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
(HR. Tirmidzi, Shahih).


----------------------------------------------
Kajian Online Telegram & WA (Link Nanda) Hamba اَللّٰه Ta'ala

Hari / Tanggal : Selasa, 17 Maret 2015
                         Senin, 30 Maret 2015
Narasumber : Ustadz Kaspin Nur
Tema : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment