Ketik Materi yang anda cari !!

Mitsaqon Gholidzo

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, March 25, 2015

Kajian Online Akhwat Hamba اَللّٰه Ta'ala M104
Tanggal:  25 maret 2015
Nara sumber:  ustadzah sufi
Tema : mitsaqon gholidzo
Notulen : maria
Editor: Indah Permata Sari

Assalaamu'alaikum
Kaifa haalukum ya ukhtii fillaah
Gimana sudah siap semua?

Kali ini kita akan berbagi tentang sebuah istilah di dalam Al Quran , yang hanya disebut 3 kali dalam Al Quran , dengan konteks yang berbeda  yaitu MITSAQON GHOLIDZO , yang artinya perjanjian, atau sumpah yang agung . Ada yang tahu di surat apa saja ?
Itu ada di surat Al Ahzab ayat 7 , annisa ayat 21 dan 154
Al ahzab ayat 7 , mistaqon gholidzo digunakan untuk konteks pengankatan sumpah seorang nabi
Annisa ayat 154 konteksnya ketika Allah mengangkat sumpah atas bani Israel
Annisa ayat 21 konteksnya ketika Allah mengingatkan ketidak marufan seorang suami pada istrinya , dan
Allah mengingatkan mrk pada akad nikah yang Allah sebut denag mitsaqon gholidzo
Teman-teman, mari kita perhatikan bagaiman 3 konteks yang berbeda menggunakan istilah yang sama . Yang menarik buat saya adal membandingkan 2 konteks pertama dengan konteks ke 3 . Yang 1 konteksnya perjanjian atas sebuah tugas seorang nabi atas sebuah komunitas aatau umat, yang ke 2 atas sebuah bani, atau unat , tp yang ke3 , yaitu tentang pernikahan , itu adalah perjanjian atas seorang individu dengan individu
Betapa pernikahan menjadi sesuatu yang sangat agung . Akad ( ikatan) yang dibangun di dalamnya sungguh sangat AGUNG  atas nama Allah akad itu hakekatnya seorang laki2 berakad kepada Allah ketika dia mengambil alih tanggung jawab seorang ayah  atas seorang perempuan , sekali lagi atas nama Allah .
Maka jika pernikahan itu atas nama Allah , maka sejatinya Allah lah yang menjadi nomer 1 di dalam pernikahan, bukan nafsu , bukan sekedar rasa cinta atau kecenderungan duniawi.
Maka wajar kalau arasaya Allah bergetar ketika seorang laki2 mengurai akad ini dengan sebuah talak . Begitu Rasulullah menggambarkan dalam sebu hadist ttg perceraian . Kenapa arasaya Allah bergetar ?  Karena Allah membenci perkara itu, tapi Allah tidak boleh mengharamkannya. Karena telah tercederai perjanjian agung atas nama Allah.
Ayyuhal akhwat, .... camkan ini bahwa nikah itu bukan hal sepele yang dengan mudah bisa dilepas hanya karena ketidak puasan . Oleh karenanya , sebelum nikah kita harus mencari calon pasangan yang mempunyai pandangan yang sama .
Teman-teman, mari kita perhatikan bagaiman 3 konteks yang berbeda menggunakan istilah yang sama . Yang menarik buat saya adalah membandingkan 2 konteks pertama dengan konteks ke 3 . Yang 1 konteksnya perjanjian atas sebuah tugas seorang nabi atas sebuah komunitas aatau umat, yang ke 2 atas sebuah bani, atau unat , tapi yang ke3 , yaitu tentang pernikahan , itu adalah perjanjian atas seorang individu dengan individu
Betapa pernikahan menjadi sesuatu yang sangat agung . Akad ( ikatan) yang dibangun di dalamnya sungguh sangat AGUNG  atas nama Allah akad itu hakekatnya seorang laki-laki berakad kepada Allah ketika dia mengambil alih tanggung jawab seorang ayah  atas seorang perempuan , sekali lagi atas nama Allah .
Maka jika pernikahan itu atas nama Allah , maka sejatinya Allah lah yang menjadi nomer 1 di dalam pernikahan, bukan nafsu , bukan sekedar rasa cinta atau kecenderungan duniawi.
Maka wajar kalau arasaya Allah bergetar ketika seorang laki-laki mengurai akad ini dengan sebuah talak . Begitu Rasulullah menggambarkan dalam sebu hadist tentang perceraian . Kenapa arasaya Allah bergetar ?  Karena Allah membenci perkara itu, tapi Allah tidak boleh mengharamkannya. Karena telah tercederai perjanjian agung atas nama Allah.
Ayyuhal akhwat, .... camkan ini bahwa nikah itu bukan hal sepele yang dengan mudah bisa dilepas hanya karena ketidak puasan . Oleh karenanya , sebelum nikah kita harus mencari calon pasangan yang mempunyai pandangan yang sama .
Kalau kita faham tentg hal tersebut, maka kita akan mempunyai visi yang jelas dalam pernikahan. 
Silakan huka surat yasin 55 - 58, atau di ArRadu 23 atau Azzukhruf 70.
Ayo dibuka mushafnya , baca terjemahan ketiga ayat tersebut , bayangkan ketika kita bersama pasangan kita , anak keturunan kita bahkan ortu nenek moyang kita bersama2 masuk sayaurga . Jadi visi pernikahan iu bukan cuma sampai kakek nenek, sehidup semati tapi harus SESAYAURGA
Mari kita simak surat annisa ayat 1 ( mushafnya dipegang terus yaaaa )

Perhatikan , di awal ayat Allah memerintahkan bertaqwa ,ini artinya conditioning dr Allah agar kita siap dg "tugas berat" yang mau Allah sampaikan berikutnya . Berikutnya Allah jelaskan bahwa  seorang suami istri hendaklah mereka SALING MEMINTA تساءلون به
Ukhti fillah, sesu.gguhnya memang ISI dari hubungan suami istri itu adl saling meminta, coba perhatikan.... seorang istri minta nafkah, minta perhatian, minta perlindungan, minta kasih sayang , minta dipeluk, minta disayang, minta dibantu betulin ini otu, minta dianter kesana sini, begitu juga sebaliknya .... memonta istri untuk ini itu. Tapi harus به , harus memintanya dg ketaqwaan pada Allah , perhatikan ayatnya dengan cermat, sblm Allah sebutkan sebutkan تساءلون به terlebih dulu Alah perintahkan واتقواالله bertaqwalah kepada Allah . Jd , ruh dari saling meminta itu harus dengan ketaqwaan , sehingga seorang istri yang taqwa tidak akan meminta nafkah melebihi kesanggupan, suaminya, seorang suami yang taqwa tidak akan mempergauli istrinya dg kasar , dst .
Selain atas dasar ketaqwaan juga harus atas dasar rasa kasih sayang, menjaga hubung kekeluargaan . Indahnyaaaaa....... sebuah hubungan yang didasari ketaqwaan dihiasi dengan rasa kasih sayang ..
Ayooooo.... jangan pada ngayal yaaa... berdoa boleh , biar dapet pasangan sholeh, taqwa dan penuh cinta dan kasih saying
Itu tadi visi, sekarang mari kita lihat misi pernikahan di surat arrum ayat 21, mushafnya dibuka yaaa....
Nikah itu disebutkaan لتيكنوا untuk merasa tenang . Kata سكن yang menjadi dasar katanya , mengandung makna tenang setelah bergejolak . Seperti air mendidih lalu kompornya dimatikan ....maka permykaan air yang tdbya menggejolak menjadi tenang. Demikian jg pernikahan , masa lajang yang penuh gejolak harus menjadi tenang setelah pernikahan , ini akan terjadi kalau dasar KETAQEAAN DAN KASIH SAYANG tadi, ada dalam pernikahan itu. Pasangan, menjadi tempat berlabuh yang paling menenangkan . Jadi suami istri yang sakiinah itu yang menjadikan pasangan sebagai sandaran yang paling nyaman .

Fokuuus... fokuuus...jangan sambil ngayal ya ..
Teruus ?
Untuk bisa tenang dan menenangkan maka ( kata ibu saya dulu ) ada 5 hal yang harus AMAN dalam rumah tangga kita ;
Penglihatan 
Pendengaran 
Penciuman 
Perut 
Di bawah perut

Penglihatan

Hendaklah kita memperlihatkan hanya yang enak dipandang mata oleh suami kita. Rasulullah bersabda bahwa baiknya istri sholeh yaitu ketika dipandang menyenangkan. Jadi akan menjadi ibadah ketika seorang istri merawat tubuhnya, merapikan rumah dan kamarnya, bermuka cerah di depan suaminya. Pandangan ini bukan hanya pandangan secara fisik tapi juga pandangan dalam pengertian PERSEPSI. Jadi kalau seorang suami yang sedang  jauh dari istrinya tetap dapat "melihat" istrinya yang baik dalam persepsinya, persepsi yang baik akan diperoleh dr tampilan performence fisik .
Pendengaran 
Biarkan pasangan kita hanya mendengar sesuatu yang mengenakan hati . Dari mulut kita keluar yang baik. Suami tidak mendengar kabar buruk tentang kita . Jadi meski di depan orang lain, pastikan kabar yang sampai ke suami kita hanya yang baik tentang kita

Penciuman 
Wajibnya seorang istri memakai wewangian itu didekat suami, haram ketika keluar rumah. Penciuman yang nyaman akan menenangkan , makanya sekarang laris aroma terapi hehehe

Perut
Terpenuhinya kebutuhan pangan menjadi salah satu faktor ketenangan rumah tangga. Secara khusus, urusan perut ini akan menambah ketenangan. Bagamanapun Seorang suami akan senang jika yang masuk ke dalam perutnya adalah masakan penuh cinta dari seorang istri. Walaupun tidak menutup kemungkinan kesabaran seorang suami bisa nenikmati masakan pembanti atau cateringan

Di bawah perut 
Ini termasuk kebutuhan fatal dalam hubung suami istri. Ibu saya bilang kalau urusan ini baik, in sayaaa Allah diluar kamar akan baik juga. Keterpenuhan kebutuhan ini akan menghasilkan ketenangan, rasa bahagia , munculnya hormon endorfin dalam tubuh dst
Nah kalau sudah bisa saling tenang dan menenagkan, maka kepada pasangan itu akan Allah turun mawaddah dan rahmah . Jadi sayaratnya yakin dulu baru akan muncul mawaddah dan rahmah
Apa itu mawaddah, sebagian mengatakan mawaddah itu dengan cinta , gejolak asmara. Jadi kalau lihat ayat ini bukan ada cinta dulu baru kita merasa tenang, tapi alurnya ; taqwa => kasih sayang => menenangkan satu sama lain => maka akan muncul gejolak asmara cinta . Bukan dibalik seperti kebanyakan anak muda sekarang, gejolak cinta dulu, taqwa belakangan...akhirnya gak sakinah , cerai deh ...
Sebagian mengartikan mawaddah itu secara bahasa artinya tempat yang lapang jadi pernikahan yang mawaddah itu memiliki kelapangan dada untuk menerima satu sama lain, berlapang dada dengan segala kekurangannya , berlapang dada untuk saling menasehati dalam rangka saling melengkapi, berlapang dada untuk saling berkorban , berlapang dada untuk saling memaafkan , dst.....
Sementara RAHMAH adalah rasa kasih yang melengkapi hingga menjadi sebuah kesempurnaan . Secara bahasa rahmah itu artinya pelengkap yang fatal dan menentukan. Seperti rahmat Allah , bagaimanapun banyaknya pahala kita , kita tidak bisa masuk surga kalau Allah tidak memberi rahmat, pahala yang kita punya hanya sebagai washilah untuk turunnya rahmat . 
Maka pernikahan sejatinya untuk saling melengkapi lalu menjadi sebuah kesempurnaan

TANYA JAWAB
bunda mau tnya .  bagaimana kita mengetahui jika tujuan kita untuk menikah karena Allah dan bukan karena allah???
Akan terlihat dari bagaimana dia mengawali dan mengisi pernikahan . Kalau karena Allah dia akan memilih pasangan dengan kriteria ketaqwaan dan kesholehan sebagai prioritas, dia akan melakukan resepsi pernikahannya dengan cara yang tidak melanggar Allah begitu juga dalam mengisi pernikahannya dia akan mengedepankan ketaqwaan daripada nafsunya.

TANYA JAWAB
bunda disitu kan dijelaskan kita hanya boleh memakai parfum saat bersma suami .. ketika kita keluar rumah bersama beliau .. bolehkah kita memakai parfum bun???
Hukum asalnya haram seorang perempuan menggunakan parfum ketika dia akan keluar rumah terlebih ketika dan bercampur baur dengan laki-laki . ada hadistnya , afwan saya gak bisa tulis , harus search di file dulu hehehe
TANYA JAWAB
jadi alasan apa pun seoarang wanita itu tidak boleh memakai parfum saat keluar rumah ya bund .. kecuali ketika dia bersama suaminya
Kecuali kalau akan menimbulkan kemadlororan pada orang lain, misalnya seorang wanita yang over BB, yang membuat orang lain didekatnya tutup hidung heheh...maka dia boleh menggunakan pewangi SEKEDARNYA sampai penciumannya netral , tidak bertujuan untuk menarik perhatian orang.

Doa Kafaratul Majelis :


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment