Ketik Materi yang anda cari !!

BETTER LATE THAN EARLY

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, April 20, 2015

Assalamualaikum wr...wb..
Jadi kita mau bahas apa ya hari ini? Oiya ini aja "Prinsip better late than early" Ada yang pernah denger prinsip ini?

Prinsip ini menekankan bahwa anak diajarkan itu lebih baik terlambat, daripada terburu-buru /terlalu dini. Pencetusnya saya kurang tahu siapa yang awalnya mencetuskan tapi prinsip itu dipakai salah satu pencetus metode pendidikan namanya charlotte mason. Jadi fokusnya menunggu pada kesiapan anak, sebelum mulai mengajarkan hal-hal tertentu terkait kesiapan itu. Kalau gak salah sejalan juga dengan piaget yang mencetuskan tahap-tahap perkembangan.

Salah satu contohnya adalah toilet training. Jadi membiasakan anak BAB dan BAK di kamar mandi dimulai saat anak sudah mulai bisa menahan pipis dan bab. Cara tahunya misal popok anak nggak basah saat bangun pagi tapi pagi-pagi langsung basah. Hd anak nunggu bangun dulu baru pipis atau juga bab.

Hal lain gak mengajarkan anak baca sebelum anak mulai tertarik dan menunjukkan kemampuan mengenali simbol. Misalnya.. tau, ih itu BCA! (Karena sering liat simbol BCA dan denger ibu bilang B-C-A)
Itu KFC, Dst..

Ada pertanyaan ga sampe.sini?

Tanya
Kalo bimbel yang lagi booming berarti ndak sesuai sama teori ini ya? Bimbel kan 3 tahun dah bisa baca. Berarti baik nya menunggu anak itu siap bu dianda? 
Jawab
Nah yang bimbel-bimbel begitu, artinya menyamaratakan baiknya pakai teori yang ini jadi tinggi kematangan dulu. Karena tujuannya mengajarkan ke banyak anak dengan 1 metode yang sama. Jadi kudu dipastikan si anak sudah matang secara perkembangan, jadi sudah siap bukan cuma bisa.

Soal teori, artinya soal pilihan juga artinya, ada dasarnya lah kita berbuat. Lihat aja anak cocoknya gimana ada anak yang setelah di stimulasi bisa boleh diajar. Ada yang gak, maka baiknya tunggu kematangan. Untuk yang belajar baca dan toilet training, saya lebih cenderung tunggu kematangan. Tapi ya, ada juga anak spesial yang usia 3 th udah mau baca, pengen belajar dan bisa. Ya gak masalah hanya jangan semua anak disamaratakan seperti itu karena setiap individu itu unik.

Doa Kafaratul Majelis :


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat

-------------------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Senin, 20 April 2015
Narasumber : Ustadz Dianda Azani
Tema : Parenting
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Telegram Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment