Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

GHAZW AL FIKR


Kajian WA Hamba الله SWT
Rabu, 11 Februari 2015
Ustadzah Azizah (Ghazw Al Fikr)
Grup Ummi M10 (Rahmi & Umi)


Assalaamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Bismillahirrahmaanirrahiim

TREND GHAZW AL FIKR DEWASA INI  (ANALISA DAN UPAYA MENGHADAPINYA)

Ghazw al Fikr
Istilah ini cukup familiar di kalangan para aktivis Islam. Artinya secara bebas adalah "perang pemikiran". Merupakan pola baru pertempuran yang dilakukan oleh musuh Islam terhadap umat Islam.

Ia dilakukan secara bersama-sama dilakukan oleh para musuh Islam (musyrikin, kafirin, munafiqin) dengan menggunakan sarana yang sama sekali berbeda dengan perang konvensional.

Kenapa Ghazw al Fikr ?
Pola perang konvensional ternyata tidak pernah efektif dilakukan menghancurkan ghirah dan shahwah al Islamiyah. Yang terhangat adalah kasus perang HAMAS - Israel. Bukannya memunculkan rasa takut dan melenyapkan ghirah Islamiyah, malah memarakkan api jihad dan menyulut akhawiyah umat Islam dunia. Ujung-ujung nya perang tersebut berakhir dengan kekalahan Israel.

Pola Ghazw al Fikr
Ia dilakukan dengan tidak menyerang umat Islam secara fisik, membiarkan umat Islam tetap nyaman di rumahnya. Namun secara perlahan mereka membuat umat Islam tidak mandiri. Inferior, sulit mengagendakan kesatuan, curiga pada agamanya sendiri.

Awalnya mereka melakukan brain washing dengan membuat tidak populernya formalitas keIslaman. Sampai akhirnya umat  sendiri curiga kepada agamanya.

Contoh dalam isu kepemimpinan umat dihadapkan dengan buruknya skill dan moralitas pemimpin mereka sementara di sisi lain umat dihadapkan dengan banyaknya tokoh kafir dengan skill dan moral seakan-akan baik.

Akibatnya umat mengira tidak penting agama sebagai syarat pemimpin, asal dia orang baik. Padahal masalahnya adalah pasca terpilih, sang pemimpin tentunya tidak peduli nasib umat Islam yang memilihnya.

Di lain sisi mereka menjadikan media sebagai sarana paling efektif merusak. Pencitraan kebatilan menjadi kebenaran. Mengorbitkan siapapun menjadi orang hebat hanya melalui iklan media. Umat dibuai dengan kesenangan yang tidak pernah produktif menjalankan perannya.

Tujuan Ghazw al Fikr
Umat dipaksa kafir tanpa sadar. Menjadi musuh agamanya tanpa sadar. Memusuhi dan merendahkan ulamanya termasuk dengan Tuhan Nya.

Solusi dan Khatimah
Tidak bisa tidak, seberapapun jumlahnya harus ada organisasi dan koordinasi gerak dalam tubuh umat yang pertama sekali menyadarkan umat akan luar biasa nya agama yang mereka anut.

Selanjutnya mengembalikan izzah para ulama dengan menempatkan kembali mereka sebagai guru umat. Tentu saja bukan sekedar ulama populis produk media yang lebih pda kepiawaian bicara, melainkan yang memiliki kedalaman ilmu.

Akhirnya mengkoordinasikan umat pada kesatuan politik Islam yang sama. Dan digerakkan dengan menggunakan segala skill yang dimiliki untuk melawan semua serangan ghazwah al fikr. Salah satunya adalah menggunakan sosial media ini sebagai sarana dakwah  dan merekrut semua potensi umat ( khususnya kalangan muda). Wallahu a'lam


TANYA JAWAB

1. Bunda bagaimana cara kaum kafir dan teman-temannya merusak generasi muda kita? Dan apa langkah nyata yang dapat kita lakukan untuk menghadangnya ?

Jawab: Bunda rahmi, cara kaum kafir merusak generasi penerus kita adalah dengan 3F. Fashion, Food, and Film.

* Fashion: Kita lihat anak-anak dan remaja dibawa untuk tak mengenal hijab syar'i. Di anggap pakaian emak-emak, jadul dan gak fashionable banget, gak trend dan lain-lain. Mereka tak paham perintah Tuhannya tentang hijab.

* Food: Remaja dan kaum muslimin mulai di buat tak peduli dengan yang namanya halalan toyyiban, sesuai perintah Al qur'an. Kita sebagai orang tua kadang lalai tak mengecek kehalalan produk yang kita konsumsi untuk keluarga.

* Film : Dunia di guncang dengan contoh kehidupan yang serba sekuler. Bahkan Tuhan tak lagi dibutuhkan. Yang disuguhkan adalah kemuliaan dan pengorbanan cinta picisan. Cara menanggulanginya hanya satu : kita sebagai ibu, madrasah buat anak-anak kudu di perkokoh. Akidah diluruskan, kemurnian tauhid dan biarkan mengakar dalam ruh-ruh anak-anak kita. Berikan daya sensitif terhadp 3 hal di atas. Sadarkan pada anak laki-laki bahwa perjalanan jamaah ke masjid adalah perjalanan terberat.

Sensitifkan kita dan anak-anak ketika rekreasi atau shopping di mall ketika masuk jam sholat, adakah kita buru-buru sholat? Atau malah asyik dan lewat jam sholatnya? Alhamdulillah anak-anak bunda sangat sensitif  dengan sholat, saat tiba di mall, tiba sudah masuk waktu sholat, mereka akan kompak bilang "kita sholat dulu baru ke gramed ya bun"


2. Apakah syiah termasuk ghazw al fikr?

Jawab: Syiah bukan termasuk agama, jika dia dipahami sebagai agama itu yang merusak sendi-sendi agama itu sendiri. Tanamkan pada anak-anak apa itu syiah, kenapa dia termasuk penistaan pada agama dan lain-lain. Jadi para ibu harus selalu belajar agar anak-anak menemukan jawaban yang benar sesuai syariat Allah.


3. Assalaamu'alaikuum... Bunda, sudah banyak sekali virus ghazw fikr dari hal-hal yang sering kita lihat contohnya perayaan birthday party. Pertanyaan saya (1) Baiknya sikap kita bagaimana ya bun kalau ada teman atau saudara kita yang kebetulan sedang ulang tahun? (2) Anak saya diundang oleh tetangga atau temannya yang sedang ulang tahun dan selama ini kalo anak saya bertanya tentang "kok kakak ga dirayain ulang tahun mi?" Saya jawabya: karena kita muslim. Eeh dia balik nanya, "kan mama si fulan juga muslim kok ngerayain?" Saya bilang lagi, "karena beliau belum mengerti" Kira-kira jawaban saya itu ada yang keliru tidak bunda? Kalau salah, mohon diluruskan ya bun. Syukron.

Jawab: Bunda iis, perlu rasa bijak menjawab hal ini pada anak-anak ya bunda.. Karena ini kaitannya dengan penyampaian risalah yang benar tentang hal-hal yang sunnah dan bukan. Dicontohkn dan tidak oleh Rasul kita. Dan kaitannya dengan keahsanan menjaga hubungan dengan tetangga ya bunda. Artinya tanamkan pada anak, bahwa Rasul yang dijamin masuk Surga aja gak pernah merayakan hari lahirnya. Apalagi kita yang gak ada jaminan (itu yang bunda katakan pada anak-anak dulu saat mereka protes kenapa gak dirayakan). Nah kalo diundang usahakan hadir ya bund.. Karena ini adalah salah satu sunnah jika diundang maka hadirlah. Yang penting tanamkan pada diri anak-anak bahwa dia datang atas undangan menunaikan hak sesama muslim. Perayaannya tidak di contohkan Rasulullah.


4. Assalamu'alaikum.. Bunda, kalau kita melihat seseorang  Islam membuat statement yang keliru (tidak sesuai) Islam, apakah yang harus kita lakukan apakah meluruskannya atau  diam? Karena kalau kita berniat meluruskan kadang malah jadi perang akidah. Kedua, menurut saya pribadi pendidikan umum sekarang rawan, dan lebih aman masuk ponpes, tapi kadang saya mikir biaya ponpes kok lebih mahal dari sekolah umum ya bun? Mohon penjelasannya ya bunda.. Syukron

Jawab: Bunda Reuni, jika ada orang atau teman yang menyampaikan tentang agama tidak benar, ahsan kalau kita meluruskan. Hanya caranya harus mauizhah hasanah. Karena kalau kita biarkan salah dan orang lain mengikutinya, maka akan fatal jadinya. Karena agama itu harus benar lurus dan murni. Jika tak bisa dan dipastikan akan mencari petaka kalo kita yang meluruskan, maka carilah orang yang setidaknya bisa membuat dia sungkan dan mendengar teguran orang yang kita mintai tolong. Artinya kita tidak boleh membiarkan ketidakbenaran ada di depan mata kita tanpa usaha untuk meluruskannya. Setidaknya hati kita menolak itu, dan itulah selemah-lemahnya iman.

Mengenai ponpes kok mahal? Kata siapa lho bund? Anak bunda 2 laki-laki di ponpes husnul khotimah kuningan.  Terjangkau kok, dan kualitasnya Alhamdulillah. Perbanyak survey bund. Kalau mau yang mahal banget, harga selangit juga ada. Kan tergantung kita maunya yang mana. Jangan lupa survey ponpes lihat out putnya ya bunda sayang.


5. Bunda, saya biasanya kirim kadonya saja setelah ke esokan harinya. Sebab biasanya acara seperti itu ada nyanyian-nyanyian nya dan acara tutup lilinnya...

Jawab: Itu jauh lebih baik bund. Jadi gak ikut merayakan. Bunda juga seperti itu.


6. Bunda, di Hongkong sangat di wanti-wanti agar berhati-hati dengan ajaran syi'ah dan dulu di daerah saya pernah ada penganut syi'ah yang diundang untuk mengisi pengajian akbar. Karena banyak yang belum tau, akhirnya yang hadir banyak sampai penuh sesak. Hingga dari beberapa daerah pun ikut hadir. Ada rasa khawatir sampe sekarang bun. Mohon penjelasannya ya bunda. Langkah apa yang bisa saya lakukan demi menjaga keluarga dan saudara dari golongan yang bukan islam? Karena anak-anak ngajinya di mesjid tersebut. Khawatir karena pernah dakwah  disitu akan lebih mudah kedepannya  bagi mereka (kaum syi'ah).

Jawab: Bunda Sumi, sepertinya langkah-langkah pengokohan aqidah pada anak-anak yang penting bunda. Syiah punya cara ibadah sendiri kan. Dia pake batu 3 saat sujud misalnya. Kalo itu dilakukan oleh beberapa jamaah maka mungkin ada syiah di situ. Tapi kalau semuanya biasa sama, dan ajarannya tidak menyimpang InsyaAllah tidak apa-apa. Kajian tabligh akbar kan hanya sekali, gak tiap hari ustadz nya ngisi kan? Jadi jangan khawatir ya bunda..


7. Bunda, kalau acara ulang tahunnya itu di buat acara syukuran gimana itu bun?

Jawab: Bunda Ira, kalau acara ulang tahun di jadikan syukuran, kalau bisa jangan di hari H ya bund. Kalau bunda syukurannya, anak yang ulang tahun bunda ajak blusukan ke tempat-tempat anak yatim di kampung bunda, berbagi sekedarnya, mereka lebih membutuhkan daripada kita. Dan mereka jadi bersyukur terlahir lebih beruntung dari temannya.


8. Assalamu'alaikum... Kalau acara imlekan gimana bunda kalau kita dapat angpao? Bisakah di terima?

Jawab: Bunda Tary.. agama kita jelas melarang tasyabbuh ya, artinya mengikuti acara suatu kaum. Dapat angpau di hari imlek? Itu bagian dari perayaan agama orang lain dan haram hukumnya. Nah kalau terima uang, maka gunakan untuk hal yang bersifat umum. Misalnya perbaikan gardu pos kamling, jalan desa atau apa yang sifatnya umum. Jangan infaqkan ke masjid, atau dikasih ke orang muslim lainnya ya bunda.


9. Bunda, kalau kita ngucapin selamat hari raya atau imlek. Itu boleh gak?

Jawab: Bunda, mengucapkan selamat atas hari raya agama lain haram hukumnya ya. Karena aqidah kita beda dengan mereka, jadi kita tidak usah mengucapkan itu jauh lebih menyelamatkan aqidah kita sendiri.


10. Bunda, kalau imlek di tempat atau lingkungan saya ikut merayakan dan mengucapkan.

Jawab: Bunda Nabila, tidak ada hukum bagi ketidaktahuan hal yang kita lakukan selama ini. Tapi jika sudah tahu jangan mengulangi. Istighfar semoga Allah mengampuni, dan ikuti perbuatan buruk masa lalu itu dengan perbuatan-perbuatan baik. Maka itulah sebaik-baik manusia kata kata Rasulullah SAW.

Kalau sudah tidak ada pertanyaan izinkan bunda menitip pesan terakhir yaa. Menjadi seorang ibu adalah amanah dan sekaligus anugerah terbesar dari Rabb kita, selayaknya kita selalu memback up diri kita dengan sentuhan Rabbani. Agar ruh anak-anak terjaga. Seampuh apapun kecanggihan tekhnologi dan kecanggihan parenting, tanpa penjagaan dari Allah maka akan berat buat kita. Kita sukses sebagai orang tua jika sanggup menjadikan anak-anak lebih takut pada Rabb nya. Dia bisa bohong pada ortunya, tapi dia tak pernah bisa membohong malaikat dan Rabb nya. Itu yang bunda selalu tekankan pada anak-anak bunda. Jadi tanpa di suruhpun dengar adzan lagi asyik main game di gadget mereka akan ngacir ber 3 ke masjid. Akan selalu ada rintangan, tapi doa ibu yang transidental pada Allah akan menjawab semua gundah. Itu kenapa dulu kita diajarkan meminta anak yang sholih itu bukan saat kita sudah menikah, justru sebelum menikah, kita sudah minta dan memohon pada Allah, agar anak-anak kita menjadi imam bagi orang-orang yang bertaqwa. Jadilah ibu yang selalu membeningkan ruh di 2/3 malam, dan ingatlah bagaimana Luqman mengajarkan arti ketauhidan pada anak-anaknya. Laki-laki mulia itu bukan Nabi, tai dia laki-laki sholih yang namanya diabadikan Allah menjadi salah satu nama Surah dalam Al qur'an. Dan 4 ajaran Luqman itu yang harus kita tanamkan pada anak-anak kita.


Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....


Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:


 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamu'alaikum...