Ketik Materi yang anda cari !!

TUBUH SESEORANG DI NERAKA KELAK

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, March 18, 2015

Kajian Online Telegram Akhwat Hamba  Ta'ala

Hari / Tanggal : Rabu, 18 Maret 2015
Narasumber : Ustadz Dodi Kristono
Tema : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Siapa yang obesitas disini ? Tubuhnya overweight?  
Apa sih perbedaan yang dirasakan orang yang ndut dan kurus? Secara fisik apa yang ditasakan? Kalau dipanas terik dan sinar matahari langsung dan posisi pas diatas kepala. 

Apa yang dirasakan....?
Kepanasan. Dan kadang pusing dan haus. Secara kulit mana yang lebih sensitif? Orang ndut atau kurus? Sinar matahari yang langsung ke menyinari dan terkena kulit manusia

Apakah Islam mengatur masalah ndut ini dan sudah diprediksi....? Ternyata ada. Rasulullah menyela orang gendut yang bukan karena faktor keturunan. Tetapi faktor diluar keturunan. Dari Imran bin Hushain Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda,

خَيْرُكُمْ قَرْنِي، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ، إِنَّ بَعْدَكُمْ قَوْمًا يَخُونُونَ وَلاَ يُؤْتَمَنُونَ، وَيَشْهَدُونَ وَلاَ يُسْتَشْهَدُونَ، وَيَنْذِرُونَ وَلاَ يَفُونَ، وَيَظْهَرُ فِيهِمُ السِّمَنُ

Generasi terbaik adalah generasi di zamanku, kemudian masa setelahnya, kemudian generasi setelahnya. Sesungguhnya pada masa yang akan datang ada kaum yang suka berkhianat dan tidak bisa dipercaya, mereka bersaksi sebelum diminta kesaksiaannya, bernazar tapi tidak melaksanakannya, dan nampak pada mereka kegemukan”. (HR. Bukhari 2651 dan Muslim 6638)

Ini salah satu dalilnya dan banyak lagi dalil dalil lainya. Pertanyaan saya. Apakah diakhirat nanti tubuh kita samakah dengan tubuh dibumi? Lebih kuruskah? Atau lebih gemuk? (Emang ada makanan enak disana)
Baiklah....
Coba kita cari tahu yaaa

بسم الله الرحمن الرحيم

Ukuran fisik badan manusia saat manusia berada di neraka. Salah satu diantara bentuk siksaan yang diberikan kepada penghuni neraka, Allah jadikan badannya sangat besar. Tidak ada yang bisa membayangkan besarnya, kecuali Penciptanya.

Berikut beberapa hadis yang menunjukkan hal itu, Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi bersabda,

ما بين منكبي الكافر في النار مسيرة ثلاثة أيام للراكب المسرع

“Jarak antara dua ujung pundak orang kafir di dalam neraka sejauh perjalanan 3 hari yang ditempuh penunggang kuda yang larinya cepat.” (HR. Bukhari 6551 Muslim 2852)

An-Nawawi mengatakan,

هَذَا كُلُّهُ لِكَوْنِهِ أَبْلَغَ فِي إِيلَامِهِ وَكُلُّ هَذَا مَقْدُورٌ لِلَّهِ تَعَالَى يَجِبُ الْإِيمَانِ بِهِ لِإِخْبَارِ الصَّادِقِ بِهِ

Ini semua bertujuan agar lebih maksimal dalam menyiksanya. Dan ini semua di bawah kekuasaan ??????  Ta’ala, yang wajib kita imani, mengingat adanya berita dari ash-Shodiq (Nabi Muhammad ? ) tentang hal ini (Syarh Shahih Muslim, 17:186).

Dari Zaid bin Arqam radhiyallahu ‘anhu,

إن الرجل من أهل النار ليعظم للنار، حتى يكون الضرس من أضراسه كأحد

“Sesungguhnya orang penduduk neraka akan membesar ketika masuk neraka, sampai gigi gerahamnya sebesar gunung Uhud.” (HR. Ahmad 32:13, Syuaib al-Arnauth mengatakan, ‘Sanadnya maushul’ dan statusnya seperti sabda Nabi ).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi ?  bersabda,

ضِرْسُ الْكَافِرِ، أَوْ نَابُ الْكَافِرِ، مِثْلُ أُحُدٍ وَغِلَظُ جِلْدِهِ مَسِيرَةُ ثَلَاثٍ

“Gigi geraham atau gigi taring orang kafir (penghuni neraka) seperti gunung Uhud, sementara tebal kulitnya sejauh perjalanan 3 hari.” (HR. Muslim 2851).

Juga dari Abu hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi ?  bersabda,

ضرس الكافر يوم القيامة مثل أحد، وعرض جلده سبعون ذراعاً، وعضده مثل البيضاء، وفخذه مثل ورقان، ومقعده من النار ما بيني وبين الربذة

“Geraham orang kafir pada hari kiamat seperti gunung Uhud, lebar telinganya 70 hasta, lengannya seperti gunung Baidha’, pahanya seperti gunung Waraqan, dan tempat duduknya di neraka antara saya dengan rabadzah.” (HR. Hakim, Ahmad dan dishahihkan al-Albani).

Namun ukuran di atas tidak berlaku untuk semua penghuni neraka. Karena ada juga orang yang Allah masukkan ke neraka dalam wujud makhluk yang sangat kecil.
Al-Munawi menukil keterangan al-Qurthubi,

وهذا إنما يكون في حق البعض بدليل حديث إن المتكبرين يحشرون يوم القيامة أمثال الذر في صورة الرجال فيساقون إلى سجن في جهنم يقال له بولس

“Ini hanya berlaku untuk sebagian ahli neraka saja, dengan dalil hadis yang menyatakan bahwa orang-orang sombong pada hari kiamat akan dikumpulkan dalam bentuk manusia seukuran biji. Mereka digiring untuk masuk ke penjara di dasar neraka, namanya Bulis.”
Al-Qurthubi juga mengatakan,

ولا شك أن الكفار متفاوتون في العقاب كما علم من الكتاب والسنة

“Kita yakin, hukuman untuk orang kafir itu bertingkat-tingkat, sebagaimana yang kita pahami dari kesimpulan Aquran dan sunah.”

(Faidhul Qadir Syarh Jami’ ash-Shaghir, karya al-Munawi, 4:254)

والله أعلم بالصواب

TANYA JAWAB

1. Kenapa tubuh manusia dibesarkan? apa jawaban na pak?
Jawab
Supaya rasa siksaannya semakin terasa oleh manusia penghuni neraka. Kulit merupakan indikator rasa sakit bagi manusia. Makanya dineraka setelah disiksa dan terkelupas kulitnya diberikan lagi kulit barunya agar tetap merasa sakit dalam siksaan di neraka.
Jadi Rasulullah ? itu mencela orang yang gendut karena BANYAK MAKAN, bukan karena keturunan yaaa. Sebenernya materi intinya itu adalah fisik manusia berubah pada saat di neraka. Kenapa ndut terus yang dibahas.

2. Pak ustad niat puasa selain ibadah dan pingin langsing juga baik gak sih yah?
Jawab
Pengin langsingnya abaikan dalam niat, tapi efek samping aja dalam ibadah puasa

Penutup
Doa Kafaratul Majelis


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment