Ketik Materi yang anda cari !!

MA'RIFATUL ISLAM

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, March 5, 2015


Kajian WA Hamba الله SWT

Rabu, 11 Februari 2015

Ustadzah Nunuk (Ma'rifatul Islam)

Editor: Wanda Vexia

Admin Ummi M12 (Meisha & Laela)


Bismillahirrahmanirrahiim
Alhamdulillahi nasta’iinuhu wa nastaghfiruhu wa na’uudzubillaahi min syuruuri ankfusinaa wa min sayyiaati  a’maalinaa may yahdillaahu falaa mudhillalahu wa may yudhlil falaa haa diyalah, Asyhadu alla ilahaa illalahu wahdahu laa syariikalah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu laa nabiyya ba’dah. Allahumma sholli wasallim wa baarik ‘ala muhammadin wa ‘ala aalihi wa ash-haabihi ajma’iin, amma ba’du..
 


Segala puji milik Allah. Kami memohon pertolongan-Nya, dan mohon ampun kepada-Nya. Kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diriku dan keburukan amalku. Barang siapa yang diberi petunjuk Allah maka tidak ada siapapun yang dapat menyesatkannya, dan barang siapa yang disesatkan Allah maka tidak ada siapapun yang dapat menunjukinya. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, aku mengesakan-Nya dan tidak mempersekutukan-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan rasul-Nya, tidak ada nabi setelah Dia. Ya Allah, berikan sholawat, salam dan kebaikan atas nabi Muhammad, keluarganya dan sahabatnya.”


Ditengah kondisi saudara-saudara kita yang terkena musibah banjir, mari kita bermohon kepada-Nya, agar dengan musibah ini semua kembali tersadar bahwa Kekuasaan Allah Yang Maha Adil dan Berkuasa atas segala sesuatu adalah kekuasaan yang mutlaq
Baiklah mari kita lanjutkan kajian kita pekan lalu, sampai pada Islam juga berasal dari kata as silmu atau as salmu yang artinya perdamaian. Dengan banyaknya kaum muslimin yang terkena banjir, maka seharusnya yang dicari adalah solusi bukan malah saling menyalahkan.


Sebagaimana yang terjadi pada masa sahabat, saat terjadi pembagaian ghanimah perang hunain. Maka ketidak nyamanan sahabat anshar tidak membuat Rasulullah marah, namun sebaliknya penjelasan indah dari Rasulullah saw yang mengatakan kepada orang anshar bahwa andaikan orang-orang muhajirin berjalan di jalannan yang datar. Sedangkan kaum anshar berjalan melalui bukit dan berliku tentu aku akan memilih berjalan bersama orang anshar.


Wahaiiiii indahnya Islam. Lisan yang lembut, pandangan yang menyejukkan, senyum yang senantiasa menghiasi wajah adalah cerminan kepahaman seseorang akan makna Islam. Maka, seorang muslim adalah orang yang menebarkan kebaikan di muka bumi. Kehadirannya membawa manfaat bagi orang lain. Seperti kondisi saat ini, berita banjir di jakarta adalah berita paling memprihatinkan. Pada saat sebelum Islam, Mekkah berkali-kali terjadi peperangan di antara mereka orang-orang Quraisy.


Bahkan di Madinah, sebelum Islam terjadi perang Bu'ats selama 40 tahun. Tentu jika kita memahami tak akan terjadi saling caci dan makin saling bentak dan saling menyalahkan. Islam adalah agama damai, bukan agama kekerasan. Dalam (Surah Al-Anfal:61) Tentang kecondongan kepada perdamaian. Saat berhadapan dengan musuh. Jika dengan musuh saja diajarkan perdamaian, maka bagaimana pula di dalam rumah tangga, atau di dalam keluarga. Suami dan istri terjadi keributan hanya karena beda pendapat. Anak dan orang tua ribut hanya karena beda keinginan. Ayah ingin istirahat, anak ingin jalan-jalan.


Hmmmmm..... Kembali kepada makna Islam yuuuukkkkk. Jika ada berita KDRT maka sebenarnya masalahnya bukan pada si ayah yang bengis dan kejam, atau si ibu yang terlalu emosi karena bekerja di rumah tiada henti atau harga kebutuhan yang terus merangkak naik.


Namun pokok masalahnya ada pada Ma'rifatul Islam yang belum dipelajari  sehingga tidak mengerti  akhirnya tidak dilaksanakan. Makanya mari kita mengaji. Namun sekali lagi, banyak yang  belum mengerti Islam adalah solusi. Islam adalah rahmat bagi seluruh alam. Islam adalah agama damai. Kita harus mempelajari dan menyadari kekurangan dan kekhilafan diri.


Karena biasanya kesimpulan dari beberapa kata kemarin dan hari (islamul wajhi, al istislam, as salamah, as salam, as silmu/as salmu)  semua membentuk kata Al Islam. Itulah agama yang diridhoi Allah swt  dalil Surah Ali Imran:19. Dan barang siapa mencari dibalik itu maka akan ditolak di akhirat dan akan rugi (ali imran ayat 85). Kan perintahnya yang ga bener diluruskan dengan dakwah, kalo ga mau ya itulah pilihan dia. Kita hanya bisa bantu doa kan ?


Ngapain ikut nyalahin orang lain. Wong kita juga belum tentu bener. Makanya saat umat Islam saling tuding ga usah ikutan. Kaffah = sempurna keseluruhan. Saat kita udah belajar bahwa hukum menutup aurat itu wajib, kalo paham kaffah, maka langsung dilakukan. Ga nunggu banyak gamis, banyak rok, atau banyak jilbab. Apalagi nunggu hati siap. Mau sampai kapan-kapanlah kita wajib siap. Setelah berjilbab, dicheck juga pakaiannya dah bener belum. Bukan bener mencong apa engga ya.. Ayo kita bersama giatkan gerakan  berjilbab syar'i


Kita bisa tuliskan di profile kita misalnya Jilbab Syar'i Yes!!! Tapi bener sesuai syar'i. Pakai jilbab, masih pakai tangan lengan pendek. Disitulah kaffah. Pakai jilbab, tapi atasan masih ketat, bawahan celana panjang soft jeans. Ya.... semuanya dibenerin... Hatinya dibenerin, bajunya dibenerin, gaya biacaranya dibenerin. Kebiasaan harian yang kurang ahsan dibenerin juga. Dan terpenting, tilawah nya juga ikut dibenerin.


Adab kepada tetangga juga dibenerin. Kepahaman kita pada Ma'rifatul Islam akan berbuah Lezaaattttt...... Menjadikan kita cantiik di hadapan Allah swt, dihadapan suami, di hadapan anak-anak dan dihadapan masyarakat. Semoga bisa istiqomah dalam kebaikan dan serta istiqomah dalam menuju kebaikan. Afwan minkunna


Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....



Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:



 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك



Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika



“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”



Wassalamu'alaikum... 

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment