Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , , , » ALQUR'AN BERBICARA TENTANG KARAKTER WANITA DAMBAAN UMMAT.

ALQUR'AN BERBICARA TENTANG KARAKTER WANITA DAMBAAN UMMAT.

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, April 13, 2015

Alhamdulillahirobbil alamin arsalarosulahu bilhuda wadinil haq liyuzhirohu aladdini kulli wakafa billahi syahida. Hayya naftah biqiroatil basmalah

Hari ini bunda akan sampaikan materi dari Ustadz Sholihin tentang Al qur an berbicara tentang wanita. Baiklah kita lanjutkan. Silahkan difahami materiny

Ahad, 12 April 2015
Wanita adalah tiang negara. Negara akan berdiri tegak dan kokoh jika para wanitanya baik dan shalihah. Dengan demikian, wanita memiliki peranan yang maha penting lagi menentukan dalam kehidupan benegara.

Dalam Alquran surat al-Ahzab [33] ayat 35, Allah SWT menyebutkan sepuluh sifat yang melekat dalam diri seorang wanita yang menjadi dambaan umat. Yang dari rahim wanita seperti itu akan lahir generasi unggul sebagai dambaan umat pula.

Seperti apa sifat wanita yang menjadi dambaan umat itu?

Pertama, al-muslimat

Wanita yang patuh taat dan tunduk kepada Allah SWT. Dengan karakter seperti itu seorang wanita akan dapat mempertahankan keimanannya meskipun badai menghampirinya.

Kedua, al-mukminat

Yaitu, wanita yang teguh dalam keimanan. Iman menjadi barometer kualitas keislaman seorang wanita. Ia yang menjadi dambaan umat, yang dapat mengaplikasikan nilai-nilai keimanan yang diwujudkan melalui ibadah individual dan sosial dalam kehidupan nyata.

Ketiga, al-qanitat 

Yaitu, wanita yang ahli ibadah. Seorang wanita yang istikamah dalam menjalankan ibadah, baik yang wajib maupun sunah, yang dibingkai dengan penuh keikhlasan semata karena-Nya.

Keempat, ash-shadiqat

Yaitu, wanita yang benar (jujur). Seorang wanita yang senantiasi menghiasi diri dengan kejujuran. Jujur dalam hati, lisan, tindakan, dan sikap yang sesuai dengan tuntunan Allah dan rasul-Nya.

Kelima, ash-shabirat

Yaitu, wanita yang sabar. Seorang wanita yang mampu bersabar dalam berbagai keadaan. Sabar dalam menjalankan perintah-Nya, dalam meninggalkan larangan-Nya, dan dalam menghadapi berbagai bentuk ujian dan cobaan.

Keenam, al-khasyiat

Yaitu, wanita yang khusyuk. Seorang wanita yang dapat menjaga kekhusyuan dalam beribadah kepada-Nya. Sehingga, ia dapat merasakan adanya pengawasan dari-Nya (muraqabatullah).

Ketujuh, al-mutashaddiqat

Yaitu, wanita yang senang bersedekah. Sedekah menjadi salah satu perhiasan diri yang hendaknya dilestarikan oleh setiap wanita. Karena sedekah dapat menarik cinta Allah, para malaikat, dan manusia.

Kedelapan, ash-shaimat 

Yaitu, wanita yang rajin berpuasa. Rasul SAW bersabda, “ Jika seorang wanita shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya, dan mentaati suaminya, niscaya akan masuk surga dari pintu-pintu yang ia inginkan. ” (HR Ibnu HIbban dan habrani).

Kesembilan, al-hafidzat 

Yaitu, wanita yang menjaga kehormatan. Kemuliaan seorang wanita diukur dari sejauhmana ia dapat menjaga kehormatan dirinya melalui cara berbusana, bertutur kata, berjalan, bergaul, dan yang lainnya.

Kesepuluh, adz-dzakirat 

Yaitu, wanita yang banyak berdzikir. Tipe wanita yang selalu istikamah berdzikir dalam berbagai kesempatan, tempat, dan waktu. Sehingga, hatinya senantiasa terpaut dengan Sang Pencipta.

Wah, sangat luar biasa kriteria Allah dan makhluq mulia yang bernama wanita. Damai dan sejahtera serta indahnya dunia ini dipenuhi oleh wanita hebat dambaan umat. Selamat memantaskan dir sesuai karakter illahiy, wahai muslimat sejati. Dunia ini 

PENUTUP
Kiranya sampai disini perjumpaan kita di majelis ini, semoga menambah kebaikan kepada kita semua. Mohon maaf segala khilaf. Wassalamu'alaikum ww.

TANYA JAWAB

Pertanyaan M110

1. Ustadzah mau tanya tentang di perbolehkan tidaknya seorang wanita dalam berhias itu bagaimana ya ustadz? maksudnya boleh berhias tapi dengan maksud untuk suami dan mukrimnya saja atau berhias untuk hal lain. Dan bagaimana seharusnya sikap wanita kepada adik dan kakak laki-lakinya yang sudah dewasa, apakah boleh membuka aurat di depan mereka afwan ustadz belum paham?
Jawab
Wanita tampil menarik dan cantik sehingga menambah keprcayaan diri asalkan tidak tabarruj berhias berlebihan dan menyerupai wanita-wanita kafir tentunya dan berhiasnya seorang istri untuk suaminya dan seizin suaminya ketika akan keluar rumah dan tetap memperhatikan adab-adab islami seharusnya dengan saudara kita yang muhrim yang boleh melihat aurat kita tapi tetap menjaga batas kesopanan.

2. Ustadzah bagaimana hukumnya wanita yang selfie/foto bareng dengan laki-laki yang bukan mahram?
Jawab
Adab pergaulan islami kita dilarang untuk berikhtilat dan berdua-duaan termasuk juga selfie dengan yang bukan muhrim

Pertanyaan M111

1. Bunda bagaimana caranya agar khusu? Lalu kalo kita mendapati orang yang STMJ gimana mengingatkannya?
Jawab
Mau khusu ya belajar untuk bisa khusu, beribadah ihsan seolah-olah melihat Allah dan jika tidak bisa maka yakinlah bahwa Allah melihat apa yang kamu kerjakan, istiqomah dalam melakukan kebaikan, mempelajari orang-orang terdahulu yang taat kepada Allah, membersamai orang-orang sholih dan tetap berdoa

2. Kiat-kiat apa saja yang bisa menguatkan keistiqomahan kita sebagai wanita yang sedang belajar menjadi lebih baik? Secara kadar keimanan kita sering banget turun naik.  syukron
Jawab
Untuk bisa istiqomah tentunya kita harus membangun azzam dalam diri karena kekuatan itu datang dari hati yang selalu tunduk kepada Alla, ikhlasunniyat setiap amat perbuatan yang dilakukan karena Allah dan selalu lihat bagaimana kondisi niat kita terus perbaharui ketika dia sudah beralih, pahami islam terus menerus, pelajari shiroh, bergaul bersama orang-orang yang berusaha untuk istiqomah dalam kebaikan, baca quran dan banyak dIkir dan berdoa untuk bisa istiqomah. Wallalhu alam

Pertanyaan M112

1. Assalamu'alaikum.. afwan mau tanya tentang izzah dan ifah pada wanita, mohon penjelasannya?
Jawab
Waalaikumussalam
Ukhti yang dirahmati Allah. Izzah ada harga kemuliaan seseorang sedangkan ifah adalah menjaga diri dari hal-hal yang tidak disukai Allah. wallahu alam

Pertanyaan M113

1. Assalamualaikum mau tanya, kalau seandainya wanita yang pindah agama dari islam ke kristen mengikuti suaminya terus setelah itu dia membangun mesjid dan mempunyai beberapa anak yatim. Yang saya tanyakan bagaimana amalan dia? apa di terima Allah SWT?
Waalaikumussalam. Astaghfirullahal adzim wa innalillahi wainna ilaihiro jiun, ketika dia pindah agama artinya murtad sehingga segala amal kebaikan tertolak, disisi manusia berdampak kebaikan yang banyak namun disisi Allah sia-sia... Wallahu alam

2. Assalamu'alaikum, Ustadzah kalau wanita sudah ikut halaqoh, kemudian keluar dan berubah?  Itu gimana dengan amal-amalnya. Misalkan, tadinya jilbab lebar terus berubah jadi pakai jeans.
Jawab
Waalaikumussalam
Sayangku, untuk menjaga keistiqomahan kita dalam beramal sholih kita perlu berjamaah perlu kebersamaan, butuh teman-teman yang sama keinginannya untuk tetap bersama kebaikan salah satunya dengan berhalaqoh, halaqoh bukanlah satu-satunya sarana berjamaah namun banyak hal yang bisa kita jaga untuk istiqomah dalam behalaqoh. Doakan yang keluar agar tetap hatinya bersama halaqoh kuatkan azzam dan tekad kita untuk tetap membersamai halaqoh

Pertanyaan M114

1. Assalamu'alaikum wr wb ummi mau tnya. Untuk mencapai kesempurnaan seperti paparan materi diatas mugkin sangat butuh perjuangan keras apalagi melihat kondisi msyarakat sekarang yang lebih cenderung bebas dan norma yang mulai berkurang. Sebagai wanita ketika kita mencoba untuk menjaga diri dalam bergaul dengan lawan jenis terkadang dianggap sombong. Bagaimana kita harus memposisikan diri dalam kondisi tersebut ummi?Jazakillahu khayran sbelumnya
Jawab
MasyaAllah, sayangku orang yang tidak berpunya tidak akan bisa memberi, yang tidak berbekal todak akan bisa bertahan. Demikian pula ketika bergaul dan berbaur tentunya akan banyak warna yang kita temui ketika kita mpunyai warna sendiri in syaAllah tidak akan terwarnai ibaratkan ikan laut yang hidup dilautan tidak menjadikan ia berasa asin. Intinya kita harus memahami Islam dengan sebenar-benar pemahaman in syaAllah kita faham kita amalkan kita akan tetap kuat dan punya warna sendiri yang khas yang berizzah

Pertanyaan M115

1. Kemarin ada pertanyaan, apa  perbedaan antara wanita sholihah dan Istri Sholihah?
Jawab
Wanita sholihah perutukkannya untuk seluruh wanita muslimah yang taat kepada Allah dan kepada kedua orang tuanya sedangkan istri sholihah adalah wanita sholihah yang tempat ketaatanny kepada Allah dan suaminya (Wallahu alam)

2. Alhamdulillah bahagia bertemu kembali dengan Bunda, semoga Bunda selalu sehat wal afiat. aamiin. Bunda, apa yang kita lakukan bisa jadi belum tentu selalu baik dalam pandangan Alloh, bagaimana bunda agar kita peka terhadap diri kita sehingga benar di jalan lurus-Nya?
Jawab
MasyaAllah super sekali pertanyaannya adikku. 
Asah terus bashiroh kita dengan memperbanyak dzikir dan tunduk kepada Allah memohon dengan ketundukan penuh agar diberi kelembutan hati perbanyak tadabbur, bergaul dan pelajari shiroh para nabi dan orang sholih. In syaAllah kita akan sangat mudah berempaty dengan berbagai kondisi yang kita temui dan juga kondisi kita sendiri.

Pertanyaan M116

1. Bagaimana langkah langkah menjadi wanita sedekah dalam hal harta? Dan bagaimana menumbuhkn rasa khusyu yang istiqomah?
Jawab
Senang bersedekah mesti dilatih dari yang sedikit-sedikit sampai nantinya kita bisa memberikan apa yang kita sangat sayangi. Untuk bisa khusu pun harus berlatih dengan terus menerus mengerjakan kebaikan dan memaksakan diri jika terasa mulai mengalami kelesuan, senantiasa menata niat membaca kisah orang-orang terdahulu, bergaul dan bersama dengan orang-orang sholih dan jangan lupa selalu berdoa.

2. Terkait menjadi wanita dambaan umat ustadzah, bgaimana mengimplemtasikanya dalam kehidupan? apalagi zaman sekarang untuk menghindari ikhtlat itupun sulit, apakah komunikasi lewat sms dengan lawan jenis itu tidak dperbolehkan?
Jawab
Memperbaiki diri dan terus berbuat memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk kebaikan ummat dengan memperhatikan adab-adabnya, bermuamalah dengan sesama muslim in syaAllah Allah akan berikan kemudahan bagi kita. Untuk berkomunikasi lewat sms atau bertemu langsung tetap harus memperhatikan adab-adab pergaulan sesama muslim

Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat 

----------------------------------

Hari / Tanggal : Senin, 13 April 2015
Narasumber : Bunda Malik
Tema : Kajian Muslimah
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online WA Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala
Link Nanda 2

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment