Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , » Tadabbur Al Qur'an Pernikahan

Tadabbur Al Qur'an Pernikahan

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, March 25, 2015

Materi
Innalhamdalillah nah maaduhu wa nasta'inuh wa nastaghfiruh
Wanaa 'uzhu billah min suruu'ri anfusina wa min sayyiati 'amaalina
Mayyahdillahu falaa mudhilallah wa may yudlilhu falaa haadiyalah
Segala. Puji milikNya dan hanya kepadaNya kita memuji kita berlindung dari kelemahan diri kita
Dan kita beristighfar dari segenap kurang dan salah amal kita kepada Alloh
Astaghfiirulloh Mari kita luruskan niat kita semata karena kita berharapp balaas yang lebih baik disisi Alloh swt
Bismillahirrahmaanirrahiim
Sebaik bekal belajar adalah hati yang siap menerima ketentuanNya
Karena topik yang lagi hangat adalah pernikahan dan seputarnyaa kita akan lihat ya tinjauannya dari amal sholih dan dari iman
Pernikahan adalah sunatulloh yang berlaku atas seluruh makhluqNya
Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang pasangan agar kamu mengingat kebesaran Alloh qs adz dzariyaat ayat 49
Dalam surah lain Yaasin ayat 36 Maha suci Alloh yang telah menciptakan semuanya berpasang pasangan baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka sendiri maupun dari apa yang tidak mereka ketahui
Artinya bahwa sudah dasarnya manusia diciptakan berpasangan pasangan untuk sebuah peran berkembang biak melestarikan kehidupan umat manusia
Dalam surah al hujurat ayat 13 wahai manusia! Sungguh Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki laki dan seorang perempuan..
Ayat lain surah an nisaa ayat 1 wahai manusia bertaqwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu Adam dan Alloh menciptakan pasangannya Hawa dari dirinya. Dan dari keduanya Alloh memperkembangbiakkan laki laki dan perempuan yang banyak
Itulah dasar bahwa memang setiap makhluq Alloh ciptakan dengan juga fungsi melestarikan kehidupannya
Berbeda dengan makhluq lain yang bepasangan tanpa aturan dan berdasar insting saja, manusia dengan kelebihan akalnya Alloh mengatur agar kehidupan mereka teratur dan mulia dengan memberikan pdoman kehidupan berpasangan ini dalam ikatan agung pernikahan
Sejak jaman dahulu kala, berbagai bentuk  pernikahan telah banyak di lakukan oleh umat manusia
Sebelum kita masuk pada pernikahan yang Alloh kehendaki dari umat islam kita lihat dulu bagaimanakah pernikahan yang juga dianut oleh kaum terdahuluu
1# pergundikan yang dilakukan sembunyi sembunyi ataupun terang terangan, saat itu pergundikan yang tersembunyi dapat dimakaloumi masy pada saat itu....
Dalam surah al maaidah ayat 5 disebut ...dan tidak pula menjadikan gundik gundik.....
Pernikahan seperti ini banyak yang menganutnya mungkin hingga saat ini ...akan tetapi islam datang membatalkan pernikahan seperti ini karena jauh dari nilai kemuliaan dan keluhuran budi manusia yang beradab dan beriman kepada. Alloh
2# tukar menukar istri
Pada zaman jahiliyah jg ada bentuk pernikahan yang disebut Aisyah ra dari abu hurairah ada 4 macam
1*pernikahan pinang , eorg lelaki meminang melalui ssorg laki laki wali atau ayah kandungnya lalu memberi mahar dan menikahinya
Ini seperti pernikahan yang dianut kebanyakan dari manussia skrg dan begitupun islam
2*pernikahan pinjam atau gadai dimana seorg suami meminta istri unt bergaul dng lelaki lain. Hingga hamil lalu suaminya jk suka bs menggaulinya dengan tujuan mencari keturunan yang unggul
3*sejumlah lelaki scr bersama sama menyetubuhi seorg perempuan jika ia hamil mk seluruh lelaki itu akan dikumpulkan dan perempuan ini yang akan menentukan ayah bayinya. Dan lelaki nya harus menerima tdk dpt menolak
4*perempuan yang tdk menolak unt digauli oleh banyak lelaki yang skrg disebut pelacur
Setelah islam datang maka seluruh bentuk pernikahan ini dihapus dan hanya mengakui yang melalui wali dengan syarat sah nya dan rukunnya terpenuhi
**sunnah untuk menikah
Alloh berfirman dan ungguh Kami telah mengutus bbrp rasul sebelum engkau Muhammad dan Kami berikan kepada mereka istri2 dan keturunan
Hadits tirmidzi dari abu hurairah " tiga golongan yang berhak ditolong oleh Alloh pejuang dijalan Alloh, mukatib budak yang memerdekakan dirinya sendiri dari tuannya yang mau melunasi pembayarannya dan org yang menikah karena mau menjauhkan diri nya dari yang haram
Subhaanalloh bagaimana Alloh mengatur begitu detailnya bagi kita manusia hingga sifat alamiah sj diatur agar tetap elegan, terhormat, dan mulia
Dan begitu banyak lg dalilnya ttg anjuran menikah dan hikmah serta keutamaan org yang menikah karena mengikuti sunnah
Karena mengemban misi.dari Alloh
Oleh karenanya menikah disebut sebagai setengah diin
Nah kita langsung masuk ke
1## memilih istri
Istri adalah penenang, tempat menyemai benih, teman hidup, pengatur rt, ibu dari anak anaknya, tambatan hatinya dan tempat rahasia dan pengaduan nasibnya
Islam menganjurkan agar memilih istri yang shalehah
Artinya memahami agamanya dengan baik, sikapnya luhur, memperhatikan hak hak suami, dan memelihara anak anaknya dengan baik
Adapun sifat duniawi tidak mnjadi ukuran baik dan utama
Rasululloh saw bersabda" jauhilah olehmu ssi cantik yang beracun lalu seorg sahabat bertanya, wahai rasululloh siapakah si cantik beracun itu,? Beliau menjawab perempuan yang cantik tetapi dalam lingkungan yang jahat
Dlam hadits lain nabi bersabda" jangalah kamu mengawini perempuan karena kecantikannya karena barangkali kecantikannya itu akan membinasakannya. Dan janganlah kamu menikah dng perempuan karena hartanya barangkali kekayaannya itu akan menyebabkannya durhaka. Akan tetapi menikahlah kamu dng perempuan karena agamanya. Sesungguhnya perempuan yang tdk berhidung lagi tuli tetapi beragama adalah lebih baik baginya daripada yang lain
Hikmahnyaa adalah jikalah seorg lelaki lebih mengutamakan agama maka perhatiannya adalah agama
Itulah lelaki yang layak untuk dipilih
Janganlah pernah kita sebagai akhwat takut ataupun malu karena fisik kita tetapi syukurilah Alloh tdkaloah memberikan segala yang kita miliki kecuali agar kita sadar akan kenikmatan yang begitu berlimpah Alloh berikan gratis
Atas hidup kita dan pemeliharaanNya atas kita
Jodoh bukan karena tetapi jodoh adalah an sich adalah rezeki
Taqdir dariNya
Allohu alam
#Tanya jawab
1. Bund, sebagai seorg prmpuan
Apakah kita hanya nunggu ada yang menemui wali kita, lalu kita ptuskan bsa terima ato ga nya
Atau kita boleh ngajuin calon yang kita inginkan bund? ☺
Jawab : pada umumnya seperti itu
Ibunda khadijah ra beliau meminta nabi menikahinya
Jadi boleh saja
Hanya memang yang lebih memutuskan kan laki laki yaa jd sebagai akhwat memang menunggu walaupun boleh menawarkan diri juga silahkan melalui org yang dpt dipercaya
2. Bun, mau nanya ..
Jika si A dan B menikah dikatakan telah berjodoh .. 40th kemudian mereka cerai. Dan si A nikah dgn org lain, begitupun si B .
Lantas, yang dikatakan 40th sebelumnya, sudah bertemu dgn jodoh itu, gmn ?
Jawab :
Hidup kita sebetulnya adalah hak Alloh mengatur ketemu jodoh yang pertama dan selamanya atau ketemu yang pertama lalu berpisah meninggal ataupun tdk. Hakikatnya itu adalah qadar yang sudah jatuh atas diri kita
Yang jelas bagi kita sekarang adalah mengupayakan menemukan pasangan yang bs bekerjasama unt taat beribadah
Nah dalam perjalanannya kan g ada yang tahu...apa mulus atau tidak atau menyerah dsb
Yang jelas setiap keputusan kita akan Alloh mintai pertanggungjawaban
Baik niat menikah
Niat cerai
Atau niat menikah kembali
Kalo niatnya udah lurus, jalannya jg benar, lalu ditengah jalan jg g mulus itu sudah masuk pada qadha dan qodarnya Alloh atas makhluqNya
Iya benar hanya dalam hidup kan kita bs memilih mau cerai atau lanjut
