Ketik Materi yang anda cari !!

ALLAH SANG PENYEMBUH

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, March 31, 2015

Assalamualaikum wr wb.  Para bunda yang dirahmati Allah kajian kita mulai ya.
Alhamdulillah segala puji Allah sang yang maha agung. Dan shalawat serta salam buat rasul junjungan Ummat yakni Muhammad SAW. Seorang manusia paripurna  yang ada di alam ini. Tema kajian kita saat ini adalah : Allah sang penyembuh.



Para bunda yang dirahmati Allah. Realita saat ini membuktikan bahwa persoalan pengobatan saat nyaris kembali kepada Islam, memang pengobatan dengan bekam, habbatussauda, madu, dan prinsip prinsip metode pengobatan islam lainnya semakin populer secara internasional. Tetapi siapakah di zaman sekarang yang mau menasehatkan kepada kaum muslimin agar mereka bergantung kepada Allah terlebih dahulu, sebelum kepada terapi fisik, yaitu dengan berdoa, bertawakal secara benar kepada Allah, bersedekah dan sebagainya.



Seakan akan kaum muslimin hari ini termasuk kalangan ummat Islam yang sangat taat kepada agama, bahkan dikalangan para da'i, dan tokoh agama lainnya, tidak menghafal perintah : "Berobatlah, wahai hamba hamba Allah, karena Allah tidak menciptakan penyakit  kecuali juga menciptakan obatnya, kecuali satu penyakit, yaitu tua.
Masalah hukum berobat diperselisihkan menjadi lima pendapat, yaitu : wajib, mubah, dianjurkan, makruh dan haram. Tapi kita tidak akan bahas itu. Dari hadits diatas dijelaskan bahwa Allah menciptakan obat untuk setiap penyakit yang ada, kecuali mati. Maka dari jelaslah bahwa apabila kita sakit langkah awal bagi kita Adalah bertawakal kepada Allah sembari kita berikhtiar untuk berobat.



Bertawakal kepada Allah dalam hal ini kita menyerahkan dan memohon kesembuhan penyakit kita kepada Allah sebagai mana firman Allah dlm alquran surat assyuara ayat 80 yang artinya apabila aku sakit maka dialah Allah yang menyembuhkan. 

Tugas kita selaku pesakit ialah berobat, dan berobat usahakan mencari pengobatan ataupun obat yang halal dan baik, supaya menghidari pengobatan yang haram serta merusak baik itu merusak Aqidah dan akal serta fisik kita. Karena seberapapun beratnya sakit kita, in sya Allah ada obatnya yang sudah diciptakan Allah. Kalaupun kita telah berobat namun belum sembuh, tetaplah bersabar dengan ujian tersebut. Jika kita sembuh dari satu penyakit karena pengobatan yang kita lakukan, maka kembalikanlah kepada Allah, bukan mendahulukan bahwa yang hebat itu orang yang mengobati, atau obat yang dikonsumsi, karena Allahlah Sang Maha Penyembuh.

Mungkin sekian kajian kita,afwan atas jika ada salah dan kurang. 
Jika ada yg ingin para bunda tanyakan silahkan
Wassalamualaikum wr wb.



TANYA JAWAB

Pertanyaan M01

1. Bagaimana menanamkan tauhid dan keyakinan dengan ikhtiar yang sudah kita lakukan tapi hasilnya belum kelihatan baik dalam pengobatan atau hal apapun?
Jawab

Ikhtiar dan do'a harus disejalankan, saat doa kita kertemu dengan iradah Allah untuk kesembuhan penyakit kita, in syaAllah kita sembuh


2. Ustadz mau tanya, ada seseorang yang sering banget mimpi berantem sama setan, kadang penjahat dan kalah biasanya setelah mimpi jadi sakit, sekarang kondisi agak lemah mudah cape, nah karena cape nanti biasanya mimpi-mimpi yang tidak baik. Kenapa ya tadz?
Jawab
Itu karena gangguan jin solusi dengan ruqyah

3. Bagaimana menurut ustadz, mungkinkah seseorang sakit karena akhlaqnya, misal  ada seseorang sakit shirosis itu karena akhlaq yang sulit menerima nasehat, masukan maka Allah tutup hatinya dengan lemak (sirhosis).

Jawab

Bisa saja, tidak ada yang tidak bisa bagi Allah, maka solusinya taubat kepada Allah dan beristgfar, berdoa dengan sungguh sungguh. In sya Allah akan di sembuhkan oleh Allah

4. Seringkali orang akan berputus asa jika menderita penyakit yang parah & lama sembuhnya, apalagi dengan munculnya pnyakit-penyakit parah seperti kanker ganas, ebola & AIDS, yang untuk saat ini beberapa belum ada obatnya. Bagaimana seorang Muslim memandang hal ini jika di kaitkan dengan hadis tadi bahwa ". . .Allah menciptakan penyakit dengan obatnya. . ."

Jawab

Munculnya penyakit yang beragam saat ini yang dikatakan orang tidak ada obatnya. Intinya sekarang kita menyadari dosa dan kesalahan kita kepada Allah, dan bertobat dan memohon kepada Allah untuk mengangkat bala' penyakit itu dari daerah kita. Jika ada yang sakit tersebut,  bertobat dan memohon kepada Allah untuk menyembuhkannya dan meningkatkan kwalitas ibadah dan ketaatan kepadaNya.  Tidak perlu kawatir, karena disitulah fungsinya iman

5. Tanya Ustad, seringkali orang akan berputus asa jika menderita penyakit yang parah & lama sembuhnya, apalagi dengan munculnya penyakit-penyakit parah seperti kanker ganas, ebola& AIDS, yang untuk saat ini beberapa belum ada obatnya. Bagaimana seorang Muslim memandang hal ini jika di kaitkan dengan hadis tadi bahwa ". . .Allah menciptakan penyakit dengan obatnya. . ."
Jawab

Munculnya penyakit berbahaya yang belum ada obatnya, pada kita seorang muslim memandangnya, bahwa ini adalah ujian atau teguran dari Allah kepada kita atas dosa dan kesalahan kita selaku makhluq ciptaannya, maka kita perbanyak istiqfar, tingkatkan ibadah dan lakukan pengobatan yang halal dan baik. Karena sudah pasti obat dari penyakit tersebut sudah ada dari Allah

Pertanyaan M04


1. Ustadz, apakah benar jika mngkonsumsi habattusauda setiap hari (dalam keadaan sehat) justru tidak baik?

Jawab
Mengkonsumsi habbasauda saat tidak sakit tidak ada maslah, yang terpenting pelihara kadar minum kita, karena habbasauda itu sifatnya panas maka kita harus banyak minum air


2. Kalo ketika sakit dan ingat Allahnya telat (setelah sakitnya agak reda) apa termasuk kafir? Bagaimana kita bisa menanamkn pada orang tua kita yang amat sangat kejawen? Bagaimana kita bisa menanamkn tauhid khususnya dalam pengobatan pada orang tua kita yang amat sangat kejawen?

Jawab
Tidak semudah itu mengkafirkan, syukur alhamdulillah masih ingat akan Allah sudah suatu yang baik, tugas kita selaku anak menyampaikan tentang aqidah kepada orang tua dengan cara yang baik, dalil dan nash yang jelas, dan menyampaikan akan bahaya dari mempersyikatkan Allah.


3. Pengobatan apa yang cocok untuk keluhan dibagian persendian dan juga pengeroposan tulang tadz ?
Pengobatan yang cocok untuk keluhan bagian sendi dan pengeroposan tulang , pengobatan dengan bekam, minyak zaitun dengan cara diminum, dan juga dengan mengkonsumsi gamat atau susu kolestrum

Pertanyaan M06

1.  Ustadz bisakah tolong dijelaskan hukum berobat ada 5 pendapat yaitu: wajib, mubah, dianjurkan, makruh dan haram?
Jawab
Pendapat yang menyatakan berobat itu haram dan makruh itu pendapat yang keliru, tidak sesuai dengan hadist. Berobatlah wahai hamba hamba Allah. Wajib berobat saat sedang sakit yang kategorinya parah. Maka karena itu wajib untuk berikhtiar berobat. Hukum mubah dan sunnah adalah memalingkan dari yang wajib.

Pertanyaan M08

1. Asalamu alaikum, ustad saya pernah dengar bahwa kita juga diperbolehkan minta air doa kepada mualim untuk obat bagi keluarga kita yang sedang sakit, dapatkah kita membuat air doa sendiri? bagaimana caranya? setahu saya sebelum berdoa kita dianjurkan untuk istighfar, membaca tahmid dan bertawasul kepada nabi terlebih dahulu mohon penjelasannya, terima kasih
Jawab
Waalaikum salam.  Kalau kita ingin berobat dengan air putih dengan didoakan sendiri, itu bisa dengan membacakan Alfatihah, ayat kursi, doa kesembuhan in sya Allah itu akan jadi obat.

Pertanyaan M09

1. Mau bertanya ustadz cara mengatasi sakit kepala selain dengan obat. Karena suami sangat sering sakit kepala jika kepanasan atau kena polusi sedang pekerjaan beliau tidak jauh dari itu. Dan saya tidak ingin tergantung dengan obat obatan yang di pasaran?
Jawab
Sakit kepala bisa jadi karena kondisi angin dalam darah yang tidak seimbang ke bagian kepala, solusinya dengan bekam in sya Allah, kalau masalah polusi mungkin dilakukan langkah langkah untuk terhindar dari polusi dengan mengunakan masker dan usahakan bekerja pakai tutup kepala

2. Assalamu'alaikum Ustadz, jika seandainya berobat ke dokter dan kita diberi obat-obatan, bagaimana caranya kita bisa mengetahui kalau obat-obatan tersebut halal atau tidak? Apalagi kalau berobatnya ke luar negeri.
Jawab
Kalau masalah halalnya obat lihat saja dikemasannya atau tanyakan sama dokter yang meresepkan obat, apakah obat iti halal atau tidak

3. Ustadz saya salah satu penjual herbal halal saat saya berusaha memperkenalkan herbal yang saya bawa sebaiknya apa yang harus saya sarankan kepada si penderita? apakah saya harus menyarankan shalat taubat dahulu atau adakah bacaan yang sesuai Al quran yang bisa diamalkan sambil ikhtiar minum obat herbal? Mohon pencerahannya terima kasih
Jawab
Yang kita sarankan kepada pembeli sebelum minum herbalnya baca doa kesembuhan kalau tak hafal baca bismillah  sambil memohon kesembuhan kesembuhan penyakit kepada Allah. 

4. Pas suami saya sakit, disarankan pakai obat cina (angkung), kata yang jual halal karena terbuat dari herbal tapi tulisannya cina semua, gak ngerti. Apa ustazd tau obat itu halal atau tidak? Dan kalau tidak halal apakah saya salah telah memberi obat ini pada suami? Sampai tujuh kali.
Jawab
Angkung saya tak tahu yang saya tahu angkak bunda. Kalau angkak itu boleh dijadikan obat.

5. Mau bertanya ustad kalo pengobatan ke seseorang diberi air yang telah dibacakan ayat ayat itu boleh kah? Kemudian metode pemindahan penyakit ke telur ato ayam ato yang laen bolehkah itu ustad?
Jawab
Berobat dengan air yang dibacakan ayat ayat alquran boleh kalau memindahkan penyakit ke telor itu pakai bantuan jin namanya bunda dilarang

6. Menyambung pertanyaan saya tadi, saya tiba-tiba memperhatikan beberapa kemasan obat flu, obat batuk dan obat asma di rumah. Ternyata tidak satupun ada label halalnya ustadz. Astaghfirullahal'adziim. Jadi apakah memang tidak ada label halalnya ustadz? Bagaimana ini??
Jawab
Kalau tidak ada label halalnya berarti obat itu tidak halal, karena saya pernah mendengar pernyataan dari perwakilan perusahaan obat yang beredar sekarang, bahwa mereka tidak akan pernah mengajukan sertifikasi halal. Dan saya juga pernah baca jurnal,  99% dokter tidak mengetahui kehalalan obat.  Solusi untuk batuk dan flu bekam dan minum madu iringi dengan do'a in sya Allah sembuh

7. Ikut nanya ustad. kalo mimpinya sering dalam kondisi ujian ketika sekolah dmana saya belum belajar apakah itu termasuk diganggu jin?  soalnya saya sering mimpi seperti ini.. bangun suka capek kayak habis mikir..
Jawab
Itu termasuk ngangguan jin, karena jin ini pembohong alias pendusta bin penipu, seraya mencuri informasi. Jangan lupa mau tidur baca ayat kursi, surat 3 qul, dan doa mau tidur.

Okey lah, berarti kajian kita akhir sampai disini, afwan jika ada salah, billahitaufiq walhidayah, wassalamualaikum warah matullahi wabarakatuh

Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat


-----------------------------------------------
Hari / Tanggal : Selasa, 31 Maret 2015
Narasumber : Ustadz Dasri
Tema : Thibbun Nabawi
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online WA Link Bunda 1 Hamba اَللّٰه Ta'ala

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment