Ketik Materi yang anda cari !!

ENDOMETRIOSIS

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, March 12, 2015

Kajian Online Telegram Akhwat Hamba اَللّٰه Ta'ala
Hari / Tanggal : Kamis, 12 Maret 2015
Narasumber : Ustadzah Aprianti
Tema : Kesehatan Wanita
Notulen : Ana Trienta


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ

Selamat pagi bunda-bunda yang sholihah, apa kabar pagi ini?

Apa Yang Dimaksud Dengan Endometriosis?

Endometriosis adalah penyakit sistem genital perempuan akibat tumbuh kembangnya sel endometrium di luar rahim. Diperkirakan 6 – 10 % perempuan menderita endometriosis dan paling banyak ditemukan pada usia reproduktif (usia 25 – 40 tahun).

Endometrium Itu Jaringan Apa?

Endometrium adalah jaringan yang melapisi rongga rahim. Sel endometrium tumbuh kembang dibawah pengaruh hormon wanita (estrogen), mulai pematangan sel telur hingga setelah ovulasi. Bila tidak terjadi pembuahan/kehamilan maka endometrium akan melepas dan terjadi perdarahan kondisi ini yang dikenal sebagai haid/mentruasi.

Bagaimana Proses Terjadinya Endometriosis?

Pada endometriosis, sel endometrium ditemukan di luar rahim antara lain di indung telur (ovarium), saluran telur (tuba Fallopi), pangkal vagina, rongga panggul, dinding perut, kandung kencing, usus besar, paru bahkan otak. Sel endometrium ini juga dibawah pengaruh hormon estrogen sehinga dapat tumbuh kembang, melepas dan berdarah mengikuti siklus haid. Berbeda dengan di rahim, dimana jaringan yang lepas dan darah dapat dikeluarkan lewat vagina, perdarahan yang terjadi pada endometriosis akan tertahan dan tertimbun di tempat dengan akibat timbul nyeri, pembengkakan, peradangan dan segala komplikasinya.


Apa Penyebab Endometriosis?

Penyebab pasti endometriosis belum diketahui, namun diduga akibat :
Adanya aliran balik (retrograde) darah haid lewat saluran telur masuk ke rongga panggul dan perut lalu menempel dan tumbuh kembang di lokasi tersebut (Retrograde menstruation Penyebaran lewat darah dan limfe, yaitu sel endometrium masuk sistem aliran darah dan limfe lalu menyebar ke organ tubuh lain termasuk paru dan otak.Kelainan pertumbuhan sel embrional/janin.Gangguan sistem imunitas sehingga tubuh tak mampu menghilangkan jaringan endometrium yang menyebar tak normal.

Apa Faktor Risiko Terjadi Endometriosis?

Faktor yang diketahui berperan terjadinya endometriosis ialah :

1. Turunan/genetik.
2. Perempuan yang tidak pernah hamil.
3. Perempuan yang tinggi dan kurus dengan IMT (index masa tubuh) rendah.

Apa Gejala Endometriosis?

Tidak semua penderita endometriosis memberikan keluhan. Adapun keluhan yang sering terjadi terutama pada saat haid ialah :

1. Nyeri di perut bawah dan panggul.
2. Nyeri pinggang dan bokong.Nyeri sekitar paha dan kelamin.
3. Nyeri saat hubungan intim yang kadang disertai perdarahan.
4. Nyeri saat kencing.
5. Susah BAB dan nyeri sekitar dubur saat BAB.
6. Lemas.
7. Kemandulan (Infertilitas/subfertilitas).

Baik alhamdulillah. Mangga bila ada yg ingin didiskusikan, in sha Allah dilanjut pukul 10 ya..

Tanya jawab

1. Mau tanya ustadzah, kalo siklus haid 60 hari apa ada kaitannya dengan endometriosis? 
Jawab
Biasanya 60% wanita yang siklus haidnya melebihi 29 hari bisa dikategorikan mengalami gejala awal endrometriosis. Namun melihat kembali pada gejala yang ada ya bund. 

>Ini di alami sejak pertama haid, bahkan pernah 5 bulan sampai 9 bulan baru haid apakah itu normal?
Jawab
Secara siklus sih ga normal ya bund, tapi tidak bisa hanya dilihat dari siklus saja bund, mesti dilakukan pemeriksaan usg, apakah memang perubahan siklus karena adanya endometriosis atau memang gejala lain, begitu bund. Diperiksakan ke dari spog segera ya bund untuk mengenali diagnosa lebih tepatnya...

2. Tinggi kurus pragawati diharuskan seperti itu, bisa kena endometriosis kasihan juga ya tuntutan pekerjaan. Kalo sudah mengalami ini. Bagaimana agar keturunan / anak kita ga mengalami dok
Jawab
Perbaiki pola makan, pola hidup, olahraga, hidup sehat, deteksi dini dengan usg. Kasihan warisan koq penyakit. 

>Proses apa yang harus dilakukan tuk mengetahui apakah kita positif endometriosis?
Jawab
Dengan usg bunda

3. Diluar bahasan tersebut ada yang ingin saya tanyakan, sebelumnya saya belum pernah mengalami keputihan yang berlebihan dan gatal, tapi tiga hari ini saya mengalaminya. Adakah pengobatan yang dapat saya lakukan, tanpa konsul dokter? Soalnya kalo ke dokter agak risih, di daerah saya dokternya lelaki semua
Jawab
Biasanya kalo pemeriksaan keputihan itu memang harus tranvaginal ya bund, coba pakai pantylainer herbal avail bund, itu mampu mengurangi keputihan membandel dengan alami dan aman.

4.  Bu dokter apa perempuan yang sudah pernah di operasi pengangkatan myom dalam rahim akan tambuh lagi myomnya? 
Jawab
Bila yang diangkat miomnya saja (miomektomi) kemungkinan masih bisa kambuh atau tumbuh kembali. Tetapi bila keseluruhan rahim yang diangkat (histerektomi), miom tidak kambuh dan tidak akan tumbuh kembali bunda. Tetapi biasanya setiap wanita sangat menghindari operasi pengangkatan rahim karena tidak akan bisa hamil lagi. Oleh karena itu operasi histerektomi hanya dilakukan bagi wanita yang tidak ingin hamil lagi.

5. Apakah konsumsi vit e bisa menyebabkan endometriosis?
Jawab
Tidak bunda, justru konsumsi vit e sangat bangus untuk rahim dan menghindari endometriosis

6. Apakah ada dampak negatif dari operasi pengangkatan rahim terhadap fungsi organ-organ tubuh yang lain?  Atau dampak negatif lainnya?
Jawab
Terjadi Kemandulan, gangguan fungsi seksual dan mengalami penuaan dini lebih cepat. 

>Setau saya salah satu negative nya dr angkat rahim adalah menopouse dini?
Jawab
Betul bunda 

>Kalo pengangkatan sebelah rahim apa bisa monopause dini juga yaa
Jawab
Tidak bunda

7. Sebelum operasi myom yang di dalam rahim di angkat haidnya lancar-lancar saja, tapi setelah diangkat myom dari dalam rahim yang sebelah kenapa jadi tidak haid yaa?
Jawab
Iya memang sebagian pasca op mengalami hal kurang lancar haid bund, biasanya dr spog memberikan obat  atau vitamin lancar haid..

8. Bunda untuk penyembuhan endometriosis itu bagaimana?
Jawab
Penyembuhan total memang belum ada ya bund, paling dokter menyarankan untuk terapi penyinaran. Dari dr spog dirujuk ke bagian rehab medik bagian difioterapi lalu dilakukan penyinaran namanya short wave diathermi atau bisa jga microwave diathermi. Penyinaran yang berkala bisa menghancurkan endrometriosus..

9. Lalu pencetus terjadinya endometriosis apa Bunda?
Jawab
Bisa genetik atau dari riwayat keluarga
Bisa juga perempuan sulit haid atau siklus panjang

10. Bunda avail itu bagus ya? Tapi kenapa banyak yang bilang lebih bagus anion karena tidak menimbulkan ras hangat karena katanya rasa hangat avail itu dari herbal yang sudah tahunan di endapkan dulu, apa iya? Dulu saya pengguna avail tapi karena dengar kabar jadi berhenti
Jawab
Tahun kemarin saya bersama dengan beberapa rekan dokter yang beralih ke herbal melakukan penelitian mengenai Avail ternyata itu bagus bund untuk penyembuhan kista, keputihan dan miom efektif dibanding obat lainnya, namun memang tentu ada kelemahannya, kelemahannya memang bisa menurunkan libido perempuan ya bund. Jadi penggunaannya sewajarnya saja tidak berlebihan. 

>Kalau yang sudah divonis harus angkat rahim tapi masih ragu karena ga siap dengan dampaknya bisakah pake avail?
Jawab


Untuk itu belum bisa bund, avail hanya untuk penanganan ringan saja

11. Bunda libido itu apa? Mempengaruhi sulit hamil ndak? karena kan kalo mau terapi pakai avail harus 4 jam ganti yang baru soalnya saya keputihan bund
Jawab
Libido itu keinginan untuk seks mba mae hehe jadi bisa mempercepat menop juga kalo berlebihan pakainya. Bisa untuk pencegahan

12. Maaf ustadzah,, saya mau bertanya tapi menyimpang dari topik bahasan. Ayah ada keloid dipayu dara, dulu pernah saya obati dengan penyuntikan terus lama gak dilakukan, sekarang keloidnya makin melebar, pertanyaanya bagaimana penyembuhannya ustadzah,, syukron?
Jawab
Beberapa pengobatan untuk keloid yang bisa dilakukan ya bund

a. Injeksi dengan kortison.
Cara ini lumayan aman dan tidak menyakitkan. Injeksi biasanya diberikan sebulan sekali sampai manfaat maksimal diperoleh. Injeksi steroid akan meratakan keloid dengan cara memaksimalkan fungsi pembuluh darah pada daerah keloid.

b. Operasi.
Tindakan ini sangat beresiko karena irisan pisau dapat menyebabkan tumbuhnya keloid baru. Beberapa ahli bedah biasanya mengkombinasi pengobatan injeksi kortison dengan pembedahan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

c. Laser.
Pengobatan dengan laser terbukti efektif untuk meratakan keloid dan memudarkan warnanya. Sayangnya terapi yang cukup aman dan tidak menyakitkan ini masih jarang digunakan.

d. Salep silikon.
Penggunaan salep silikon untuk menutup keloid masih menimbulkan hasil yang beragam. Beberapa ada yang berhasil, namun ada pula yang gagal.

e. Pembekuan.
Pembekuan keloid dengan menggunakan nitrogen cair terkadang mampu meratakannya namun efek sampingnya bisa menyebabkan daerah keloid menjadi lebih gelap.

13. Apakah ada panntangan makanan dok? Jika sudah pernah kena endo dan op?
Jawab
Makanan mengandung gula berlebih, gandum, kafein, susu dan keju, kedelai, karbohidrat yang diolah, lemak dan minyak, daging merah, dan msg

14. Seberapa efektifkah dilakukan tindakan dhiatermi ?
Jawab
40% efektif , selainnya tergantung kondisi pasien

15. Ummi mau nanya, sepupu saya punya kelainan pada saat menstruasi. Pertama kali dia mendapat menstruasi itu di bangku SMA tepatnya kelas 2. Namun perjalanan sikulusnya tidak normal awalnya setelah haid pertama ummi dia lancar. 2 bulan berikutnya dia tidak mengalami haid kemudian 5 bulan berikutnya dia mengalami haid dan sampai sekarang dia tidak pernah mengalami haid lagi. Sudah konsultasi kebeberapa dokter dan dikasi obat pelancar haid tetep hasilnya nihil. Sekarang dia mau nikah cuman takut tidak punya anak karena sudah lama tidak mengalami menstruasi. Apa ada solusi ummi untuk masalah yang dihadapi sepupu saya?
Jawab
Coba usg bund, apa pernah dicoba. Biasanya sulit hamil kalo haidnya seperti yang diungkapkan diatas..

Masih ada yang ingin didiskusikan kan bunda-bunda sholihah?
Baik untuk kajian hari ini saya tutup ya,
Mohon maaf jika terdapat banyak kekurangan, dan kata-kata kurang berkenan. Jazakillah..

Ditutup dengan Hamdalah, istigfar dan doa kafaratul majlis



الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

 اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِيْمِ  اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِيْمِ اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِيْم


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallaahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illaaa anta astaghfiruka wa atuubu ilaiiik

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalaamu'alaikum  warohmatullaahi wabarokaatuh

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terbaru