Ketik Materi yang anda cari !!

POTENSI MANUSIA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, March 2, 2015


Kajian Online WA Hamba اَللّٰه Ta'ala
Link 2 Nanda

Hari / Tanggal : Senin, 2 Maret 2015
Narasumber : Ustadz Kaspin Nur
Tema : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

Assalamualaikum nanda semua sehat ya? Dah pada makan belum? Eh pada puasa ya. Baik kita langsung share ya. Baik...ada 3 potensi yang Allah berikan kepada Manusia.

1. Jasadiyah (jasad)
2. Aqliyah (akal)
3. Ruhiyah (ruh)

Ketiga potensi ini harus dijaga, dirawat dan diupgrade agar senantiasa update dan juga sehat. Untuk jasad maka kita kudu jaga kebersihannya, kesehatannya dan kekuatannya dengan konsum makanan makanan jasad yang halal dan thoyib (bukan bang thoyib ya soalnya dia ga pulang pulang) thoyib artinya baik. Selain halal harus juga baik. Contoh. Sayur kangkung itu halal tapi bisa ga baik kalau ada asam urat misalnya atau makannya 3kg sekaligus...(emang kita kelinci?)

Jasad kita mandi pake harum harum k dah juga enak...artinya tetep seger
Akal atau fikiran kita juga kudu jaga fikiran kita jangan sampe "ngaco" atau banyak fikiran yang ga jelas sebab kita bisa mengendalikan fikiran jangan mau dikendalikan oleh fikiran.
Fikiran kita harus dipandu oleh Alquran.
Fikiran kita harus upgrade dengan baca buku atau pengetahuan baru.
Fikiran diisi dengan fikiran fikiran positif.
Fikiran mempengaruhi jasad.

Apapun yang Anda fikirkan akan direspon oleh tubuh ga peduli itu nyata atau maya (ga pake luna). Contoh anda mimpi dikejar orang bangun tidur cape banget. Engos engos. Atau mimpi dapet duit bangun tidur masih mengepal. Atau sekarang fikirkan aja rujak mangga muda, jambu air ada sambel gula merah pake rawit dan asam jawa ditambah nanas. Adakah liur keluar?..rujaknya cuma tulisan. Mulai sekarang hati hati lah dengan fikiran Anda masalah masalah yang hadir dalam hidup Andajangan jangan ia hanya di fikiran Anda saja.

Seperti orang takut hantu. Katanya hantu itu seram padahal belum pernah ketemu hantu.. Mau ketemu hantu? keluarlah malam minggu ternyata hantunya cantik. Yang orang khawatir dalam fikiran adalah bayangan masa lalu dan ketakutan masa depan padahal ya gitu deh yang lalu sudah berlalu yang akan datang belum kejadian.

Ruhiyah, ruh kita asalnya dari Allah maka ia akan sehat tenang dan seimbang jika dekat dengan Allah. Dalam hal ini maka aktivitas dzikrullah (ingat Allah) adalah keniscayaan. Ibadah ibadah wajib dan sunnah juga dilakukan. Dan jika bisa kita seimbangkan ketiga hal ini dan terpenuhi kebutuhannya maka kita bisa menjadi manusia yang bertaqwa cerdas dan terampil
Cageur bageur pinter bener kata orang sunda
Seger pinter bener kata betawi
Orang yang seger dan pinter tapi kaga bener itu bakal keblinger
Orang yang seger dan bener tapi kaga pinter itu bakal minder
Orang yang pinter dan bener tapi kaga seger itu namanya kelenger
Orang jokaw bilang...iso dzikir, pinter mikir, gelem ngerewengi dangir...yen duwe musuh wani mlintir
Jangan sampe dikongkon dzikir ora iso diajak mikir ora teko dikongkon dangir malah lungo...yen ono sego lagi gelem moro.
Cabe deh...
Demikian share siang ini...moga makin ngantuk

DISKUSI DAN TANYA JAWAB

Pertanyaan M109

1. Kalo pikiran suka melayang, suka mikir terlalu jauh ke depan itu sehat ga ya? Terus gimana caranya agar kita tidak selalu berangan-angan?
Jawab
Fikiran kita, kita yang mengendalikan jangan mau dikendalikan oleh fikiran. Pilihlah fikiran fikiran yang baik.

2. Saya mau nanya, misalkan kita punya teman yang bila dia bicara suka nyindir-nyindir. Nah, gimana caranya supaya aqliyah kita tetap sehat, terkadang  suudzhon sama apa yang dia bicarakan? 
Jawab
Ya...tetap husnudzhon aja

Pertanyaan M111

1. Mau nanya cara menanamkan pikiran positif di diri kita gimana ya?
Jawab
Lihat dan dengar hal hal yang baik, baca buku yang baik, nonton yang baik share yang baik baik.

2. Apa kiat-kiat agar kita bisa melakukan ibadah secara konsisten ustad?
Jawab
Dengan memperbesar rasa syukur dan ingat mati serta peristiwa setelah kematian

3. Gimana cara mengatasi perasaan cepat puas. Dengan dalih "sudah selalu update pengetahuan, sudah tak perlu tambah lagi, sudah banyak ilmuny"?
Jawab
Biasanya semakin kita belajar ternyata semakin banyak yang tidak kita tahu. Kalau merasa begitu biasanya tong kosong nyaring bunyinya merasa berisi padahal kosong. Kewajiban belajar itu seumur hidup. Lihat gadget? Sekarang udah versi berapa android? Windows? Dsbnya...kalau merasa puas?...yaa...ketinggalan.

Pertanyaan M112

1. Ketika haid dan banyak sekali fikiran serta ada aja masalah apa yang sebaiknya dilakukan, karena sholat sebagai cara untuk menenangkan diri dan mendekatkan diri pada Allah kan ngga bisa.
Jawab
Itu terkait perubahan hormon banyak dzikir mengingat Allah hati jadi tenang dan juga kendalikan esmosi

2. Assalamualaikum ustadz kitanya sudah berusaha untuk menjaga ketiga potensi tersebut namun faktor ekstrnalnya yang tidak mendukung gimana tuh ustadz?
Jawab
Memang idealnya demikian ketika pun tidak ideal kita harus tetap berusaha maksimal untuk bisa ideal. Allah akan berikan pahala atas usaha kita bukan hasilnya.

Pertanyaan M113

1. Assalamu'alaikum
Saya mau tanya kadang saya suka tiba-tiba merasa ketakutan kalo mengingat masa lalu saya yang bagi saya itu sebuah aib. Saya takut jka suatu saat ada orang yang tahu aib tersebut. Bagaimana cara menghilangkn ketakutan tersebut? lalu, apakah kelak kalo saya mau menikah, saya harus ceritakn itu ke calon suami/ saat sudah jadi suami? Syukron
Jawab
Ridholah bahwa itu adalah kesalahan, maafkan diri "tidak ada orang baik yang tidak punya masalalu dan tidak ada orang buruk yang tidak punya masa depan". Kalau Allah sudah tutupi ya sudah di keep jangan diceritakan.

2. Kalau berangan-angan yang positif sampai keblinger itu boleh ga? Syukron
Jawab
Angan angan itu senjata setan kalau mau ya berfikir bukan menghayal.
Lihat 3:191

3. Assalamu'alaikum.. Saya mau bertanya bagaimana caranya agar kita tidak mudah emosi? Apapun yang dihadapi tetap brusaha tenang.. bagaimana caranya? apalagi kalau sesuatu yang bukan salah kita cepat sekali terpancing rasanya susah sekali untuk mengendalikan?
Jawab
Mengendalikan emosi berawal dari fikiran. Hindari fikiran yang negatif mengenai diri sendiri biasanya orang yg mudah tersinggung itu kurang "PD" jadi harus percaya diri dan banyak belajar.

4. Assalamualaikum, saya mau tanya bagaimana cara agar kita selalu berhusnudzon kepada Allah?
Jawab
Caranya jangan suudzhon

5. Assalamualaikum mau tanya gimana cara mengendalikan pikiran suudzon dan selalu melihat Kebahagian dan rezeki orang lain? Terus satu lagi trauma masa lalu yang kadang suka datang, bagaimana cara tuk memaafkan dan melupakannya?
Jawab
Ya..terus mencoba
Pertanyaan M114

1. Bagaimana cara menghadapi orang yang terkadang ga bisa menerima apapun pendapat orang lain?
Jawab
Ya hadapi aja kita ga bisa memaksakan pendapat. Orang juga punya fikiran kalau demi kebaikan, teruslah ingatkan.

2. Assalamualaikum pak Ustad, mohon advice y. Bagaimana cara agar kita bisa mengontrol pikiran kita untuk tidak mengkhawatirkan masa depan? sering saya berpikir,saya mampu tidak menjadi orangtua yang baik kelak untuk anak-anak saya, dijaman yang makin gila ini mampu atau tidak mencukupi kebutuhan anak-anak kelak
Jawab
Bunda pasrahkan semua kepada Allah. Tawakal itu = berdoa, berusaha, sabar dan syukur. Tidak khawatir. Teruslah tawakal.

Pertanyaan M115

1. Kadang-kadang saya tu mengalami sesuatu tapi sepertinya itu sudah pernah saya alami sebelumnya tapi kenyataannya itu belum pernah terjadi, apa pernah mimpi apa gimana gak faham. itu namanya apa ya?
Jawab
Itu namanya perasaan doang...

2. Jika kita jarang berolahraga apa itu termasuk tidak mensyukuri atau gimana ya bahasanya kok jadi susah. intinya ana jarang berolahraga terus jadinya badan kadang kurang fit, itu termasuk nya apa?
Jawab
Kalau kurang olahraga....ya olah raga aja

3. Kenapa hati kita terkadang berpaling dari-NYA tapi terkadang malah begitu dekat dengan-NYA?
Jawab
Iman itu naik dan turun. Semangat juga naik dan turun. Ya begitu, tetaplah istiqomah walaupun turun tidak sampai di titik 0 atau minus. Atau minimalnya ketika turun itu yang wajib tetap dilaksanakan.

PENUTUP
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa'atubu ilaika 

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
(HR. Tirmidzi, Shahih).

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terbaru