Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , » ETOS KERJA MENURUT AL-QUR'AN

ETOS KERJA MENURUT AL-QUR'AN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, March 23, 2015

Assalamu'alaykum warohmatullahi wabarokatuh
Bismillahi rohmanir rohim
Alhamdulillahi robbil 'alamin
Asyhadu allaa ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadarr rosulullah
Allohumma anta robbi laa ilaha illa anta, kholaqtani wa ana abduka wa ana 'ala ahdika wawa'dika mashtatho'tu a'udzubika min syarri maa shona'tu abu'u laka bini'matika alayya wa abu'u bi dzambihi faghfirli fa innahu laa yaghfiru dzunuba illa anta..

Apa kabar ukhti...maaf tadi mau masuk nampaknya sedang ada konsul dengan dokter ya..

Bisa kita mulainkajian siang ini?
Bismillahirrohmanirrohim....segala puji bagi Allah..dan hanya untuk Allah. Alhamdulillah sampai saat ini segala nikmat karuniaNya selalu dan senantiasa kita syukuri dengan memanfaatkan apa yang telah dianugerahkan kepada kita selalu dalam kebaikan dan jln yang dirdhaiNya.
Baiklah..kajian kita kali ini dengan tema " ETOS KERJA MENURUT AL-QUR'AN".
Sebenarnya dalam Al-Qur'an tidak secara eksplisitenjelaskan tentang etoa kerja. Kenapa? Karena istilah etos kerja adlh istilah saat ini. Namun hal itu bukan berarti Al-Qur'an tidak menjelaskan tentang hal tsb. Al-Qur'an adalah kitab hidayah, sehingha wajar bila tidak ditemukan istilah itu. Bahkan lafazh yang diistilahkan sebagai etos kerjapun tidak ada. Namun..sebagai kitab suci yang terakhir dan sebagai petunjuk, Al-Qur'an pasti memuat ayat yang memberi isyarat tentang konsep moral yang terkait dengan upaya peningkatan etos kerja.
Etos dapat digunakan dalam tiganpengertian: yaitu, bisa dikatakan "aturan umum". Bisa juga " aturan perilaku" atau juga " jalan hidup dan seperangkat aturan tingkah laku".
Maka...lebih jelas dapat kita katakan bahwa: " etos kerja adalah usaha yang sungguh-sungguh yang dilandasi sebuah keyakinan bahwa dengan berusaha secara maksimal maka hasil yang didapat tentunya maksimal pula. Artinya...karakter seseorang yang berupa kehendak atau kemauan dalam bekerja yang disertai semangat yang tinggi agar dapat terwujud cita-citanya.
Contoh,  etos kerja pada diri seorang pedagang akan semangat untuk menjalankan usaha dagang tersebut yang akan berjalan mwngikuti waktu.
Al'Qur'an,  memberi isyarat tentang konsep moral terkait etos kerja manusia. Yaitu :
1. Bahwa perlu di sadari bahwa hidup kita manusia adalah untuk ibadah. Lihat QS. Adz- Dzariyat; 56.
Seperti diketahui bahwa, ulama fiqih mengelompokkan ibadah menjadi dua, yaitu ibadah mahdhah, seperti; sholat, puasa, zakat, haji dll. Sedangkan ibadah Ghairu mahdah seperti; bekerja, menjalankannprofeai yang halal dan lain-lain. 
Imam thabrani Meriwayatkan bahwa ; " ada seorang yang melalui tempat Rosul saw, orang itu sedang bekerja dwngan sangat giat dan tangkas. Para sahabat lalu berkata; Ya Rosul, andaikan orang yang bekerja semacam itu dapat digolongkan fii sabilillah, apangkah baiknya. Lalu Rosulllah bersabda; jika dia bekerja untuk menghidupi anak-anaknya yang masih kecil, itu adalah fi sabilillah. Jika dia bekerja untuk membela orang tuanya yang sudah lanjut usia. maka itu fisabilllah. Jika dia bekerja untuk kepentingannya sendiri agar tidak meminta-minta, maka itu fisabilillah.
2. Dalam beribadah hra ikhlas.
Ikhlas dalam melaksanakannya semata karena Allah, bukan sum'ah (untuk di dengar) bukan pula ria(untuk dilihat). QS. Al- bayyinah:5. 
3. Mempergunakan waktu seefektif mungkin.
" maka apabila telah selesai ( dari satu urusan)tetaplah bekerja keras ( untuk urusan yang lain) dan hanya kepada Tuhanmu engkau berharap" QS  al- Insyirah; 7-8.
Ayat ini memberi isyarat kepada kita jika ingin meraih keberhasilan dalam usaha maka tidak ada wktu yang disia-siakan tanpa menghasilkan sesuatu yang manfaat.
4. Bekerjalah sesuai dengan bidang dan keahliannya. 
" katakanlah (Muhammad) setiap orang berbuat sesuai pembawaannya masing-masing, maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya. Qs. Al-Isra'; 84.
Ayat ini memberi isyarat pada kita bahwa setiap orang telah dianugerahi
Oleh Allah potensi dan kecenderungan tertentu, dalam bhs trennya talenta atau bakat.
Rosullullah saw. Juga telah mengingatkan, bahwa jika ada pekerjaaan yang diserahkan pada orang yang bkn ahlinya, tunggulah kehancurannya....
Demikian sementara...wallahu'alam....


REKAP TANYA JAWAB
#Tanya :

Bagaimana cara mengenali potensi kita bunda apakah ada trik triknya
#Jawab :
Subhanallah...ada kepekaan kita sebagai orang tua dalamengamati talenta atau bakat anak. Pada dasarnya Allah Maha sempurna dengan penciptaannya. Asal jangan salah kita mengarahkannya. Hal ini terbukti...contoh..saya punya jama'ah yang bersuara emas. Dan ternyata setelah saya kenal lebih dekat bahwa profesinya adlah penyanyi dangdut kelas kafe bergengsi. Namun saat ta'lim pelan-pelan dia punya kesadaran akan frofesinya itu yang kurang baik. Akhirnya dia keluar. Hingga saya ajak gabungnke group sholawat dan tilawah. Subhanallah..hasilnya luar biasa...suara itu berkumandang lembut bersama tilawah dan sholawat.

#Tanya :

mempergunakan waktu seefektif mungkin....
bisakah istiqomah.... dengan kegiatan yang fluktuatif?
#Jawab :
Artinya tidak ada waktu yang terbuang sia-sia ukhti...tanpa manfaat. Adapun fluktiatif jika manfaaat..sunhanallah...

#Tanya :

Etos kerja klo pengertiannya seperti yang dijelaskan diatas hanya berlaku untuk seseorang yang bekerja, bagaimana dengan ibu rumah tangga? Berarti tidak termasuk kategori diatas ya ustadzah.....
Perlukah ibu rmh tangga mempunyai etos kerja?
#Jawab :
Tidak demikian...etis kerja meliputi semua seamangat dan moral para pekerja termasuk ibu rmh tangga...bayangkan jika seorang ibu tidak memiliki etos kerja yang baik? Akan jadi apa anak, suami..dan rmh kita...astagfirullah..
Bukankah pekerjaaan sebagai ibu rumah tangga adlh pekerjaan yang tidak meminta gaji? Klu bukan karena cinta dan pengabdian niscaya bgtu mahal harga profesi ini.
Justru..ibu rumah tanggalah contos etos kerja yang palinh ideal.

#Tanya :

Apakah etos kerja bagi seorang single parent bermuatan double bunda?
Tidakkah akan menjadi ambigu?
#Jawab :
Subhanallah...ini yang luar biasa dari seorang wanita....Insyaa Allah semua bisa ukhti...asal sesuai pos nya masing-masing dan tidak keluar dari jalur syar'i dan kodrat sebagai wanita.


Semoga bermanfaat, saya mohon ampun kepada Allah jika ada kekhilafan

Doa Kafaratul Majelis :


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.” Semoga Bermanfaat

------------------------------------
REKAP KAJIAN HA M2

SENIN, 23 MARET 2014

MATERI     : ETOS KERJA MENURUT AL-QUR'AN

PEMATERI : UTADZAH YATI


Kajian Online Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala M2


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment