Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , , , » TARBIYAH RUHIYAH - KISAH SALMAN AL FARISI DAN SA'ID BIN AMIR

TARBIYAH RUHIYAH - KISAH SALMAN AL FARISI DAN SA'ID BIN AMIR

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, March 9, 2015


Kajian Online WA Hamba الله Ta'ala
(Link 2 Nanda)

Hari / Tanggal : Senin, 09 Maret 2015
Narasumber : Ustadzah Citra
Materi : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

Sudah sholat isya semuakah? Jika sudah baik kita mulai. Siap. Baiklah sahabat syurga kajian kali ini akan kami buka

ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻭﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺮﻛﺎﺗﻪ

Puji syukur kehadirat Allah ﻋﺰّﻭﺟﻞّ  atas segala nikmat iman islam dan iman ukhuwah dan berjuang di jalan yang Allah tunjuki keridhoanNya. Sehingga dengan rahmat dan karuniaNya shingga kita bisa berjumpa dalam majelis iman* nanda  hamba Allah* Semoga dengan mengharap berkah dan ridho Allah yang Maha Kuasa maka  untuk keilmuan kita untuk lebih baik lagi dalam bertaqarrub kepada Allah, menguatkan Azzam dalam shaff hamba Allah yang di cintaiNya memaksimalkn insan berenergi  menyemaikan kebaikan dengan damai rahmat bagi semesta dalam berukhuwah indah hingga akhirat yang berujung dan bersemai jannah yang indah. Aamiin

Shalawat dan salam terlantun spesial untuk baginda  Muhammad ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ , yang berahklak mulia, meski dijamin masuk surga oleh Allah beliau terus beramal dengan amal istimewanya.  Masya Allah.  Apakah kita yang belum dijamin Allah masuk surga hanya berharap dalam doa agar surga bersama kita akan berhenti dalam melakukan kebaikan?

Mari  kita menyimak kisah teladan
SALMAN AL-FARISI
Dia berasal dari Isfahan,warga suatu desa yang bernama “Ji”. Bapaknya seorang bupati dan dia adalah orang yang paling disayangi oleh ayahnya. Agama awalnya adalah Majusi sewaktu melaksanakan tugas ayahnya untuk mengawas tanah, dalam perjalanan dia melewati sebuah gereja milik Nashrani, dan tertarik dengan agama tersebut sampai berdiskusi dengan ayahnya yang menyebabkan kakinya dirantai dan dia dipenjarakan. Setelah itu ia minta dibebaskan oleh orang Nashrani, kemudian ia berangkat bersama rombongan tersebut ke Syria

Sampai di Syria, dia tinggal bersama seorang Uskup hingga Uskup tersebut meninggal, kemudian digantikan oleh Uskup yang lain yang ketika telah dekat ajalnya Salman pun bertanya kepadanya  kepada siapa dia akan dipercayakan. Uskup tersebut berkata:”Anakku! Tak seorangpun yang kukenal serupa dengan kita keadaannya dan dapat kupercayakan engkau kepadanya. Tetapi sekarang telah dekat datangnya masa kebangkitan seorang nabi yang mengikuti agama Ibrahim secara murni. Ia nanti akan hijrah kesuatu tempat yang ditumbuhi kurma dan terletak diantara dua bidang tanah berbatu-batu hitam seandainya kamu dapat pergi kesana, temuilah dia! Ia mempunyai tanda-tanda yang jelas dan gamblang: Ia tidak mau makan shadaqah, sebaliknya bersedia menerima hadiah dan dipuncaknya ada tanda kenabian yang bila kau melihatnya, segeralah kau mengenalinya”.

Kemudian dengan perjalanan yang panjang  sampailah Salman al-Farisi di negeri Madinah dan menemukan laki-laki yang mempunyai ciri-ciri kenabian sambil akhirnya dia meratap dan  menciuminya sambil menangis. Lalu Salman dipanggil menghadap Rasulullah dan menceritakan kisahnya  kepada Rasulullah dan dia dibebaskan untuk menjadi manusia yang merdeka.
  
Salman, seorang putera Persi, suatu negeri yang terkenal dengan kemewahan dan kesenangan hidup, sedang ia bukan berasal dari golongan miskin atau bawahan, tapi dari golongan berpunya dan kelas tinggi. Namun tekadnya tetap  untuk terus mencari kebenaran, sampai ia mendapatkan apa yang ia cari. Bahkan dalam masa-masa kejayaan ummat Islam, dimana panji-panji Islam telah berkibar diseluruh penjuru, harta benda yang tak sedikit juumlahnya mengalir ke Madinah sebagai pusat pemerintahan baik sebagai upeti maupun pajak untuk kemudian diatur pembagiannya menurut ketentuan islam hingga negara mampu memberikan gaji dan tunjangan tetap, tak terkecuali untuk salman al-farisi.

Namun dalam kehidupannya, tak satupun barang berharga yang digemari atau diutamakan oleh Salman sedikitpun, kecuali suatu barang yang amat diharapkan dan dipentingkannya, bahkan telah dititipkan kepada isterinya untuk disimpan ditempat yang tersembunyi dan aman. Barang tersebut hanyalah sedikit Kesturi yang diperolehnya waktu pembebasan Jalula dahulu yang sengaja disimpan untuk wangi-wangian dihari wafatnya.
Maroji’:
-Tarbiyah Ruhiah, DR Abdullah Nashih Ulwan
Karakteristik Perihidup enam puluh shahabat Rasulullah

Sekian dari ana.  Jazakumullah waktunya dalam majelis iman ini. Semoga Allah menurunkan sakinah rahmah dan naunganNya aamiin.

Baik boleh ana tambahkan materinya
Majelis iman Allah naungi  puluhan ribu malaikat

DARI SIRAH SAHABAT
Sa'id Bin Amir

Satu hari Umar ra berkunjung ke wilayah tugas Sa'id Bin Amir di kota Homs. Dalam pertemuan dengan rakyat, Umar ra bertanya kepada mereka "Bagaimana tanggapan kalian atas kepemimpinan Sa'id atas kalian?"
"Ya Amiril Mukminin, kami mengadukan 4 hal tentangnya padamu. Yaitu :

1) dia tidak menyapa kami sampai matahari mulai tinggi

2) saat malam hari ia tidak memenuhi permintaan siapapun dari antara kami

3) setiap bulan selalu ada satu hari dia tidak pernah menyapa kami

4) dia pernah pingsan berhari-hari.

Mendengar pengaduan itu maka Umar ra sangat prihatin dengan pilihannya. Apa ia salah memilihkan Gubernur untuk penduduk Syam? Akhirnya ia memanggil Sa'id bin Amir. Umar mempertemukannya dengan rakyat yang protes. Umar bergunan pelan "Ya Allah pada hari ini janganlah engkau kecewakan aku pada Sa'id."

Amiril mukminin Umar ibn Khattab akhirnya membuka pertemuan itu "Silahkan kalian sampaikan semua keluhan kalian tentangnya sekarang dan biarlah Sa'id menanggapi semua keluhan kalian."

Setelah mendengarkan semua keluhan mereka. Sa'id bin Amir mengatakan :
"Demi Allah, sebenarnya aku tidak ingin menyebutkan alasanku ini; baiklah inilah jawabanku :
1. Aku mengadon makananku sendiri. Dan memasaknya. Jika selesai aku memakannya. Setelah itu aku berwudhu keluar rumah untuk mengurusi urusan rakyat

2. Waktu siang aku persembahkan untuk rakyat dan waktu malam aku gunakan munajat kepada Allah.

3. Aku tidak memiliki pembantu untuk mencuci pakaianku. Karena itu aku mencuci sendiri. Saat mencuci aku tidak punya baju ganti hingga aku menunggu cucianku kering. Baru sorenya bisa aku keluar rumah untuk menyapa rakyat.

4. Dahulu aku menyaksikan sendiri kematian Khubaib al anshory di Mekkah. Aku masih bisa membayangkan semuanya. Tubuhnya dicabik cabik dan diseret oleh kuda. Mereka berkata padanya,"maukah jika Muhammad mengganti posisimu di sini?" Dengan tegas ia mengatakan :"Demi Allah, jangankan memenuhi tawaran kalian, aku sama sekali tidak akan senang berada bersama istri dan anak-anakku, sedangkan Muhammad saw tertusuk duri." Kemudian ia berteriak "Ya Muhammad!!"
Kalau aku mengingat peristiwa itu -sementara aku tidak menolongnya waktu itu karena aku masih musyrik - maka aku merasa selamanya Allah tidak akan mengampuni dosaku. Itulah yang membuatku pingsan"

Umar ra dengan mata berkaca-kaca mengatakan "Segala Puji bagi Allah yang tidak membuatku kecewa" Saat akan pulang ke Madinah, Umar ra menyerahkan uang 1000 dinar dan mengatakan gunakanlah uang ini untuk menyelesaikan keperluan kalian. Istri sa'id mengatakan " segala puji bagi Allah yang telah membuat kami tidak lagi membutuhkan uang ini" Sa'id menegur istrinya "apa tidak ada kalimat yang lebih baik dari itu? Saya kira uang itu lebih baik diberikan kepada orang yang lebih layak untuk itu?"

Akhirnya uang itu dibagi-bagikannya kepada yang butuh sampai yang tersisa hanya sedikit. Sisanya ia serahkan pada istrinya dan istrinya berkata, "bagaimana jika sisa itu kita gunakan untuk bayar pembantu?" Dengan senyum ia menjawab: "tahanlah sampai ada orang yang lebih butuh dari kita datang mengambil uang itu.
 maroji': ustadz abdul lathif khan
-to be continue-

Tafadholi jika ada yang mau didiskusikan. Kisah teladan ini semoga bisa menjadi  refleksi bagi kita semua aamiin

Datang dan duduk di Majelis-majelis ilmu taman taman surga. Malaikat dan binatang di lautan pun mendoakan para penuntut ilmu...masya Allah

TANYA JAWAB

Pertanyaan M109

1. Afwan rada bingung.. Salman alfarisi menemukan seseorang yang memiliki tanda kenabian, lalu dia dipanggil menghadap Rasulullah. Berarti nabi yang ditemui Salman alfarisi itu bukan Nabi Muhammad?
Jawab
Salman menemukan seseorang memiliki tanda kenabian yaitu Rasulullah saw tersebut.

Pertanyaan M111

1. Ustdzah, saat salman muda ikut dengan para uskup bergantian, bagaimana keyakinan dia dan apakah diajarkan oleh para uskup itu tauhid sisi injil?
Jawab
Salman Ketika bersama uskub menganut agma Nashrani. Tapi bersama para uskub beliau dididik agama tauhid. Dan menyakini kitab injil yang dibawa Nabi isa (injil yang masih otentik) sangat berbeda dengan injil yang sekarang sudah dimodifikasi yang bukan firman Allah lagi tapi buatan manusia). Keyakinan Salman  pada agama Nashrani meyakini agama tauhid dengan memberikan wasiat ketika akan meninggal agar mencari Rasulullah dengan ciri ciri yang disebutkannya. Setelah bertemu  Nabi muhammad dan mengenali tanda kenabian yang ada padanya beliau masuk islam.

Pertanyaan M113

1. Assalamualaikum, apa hukumnya jika seorang istri tidak ridho dengan nafkah yang diberikan suaminya? dengan kebutuhan yang mungkin sampai kapanpun gak akan ada habisnya, apa seorang istri boleh minta uang belanja lebih kepada suami? lalu bagaimana kalau suami bilang itu yang hanya bisa diberikan dan mendikte semua rincian pendapatannya kepada istrinya?
Jawab
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokaatuh. Suami adalah imam bagi istrinya. Selagi tidak bertentangan dengan syariat maka ditaati. Dan rumusnya  tidak ada ketaatan dalam kemaksiatan. Seorang wanita jika sudah menikah maka yang harus dihormati setelah Allah dan RasulNya adalah suaminya. Harus takdzim ke suami selama tidak menyalahi hukum syara. Patokan utama sudah jelas suami sebagai qawam dan istri sebagai ummun wa rabbah al bayt wa murobbiyatul ajyal.

2. Mau tanya ceritanya dulu saya bekerja di kantin sekolah disana berlaku hutang, jumlahnya lumayan banyak karena yang bersangkutan tak kunjung membayarnyasaya berniat kasih tau ke bos saya tapi saya dilarang oleh karyawan lainnya karena takut membawa masalah baru. Akhirnya saya keluar dari kerjaan tersebut dan sampai sekarang saya tidak tahu orang tersebut sudah bayar atau belum, saya kepikiran terus. Apakah saya terlepas dari tanggung jawab tersebut?
Jawab
Orang tersebut wajib mengingatkan orang yang bersangkutan untuk melunasi hutangnya. Bisa jadi dia lupa atau sekarang sudah ada kelapangan rezki membayar hutangnya. Mengingatkan disni dalam kerangka watawasow bilhaq wa tawasaw bishshabr.

Pertanyaan M114

1. Saya mau bertanya, saat ini mungkin kebanyakan dari orang-orang termasuk saya yang sangat khawatir dengan masa depan, sehingga kita lebih mengutamakan untuk menyimpan uang kita daripada memberikan kepada orang lain sebagai sedekah.. Apakah kekhawatiran kita dengan masa depan seperti ini di perbolehkan?
Jawab
“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai.” [QS. Ali Imran: 92] 

“Engkau bersedekah dalam kondisi sehat dan berat mengeluarkannya, dalam kondisi kamu khawatir miskin dan mengharap kaya. Maka janganlah kamu tunda, sehingga ruh sampai di tenggorokan, ketika itu kamu mengatakan, “Untuk fulan sekian, untuk fulan sekian, dan untuk fulan sekian.” Padahal telah menjadi milik si fulan .”
[HR. Bukhari dan Muslim]

“Bersedekah kepada orang miskin adalah satu sedekah, dan kepada kerabat ada dua (kebaikan); sedekah dan silaturrahim.” [HR. Ahmad, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah dan Hakim, Shahihul Jami’ no. 3858]

“Sedekah yang paling utama adalah sedekah kepada kerabat yang memendam permusuhan .” [HR. Ahmad dan Thabrani dalam al-Kabir , Shahihul Jami’ no. 1110]

Kuncinya selalu syukur dan sabar; "adalah indah kehidupan orang-orang beriman, apabila ia sedang dikaruniai lapang, ia bersyukur, apabila sedang sulit ia bersabar". 

Tak heran kehidupan orang mukmin sentiasa bahagia dan ceria karena Iman terhadap semua ketetapan Allah di dunia. Terkait ayat ini:
"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Q.S. Al Hasyir 18)

Adalah agar manusia senantiasa berusaha dan tak ada kekhawatiran akan masa depan nya. Karena ia yakin Allah maha pemberi rizki, rizki tidak bisa dipahami hanya berwujud uang saja. Hidayah, ilmu, kesehatan, anak yang sholeh, hati yang lapang dll merupakan rezeki.

2. Ana mau bertanya ada yang bilang kalau bersedekah itu lebih baik keluarga dahulu di bandingkan fakir miskin, apakah benar ?
Jawab
“Sedekah yang paling utama adalah sedekah maksimal orang yang tidak punya, dan mulailah dari orang yang kamu tanggung .” [HR. Abu Dawud dan Hakim, dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahihul Jami’ no. 1112]

Pertanyaan M115

1. Ana mau tanya: salman al-farasy menjabat sebagai apa?dan mengapa barang kesayangannya itu minyak kesturi?mohon penjelasannya.syukron
Jawab
Salman alfarisi bekerja sebagai Gubernur kuffah/ al madain. Walau demikian penampilannya bersahaja. Beliau tidak tergiur kenikmatan dunia karena Allah dan RasulNya lebih ia cintai. Sehingga hanya kasturi yang ia simpan.

“Sungguh Salman telah dipenuhi dengan Ilmu.”
Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam sendiri sering memuji kecerdasan Salman serta ketinggian ilmunya, sebagaimana beliau memuji Agama dan budi pekertinya yang luhur.

Kenapa kasturi yang ia gemari. Kenapa tak satupun barang berharga dalam dunia yang digemari / diutamakan kecuali seikat kasturi yang diperolehnya pembebasan. Kasturi ia gemari Untuk wangi  wangian ketika menjelang wafatnya. Minyak KASTURI karena   beliau ingin menyambut malaikat-malaikat yang tidak makan hanyalah menyukai wangi wangian

2. Ustadzah, apa saja karakteristik Salman Al Farisi yang wajib diteladani?
Jawab
Karakteristik Salman Al farisi yang bisa kita teladani: a.Keislaman Salman adalah keislamannya orang-orang utama dan taqwa

b.Salman adalah tokoh yang tulus hati dan keras kemauannya dalam mencari ilmu  dan kebenaran. 

c.Salman memiliki kecerdasan hingga Rasulullah sendiri yang memuji kecerdasan dan ilmunya sebagaimana beliau memuji agama dan budi pekertinya.

d.Salman dengan kesahajaan dan kebebasan dari pengaruh dunia, keadaannya mirip Umar bin Khattab.

Pertanyaan M116 

1. Agama majusi itu lebih jelasnya seperti apa? Apa dia termasuk samawi?
Jawab
Majusi penyembah api dulu tumbuhnya di persia dan bukan agama samawi. Penyebutan Majusi (agama penyembah api di Persia pada masa Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam) merupakan penunjukan kepada semua agama selain agama samawi, baik penyembahan kepada ruh, dewa-dewi, kekuatan mistik maupun ritual, dan pensakralan benda-benda tertentu.

2. LDII itu nama perkumpulan saja atau bagaimana?
Jawab
Afwan diluar  tema LDII nama organisasi. Nama sebuah organisasi Islam di Indonesia yg dinyatakan tidak patut diikuti menurut anjuran MUI.

Dan do'a kafaratul majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك


Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment