Ketik Materi yang anda cari !!

TIGA KEBAHAGIAAN MANUSIA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, March 2, 2015


Kajian On Line Telegram Akhwat Hamba الله Ta’ala

Hari / Tanggal : Senin, 02 Maret 2015
Narasumber : Ustadzah Laksmini Pratiwi
Tema : Kajian Umum

Editor : Ana Trienta

بسم الله الرحمن الرحيم

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْه
ِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

SABDA RASULULLAH SAW :
"Kebahagiaan manusia ada tiga : istri yang shalihah, kendaraan yang baik, dan tempat tinggal yang luas." HR Thayalisi
Dalam hadits di atas, Rasulullah mengemukakan tiga perkara yang membuat orang bisa bahagia yaitu:

💑 Pasangan hidup yang shaleh

Setiap manusia apalagi muslim pasti mendambakan pasangan hidup, yakni suami yang shaleh atau istri yang sholihah. Keshalihan akan membuat manusia menjalani kehidupan dengan baik yang membuatnya bahagia. Karena idealnya seseorg dinikahi karena keshalihannya. Rasulullah saw bersabda :
"Dinikahi wanita karena 4 hal, kecantikan, kekayaan, kedudukan dan agamanya, hendaknya pilihlah yang beragama agar berkah kedua tanganmu." (HR Muslim)
🚗 Kendaraan yang baik

Manusia baik pribadi atau keluarga perlu bepergian dalam kebaikan, karenanya berbahagia seseorang bila memiliki atau dapat menggunakan kendaraan dengan baik

🏡 Tempat tinggal yang luas

Memiliki tempat tinggal yang baik bagi seorang muslim merupakan hal yang penting sehingga dia bisa berkumpul dengan keluarga besarnya dan masyarakat untuk kebaikan
Wallahu a'lam

DISKUSI 

Bunda tiwi mau tanya yaa, seorang istri menafkahi orang tua kandungnya dan keluaganya hukumnya gimana ya? sementara sang suami penghasialnya tidak mencukupi untuk menafkahi keluarganya. Istri bekerja untuk menafkahi orang tua dan keluarganya? Iya bund tiwi karena keadaan ekonomi.
Jawab
Kalau suaminya mengizinkan saya rasa gak apa. Tapi yang menafkahi keluarga tetap kewajiban suami

>Era  saya kebalik bun, gimana?
Jawab
Kalau menurut aku sih nggak masalah selama kita berdua komitmen berusaha untuk saling percaya ikhlas dan ridho satu sama lainnya. Karna aku dan suami juga begitu bun. In sha Allah suami kita juga pasti terus berusaha untuk memberikan yang terbaik buat kita keluarganya itu sih yang aku kedepankan dan aku selalu berpikir mungkin Allah ngasih rizki untuk kita berdua yaah lewat aku sebagai istrinya. Selama itu masih dipegang tidak ada keterpaksaan satu sama lain In sha Allah ibadah juga bun buat kita. Itu kalau menurut aku walaupun idealnya emang suami yang menafkahin kita seorang istri. Tapi Allah kasih rizkinya lewat aku terus yah bersyukur aja jadinya 

>Tapi suamiku juga tetap bekerja dengan kapasitas dia sebagai suami. Maaf kalau saya salah

>Dan spengetahuanku boleh-boleh saja bunda say. Kita seorang istri seperti kita-kita ini menafkahi. Komunikasi yang baik dalam segala hal sangat penting dalam rumah tangga apalagi masalah nafkah jadi istri ada baik komunikasikan kepada suami masalah menafkahi orang tua dan keluarganya dan cari jalan yang terbaik sesuai kesepakatan..

>Alkhamdulillah dapat ilmu baru, Syukron bunda lia juga bunda tiwi.

>Setiap amal tergantung niatnya dan ia akan mendapatkan hasil dari apa-apa yang ia niatkan. Khususnya dalam rumah tangga harus saling berlapang dada dalam menghadapi masalah rumah tangga apalagi nafkah

>Iya bun tiwi, kalau tidak bisa oleng terus tuh perahu rumah tangganya karna hal sepele. Menafkahi orang tua sendiri juga harus ada keikhlasan suami untuk mengizinkan begitu juga terhadap mertua, istri ikhlas kalo suami menafkahinya

>Betul ituh.. Iya...alhamdulillah suamiku paham benar karna aku sebelum nikah sama beliau sudah membahasnya sangat matang supaya tidak ada miss. Bahtera yang diarungi bersama diperlukan kerjasama yang baik agar sampai pada tujuan. Komunikasi yang baik jadi kunci penentu kalo menurut saya

>Iya benar bun tiwi itu sebenarnya kuncinya komunikasi si istri jangan merasa nggak enak atau takut ketika ada sesuatu ganjalan atau ada yang tidak disenangi sampaikan dengan baik-baik begitu juga sang suami...

Ok..cukup yaaa
Ditutup saja dengan istighfar, hamdalah dan kafaratul majelis
Alhamdulillahh,,

PENUTUP
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa'atubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
(HR. Tirmidzi, Shahih).

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment