Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , , » HADIAH, SADAQAH, HIBAH, INFAQ, WAKAF DAN WASIAT

HADIAH, SADAQAH, HIBAH, INFAQ, WAKAF DAN WASIAT

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, April 2, 2015

Okee karena menyinggung hadiah kita coba bicara beberapa istilah terkait hadiah, infaq, sadaqah, wasiat, wakaf, zakat... apalagi?

جزاك الله خيرا وزوجك الله ثانية وثالثة

Hadiah adalah pemberian berdasarkan rasa cinta, baik kepada yang setara, kepada yang lebih tinggi atau kepada yang lebih rendah dianjurkan suka memberi hadiah untuk menambah rasa cinta umumnya bersifat materi.

تهادوا تحابوا

Sabda Rasulullah saw, hendaklah kalian saling memberi hadiah, maka kalian akan saling mencintai...

Ok.. kalau sadaqah, pemberian yang sifatnya ibadah umumnya kepada yang lebih membutuhkan. Tapi sadaqah, tidak hanya masalah harta senyuman, menolong orang, bertasbih, juga disebut sadaqah. Bedanya dengan hadiah, kalau hadiah pemberiannya bisa besifat umum saja, sekedar hubungan sosial.

Kalau hibah adalah pemberian, dia bisa masuk dalam hadiah, jika latar belakangnya sosial, bisa masuk ke dalam sadaqah, jika latar belakangnya ibadah..

Adapun infaq, adalah pengeluaran harta yang sifatnya umum sesuai dengan niat dan alokasinya bahkan infaq juga dikaitkan dengan orang kafir. Allah sebutkan orang kafir berinfaq. Infaq dapat bersifat wajib seperti suami infaq kepada isterinya. Bisa bersifat sunah, bisa juga diistilahkan untuk perkara yang haram pendeknya infaq adalah bentuk pengeluaran harta.

Wakaf adalah Mengeluarkan harta dengan menaha pokok harta tersebut dan memanfaatkan hasilnya, artinya harta tersebut dibiarkan tetap ada dan diambil manfaatnya misalnya wakaf tanah, maka tanah tersebut tetap ada, manfaatnya yang dipake.

Wasiat adalah pemberian yang dikeluarkan setelah kematian seseorang. Misalnya seseorang mengatakan bahwa harta tertentu dikeluarkan apabila dia sudah wafat ketentuannya tidak boleh untuk ahli waris dan tidak boleh lebih dari sepertiga.

Bedanya wakaf dengan wasiat adalah, wakaf dilakukan ketika seseorang masih hidup dan jika sudah dikeluarkan tidak boleh di tarik kembali.

Wasiat dilaksanakan ketika seseorang sudah wafat, namun pernyataannya ketika dia masih hidup namun jika dibatalkan, masih memungkinkan oleh orang yang berwasiat itu sendiri.

Wallahu a'lam...

TANYA JAWAB

1. Pak ustdaz bisa di jelaskan yang dimaksud "bahkan infaq juga dikaitkan dengan orang kafir. Allah sebutkan orang kafir berinfaq"
Jawab
Ya pengeluaran untuk perkara haram itu diistilahkan infaq. lihat surat Al-Anfal 36 disitu Allah sebutkan orang-orang kafir menginfakkan hartanya. Ini cuma istilah saja cuma dikita sudah kadung dianggap seperti sedekah kalau istilah sedekah, itu baru khusus untuk masalah ibadah.

2. Kalo pengemis itu katanya kalo kita berikan uang dengan ikhlas jatuhnya jadi haram ya tadz?
Jawab
Memberi pengemis, memang tidak mendidik namun tidak bisa mutlak dikatakan haram begitu saja minimal dihindari tapi kompensasinya suka bersedekah pada perkara yang jelas.

3. Kadang kalau mau pemilu banyak yang memberi dan berharap suara. Itu gimana Tadz?
Jawab
Itu masalah niat dan orientasi kalau kembalinya bukan pada kepentingan pribadi, tapi untuk kepentingan umat in sya Allah tidak mengapa sama seperti kita berdakwah kita bawakan makanan berharap yang didakwahi mudah menerima. 

4. Apa zakat bisa diberikan kepada orang kafir?
Jawab
zakat boleh diberikan kepada orang kafir yang sudah ada ketertarikan ingin masuk Islam agar semakin mantap hatinya tapi kalau kembalinya kepada keuntungan pribadi ini yang bahaya. wallahu a'lam..

5. Ustadz katanya di mekkah saf shalat wanita dan pria suka campur ya?
Jawab
Bukan di Mekah tapi di Masjidil Haram memang kadang suka demikian karena kondisi dan situasi aslinya tidak boleh demikian.

Thayib, saya pamit mau maghrib di Riyadh 
wassalam...


Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat

------------------------------------
Hari / Tanggal : Kamis, 02 April 2015
Narasumber : Ustadz Abdullah Haidir Lc
Materi : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Telegram Hamba اَللّٰه Ta'ala

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terbaru