Tapi kalo lanjut malah makin banyak dosa orang masih boleh menyerah
Taqdir Alloh kan banyak cara... banyak jalan
Tapi kebaikan dan keburukan yang kita pilih itulah yang akan kembali pada diri kita
3. Bun, apakah bgaimana solusinya jk ada ikhwan shalih dtg melamar, namun pihak keluarga akhwat mnentang? Mrk stujunya dg org yang kurang bgus di agama.
Apakah tetap bolh prnikahan tsb dilaksanakan? Karena mrka mnentang g sesuai dg syariat
Jawab : Yaa perjuangkanlah jika memang khwan ini sudah kita selidiki memang baik agama maupun perangainya
Tapi kalo tentang nikahnya upayakan dapat restu
Bagaimana caranya? Selain doa yaa kita beri penjelasan sedikit2 pada org tua kita
Berdoalah sayang dan berjuanglah
In sha Alloh jk itu terbaik akan Alloh beri jalan jalanNya
4. Bunda bnr ya mnkh itu penyempurna separuh agama kita..trus bgaimna kaloo sampai akhir hayat diusia tua jg blm menikah?kan allah mnciptakan smua berpasang??
Jawab : Iyaa benar dng pengertian setengah nya lg adalah beribadah kepada Alloh
Berpasangan insha Alloh say
Hanyaa mungkin ada yang dipertemukan cepat
Lambat
Bahkan ada juga yang dipertemukan saat di SURGA
5. Trus bunda apakh mnjdi tdk sempurna agamanya jika tdk mnkh..lantas ttapi diakui sebagai umat rusul tdk jk tdk mnjlnkan sunah yang satu ini?
Jawab : Owh yaa tentu jk tdk menikah tdk mendapat pahala atas ibadah menikah dan mengurus rt
Tapi kalo tdk menikah karena memang blm dipertemukan Alloh bukan karena kita tdk menyukai sunnah menikah tentu sj bs mjd hambaNya yang baik atau terbaik karena kita masih bs mengoptimalkan amal sholih yang lain
Yang mungkin bisa banyak tantangan saat menikah dan berumah tangga
6.Saya mau bertanya bunda, ada orang yang saya kenal, beliau sempat ingin menikah tetapi calon istrinya meninggal dunia. Setelah saat itu beliau tidak punya keinginan menikah lagi. Katanya hanya ingin berbuat amal ba ik dan mengejar cinta Allah. Bagaimana menurut bunda?
Jawab: ya mungkin itu sikap beliau yang mgk sj dalam hatinya ingin bertemu di surgaNya
Walau Kita ga tau jugaa ya motivasinya
Mgk saat ini seperti ituu tapi bs jg berubah seiring waktu dan pemahaman
Kita sebagai org luar ya kita menghargai sikap beliau....sembari kita doakan mudah mudahan beliau bs move on
7. Wah, betul sekali Bunda, beliau bilang juga begitu. Sekarang ini beliau mengejar syahid, supaya busa bertemu dengannya di Surga. Itu yang beliau bilang bun. Tapi beliau bilang bukan berarti gak bisa move on. Apa itu sikap yang bisa dibenarkan Bunda?
Jawab :
Iya g apa apa itu kan sikap pribadinya bukan karena dia tdk mau mengikuti sunnah menikah.....
Tapi belum bisa melupakan
Setiap org punya proses masing2
Jadi biarlah Alloh yang akan membimbingnya
Iya endang biar aja manusiawi toh ditinggal meninggal......mudah mudahan suatu saat Alloh akan menunjukkan jalanNya
Yang jelas menikah bukan segalanya
Tapi menikah adalah bahtera untuk mencapai surga jika kita arahkan pada taat
Tapi bs jg bahtera menuju neraka dunia dan akhirat jk kita salah memilih arah dan salah memilih nahkoda
Artinya setelah menikah kalo malah jd males2an ibadah malah makin bermewah mewah malah makin memperturutkan hawa nafsu yaa sebetulnya balik lagii....menikah hanya proses perjalanan hidup ajaa yang mgk dilalui atau mgk jg tdk
8. Bun mau tanya,, kalau ada org takut menikah karena melihat org tua nya yang sering bertengkar gmn bun,, apa itu trmasuk dosa bun
Jawab: trauma mungkin ya
Wajar jk kemudian dia jd pesimis thd pernikahan akan tetapi jk dia berhenti mencari ilmu agama mk dia dosa
Jika dia memcari ilmu berarti dia berproses jadi baik
9. Bunda mau tanya, kalau orang mau menikah dengan pasangannya tapi harus menunggu sampai 2 tahun misalnya karena sedang menuntut ilmu. Itu gmna bun..???
Jawab :
Kalo waktu nunggu nya terlalu lama khawatir terjerumus apalagi jk jaraknya dekat
Tapi jika jauh pun maka sangat rawan akan hal hal yang mungkin berubah
Sehingga menggantung terlalu lama
Sebaiknya kalo memang berniat nikah disegerakan saja
Banyak ko yang nikah masih kuliah
Asal jangan masih sekolah
10. Bunda mau nanya, kalau orng cerai itu bisa di artikan mengambil jodoh orng lain gak ? Kan kt.nya Allah udh menciptakan manusia berpasang2
Jawab: memangnya cerainya langsung berpasangam dengan yang lain?
Dengan yang lain?
Menurut saya engga lah
Karena itu kaitannya dengan pilihan pilihan dalam hidup
Jk memilih menikah dulunya lalu dikemudian hari memilih bercerai mk itu pilihan mereka sendiri
Karena setiap kejadian buruk yang menimpa hakikatnya adalah akbat perbuatan kedua tangan kita sendiri
Karena setiap kejadian buruk yang menimpa hakikatnya adalah akbat perbuatan kedua tangan kita sendiri
Pelajarannya bagi kita adalah jaanga smpai kita mempermainkan agama kita
Menikah lalu dengan gampang cerai 
Lalu dengan gampang juga menikah lagi lalu cerai lagi
Artinya berjodoh dengan si A nga hanya beberapa lama ga selamanya
Hehe
11. Bunda, semisal jaraknya dekat dan tetap harus menunggu karena beberapa pertimbangan. Ada tips atau masukan..???
Jawab:
Sebaiknya saran saya putuskan saja untuk menghentikan proses karena khawatir terjerumuss pada dosa
Jika ada jodoh dari Allah SWT maka nanti pasti akan berjumpa lagi 
Agar hati lebih bersih dan jiwa lebih tenang
12. aslm
mau tanya bunda
kalo misal ad laki2 yang datang ke rumah
tapi ortu si perempuan memberi tahu untuk menunggu sampai lulus kuliah
bolehkah itu?
Lelaki itu datang waktu si perempuan baru mulai kuliah
Berarti 4th an
Jawab: ya boleh saja
Kalo sang lelaki mau menunggu silahkan
Tapi tidak ada perjanjian sebaiknya
13. Oya itu belum trmasuk khitbah atau sudah ya ummi?
Jawab: Ya sebetulnya kalo sudah ngajak nikah lgs pada wali khitbah hanya kan ayahnya memberi syarat unt menunggu
Nabi yakub juga menunggu ko
Hanya mereka bisa menjaga diri hati dan jiwanya
13. nah ini inti pertanyaannya ummi
kalo misal sdh begitu, bgmn jika ad laki2 lain yang ingin menikahinya dan juga sanggup menunggu?
Jawab:
Sebagai orang tua sebaiknya tdk menggantung pada lelaki yang berniat melamar anaknya
Kalo memang anaknya blm siap sebaiknya di beritahukan bahwa anaknya blm siap nikah shg memberi kejelasan keputusan kepada sang lakilaki
Kalo mau nunggu silahkan tapi tadi tidak ada ikatan begitu mgkin yang lebih jelasnya 
Jadi kalo pun ada yang bersedia menunggu itu bukan karena diminta menunggu
Tapi memang kerelaan mereka sendiri 
Kalo memang ada jodoh pasti ketemu gitu
Alhamdulillah kalo laris hehe
14. Afwan bunda, kalau kasusnya hampir seperti mbak fu'ila. Tapi, bedanya ada laki2 lain yang datang dan meminta secepatnya mengajak nikah. Dan secara agama lebih mapan. Gimana bunda?
Maksut sya orang itu harus memilih yang org yang menunggunya atau dgn org yang baru yang ingin segera menyempurnakan separuh agamanya bun
Jawab: sama aja walau lebih mapan kan tetep belum akan segera nikahnya 
Jadi ga boleh gantung orang hehe
Kasian
Lhoo dulu yang nunggu itu gimana keputusannya?
Kalo memang khitbahnya. Diterima dng syarat menunggu berarti tdk boleh dipinang oleh lelaki lain
Kalo belum ada kesepakatan pinangannya diterima atau tdk sebaiknya di tanyakan aja dulu di pejelas dulu
Akad dengan yang duluan
Iyaa kasian jangan menyakiti hati org jg kita kalo pun menolak harus dng ahsan dan alassan yang memakai kaca mata iman
Wallohu alam

Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat

------------------------------------
Hari / Tanggal : Rabu, 25 Maret 2015
Narasumber : Ustadzah Neneng
Materi : Tadabbur Qur'an
Tema: Pernikahan
Group: M 106
Admin: Mey
Editor: Indah permata Sari

Kajian Online Hamba اَللّٰه Ta'ala

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment